FAQ Terlengkap Japan Rail Pass

You are here Home  > Transportasi Jepang >  FAQ Terlengkap Japan Rail Pass

Sistem kereta di Jepang memang sangat kompleks, untuk pergi ke satu daerah kita musti mempersiapkan biaya cukup dan mengetahui jenis kereta/ arah tujuan kereta yang ingin dinaiki. Salah-salah kita bisa nyasar ke tempat lain dan malah membuat liburan di Jepang jadi tidak berarti. Untuk menghindari kerepotan dalam memilih tiket, banyak orang Indonesia yang memilih Japan Rail Pass (JR Pass) sebagai tiket tunggal liburan ke Jepang. Tiket ini memang praktis dan komplit, sangat cocok bagi teman-teman yang berlibur di Jepang selama seminggu lebih. Dengan sedikit perhitungan dan perencanaan, kita dapat mengunjungi beberapa kota terkenal di Jepang dan memaksimalkan fungsi JR Pass. JR Pass atau tiket terusan kereta adalah cara paling murah untuk berkeliling Jepang dengan naik kereta, khususnya jika ingin ke kota-kota selain Tokyo. Dengan JR Pass, wisatawan asing bisa bepergian ke kota manapun secara gratis. Berikut ini Tim Info Jepang sudah merangkum semua pertanyaan dan jawaban (FAQ) yang seing ditanyakan oleh para pembaca mengenai JR Pass.

1. Apa itu Japan Rail Pass/ JR Pass?

Japan Rail Pass (JR Pass) atau tiket terusan kereta adalah cara paling murah untuk berkeliling Jepang dengan naik kereta, khususnya jika ingin ke kota-kota selain Tokyo. Japan Rail Pass hanya bisa dibeli dan dipergunakan oleh wisatawan/ turis asing, dengan status kunjungan atau visa berupa kunjungan sementara (temporary visit).

Dengan jalur kereta yang mencakup 4 pulau utama di Jepang, seperti Honshu, Hokkaido, Shikoku, dan Kyushu, kita bisa bepergian ke seluruh Jepang gratis dan tidak perlu ribet lagi membeli tiket kereta setiap kali bepergian. Gak terbayang kan setiap kali pergi, ngantri lagi, ngantri lagi. Selain menghabiskan waktu, juga tenaga.

JR Pass berlaku satu, dua, atau tiga minggu bergantung pada tipe tiket yang kita beli. JR Pass sendiri dibagi menjadi dua tipe, tipe biasa (ordinary) dan yang premium (green). Perbedaannya adalah tipe tiket premium menyediakan kursi lebih luas.

2. JR Pass dapat digunakan di mana saja?

Dengan JR Pass, teman-teman gratis naik:

  1. Seluruh kereta yang dioperasikan oleh Japan Railways (JR)
    Termasuk shinkansen, kereta limited ekspress, kereta express, kereta cepat, dan kereta lokal yang dioperasikan oleh Japan Railway (JR).
  2. Kereta monorel dari atau ke Bandara Haneda
  3. Kereta Narita Express dari atau ke Bandara Narita
  4. Kapal feri JR ke Miyajima
  5. Beberapa jalur kereta non-JR menuju ke jalur JR yang tidak terhubung dengan jalur JR (utamanya di pedesaan)
  6. Bus Lokal
    Meskipun bukan kereta, namun teman-teman bisa naik gratis dengan menggunakan JR Pass untuk jalur-jalur ini:
  • Stasiun Kyoto – kuil Ryoanji – Takao – Shuzan
  • Dari Stasiun Aomori ke Bandara Aomori
  • Bus ke Danau Towada dari Hachinohe atau Aomori
  • Bus keliling di Hiroshima
  • Bus lokal di Sapporo
  • Bus menuju Tateyama dari Awa Shirayama
  • Bus kota di Kanazawa

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Jenis kereta di Tokyo dan sekitarnya

Tim Info Jepang sudah berusaha meringkas tipe JR Pass, berapa harganya dan beberapa ketentuan yang penting dan perlu diperhatikan saat membelinya, dan apakah perlu membeli JR Pass ini,

kereta shinkansen

Liburan di Jepang pasti tidak jauh dengan yang transportasi kereta, dan supaya kamu tidak malu-maluin, ayo baca dulu etika naik kereta di Jepang.

Shinkansen Nozomi di Tokyo Station

Jalan-jalan ke Jepang, ah pengen coba naik shinkansen. Tapi bagaimana cara beli tiketnya? Lalu bagaimana sistem tempat duduknya? Temukan semua jawabannya dalama artikel ini.


3. Yang tidak termasuk cakupan JR Pass:

  1. Kereta Nozomi jalur Tokaido/ Sanyo Shinkansen
    Nozomi yang adalah kereta Shinkansen ke untuk jalur Tokyo-Nagoya-KyotoOsaka-Fukuoka (Kyushu) tidak masuk ke dalam cakupan JR Pass. Namun, teman-teman bisa naik kereta Sakura atau Hikari yang melayani rute yang sama, namun waktu tempuhnya sedikit lebih lama.
  2. Kereta Mizuho jalur Sanyo / Kyushu Shinkansen
    Mizuho yang adalah kereta tercepat di Sanyo / Kyushu Shinkansen tidak masuk ke dalam cakupan JR Pass. Namun, sebagai penggantinya, teman-teman bisa naik kereta Sakura yang melayani rute yang sama, namun waktu tempuhnya sedikit lebih lama. Jadi pastikan naik kereta Shinkansen yang tepat sesuai dengan JR Pass yang dimiliki, supaya kita tidak membayar biaya tambahan.
  3. Kereta JR yang menggunakan jalur non-JR
    Ada beberapa kereta JR yang menggunakan jalur non-JR atau jalur milik swasta. Nah, teman-teman harus membayar ongkosnya sendiri, karena tidak masuk cakupan JR Pass. Tapi tenang, jalur-jalur ini letaknya bukan di kota-kota besar/ pusat wisata.
  4. Kereta spesial
    Kereta spesial di sini maksudnya adalah kereta-kereta yang beroperasi di malam hari. Kalau naik kereta malam ada biaya tambahan dari tiket biasa. Tiketnya bisa dibayar dengan JR Pass, namun biaya tambahan tiketnya tidak termasuk dan harus membayar sendiri.
  5. Bus Cepat/ Highway Bus
    Meskipun ada bus lokal yang masuk cakupan JR Pass, namun semua bus cepat tidak masuk ke dalam cakupan JR Pass. Bus-bus dengan rute favorit seperti Shinjuku-Kawaguchiko tidak tercover oleh JR Pass.

4. Fitur Tambahan JR Pass

  1. Gratis Reservasi Kursi
    Teman-teman bisa melakukan melakukan reservasi kursi untuk kereta JR secara gratis. Biasanya dilakukan melalui website beberapa hari sebelumnya. Jika ingin menikmati alam Jepang, saran Tim Info Jepang ambil kereta bagian belakang, sementara untuk perjalanan jauh, lebih baik ambil di bagian tengah kereta. Reservasi sangat diperlukan bagi teman-teman yang ingin naik shinkansen/ kereta dari tengah-tengah rute. Misalnya kota Kyoto/ Nagoya yang berada di tengah rute shinkansen Tokyo dan Osaka. Lebih baik mengambil reservasi kursi supaya bisa duduk bersama dengan keluarga bersama sampai pada kota tujuan.
  2. Diskon di Hotel-Hotel milik JR
    Dengan JR Pass, teman-teman juga bisa memperoleh potongan harga dari tarif reguler kamar hotel. Hotel-hotel yang termasuk jaringan JR dapat dilihat di sini. Termasuk di dalamnya Hotel Metropolitan, Mets, Granvia. Mayoritas hotel terletak di dekat Stasiun, sehingga memudahkan teman-teman.

5. Pertanyaan-Pertanyaan Seputar JR Pass

Berapa harga JR Pass?

Berikut adalah tabel harga tiket JR Pass untuk masa berlaku seminggu, dua minggu, dan tiga minggu. Ada dua tipe yang tersedia, yaitu tipe biasa (ordinary) atau premium (green). Perbedaan keduanya dapat dilihat di bagian selanjutnya. JR Pass hanya bisa dibeli dengan pemesanan dari luar negeri, sebelum berangkat ke Jepang. Tim Info Jepang sudah bekerja sama dengan JRailPass supaya wisatawan di Indonesia bisa membeli JRailPass dengan mudah. Pemesanan bisa dilakukan via online (klik link di bawah) dan dokumen untuk penukaran JR Pass akan segera dikirimkan begitu pembayaran dikonfirmasi.

Harga tiket free pass

Tarif JR Pass untuk anak-anak (berusia 6-12 tahun) adalah setengah harga dari semua harga yang ada di atas. Sementara itu, anak-anak berusia di bawah 6 tahun tidak dikenakan biaya naik kereta, asalkan tidak duduk di kursi dan pergi bersama dengan seorang dewasa atau minimal anak-anak (usia 6-12 tahun) yang membayar.

jr-pass_button

Ada berapa tipe Japan Rail Pass?

Sampai hari ini, ada enam tipe Japan Rail Pass yang dibedakan dengan area penggunaannya. Ada JR East Pass, untuk wilayah timur Jepang (Tohuku dan Kanto), JR Tokyo Wide Pass (untuk wilayah Kanto), Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass yang melayani rute Tokyo-Hokuriku (Nagano, Kanazawa, Toyama, lalu ke Kyoto dan Osaka). Untuk detail area area cakupan dan harganya, bisa di lihat di artikel Tipe-Tipe Japan Rail Pass.

Apakah bisa saya upgrade ke kereta Nozomi atau Mizuho?

Tidak bisa. Kereta Shinkansen Nozomi dan Mizuho tidak termasuk ke cakupan JR Pass. Saat naik Nozomi dan Mizuho, pemegang JR Pass harus membayar tiket seluruhnya. Sebagai penggantinya, teman-teman bisa naik kereta Hikari dan Sakura (jalurnya sama namun sedikit lebih lama waktu perjalanannya) secara gratis dengan JR Pass.

Apa perbedaan tiket biasa (ordinary) dan tiket premium (green)?

Tiket premium (green) adalah kursi kelas bisnis dengan kursi dan ruang kaki yang lebih besar dan layanan di dalam perjalanan yang lebih baik. Namun, menurut pengamatan Tim Info Jepang, tiket biasa cukup nyaman untuk ukuran orang Indonesia. Apalagi perbedaan harganya juga lumayan besar. Namun, jika teman-teman membawa anak kecil atau bayi, lebih baik mengambil tiket premium.

Bagi teman-teman pemilik JR Pass ordinary yang memerlukan atau ingin mencoba kelas premium/ Green Class, kita bisa meminta upgrade untuk rute kereta yang diinginkan. Cukup tunjukkan kartu JR Pass yang dimiliki kepada petugas, maka petugas akan menghitungkan berapa tambahan yang akan dibayarkan. JR PASS tipe ordinary dianggap sebagai tiket ekonomi, dan nanti akan dihitung berapa harga ekonomi sekali jalan dengan kota tujuan kita, dan berapa harga Green or Grand class dengan jalur sama. Selisih ongkosnya itulah yang musti kita bayarkan, bukan semua biayanya. Praktis bukan?

Saya membeli JR Pass biasa, apakah bisa diupgrade ke JR Pass premium?

Bisa, teman-teman diperbolehkan meng-upgrade tiket, namun dengan tambahan biaya tertentu, sesuai dengan selisih harga tiketnya. Misal untuk JR Pass satu minggu, tiket biasa 29.110 yen, sementara tiket premium 38.880. Nah, teman-teman harus membayarkan selisih 9.770 yen ditambah uang administrasi sekitar 100-200 yen.

Apakah JR Pass bisa digunakan oleh orang lain?

Pengunaan JR Pass cukup ketat. JR Pass hanya dapat digunakan oleh orang yang namanya tercetak di tiket. Sebelum naik kereta, biasanya akan ada pemeriksaan identitas oleh petugas. Untuk berjaga-jaga, pastikan membawa paspor teman-teman saat bepergian dengan JR Pass.

Mengenai masa berlaku JR Pass: Apakah kalender hari atau periode 24 jam?

Perlu teman-teman ketahui, masa berlaku JR Pass berdasarkan hari kalender. Jadi, saat teman-teman mulai menggunakan JR Pass 1 minggu pada tanggal 10 jam 14.00 (jam 2 siang), masa berlakunya adalah sampai tanggal tanggal 16 jam 24.00 (tengah malam), dan bukan tanggal 17 jam 14.00.

Apa yang terjadi jika saya naik kereta malam pada hari terakhir JR Pass berlaku?

Pertanyaan ini sering ditanyakan kepada Tim Info Jepang. Jika teman-teman naik kereta malam di hari terakhir JR Pass, maka JR Pass tetap berlaku hingga stasiun tujuan, termasuk jika harus transfer ke kereta lainnya. Saat tiba di stasiun tujuan, tunjukkan JR Pass kepada petugas untuk dapat keluar dari gerbang manual.

Di manakah saya bisa membeli JR Pass?

Japan Rail Pass dapat digunakan hanya oleh wisatawan asing di Jepang. Saat ini, JR Pass hanya dapat dibeli hanya DI LUAR Jepang, melalui reservasi on-line. Teman-teman akan menerima voucher yang kemudian akan ditukar dengan JR Pass di kantor tiket Bandara Haneda, Narita, Kansai atau di stasiun-stasiun besar, seperti Shinjuku, Kyoto, atau Tokyo. Maksimal waktu penukaran adalah 3 bulan dari waktu pembelian JR Pass on-line. Sekadar info, mulai tahun 2016 ini, Japan Railway mulai menyediakan penjualan di Bandara Narita, Bandara Haneda, dan Bandara Kansai. Jika teman-teman bepergian ke Jepang menggunakan maskapai Japan Airlines (JAL) atau Air Nippon Airways (ANA), mereka juga menyediakan paket tiket beserta JR Pass.

jr-pass_buttonSiapa yang bisa menggunakan JR Pass?

JR Pass digunakan hanya oleh wisatawan asing di Jepang. Penduduk Jepang tidak bisa menggunakan JR Pass untuk bepergian. Namun, bagi orang Jepang yang tinggal di luar negeri, atau yang memiliki suami/ istri orang asing, JR Pass bisa digunakan.

Selain cara on-line, di mana JR Pass bisa dibeli?

Japan Rail Pass dapat dibeli secara online atau melalui agen perjalanan di seluruh dunia. Di Indonesia, teman-teman bisa membelinya di agen-agen perjalanan atau di dalam Kedutaan Besar yang ada di Indonesia.

Di mana dan bagaimana dapat voucher ditukar?

Voucher bisa ditukar di stasiun-stasiun JR utama yang di seluruh Jepang. Daftar stasiun yang menerima penukaran voucher JR Pass dapat dilihat di sini, termasuk stasiun di Bandara Haneda, Narita, dan Kansai. Teman-teman tinggal menunjukkan print-out voucher dan juga passport, kemudian petugas akan memberikan JR Pass. Saran Tim Info Jepang, usahakan yang mengambil adalah orang yang namanya tertera di tiket dan bawa passport asli/ bukan fotokopi untuk memudahkan. Sulit berdebat dengan orang Jepang apalagi yang tidak bisa berbahasa Inggris.

Apakah saya bisa memilih tanggal mulai JR Pass?

Ya, bisa. Teman-teman bisa memilih kapan masa berlaku JR Pass dimulai. Tidak harus sama dengan tanggal pengambilan/ penukaran voucher. Misalnya, teman-teman tiba di Jepang tanggal 1, dan ingin berkeliling di Tokyo selama 2 hari dulu, baru ke Hokkaido atau Osaka, teman-teman bisa meminta JR Pass dimulai tanggal 4. Bagi teman-teman yang ingin liburan hemat harus cermat menghitung harinya. Oiya, maksimal tanggal mulainya adalah 1 bulan dari tanggal pengambilan/ penukaran. Kami siap membantu teman-teman untuk liburan murah dan efektif di Jepang melalui layanan Tour Guide Online.

Bagaimana cara menggunakan JR Pass?

JR Pass adalah tiket kertas teman-teman. Namun bentuknya bukan elektronik, sehingga teman-teman tidak bisa melalui gerbang otomatis. Di stasiun, carilah gerbang manual (biasanya di pinggir kiri atau kanan gate) di mana ada petugas yang berjaga, cukup tunjukkan JR Pass teman-teman. Persiapkan juga passport, karena kadang-kadang petugas menanyakan dan mengecek identitas kita. Petugas-petugas ini banyak yang tidak bisa berbahasa Inggris, jadi supaya aman dan lebih cepat, persiapkan passport dan JR Pass di setiap stasiun.

Bagaimana cara reservasi kursi?

Pemegang tiket JR Pass dapat melakukan reservasi/ pemesanan tempat duduk. Caranya adalah dengan datang ke stasiun awal keberangkatan, menunjukkan JR Pass dan passport, kemudian memilih tempat duduk yang tersedia. Waktu idealnya adalah 1-3 hari sebelum keberangkatan. Beberapa kereta di area timur Jepang (Tohoku dan Kanto) menerima reservasi tempat duduk dari internet juga.

Apakah reservasi kursi wajib?

Mayoritas kereta tidak mewajibkan reservasi/ pemesanan tempat duduk, khususnya di jalur-jalur sibuk atau di kota-kota besar. Namun, ada beberapa jalur kereta yang mewajibkan kita untuk melakukan resevasi/ pemesanan kursi, antara lain:

  1. Kereta Narita Express, akses kereta termudah Narita ke Tokyo (TokyoNarita)
  2. Kereta Hayabusa dan Hayate di sepanjang jalur Tohoku/ Hakodate Shinkansen
  3. Kereta Komachi di sepanjang jalur Akita Shinkansen
  4. Kereta Kagayaki di sepanjang jalur Hokuriku Shinkansen (antara Tokyo, Nagano, Toyama, dan Kanazawa)
  5. Mayoritas kereta malam

Apakah menguntungkan menggunakan JR Pass?

Mayoritas wisatawan Indonesia yang mau ke Jepang membeli JR Rail Pass katanya supaya bisa naik kereta Shinkansen sepuasnya. Tapi sebetulnya belum tentu JR Pass ini menguntungkan. Hal ini bergantung pada rencana liburan teman-teman. Japan Rail Pass baru menguntungkan kalau teman-teman ingin ke kota yang relatif jauh, seperti Kyoto, Osaka, Toyama, atau Hokkaido. Nilai plusnya juga, dengan Japan Rail Pass teman-teman tidak perlu ribet membeli tiket untuk masing-masing kereta (tentu akan memudahkan, apalagi jika membawa barang yang lumayan berat).

Patokan/ batas keuntungannya adalah, Japan Rail Pass dengan durasi satu minggu harganya sama dengan tiket pulang-pergi Tokyo-Kyoto atau Tokyo-Osaka. Jika teman-teman tidak berencana pergi satu arah menuju Kyoto atau Osaka saja, atau hanya berkeliling di area kota, lebih baik menggunakan tiket kereta biasa daripada membeli JR Pass. Sebagai perbandingan, tiket JR-Pass yang termurah untuk masa berlaku 7 hari adalah 29.110 yen. Sementara itu, tiket satu arah Tokyo-Kyoto adalah 13.080 yen. Lihat? Supaya teman-teman tidak rugi, JR-Pass harus digunakan MINIMAL untuk perjalanan pulang pergi antar kota.

Jika hanya di Tokyo atau wilayah sekitarnya (Yokohama, Chiba, atau Yamanashi) teman-teman bisa membeli tiket JR Tokyo Wide Pass (untuk wilayah Kanto). Atau cuma mau jalan-jalan di area Hokuriku, yakni Kanazawa, Toyama, dan Nagano sebaiknya membeli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass. Untuk lebih lengkapnya, teman-teman bisa langsung melihat di sini Tipe-tipe Japan Rail Pass.

Buat teman-teman yang ingin mengunjungi Tokyo, kawasan Shirakawago dan Pegunungan Tateyama, hingga Osaka dan Kyoto, kami sarankan untuk menggunakan Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass yang lebih murah 5.000 yen ketimbang JR Pass pada umumnya.

Pesan JR Pass online

Apakah JR Pass berguna untuk di dalam kota?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, JR Pass baru akan menguntungkan jika melakukan perjalanan antar kota yang cukup jauh. Minimal perjalanan pulang pergi antara TokyoKyoto atau TokyoOsaka. Selain dari itu, jika teman-teman ingin berkeliling kota Tokyo dan sekitarnya, JR Pass juga menguntungkan. Jalur-jalur di Tokyo dan Osaka kebanyakan dilayani oleh kereta JR (Tokyo Yamanote Line dan Osaka Loop Line), yang mencakup sebagian besar area kota Tokyo dan Osaka. Khusus Kyoto, teman-teman lebih baik membeli Kyoto Bus Pass karena mayoritas tempat wisata di Kyoto bisa dicapai dengan naik bus kota.

Saya lupa membeli JR Pass, apakah ada alternatif lainnya?

Kartu Suica atau Pasmo adalah kartu IC deposit prabayar yang dapat diisi ulang. Namun, kita tidak mendapatkan potongan harga khusus seperti halnya JR Pass, harga tiket yang dibayarkan tetap sama. Hanya kita tidak perlu ribet membeli tiket setiap kali ingin naik kereta. Informasi lengkap mengenai penggunaan kartu Suica atau Pasmo lebih lengkapnya bisa dibaca di artikel berikut.

tour online ads NEW1

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar, Tim Info Jepang pasti menjawab pertanyaan-pertanyaan teman-teman.

Sumber gambar: Flickr Hanayakakajin

Recommended for you

Last modified: December 8, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!

Comments (311)

  1. Selamat malam, salam kenal..mohon informasinya, saya dan teman berencana ke Jepang pada 26 April-4 Mei 2017.

    DAY 1: Tiba di Osaka-Kyoto

    DAY 2: Masih di Kyoto

    DAY 3:Kyoto-Takayama
    DAY 4:Takayama-Toyama-Yokohama (nginap di Yokohama)
    DAY 5:Yokohama-Kamakura-Yokohama
    DAY 6: Yokohama -Tokyo-Yokohama
    DAY 7: Yokohama-Osaka
    DAY 8: Osaka-kansai

    apakah lebih baik pakai JR Pass? atau ada saran untuk transportasi selama di Jepang dengan rute tersebut?

    Terima kasih

    • Baik..terimakasih, oh iya mas apakah kalau sudah beli JR Pass kita perlu pesan kursi lagi atau hanya berbekal JR Pass dan kita bisa langsung naik keretanya saja?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau untuk shinkansen, ibu silakan memesan kursinya supaya bisa duduk berdekatan kalau pergi bersamakeluarga.
      Untuk kereta selain shinkansen tidak perlu memesan kursi, sebab memang tidak ada reservasi kursi, bisa langsung naik keretanya.
      Di pintu karcis tinggal menunjukkan JR Pass kepada petugas yang berjaga di loket. Salam

  2. Salam kenal & mohon informasinya
    Saya akan ke jepang tgl 13-24 des 2016 dengan itinerary nya sbb:
    13 des : narita airport – nginap di shinjuku
    Keliling shibuya – harajuku- shinjuku &
    Aqua city
    14 des : disney sea
    15 des : Ginza- akihabara-asakusha
    16 des : Mt Fuji – Gotemba
    17 des : Gala Yuzawa (main ski)
    18 des : takayama – Shirakawago
    19 des : osaka – nginep di daerah namba
    Shinsaibashi – dotonburi
    20 des : Universal studio
    21 des : kyoto – keliling fushimi nari, arashiyama,
    Gion district
    22 des : 0saka castle – monumen memorial
    Gempa, kaiyukan aquarium osaka
    23 des : dr osaka balik ke Tokyo,
    24 des : tokyo ke narita airport

    Pertanyaannya :
    – bila sy membeli JR pass yg 7 hari atau 14 hari?
    – dr narita airport ke shinjuku transportasi nya
    Apa? Begitu jg sebaliknya pas pulang naik apa
    Dari tokyo narita?
    – kalau sy dr osaka trs nginep di daerah narita
    Airport bisakah menggunakan jr pass?

    Terima kasih atas informasi nya 😘

    • – Jd dr tgl 13 & 14 des selama di tokyo sy menggunakan transport apa?
      – Saya kan pergi ber 4 org (2 dewasa, 2 ank(usia 12 & 9 th) lebih efisien mana membeli JR pass atau sewa mobil?
      – utk tgl 18 des, lbh baik menginap di shirakawago atau kanazawa?
      Terima kasih byk atas informasi nya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Luciana,
      1. Tergantung kamu mau kemana, ada Tokyo Metro, Tokyo Subway, Tokunai Pass, atau cukup SUICA/PASMO saja. Info lengkap penggunaannya bisa dibaca di Pass Kereta di Tokyo
      2. Tentu jauh lebih murah naik kereta, apalagi anaknya yang usia 9 tahun harga tiket keretanya hanya setengah yang biasa. Menyewa mobil jatuhnya lebih mahal, kecuali kalau mau eksplor tempat-tempat yang jauh yang susah akses transportasinya. Apalagi SIM Indonesia tidak bisa dipakai di Jepang, sehingga harus menyewa supir lain.
      3. Sebenarnya sama saja, namun Kanazawa lebih mudah aksesnya, tersedia kereta ke Tokyo atau Kyoto/Osaka. Kalau menginap di Shirakawago, kamu harus ke Kanazawa atau Toyama dulu, baru naik kereta ke kota lain.
      Salam.

    • Luciana  |  

      – Sorry pak, mau tny sekali lg klo dr osaka ke narita aiport apakah ada transportasi kereta jr pass?
      – sy kan dr osaka tgl 23 des trs tgl 24 balik menuju jkt, sebaiknya sy nginap di kota apa ya?
      – krn sy lom pernah ke jepang sblmny, jd kmrn sy pesen tiket pswt nya cgk- narita- PP.
      Terima kasih atas informasi bp nugroho, sungguh sgt membantu sekali.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Malam bu, ada 3 pilihan: pesawat, kereta shinkansen, dan bus malam.
      Flight tanggal 24 jam berapa bu? Kalau pagi, sebaiknya menginap di Tokyo, kalau malam, bisa menginap di Osaka.

    • Luciana  |  

      Flight tgl 24 jam 10.55 am
      Klo bisa sy mau naik kereta jr pass. Jd sy kan lbh hemat. Memaksimalkan transportasi nya.
      Tdnya sy mau nginap di daerah tokyo cm sy tkt pagi nya terburu2 ke airport.
      Saran bp apa sy cari hotel di sekitar narita airport aja atau gmn?
      Stasiun terakhir sebelum ke narita airport apa ya nm nya? Jd sy bisa pilih hotel daerah sana.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, kalau naik kereta durasinya 2,5 jam. Jarak dari Tokyo ke Narita hanya 1 jam dengan Narita Express (tercover dengan JR Pass). Kota terdekat dengan Narita adalah Chiba (20-30 menit perjalanan dengan kereta), kamu bisa lihat hotel-hotel di Chiba.

  3. Terimakasih utk jawabannya.. o ya mnrt Pak Nugroho yg sdh sering ke Jepang, urutan saya ke disney terlebih dahulu ( minggu dan senin)apa sdh betul apa perlu saya ubah rutenya, main ke tokyo (ueno park krn saya lihat di kalender waktunya sakura bermekaran ) terkebih dahulu lalu br ke disney, terimakasih banyakk…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Saya masih mahasiswa S2 dan sekarang memang lagi sekolah di Jepang, makanya mengerti liburan ke Jepang.
      Kalau memang ingin melihat bunga sakura di Ueno Park, bisa ke sini terlebih dahulu sebelum ke Tokyo Disneyland dan Disneysea, tidak masalah, paling hanya perlu waktu kurang lebih dua jam. Salam

  4. Salam kenal..Saya beserta keluarga berencana ke Jepang tgl 1-8 April’17 dgn rute :
    Tgl 2 Tiba di Tokyo (Bandara Narita) Pukul 07.00 pagi langsung ke Disneyland
    Tgl 3 Disney Sea
    Tgl 4-5 Keliling Tokyo, Danau Kawaguchi
    Tgl 6-7 Kyoto Nara Osaka
    Tgl 8 pagi kembali lewat Osaka
    Pass apa saja yg perlu saya beli agar kami sekeluarga tidak kebingungan cari2 jalur kereta, subway, dll. Rencana mau beli JR Pass, tapi setelah baca pertanyaan2 dan jawaban diatas jd ragu beli apa gak ya…:)
    Terimaksih banyak….

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau tidak ada PP Tokyo-Osaka-Tokyo, tidak perlu membeli JR Pass, sebab akan lebih murah kalau membeli tiket shinkansen sendiri dan pass harian di masing-masing kota. Salam

  5. Siang pak, mohon sarannya utk pembelian JR Pass yg ssesuai dengan rute2 jadwal saya ini :

    Tgl 13 Dec : Pagi hari sudah tiba di Narita Airport
    Rencana hari itu hanya jalan2 di Tokyo

    Tgl 14 Dec : Pagi berangkat ke Shirakawago
    Rencana stay 1 malam di Kanazawa

    Tgl 15 Dec : Jalan2 di Kanazawa & sore kembali ke Tokyo

    Tgl 16 Dec : Jalan2 di Tokyo

    Tgl 17 Dec : Disneyland

    Tgl 18 Dec : Jalan2 di Tokyo

    Tgl 19 Dec : Berangkat ke Karuizawa
    Rencana stay 2 malam disana

    Tgl 21 Dec : Kembali Ke Tokyo

    Tgl 22 Dec : Pagi sudah harus tiba di Narita Airport

    Mohon petunjuk JR Pass yg mana yg harus saya beli? Apa untuk anak2 10 tahun jg sama JR Passnya?

    Sebelum & sesudahnya terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa membeli JR Pass yang 29.110 yen dan mengaktifkannya di hari kedua tanggal 14 Desember sebelum pergi ke Shirakawago dan Kanazawa.
      Untuk anak-anak dibawah 12 tahun, bisa membeli JR Pass for children dengan potongan harga 50%. Salam

    • Baik & terima kasih atas petunjuknya pak…..

      Jadi di tgl 21 Dec dari Karuizawa ke Tokyo, sy sdh tdk bs pakai JR Passnya lg yach?

      Jd harus beli tiket lagi?

      Dan apakah utk train2 di Tokyo bs pakai JR Pass jg?

      Karena untuk ke satu tempat saja, kadang harus pindah2 train yg berbeda….

      Mohon petunjuknya lagi yach, pak

      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Masa berlaku JR Pass kan 7 hari Nia, jadi untuk kepulangannya tidak tercover. Sebaiknya ibu memindahkan rencana jalan-jalan di Tokyo yang tanggal 18 ke tanggal 20. Jadi ke Karuizawanya tanggal 18-19. Tentu jauh lebih mengunjungkan. Untuk di Tokyo, tentu bisa selama naik kereta di jalur JR. Salam.

    • Ok baik pak, akan saya coba reschedule…

      Jadi untuk rute2 saya itu, saya harus beli JR Pass yg mana yach pak koq ada yg Tohoku Area & Nagano, Niigata Area??

      Apa yg 29.110 Yen sdh bisa dipakai utk rute2 saya?

      Apa perlu jg sy beli NEX Tokyo Round Trip Ticket?

      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Nia cukup beli JR Pass yang 29.110 yen untuk mengcover semua rute yang diinginkan. Kalau kamu mau praktis naik NEX dari Bandara Narita, bisa dibeli. Namun, kalau mau menghemat, tersedia juga kereta lain/ bus yang lebih murah namun durasi perjalanannya lebih lama. Silahkan baca di Akses Narita Airport.

  6. Rencana kami sekeluarga (bapak, ibu, anak laki 29 th, dan anak perempuan 25 th) pergi ke Jepang 14 April 2017 – 24 April 2017, dengan route :

    Hari 1 Tokyo (Kanto)
    Hari 2 Fuji Five Lakes (Fujigoko) (CHUBU, Yamanashi)
    Hari 3 Takato Castle Ruins Park (CHUBU, Nagano)
    Hari 4 Tokyo (Kanto)
    Hari 5 Osaka (Kansai)
    Hari 6 Kyoto (Kansai)
    Hari 7 Tokyo (Kanto) – DisneySea
    Hari 8 Tokyo (Kanto)
    Hari 9 Tokyo (Kanto)
    Hari 10 Pulang – Haneda – Take off 11.45

    Pertanyaannya:
    1. Untuk efisiensi, sebaiknya beli JR Pass untuk seluruh wilayah Jepang (7 hari, Harga 29.110
    yen) atau Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass (7 hari, Harga 24.000 yen,) atau yang lainnya,
    apa yang direkomendasikan ?
    2. Untuk lebih menghemat, sebaiknya mulai diaktifkan hari ke berapa, mengingat beli yang 7
    hari, padahal di Jepang 10 hari
    3. Rencana menginap di Shinjuku untuk Tokyo, untuk Osaka atau Kyoto rekomendasinya
    dimana, yang bukan hotel kapsul

    Terima kasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu silakan membeli JR Pass yang 29.110 yen, karena Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass tidak mengcover perjalanan kereta ke Kawaguchiko dan Fuji Five Lakes.
      Lalu bisa diaktifkan dari hari pertama sampai hari ketujuh, supaya mengcover perjalanan kereta shinkansen antar kota yang mahal harganya.
      Untuk rekomendasi hotel, silakan dilihat di masing-masing halaman: Rekomendasi hotel di Shinjuku, di Namba Osaka, dan Kyoto.
      Website infojepang sudah otomatis memilihkan hotel-hotel dengan harga paling terjangkau.
      Salam

  7. Rencana kami sekeluarga (bapak, ibu, anak laki 29 th, dan anak perempuan 25 th) pergi ke Jepang 14 April 2017 – 24 April 2017, dengan route :

    Hari 1 Tokyo (Kanto)
    Hari 2 Fuji Five Lakes (Fujigoko) (CHUBU, Yamanashi)
    Hari 3 Takato Castle Ruins Park (CHUBU, Nagano)
    Hari 4 Tokyo (Kanto)
    Hari 5 Osaka (Kansai)
    Hari 6 Kyoto (Kansai)
    Hari 7 Tokyo (Kanto) – DisneySea
    Hari 8 Tokyo (Kanto)
    Hari 9 Tokyo (Kanto)
    Hari 10 Pulang – Haneda – Take off 11.45

    Pertanyaannya:
    1. Untuk efisiensi, sebaiknya beli JR Pass untuk seluruh wilayah Jepang (7 hari, Harga 29.110
    yen) atau Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass (7 hari, Harga 24.000 yen,) atau yang lainnya,
    apa yang direkomendasikan ?
    2. Untuk lebih menghemat, sebaiknya mulai diaktifkan hari ke berapa, mengingat beli yang 7
    hari, padahal di Jepang 10 hari
    3. Rencana menginap di Shinjuku untuk Tokyo, untuk Osaka atau Kyoto rekomendasinya
    dimana, yang bukan hotel kapsul

    Terima kasih banyak atas bantuannya

  8. Malam, sy ada rencana pergi ke jepang pada saat cherry blossom. Rute saya
    Tiba : Haneda
    Day1- 5tokyo
    Day 5- 6hakone
    Day 6-8 kyoto
    Day 8-10 osaka
    Kembali ke jakarta dari osaka.
    Yg perlu sy beli JR pas atau tiket oneway shinkansen. Sy juga masi bingung untuk pasmo atau suica itu mencakup rute mana saja dengan train dan bus apa? Yg sy perlukan untuk rute perjalanan saya JR pass atau dengan Pasmo saja? Sm cara memakai Hypermedia untuk mempermudah rute train sy bagaimana? Krn sh masi kurang paham

  9. Malam Pak,

    Saya rencana pergi ke jepang dengan itinerary:

    Tokyo – kawaguchiko – tokyo
    Tokyo – takayama – shirakawago – takayama
    Takayama – kyoto
    Kyoto – nara – kyoto
    Kyoto – osaka

    apakah saya perlu beli JR pass?
    Apakah JR pass bs mengcover bus dari shinjuku ke kawaguchiko dan dari takayama ke shirakawago?

    Terima kasih banyak atas informasinya

  10. Pak, saya tiba di osaka 08 Maret pukul 15:35 kalau saya langsung aktifkin JR pass nya, berarti hitungan masa berlaku nya sampai kapan?
    saya kembali ke indo dari haneda tanggal 14 maret pukul 23:45. Mungkin dari hotel berangkat pukul 21:00 . apakah JR pass nya masih bisa dipakai untuk perjalanan ke haneda?
    Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu Margaretha. Hari pertama JR Pass mulai dihitung sejak hari mengaktifkannya.
      Kalau dalam kasus Ibu, maka tanggal 14 Maret JR Pass tetap dapat dipergunakan ke Haneda Airport. Salam

  11. saya mau tanya kalau saya datang dari osaka kembali ke tokyo.
    jadwalnya sih osaka 3 hari, kyoto 2 hari, trs mau ke takayama, shirikawago, fuji/gotemba, tokyo. Enaknya beli JR Pass atau nggak ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Nolafieda. Karena ada perjalanan ke Takayama, Shirakawago dan Fuji/ Kawaguchiko mungkin bisa membeli JR Pass (29.110 yen)
      Salam

  12. Selamat Pak Pak Nuhroho

    Saya berencana ke jepang selama 7 hari di akhit bulan januari sampai awal februari (kluar msuk lwat osaka)
    Rencana pejalanan saya selama 7 hri tersbut dg rute osaka-kyoto-takayama-shirakawa-tokyo-mt.fuji/yeti resort-tokyo dan kembali ke osaka, apakah dg rute tersebut lebih baik dan murah saya beli JR pass atau membeli tikeg point to point?. Terima kasih

  13. hallo pak, desember besok saya ada rencana ke jepang selama 9 hari 8 malam. Itinerary saya :
    hari 1 : tiba haneda pagi lgs ke shinjuku apartment, asakusa, ameya-yokocho, ginza, shinjuku
    hari 2 : shinjuku ke tsukiji market, shibuya, harajuku, shinjuku
    hari 3 : shinjuku ke disney sea (1 hari full )
    hari 4 : shinjuku ke gotemba ( 1hari full)
    hari 5 : shinjuku ke toyama, shirakawa go, toyama
    hari 6 : toyama ke takayama balik ke toyama lanjut ke osaka (tinggal di daerah namba
    nankai station )
    hari 7 : ke kyoto balik osaka (eksplore osaka)
    hari 8 : universal studio ( 1 hari full)
    hari 9 : namba nankai station to kansai airport (jam 11 pagi )
    Saya sudah mempunyai JR pass. Pertanyaan saya adalah di hari keberapa saya lebih baik mengaktivkan JR pass saya? Di hari pertamakah atau di hari ke 3? mana yang lebih maksimal pemakaiannya? Dan selama 2 hari yg tidak tercover JR pass, lebih baik saya beli pass yang apa ya pak dengan melihat itinerary saya.

    terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Bapak/ Ibu Welly. JR Pass silakan diaktifkan di hari pertama sampai hari ke 7. Sebab perjalanan di hari kedelapan dan sembilan hanya satu kali atau dua kali PP kereta sehingga kurang maksimal kalau menggunakan JR Pass. Lalu hotelnya di Osaka hari ke 8 malam juga dekat dengan Namba Nankai Station, sehingga lebih praktis naik kereta Nankai daripada harus memutar ke Shin Osaka lebih dahulu supaya bisa menggunakan JR Passnya. Salam

  14. selamat siang, saya mau ke jepang desember ini dari tanggal 29 des-3january. Saya ada 1 pertanyaan, dari Tokyo saya mau berkunjung ke Kagoshima, apakah bisa dengan menggunakan JRpass? terimakasih.

    • bisa ya pake JRpass? karena pas saya cek di Map untuk pergi ke Kagoshima dari Tokyo harus naik Tokaido-Sanyo Shinkansen dan Kyushu Shinkansen

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya JR Pass mencover ongkos kereta shinkansen seluruh Jepang Ibu, termasuk Tokaido Shinkansen, Sanyo Shinkansen, dan Kyushu Shinkansen.
      Mohon dibaca dengan seksama penjelasan di artikel di atas. Salam

  15. Mohon informasinya
    Saya mau ke Jepang tgl 27 Jan – 5 Feb 17. Dengan itinerary :

    1. Tgl 27 Jan tiba di Kansai jam 08.30 langsung menuju Tokyo
    2. Tgl 28 Jan jalan2 di Tokyo
    3. Tgl 29 Jan jalan2 di Shizuoka
    4. Tgl 30-31 Jan jalan2 di Tokyo, malam menuju Kyoto
    5. Tgl 1 Feb – 2 Feb jalan2 di Kyoto
    6. Tgl 3 Feb kembali ke Osaka
    7. Tgl 3 – 5 Feb jalan2 di Osaka
    8. Back to Jakarta

    Dengan itinerary seperti ini, apakah saya perlu beli JR Pass? Berhubung saya beberapa hari jalan2 di satu tempat saja?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu Aulia. Karena ada perjalanan PP shinkansen dari Osaka ke Tokyo, maka JR Pass sudah balik modal.
      Bisa dipakai dari tanggal 27 Januari sampai 2 Februari selama 7 hari masa penggunaan.
      Salam

    • Dear Pak Nugroho,

      Noted pak. Tapi saya lagi trial buat itinerary dari teman saya.

      Ternyata penginapan tidak melalui dari JR Line juga dimana ada menggunakan Ginza Line dan Chiyoda Line. Apa JR Rail Pass bisa dipergunakan untuk Line tersebut?

      Contoh : Penginapan di Asakasa Station. From Kansai International to Asakasa Station melalui JR Line dan Chiyoda Line (pakai google map). Apa ada tidak ada langsung menggunakan JR Line?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu Aulia. Memang untuk daerah Akasaka tidak ada stasiun JR yang terdekat. Salam

  16. Pagi Pak Nugroho,
    Saya rencana ke Jepang tgl 9-20 Feb 2017, pesawat sampai pagi tgl 10 Feb, ini iten saya :
    1. tgl 10 : Haneda ke kawaguciko
    2. tgl 11 : kawaguchiko (sore) ke osaka
    3. tgl 12 : osaka (fullday)
    4. tgl 13 : osaka – kyoto – osaka
    5. tgl 14 : osaka – nara – kyoto – osaka
    6. tgl 15 : osaka (pagi) – hakone (via shinjuku – ingin naik kereta romancer)
    7. tgl 16 : hakone (sore) – tokyo
    8. tgl 17 : tokyo – gala yuzawa snow resort
    9. tgl 18-19 : tokyo (fullday)
    10. tgl 20 : tokyo (pesawat plg malam)

    Dengan iten ini mohon sarannya, karena pada hari pertama dari Haneda ke Kawaguchiko saya berencana naik bus Fujikyu, apakah perlu beli JR Pass?
    Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Karena ada perjalanan Kawaguchiko-Osaka-Tokyo, sebaiknya membeli JR Pass. Khusus untuk tanggal 15, dari Osaka tidak tersedia Romance Car, Amin bisa naik kereta Shinkansen dari Shin-Osaka ke Odawara. Pulangnya ke Tokyo baru bisa naik Romance Car. Salam.

    • Pak Nugroho,
      apakah iten yang saya buat sudah efektif?
      karena rencana ke gala yuzawa snow resort tgl 17, apakah sebaiknya saya mengaktifkan JR Pass di tgl 11 ya?
      naik romancer car saat sore sktr jam 6 dari hakone ke odawara, apakah pemandangan masih ok?
      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau bapak ke Kawaguchiko dengan naik bus, benar bisa diaktifkan tanggal 17, sehingga perjalanan ke Gala Yuzawa masuk coverage JR Pass. Soal itinerary sudah OK pak. Hakone dan Odawara terhubung dengan kereta atau bus Hakone Tozan. Perjalanan dari Odawara ke Tokyo bisa naik Romance Car (tidak tercover JR Pass) atau naik Shinkansen (tercover JR Pass)<-lebih untuk naik Shinkansen. Salam.

    • Pak Nugroho,
      saya rencana menginap semalam di kawaguchiko dan semalam di hakone, apakah iten yang saya buat sudah ok, mohon sarannya.
      Terima Kasih

  17. hallo, aku lagi consider beli JR pass untuk liburan Dec nanti. Itinerary kita Tokyo-Hakodate-Sapporo-Kyoto/Osaka-Mt Fuji-Tokyo selama 16 hari. JR Pass bisa dipakai di Sapporo kan ya? Apakah direkomendasi untuk beli 14days JR Pass? Thank you!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Shella, wah lama juga ya jalan-jalan di Jepangnya 16 hari. JR Pass bisa dipakai di semua wilayah Jepang kok. Saya gak bisa kasih rekomendasi sebelum lihat rute perjalanan kamu yang lengkap sih, hanya saja kalau lihat secara kasar tempat yang mau dikunjungi+lama/ durasinya, sepertinya cocok membeli JR Pass 14 hari. Sebagai tambahan, mungkin kamu juga bisa mengunjungi Shirakawago dan juga Hakone.

  18. Selamat sore pak Nugroho,
    Saya rencana akan mengunjungi Tateyama Alpine Route, Gokayana, Shirakawago , Takayama dan Kanazawa, saya akan berangkat dari Tokyo
    Mohon rute perjalanan yg baik dan rencana akan bermalam sekitar 3-4 malam, lalu kembali ke Tokyo
    serta sebaiknya beli tiket JR apa saja ? terima kasih

    • Santoso Chayadi  |  

      Pagi pak Nugroho, tks sebelumnya atas jawabannya. Saya rencana berangkat dari Tokyo naik kereta ke Tateyama Alpine Route tapi karena kami berangkat dgn bawaan koper masing2 sy rencana bermalam di hotel dahulu , tapi kendala nya sy harus bolak balik rute Tateyama Alpine route dan tentu biaya nya akan mahal, setelah itu kami akan mengunjungi Gokayana, Shirakawago, Kanazawa dan Takayama baru kembali ke Tokyo. Mohon saran terbaik untuk rute dan sebaiknya harus bermalam di kota2 mana saja. tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bapak Santoso bisa baca contoh itinerary kami mengunjungi Tateyama dan Shirakawago, sepertinya keinginan bapak mirip dengan para pengguna Tour Guide Online kami selama ini. Sebagai tambahan, Kanazawa itu ada di tengah-tengah Tateyama (Toyama) dan Shirakawago. Jadi mungkin rutenya bisa seperti ini: TOkyo-Toyama (Tateyama)-Kanazawa-Shirakawago-Takayama-Kanazawa-Tokyo, atau setelah Takayama bisa ke Nagoya-Tokyo. Jika masih ada yang bingung bisa ditanyakan. Salam.

  19. Selamat pagi bapak admin Info Jepang, saya sudah beli JR pass (ordinary) untuk akhir Des. 2016.
    Saya lihat di hyperdia ada total biaya = Fare + Seat fee (Green/ reserved high-season/ unreserved).
    Unreserved juga dikenakan biaya.
    – Tolong dijelaskan tentang seat fee, apakah sudah tercover JR pass.
    – Jika kita reserved high-season, apakah ada biaya tambahan diluar harga JR pass.
    – Saat tukur JR pass di Haneda, apakah kita bisa reserved seat untuk pemakaian hari pertama s/d hari ketujuh sesuai jadwal perjalan.
    Mohon infonya. Saya ucapkan terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Untuk JR Pass Ordinary sudah mencakup fare dan reserved fare Pak, untuk shinkansen Hikari dan Kodama.
      Green adalah business classnya shinkansen, sehingga ada biaya tambahan kursi. High season hanya berlaku untuk liburan golden week pada 29 April-5 Mei dan liburan musim panas pada minggu pertengahan Agustus, di luar itu tidak ada biaya tambahan.
      Bapak bisa memesan tiket dan kursi shinkansen saat menukarkan JR Pass. Tinggal beritahu tujuan, tanggal, dan jam keberangkatan pada petugas di kaunter, dan seluruh tiket shinkansen selama 7 hari bisa dicetak sekaligus. Salam

  20. Hi Info jepang, mohon info klu naik JR dari Fukuoka tgl. 4 Des malam dan sampai tokyo tgl. 5 des pagi, langsung ke Haneda untuk flight jam 10 pagi ke Indonesia, apakah keburu ya ? dan dari stasiun JR ke Haneda apakah susah harus pindah2 kereta/bus ? JR pass dari Fukuoka ke tokyo jadwal terakhir jam berapa ? Mohon infonya. terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sepertinya tidak mungkin kalau semalaman naik kereta Shinkansen. Sebab kereta shinkansen dari Fukuoka menuju ke Tokyo, berangkat 16.38.
      Ibu harus menginap semalam di Tokyo.
      Untuk akses Haneda Airport dari Tokyo Station bisa dibaca di Panduan Lengkap Haneda Airport. Salam

  21. Haii admin mohon infonya :
    Berikut adalah itienary saya slma di jepang dr tgl 21 nov s/d 30 nov
    Day1 mendarat di tokyo
    Day2 tokyo – osaka
    Day3 osaka
    Day4 kyoto
    Day5 osaka – takayama ( shirakawago) menginap ditakayama
    Day6 shirakawago – tokyo
    Day7 tokyo – kawaguchi menginap di kawaguchi
    Day8 kawaguchi – tokyo
    Day9 tokyo
    Day10 back to jkt
    Dengan itienary seperti ini apakah perlu saya membeli JR pass?? apakah itienary yg saya buat sdh efektif kalo dilihat dr jalur lokasinya? Mohon info nya. Terima kasih admin…..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Cristin, karena ada rute PP Tokyo-Osaka-Kyoto dan Shirakawago, sudah untung kalau membeli JR Pass. bisa diaktifkan hari 2-8 saja. Salam.

  22. Hi Info Jepang,

    Saya rencana berangkat ke Jepang dengan mengunakan ANA, 22 Maret 2017 eta Narita 15:45 Local Time…and back to Jakarta, 29 Maret 2017 Narita – Soekarno Hatta eta : 23:20 WIB

    Planning :
    Day 1..Abis dari Narita Airport langsung ke Osaka? atau Tokyo saja…
    Day 2..Osaka (Universal Studio Japan) All day
    Day 3…dotonburi,,etc apakah bisa ke Nara?
    Day 4..Kyoto.. Fushimi Inari, etc..
    Day 5..Tokyo..Shibuya, Gotemba,,etc
    Day 6..Tokyo..Disneyland..
    Day 7..Tokyo..Odaiba, etc…
    Day 8..Tokyo – Jakarta at 18:05 Tokyo Local Time

    Apakah sesuai atau ada itinerrary lebih baik?

    Many thanks..

  23. halo mas saya ingin bertanya, intinya jika saya akan bolak bali tokyo-osaka-kyoto-tokyo berarti lebih baik untuk membeli jr pass kan ya.. tetapi apakah jr pass jg sudah cukup untuk mengcover perjalanan di dalam kota?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Ayu. Ya kalau ada PP naik shinkansen Tokyo-Osaka/Kyoto, sudah balik modal JR Pass.
      Perjalanan kota apa yang ibu maksudkan? Untuk tempat wisata di Tokyo atau Kyoto sepertinya tidak cukup. Salam

  24. Pak Nugroho mohon infonya.
    Saya rencana mau ke jepang 17 Feb 2017 sampai tgl 25 Feb 2017 (9 hari). Saya pergi bersama istri, dengan 2 anak umur 8 dan 6 th (cowok semua). pesawat saya JAL dari Jakarta – Narita (pp). Itenerary yang saya buat:

    Jumat
    – Jakarta – tokyo (sampai jam 4 sore)
    – Tokyo – osaka (shinkansen jam 5an)

    Sabtu
    – US japan

    Minggu
    – Jalan2 di Kyoto, Kanzai dan Osaka

    Senin
    – Jalan2 Osaka
    – osaka – tokyo (shinkansen jam 4tan)
    – jalan2 tokyo

    Selasa
    – Gala Yuzawa
    – jalan2 tokyo

    Rabu
    – Kawazu (lihat sakura)
    – Mt. Fuji dari danau Kawaguci
    – Premium outlet Gotemba

    Kamis
    – Disneysea

    Jumat
    – jalan2 Tokyo

    Sabtu
    – jalan2 Tokyo
    – Narita – Jakarta

    Rencana saya beli JR pass 7 hari.
    Mohon infonya
    1. Menurut bp apakah sudah baik itenerary yang saya buat? Mohon di koreksi.
    2. JP pass saya kan 7 hari untuk 2 hari sisanya saya lebih baik menggunakan suica/pasmo ataukah saya bisa menggunakan pass apa untuk acara jalan2 dalam kota dan pass tersebut bisa digunakan juga untuk ke bandara Narita.
    3. Untuk hari Rabu tgl 22 Feb apakah bisa disisipkan juga ketempat Shirakawago?
    Mohon petunjuknya pak Nugroho. terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Sepertinya sudah pas Pak dan sudah balik modal jika membeli JR Pass 7 hari.
      Untuk perjalanan di kota Tokyo hari Jumat, bisa mempertimbangkan untuk membeli Tokyo Metro 24-hour Ticket seharga 600 yen, karena mengcover ongkos kereta ke tempat-tempat terkenal di Tokyo. Sedangkan untuk ke Narita bisa pakai tiket satuan/ ketengan atau pakai suica/pasmo.
      Untuk ke Shirakawago, sebaiknya jangan dimasukkan hari Rabu karena kami dapat pastikan tidak mungkin. Bagaimana kalau diselipkan dalam perjalanan antara Osaka dan Kyoto via Kanazawa/ Toyama? Jadi pergi ke Shirakawago PP via jalur utara. Silakan dibaca-baca dulu Pak link yang terkait. Salam

  25. Jadi pak…Dengan itinerary seperti di atas, untuk lebih hemat memang harus pakai JR Pass yaa..
    dan untuk jalan2 di daerah Osaka (Osaka Castle) , Kyoto(Arashiyama, Fushimi Inari dan Tokyo ( Gn Fuji & Disney Sea..apakah saya harus beli tiket yang lain atau JR Pass tersebut bisa digunakan ???
    Kalau harus beli tiket yang lain, lebih baik saya beli tiket apa yaa ??? untuk di Osaka, Kyoto dan Tokyo.
    Terima kasih.

  26. siang Pak
    saya pakai JR Pass dari osaka mau ke tokyo
    apakah bisa pakai NOZOMI / MIZUHO / HAYABUSA (SHINKANSEN) ??

    saya dari bandara OSaka Kix mau lgsg ke ShinOSaka naik Shinkansen k tokyo

    transport ny Gmn ya Pak?
    pertama kali backpack sendiri k jepang

    thanks a lot ya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk menuju ke Shin Osaka Station dari Kansai Airport Ibu bisa naik
      1) kereta limited ekspress JR Haruka (50 menit, tersedia 2 kereta per jam, tercover JR Pass)
      2) kereta cepat JR Langsung (70 menit, 3 kereta per jam, tercover JR Pass)
      Pilih saja mana yang ada saat ingin berangkat dari Kansai Airport.
      Untuk info naik dari terminal mana dan tips lain tentang Kansai Airport bisa dibaca: Panduan tentang Kansai Airport.

      Shinkansen Nozomi, Mizuho, dan Hayabusa itu shinkansen yang paling cepat tapi tidak tercover oleh JR Pass.
      Dari Shin Osaka Airpot ibu bisa pilih naik Shinkansen Hikari atau Shinkansen Kodama, sampai ke Tokyo Station.
      Bisa dibaca Tips Naik Shinkansen di Jepang
      Salam

  27. Hai, mau tanya untuk JR Pass:
    1. Apakah ada shinkansen langsung dari bandara Narita menuju ke Osaka? Apakah harus dari Stasiun Tokyo?
    2. Untuk jadwal JR Pass dari Tokyo – Osaka bisa dilihat dimana? Apakah setiap jam pasti ada jadwal keberangkatan?
    3. Apakah ada rute JR Pass dari Stasiun Osaka menuju Rinku Premium Outlet?

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Ratih, selamat pagi.
      1. Tidak ada shinkansen langsung, kamu harus ke Stasiun Tokyo dulu untuk naik shinkansen sampai Stasiun Shin-Osaka.
      2. Jadwal kereta dari Tokyo-Shin-Osaka tersedia setiap 30 menit (untuk kereta Hikari dan Kodama, yang tercover JR Pass). Tersedia keberangkatan dari jam 6 pagi sampai jam 8 malam.
      3. Untuk ke Rinku Premium Outlet Kansai, Ratih bisa naik kereta JR Kansai Airport dan turun di Stasiun Rinku Town

    • 1. Apakah JR Pass bisa digunakan utk Narita Express dari Bandara Narita kr Stasiun Tokyo dan sebaliknya?
      2. Jadwal Narita Express setiap berapa menit sekali?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Ratih,
      1. Bisa dipakai untuk naik kereta JR Narita Ekspress sampai ke Stasiun Tokyo.
      2. Keberangkatan tersedia 1 jam sekali dan tiap 30 menit untuk jam sibuk (pagi dan sore hari). Tersedia dari jam 07.40-21.00.
      Ini karena jalur Narita Ekspress terbagi menjadi 2, ke arah Yokohama dan ke arah Saitama via Shinjuku dan Shibuya.
      Salam.

  28. Hi,

    Mau tanya saya rencana pergi December ini ke jepang

    day 1-day 5: stay di Tokyo (sampai di narita dan menginap di shijuku) – keliling daerah
    yamanote line

    day 5-day 6: dari Tokyo ke shirakawago via takayama (stay 1 malam di takayama)

    day 6-day 8: takayama – Kyoto

    day 8-day 11: Kyoto-Osaka (kembali ke Jakarta melalui Kansai airport)

    Kalau melihat itinerary saya, apakah worth jika saya membeli JR pass 7 hari?

    Thank you

  29. Salam Pak Nugroho,

    Apakah kereta LTD. EXP SUNRISE SETO bisa menggunakan JR Pass? saya ada rencana naik kereta malam dari osaka ke tokyo, terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, JR Pass mencover Limited Express Sunrise Seto dari Osaka ke Tokyo.
      Silakan ibu memesan Nobi Nobi Seat (kelas yang paling murah) supaya tercover oleh JR Pass.
      Selain Nobi Nobi Seat, akan kena biaya tambahan. Salam

    • Terima kasih, utk memesan seat nobi-nobi itu sblm keberangkatan ya? Ke counter JR dan lgs reserve seat? Atau bisa dr bbrp hari sblmnya?

  30. Sy berencana akan ke jepang tgl 19nov 2016,4 hari di tokyo,2 hari di osaka dan 1 hari ke kyoto,kembali ke indonesia dri osaka..kira2 sebaiknya sy beli JR pass atw tidak yaa..mohon sharing pengalamannya ..trma kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau tidak ada PP dari Tokyo-Osaka-Tokyo, tidak perlu membeli JR Pass.
      Untuk pengalaman silakan dibaca di website infojepang ini, ada banyak kisah dan kegiatan wisata yang ditulis berdasarkan pengalaman Tim Info Jepang.
      Salam

  31. hilda situmorang  |  

    ada pertanyaan lagi:
    1. kreta fujikyu yg ke kawaguchi station apa tercover tokyo wide pass?
    2. adakah jr pass one day di kyoto?
    3.transportasi ke komyoji temple kyotoenggunakan moda apa yang tercepat?
    4. untuk hitachi seaside park,worthedkah dilihat di pertengahan sampai mg terakhir november?
    5.osaka amazing pass dan tokyo wide pass apakah dihitung sejak tgl dibeli atau tgl diaktifkan? hitungannya perhari atau hitung 24hour sejak dibeli? bagaimana juga dengan subway pass dan tokunai pass?
    6.untuk kyoto adakah pass yg mengcover jalur hankyu?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu.
      1. Ibu jangan bingung. JR Pass yang tertulis di artikel di atas tidak mengcover kereta Fujikyu, namun Tokyo Wide Pass mencovernya.
      2. Untuk one day pass di Kyoto bisa dibaca info lengkapnya di Free pass Kyoto. Tersedia juga informasi lengkap mengenai jalur kereta swasta seperti hankyu.
      3. Untuk ke kuil komyoji di Kyoto, bisa naik kereta JR dan Hankyu, dilanjutkan dengan naik bus lokal.
      4. Tim Info Jepang sudah membahas pemandangan Hitachi Seaside Park, dan sepertinya untuk bulan november tidak ada pemandangan spesial.
      5. Untuk Osaka Amazing Pass waktu berlaku akan dicetak sewaktu pemakaian pertama pass, sedangkan untuk Tokyo Wide Pass kita bisa memilih tanggal mulai menggunakannya. Rata-rata dihitung per hari, kalau dihitung 24 jam akan diberi nama 24-hour tickets. Silakan perhatikan informasi selengkapnya: Free Pass di Kota Tokyo Jepang.
      Salam

  32. hallo, apakah ada shinkansen dari toyama ke osaka? rencana dari tokyo ke alpine lewat nagano, – toyama, lalu ke osaka, atau sebaiknya kembali ke tokyo baru ke osaka? tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hanya ada kereta Ainokaze atau Shinkansen Hakutaka ke Kanazawa, baru dilanjut naik limited ekspress Thunderbird dari Kanazawa sampai Osaka. Harga tiketnya jauh lebih murah daripada harus kembali ke Tokyo. Kalau ada rute ini, sebaiknya vera mempertimbangkan membeli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass.

  33. halo, apa ada pembahasan ttg Kintetsu Rail Pass (KRP) sebelumnya di infojepang?
    saya ada rencana ke daerah Kansai dan Chubu, terutama perjalanan dari Kansai International Airport (KIX) ke Nagoya. ada pertanyaan yg infonya msh belum saya mengerti:
    1. apa KRP tsb mencover transportasi dari KIX ke Namba/Tennoji (Nankai Ltd Exp / Ltd Exp Haruka)?
    2. apa KRP juga mencover kereta Urban Liner atau Kintetsu Ltd Exp dari Namba ke Nagoya? karena kedua kereta tersebut ada biaya reserved seat nya.
    apa ada rekomendasi transportasi lain dari KIX ke Nagoya yg lebih murah?
    terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Belum ada Ajun, karena juga jarang ada yang menanyakan. Nanti akan segera kami buatkan buat para pembaca lainnya.
      1. KRP mengcover perjalanan KIX-Namba dengan kereta Nankai biasa. KRP tidak lagi mengcover perjalanan dengan kereta Limited Ekspress (kamu harus membayar tambahannya). Artinya, perjalanan dengan KRP akan menjadi lebih lama.
      2. Dicover, namun hanya kereta semi-ekspress atau kereta lokal Kintetsu. Rekomendasi yang lebih murah, bisa naik bus. Atau kalau mau praktis ya Shinkansen (1 jam saja). Salam.

    • saya tunggu ulasannya ttg Kintetsu Rail Pass (KRP) nya 🙂
      informasi ttg KRP ini agak rancu, krn ada perubahan per 1 Oktober kemarin, byk kemudahan/fasilitas yg tidak tercover lagi.
      setelah lihat berbagai kemungkinan pd hyperdia, sepertinya ngeteng naik kereta express (non shinkansen & limited express) masih lebih murah drpd naik Willer bus saat weekend, walaupun harus pindah stasiun sekali (Namba Nankai ke Osaka-Namba) dan 3 kali ganti kereta express pd jalur Kintetsu antara Osaka-Namba sampai Kintetsu-Nagoya (tanpa pindah track).
      btw, terima kasih atas informasinya

    • o iya kelupaan…
      untuk daerah Kansai dan Chubu, apa kartu Pasmo bisa dipakai? apa perlu pake kartu lainnya untuk pembayaran kereta/subway/bus/dll untuk mempermudah perjalanan?

  34. hilda situmorang  |  

    ada lagi yang bingung :
    1. tokunai pass mencakup jr mana saja?
    2. ke nikko dengan tokyo wide pass apakah hanya keberangkatan siang saja? jalur tobu apakah dicover tokyo wide pass?
    3.ke odaiba apakah bisa memggunakan tokyo wide pass? tokyo teleport itu apakah terhubung dengan jalur jr?
    4. ke hitachi side park apakah bisa menggunakan tokyo wide pass?
    5. dari haneda ke asakusabashi bisakah memakai tokyo subway pass 24 hours? apakah monorailnya dicover?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Hilda, selamat malam.
      1. Seluruh kereta JR di dalam kota Tokyo (JR Yamanote Line), lalu kereta sampai Kamata, Koiwa, dan Nishi Ogikubo.
      2. Kereta tobu tercover dalam Tokyo Wide Pass.
      3. Jalur kereta rinkai ke Odaiba dan Tokyo Teleport juga tercover. Terhubung di stasiun shin-kiba atau Osaki, selanjutnya dengan kereta rinkai.
      4. Hitachi juga masuk. Kamu bisa baca selengkapnya di Tokyo Wide Pass.
      5. Bisa ke asakusa dengan subway pass, namun tokyo monorail tidak dicover.

  35. Hai Mas Nugroho, saya punya itinerary begini:
    Day 1: INA – HANEDA (Tokyo city tour)
    Day 2: Tokyo Disneyland
    Day 3: Hakone (Mount Fuji) / Nagoya (tentative)
    Day 4: Kyoto Full day
    Day 5: Osaka Full day
    Day 6: Osaka – INA
    1. Waktu saya berkeliling di Tokyo apakah saya perlu menggunakan JR Pass? atau bisa menggunakan SUICA/Pasmo saja
    2. Dari Tokyo ke Kyoto sebaiknya saya menggunakan apa? kreta atau bus? menggunakan JR Pass / Suica? mohon bantuannya
    3. Dari Kyoto ke Osaka sebaiknya saya menggunakan apa? kreta atau bus? menggunakan JR Pass/ Suica? mohon bantuannya
    4. Jika saya mau ke Nagoya dari Tokyo saya menggunakan apa? kreta atau bus? menggunakan JR Pass/ Suica? mohon bantuannya
    5. Untuk berkeliling di dalam osaka / kyoto saya menggunakan apa ya enaknya? JR pass/suica? Trims 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Nita, selamat malam.
      1. Rute perjalanan kamu tidak ada PP Tokyo-Kyoto/Osaka, sebaiknya tidak membeli JR Pass.
      2. Kalau hanya mengunjungi 2-3 tempat, cukup menggunakan SUICA/PASMO, atau beli tiket ketengan.
      3. Kyoto ke Osaka bisa naik kereta. Bisa gunakan SUICA/PASMO/ICOCA, atau beli tiket ketengan. Harganya hanya 560 yen.
      4. Naik Shinkansen saja, cepat dan praktis.
      5. Silahkan baca free pass osaka dan free pass kyoto. Kalau masih bingung, silahkan tanya lagi kepada kami. Salam:)

    • Thank’s infonya mas Nugroho.. 🙂

      Untuk di kyoto dan osaka saya masih aga bingung dengan pass yang akan saya beli.
      sebenarnya itinerary saya di kyoto dan osaka sbb:
      1. Kyoto: kiyomizudera, fushimi inari, arashiyama
      2. Osaka: osaka castle, universal studio, nara park

      pertanyaannya:
      1. apakah waktu di kyoto lebih baik saya menggunakan kansai pass through?
      2. apakah di osaka lebih baik saya menggunakan Osaka amazing pass?
      3. saya baca untuk yang free pass osaka dan kyoto ini hanya bisa dibeli di airport, sedangkan saya kesini dari tokyo. Apakah bisa di beli di stasiun saja?

      Terima kasih. 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dilihat dari rencana perjalanan Nita, tidak perlu membeli pass apapun, karena tidak akan balik modal. Cukup beli tiket bus atau kereta secara ketengan. Salam.

    • kalau boleh ikutan kasih saran untuk keliling Kyoto…
      seharian pake Bus Pass aja, cuma 500 yen (bisa dibeli di stasiun/penginapan sekitar Kyoto)
      mungkin pagi bisa diawali di Arashiyama dulu untuk dapat foto yg bagus, agak siang sangat ramai biasanya (bisa jg mampir ke Kinkakuji (kuil emas) kalau ga terlalu lama di Arashiyama), kemudian lanjut ke Fushimi Inari dan terus ke Kiyomizudera saat sore (view nya bagus saat sunset).
      klo mau lanjut bisa jalan kaki dr Kiyomizudera ke Gion menyusuri daerah Higashiyama yg banyak rumah2/kafe dg bangunan tradisional, banyak kuil2 juga di daerah ini (banyak juga geisha “kw” :D, wisatawan yg memakai kimono sewaan saat keliling higashiyama & gion)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Terima kasih untuk komentarnya pak Ajun, Pasmo bisa digunakan di Kansai dan Chubu. Memang ada perubahan per 1 Oktober kemarin. Bapak harus memperhitungkan matang-matang juga, karena kereta semi ekspress atau lokal Kintetsu akan memakan waktu yang cukup lama, ketimbang naik kereta shinkansen atau limited ekspress. Salam.

  36. hilda situmorang  |  

    mohon bantuannya ada beberapa pertanyaan :
    1. apa perbedaan jr kanto dan tokyo wide pass? apakah ke2 jr pass bisa dipakai ke nikko? jr pass apa bisa dibeli online dari indonesia?
    2. untuk kreta shinhaken haruskah reserve seat? dimana bisa reservenya? kalau pakai website bisakah? caranya?
    3.untuk kereta biasa dari kyoto ke osaka yang biayanya 560yen apakah bisa memakai pasmo? atau harus beli tiket diloket?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Hilda, ini jawabannya
      1. Dahulu bernama JR Kanto Pass, sekarang diganti dengan Tokyo Wide Pass, sedikit lebih mahal tapi cakupan lebih luas.
      2. Bisa. Cukup datang ke stasiun keberangkatan, bawa JR Pass dan Passport, dan pesan di loket stasiun.
      3. Bisa menggunakan Pasmo, Suica, atau Icoca. Beli tiket tentu juga bisa.

  37. alow Mas Nugroho
    saya mau tnya , saya pakai JR Pass
    kalau dari shin – osaka ma ke tokyo naik kereta JR yg mana ya ?
    nozomi atau Hikari ya? pertama kali backpack sndr ke japan
    thanks ya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa naik Hikari (Shinkansen kedua tercepat), karena Nozomi tidak tercover oleh JR Pass. Salam.

  38. Salam kenal 🙂
    saya berencana pergi ke jepang tgl 30 okt – 7 Nov dengan itinerary sebagai berikut:
    30 Okt: tiba di Kansai airport (perjalanan OSAKA-KOBE) krn ada acara di Kobe s.d. tgl 1 Nov
    31 Okt: Osaka wonderloop (hop on hop off bus)/USJ (menginap di Kobe)
    1 : Fushimi Inari – Arashiyama Bamboo (Kobe – Kyoto)
    2 : Kyoto kiyomizudera – distrik higashiyama- gion (Kyoto)
    3 : kyoto >> tokyo : shibuya – harajuku – akihabara – asakusa
    4: lake kawaguchi – mount fuji (menginap di tokyo)
    5:Tokyo Tower – Meiji Shrine – Imperial Palace East Garden -Ginza
    6: Disneyland Tokyo
    7: ?
    8: take off dari Tokyo

    Pertanyaan saya:
    1. Dengan rute seperti itu apakah perlu membeli JR Pass. Bila tidak perlu apakah bisa direfund?
    2. Apakah rencana perjalanan saya cukup efisien dan apakah saya memerlukan kartu Pass yang lain untuk menjelaja area2 tersebut.
    3. Apakah ada ide destinasi yang bisa dituju pada hari terakhir yg bisa juga menggunakan JR Pass.
    Trimakasih sekali atas bantuannya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Karena tidak ada rute PP Tokyo-Kyoto/Osaka, tidak usah membeli JR Pass.
      2. Ya cukup efisien, tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi juga berdekatan, tidak perlu beli pass. Rekomendasi di Tokyo, mungkin bisa membeli SUICA/PASMO untuk memudahkan saja (tidak perlu membeli tiket setiap kali ingin naik kereta).
      3. Hari ke 7 mungkin bisa coba ke Odaiba, Yokohama, atau Hakone sebagai day-trip dari Tokyo.

  39. Mohon info,
    1. Apakah shinkansen Hayabusa dapat menggunakan JR Pass ?
    2. Sendai – Shin Hakodate, apakah perlu memesan kursi terlebih dahulu ?
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      JR Pass tidak meng-cover shinkansen Hayabusa. Bapak bisa naik shinkansen Hayate atau shinkansen Yamabiko.
      Lalu shinkansen ke Shin-Hakodate juga harus direservasi karena tidak ada kursi bebas. Salam

  40. Mohon info, hampir sama dengan Bu Nyoman, kami sekeluarga akan ke Jepang April 2017. 2 malam di Osaka, 1 malam di Kyoto, 4 malam di Tokyo. Datang via Kansai, Osaka, pulang via Narita, Tokyo. Selama di masing-masing kota, kami akan banyak berkeliling, berdasar Google Map, akan melibatkan transportasi subway, kereta, bis dan Shinkansen.

    1. Kalau dr bahasan perjalanan orang lain di infojepang.net, apakah sudah benar bahwa saya tidak perlu membeli JR Pass, krn masih tidak meliputi keseluruhan transportasi lokal. Saya hitung per rute dng beli point-to-point, total beda 2jt-an lebih mahal dibanding total beli JR Pass, (tp tdk termasuk tiket2 lokal). Apakah keputusan saya sdh benar dengan tetap tdk membeli JR Pass?
    2. Dengan tidak membeli JR Pass, mohon saran jenis Pass apa yg perlu saya beli, utk berkeliling kota Osaka, Kyoto dan Tokyo? Berapa harga, dan bagaimana saya dapat membeli Pass tersebut?
    3. Mana lebih bijak dr sisi biaya dan efektivitas pemakaian, membeli sim card lokal utk sambungan internet, atau meminjam Pocket Wifi Modem? Bila dng PWM, mohon saran dimana/bagaimana cara terbaik saya untuk membayar dan menerimanya?

    Saya tunggu sarannya, dan terima kasih sebelumnya.

    • Terima kasih atas infonya, Pak Christian.

      Mohon satu saran lagi, apakah sudah benar saya memutuskan beli tiket harian Tokyo Free Kippu (Tokyo Free Tour), apabila dalam 4 hari di Tokyo rute keliling saya adalah ke tempat-tempat berikut ini, mengingat kompleksitas jenis transportasi (Tokyo Metro, Tokyo Toei, JR, TDR TDL, Skyliner ke Narita) :

      Imperial Palace, Sensoji Temple Asakusa, Tokyo Skytree, Ginza, Shibuya Hachiko, Meiji Shrine, Ueno Park, Harajuku, Shinjuku, Disneysea, Narita

      Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu cukup membeli Tokyo Metro 24-hour ticket (600 yen), sudah cukup untuk berkeliling tempat wisata yang ibu sebutkan. Lihat objek wisata yang tercover Tokyo Metro 24-hour ticket dalam frame biru di link berikut. Sedangkan untuk Disneysea/ Disneyland dan Narita cukup pakai ICOCA/Suica atau beli tiket satuan, karena jatuhnya lebih murah. Salam

    • Untuk transportasi ke DisneySea dan Narita, sesuai saran, akan kami bayar dng Pasmo/Suica Card.

      Yg ingin saya tanyakan lebih lanjut, adalah ttg penggunaannya. Apakah kami berempat masing2 harus memiliki Pasmo/Suica karena dengan kartu ini lah kami masing2 akan melalui ticket gate, atau kartu ini cukup dimiliki satu orang saja, krn hanya digunakan untuk membeli tiket berempat di mesin tiket.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Penggunaan pertama itu praktis karena tidak perlu membeli tiket satu-satu, apalagi agak ribet mencari berapa harga tiket kereta melihat peta stasiun di Tokyo. Nah kalau pemakaian yang kedua, ya tidak perlu membeli suica/pasmo, lebih baik langsung pakai uang tunai.
      Salam

    • Berarti kami berempat masing-masing membeli Pasmo Card (total 4 Pasmo) dng deposit secukupnya, sehingga saat masuk pintu masing-masing scan kartu dan akan dipotong langsung?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, ibu. Itu adalah penggunaan suica/pasmo yang paling tepat.
      Kalau anak-anak dibawah 12 tahun, ibu bisa membeli suica/pasmo untuk anak-anak. Nantinya ongkosnya akan langsung dapat diskon 50%.
      Salam

  41. Ni nyoman suryani  |  

    Hi info jepang,

    Saya berencana liburan ke jepang april 2017, start dr osaka menuju kyoto lalu tokyo selama 9 hari. Apakah saya harus membeli JR pass?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Nyoman, tiba di Jepang dari Osaka, pulangnya dari mana ya? Kalau dari Osaka juga, bisa pertimbangkan beli JR Pass, tapi kalau pulangnya dari Tokyo, tidak perlu beli JR Pass. Salam

  42. Dalila Nurqifthiyyah  |  

    Halo, jika saya berencana pergi ke Jepang melalui bandara Haneda (PP) dan menginap di Nagoya namun ingin berkeliling Tokyo selama 3-4 hari apakah perlu untuk membeli JR Pass? Apakah wilayah Nagoya juga tercover JR Pass? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Nagoya tercover oleh JR Pass, tapi sepertinya tidak perlu membeli JR Pass.
      Shinkansen PP Tokyo-Nagoya-Tokyo hanya 20.720 yen, dan jauh lebih murah kalau beli tiket satuan. Ibu juga bisa naik bus malam untuk menghemat biaya perjalanan. Salam

    • dalila nurqifthiyyah  |  

      Berarti lebih baik untuk beli tiket satuan saja ya? Untuk bus malam, apakah ada info lengkapnya dari infojepang? terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu silakan membaca artikel: Liburan murah dengan naik bus malam di Jepang, tentang strategi dan hitung-hitungan Tim Info Jepang, lalu cara memesan tiket bus malam online.
      Tim Info Jepang tidak menyediakan detail informasi karena akan sangat panjang dan hanya akan membuat bingung pengunjung website.
      Salam

  43. salam kenal pak Nugroho,
    saya berencana ke Jepang tgl 18 okt, itin sbb:
    19-22: Osaka
    22-26: Kyoto ( seminar)
    26-27 : Nagoya
    27-1 : Tokyo, dengan 1 malam di Hakone
    1 nov : kembali ke Jakarta via Haneda
    saya sudah membeli JR Pass untuk 7 hari, kapan sebaiknya saya aktifkan JR Pass saya? Terima kasih

  44. Salam Pak Nugroho,

    Saya mau tanya, kalau dr kyoto-hakone-tokyo, tercover jr pass kah? Ada masukan kah ke hakone lebih baik pp atau stay 1 mlm? Terima kasih

    • Dan maaf kelupaan, krn ternyata ada sesuatu hal, saya sdh beli jrpass yg 7hr, sedang menanyakan agent bisa ditukar atau tidak menjadi yg 14hr, jika tdk bisa, misalnya saya mengaktifkan mundur utk jrpass, sdgkan saya mau naik shinkansen dgn kereta yg sama (haneda-osaka) dgn pengguna jrpass lain (1 keluarga) bisa beli dmn ya? Apakah on the spot? Krn saya liat yg di hyperdia.com tiketnya adalah shinkansen nozomi & mizuho dmn itu tdk termasuk dlm JR pass, semoga pak nugroho bisa membantu, atau bisa info kl dr haneda ke osaka dgn jrpass, biasanya shinkansen tipe yang mana? terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi ibu Ranny, semua jalur kereta JR di Jepang tercover oleh JR Pass. Mau dari Tokyo-Osaka, atau Odawara-Osaka. Memang kereta shinkansen Nozomi atau Mizuho tidak tercover, tapi ibu bisa naik kereta shinkansen Hikari (melayani rute Tokyo-Shin-Osaka) dan Sakura. Salam.

    • Terima kasih untuk jawabannya, sangat membantu 🙂 dan dimana ya utk reserved seat setelah membeli jrpass? misalnya dr tokyo ke osaka, agar rombongan tdk terpisah, thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu cukup datang ke loket tiket (sebaiknya di Stasiun Tokyo, stasiun keberangkatan), tunjukkan passport dan pass, lalu melakukan reservasi kursi. Biasanya kami menyarankan untuk melakukan reservasi 1 hari sebelum keberangkatan, namun untuk musim liburan atau jumlah rombongan yang besar (>3 orang), sebaiknya dilakukan 2 hari sebelumnya. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Sepertinya ribet kalau ingin memesan tiket via online. Karena banyak pilihan rute, tempat duduk, hari dan jam keberangkatan.
      Ibu bisa sekaligus booking tempat duduk shinkansen, saat menukarkan JR Pass. Itu jauh lebih praktis.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya Ibu. Dengan JR Pass seluruh ongkos perjalanan kereta JR dan shinkansen tercover, apapun rutenya.
      Salam

    • Ok, jadi dalam 7hr di hari kesatu saya pakai dr tokyo-osaka-tokyo (pulang pergi) dan saya pakai lagi dari tokyo-osaka-tokyo (pulang pergi) gpp ya? Jd bisa dibilang jr pass itu unlimited penggunaannya selama dalam 7hr? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Iya betul Ibu. Bisa dipakai bebas sesuai keinginan (2 kali PP Tokyo Osaka). Salam

  45. Yossy Agustanti  |  

    Salam kenal Pak Nugroho,
    Saya rencana wisata ke Jepang (Tokyo dan Hokkaido) dengan 2 wanita diatas 60 tahun dan anak 5 tahun di bulan April. Tadinya saya berpikir mau sewa mobil utk perjalanan di Hokkaido ternyata SIM International dr Indonesia tidak berlaku. Apakah lebih baik saya hunting tiket pesawat murah Tokyo-Sapporo-Tokyo. Pas di Hokkaidonya beli tiket subway/bus/express train secara langsung ATAU sebaiknya saya beli JR pass ?
    Apakah JR pass bisa mengcover seluruh transportasi di Hokkaido (tempat2 wisata, antar kota) ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Ibu Yossy, kalau bisa hunting tiket pesawat murah, tentu jauh lebih baik karena akan lebih nyaman untuk perjalanan Tokyo-Sapporo. Pesawat hanya 2 jam, sedangkan kereta (shinkansen) sekitar 7-8 jam. Lebih praktis naik pesawat sih, cuma ya itu mahal (biasanya). Kalau mau naik kereta jauh lebih hemat, apalagi kalau mau keliling Hokkaido. JR Pass mengcover semua perjalanan kereta JR di seluruh Jepang kok, apalagi untuk anak hanya 1/2 harganya. Salam.

  46. Mas mau tanya tiket pesawat sy PP dr osaka..rencananya hari per1 tiba diosaka lgs ke hotel di itabashi tokyo check in baru jln2 skitar tokyo..di tokyo 2 hari lanjut ke kyoto 3 hari trus kr osaka 3 hari…sy perlu belu JR pass yg mana ya mas? Tokyo osaka Hokuriku arch pass atau tokaido shinkansen (tokaido JR pass)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau begitu silakan beli JR Pass dan aktifkan hari pertama hingga hari ketujuh.
      Hari terakhir (ke-8): perjalanan naik kereta dari hotel di Osaka menuju ke Kansai bisa beli tiket ketengan.
      Salam

  47. haii.. mau tanya dong, saya dan teman-teman total 14 orang akan berangkat ke Jepang tgl. 9-16 November 2016, intenery saya setibanya di Kansai kita akan naik Nankai tujuan Namba, dan kita akan berwisata sekitar Namba sampai malam kita akan lanjut ke Kyoto krn kita bermalam di Hostel Ginkakuji Sakyo Ward Kyoto selama 3 malam, hari ke 2 kita akan wisata sekitas Osaka & Kyoto, hari ke 3 kita akan ke Arashiyama lanjut wisata di Kyoto terdekat, tgl. 12 Nov tepat hari ke 4 dari Kyoto ke Tokyo kita akan menggunakan Shinkansen beli tiket yg 1 x pakai, hari berikutnya kita akan tour kota Tokyo, tgl. 15 Nov wisata Gunung Fuji & Hakone, tgl. 16 kita akan kembali ke Osaka dan bermalam disana 1 mlm, dikarenakan tiket kita Jkt-Kansai-Jkt. yang saya mau tanyakan, apakah kita perlu membeli Nankai All Line 2 day Pass, apa tiket ini sdh termasuk Nankai ke Kyoto tempat kita menginap?, dan apa perlu kita beli JRPass ??, terima kasih sebelumnya .. salam Denise..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai salam kenal Denise 🙂
      Karena ada rute PP Kyoto/Osaka-Tokyo, apalagi mau ke Gunung Fuji dan Hakone dan tour di Tokyo, saya sarankan untuk beli JR Pass seharga 29.020 yen, karena jauh lebih hemat.

      Wah, Nankai All Line Pass itu gak perlu kamu beli lagi, karena semua semua kereta gratis dengan JR Pass.
      Nankai All line ya cuma mengcover jalur kereta Nankai (jalur Kansai Airport ke Namba, dan Namba ke Gunung Koya di Wakayama).
      Jalur kereta di kota Osaka dan Kyoto tidak tercover.

    • Pak Nugroho, jd sy hanya beli JR pass saja cukup ?, dari Kansai ke Namba kita naik Nankai 1 kali jalan saja ??, lalu utk ke Kyotonya pakai Nankai lg ? krn kita 8 hari disana, jd JR pass kita pakai hari ke 2, bila kita dari Kyoto mau ke Osaka pakai Jr Pass free jg pak ?

      sy mau tny jg utk line kreta tujuan Gunung Fuji, Hakone, dan Gotemba dari Tokyo bs pakai Jr Pass ?

      Thanks Pak Nugroho… God Bless..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore. Denise tiba/ berangkat dari Kansai Airport pukul berapa? Kalau sudah malam, mulai aktifkan besok harinya saja. Kalau pakai JR Pass, jangan pakai kereta Nankai (tidak tercover). Ada alternatif yakni kereta ekspress Haruka (tercover JR Pass) dari Kansai Airport sampai ke Osaka (baca di akses Kansai Airport). Lalu tujuan ke Kyoto, Osaka, Gunung Fuji, Hakone, Gotemba semua bisa pakai JR Pass plus nambah ongkos kereta sedikit ke arah Hakone.
      Salam

  48. Salam Kenal, Pak, kami bertiga (saya, suami dan anak saya 15 tahun) sudah memberli tiket JAL Jakarta-Tokyo PP tanggal 20 – 27 Desember 2016 nanti.
    Rute nya kira-kira : Tokyo 2 malam, lanjut Kyoto 1 hari dan Osaka 1 hari lalu balik ke Tokyo untuk ke Gunung Fuji/Kawaguchiko.
    Yang saya ingin tanyakan adalah sbb :
    1. Apakah hotel di Tokyo jika pesan untuk 2 orang, bisa dipakai kami bertiga ? Karena jika kami masukkan di mesin pencarian dengan jumlah tamu 3 orang, sulit sekali mendapatkan hotelnya. Apakah kami pesan langsung saja dan nanti tiba disana baru “mengaku” kalau kami bawa anak? Mohon petunjuknya ya. Saya tidak pesan hotel yang per kepala, karena takutnya kami terpisah-pisah kamarnya dan juga kurang leluasa.

    2. Kami berencana membeli JR Pass. Apakah kami juga perlu membeli Suica jika hendak keliling Tokyo atau Kyoto nantinya?

    3. Bagaimana cara memakai Hyperdia.com. Saya coba masukkan titik awal dan titik tujuan, tetapi sulit mengetahui secara pasti titik2 itu namanya apa. Apakah harus sesuai dengan peta di Tokyo Subway Route Map? Karena sebagai contoh : saya ingin pergi ke Asakusa dari Shinjuku Station, kok namanya Asakusa berbeda2 dan tidak persis seperti yang saya tuju (yaitu Asakusa Temple).
    Mohon info nya ya.

    4. Apakah suhu udara di akhir Desember 2016 ini sangat dingin? Bagaimana jika kami ke Universal Studio di Osaka apakah anginnya besar dan dingin?

    Demikian pertanyaan saya, mohon infonya ya.
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu Sinta.
      1. Lebih baik mencari kamar untuk 3 orang. Sebab ada kemungkinan tidak diperbolehkan menginap 3 orang untuk kamar dua orang. Adanya nanti malah harus memesan kamar single untuk satu orang lagi (pengalaman dari beberapa orang yang didapatkan Tim Info Jepang).
      2. JR Pass hanya mencover jalur kereta JR. Sedangkan jalur kereta subway atau kereta swasta lainnya tidak tercover. Nah, Suica/Pasmo bisa digunakan supaya praktis tidak perlu membeli tiket satuan.
      3. Untuk mendapatkan hasil yang tepat, hyperdia memang hanya menerima input nama stasiun. Jika ingin tahu nama stasiun terdekatnya, silakan membaca-baca liputan mengenai objek wisata di website ini, karena Tim Info Jepang sudah menyediakan informasi aksesnya.
      4. Untuk bulan Desember suhu udaranya sekitar 5-12 derajat celcius. Mungkin harus mempersiapkan pakaian musim dingin mengingat letak USJ yang berada di dekat pantai.
      Salam

  49. Selamat siang,

    Mohon masukannya terkait itinerary selama saya di jepang (4 Nop-13 Nop):
    4Nop : Kansai, Umeda Sky Bld, Osaka Castle, Nippombashi & Namba
    5Nop : USJ
    6Nop : Kyoto, Arashiyama, Kinkakuji, Nishi, Gion
    7Nop : Odawara, Hakone, Gotemba
    8Nop : Gotemb, Fuji Lake, Odawara, Tokyo, Hotel Asakusa
    9Nop : Asakusa, Ueno park, Harajuku, Tokyo Tower
    10Nop: Kanazawa, Shirakawago
    11Nop: Shibuya, Ginza, Shinjuku Gyoen Park, Fujiko Museum
    12Nop :Tokyo Disney Sea, Asakusabashi
    13Nop : Back to JKT

    Pertanyaannya :
    1) Apakah itinerary nya sudah betul rutenya?
    2) Jika ingin menambahkan kunjungan ke Mesjid Chami Tokyo, sebaiknya saya masukan ke trip Day tgl brp?
    3) Apakah perlu membeli JR Pass, karena rencananya saya ingin menggunakan shinkansen dari (Osaka-Kyoto, Kyoto-Odawara, Odawara-Tokyo, Tokyo-Kanazawa (Shirakawago) & Kanazawa-Tokyo. Jika harus beli JR Pass, tipe JR Pass mana yang harus saya pilih.
    4) Saat di area Fuji & Hakone, apakah lebih baik beli Hakone free pass atau Fuji-Hakone Free Pass

    Terima kasih banyak sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sore Renan,
      1. USJ sebaiknya ditaruh di hari pertama (4 Nop) supaya JR Pass 7 hari bisa efektif dipake dari tanggal 5-11 Nop.
      2. Mesjid Tokyo Camii terletak di daerah Shibuya, paling tepat ditaruh di tanggal 11 nop.
      3. Ya, sebaiknya membeli JR Pass 7 hari seharga 29.020 yen, karena bisa mengcover semua perjalanan termasuk ke Shirakawago dan Odawara.
      4. Tidak perlu, karena tidak akan balik modal. Cukup gunakan JR Pass saja, lalu beli tiket Hakone Tozan atau bus menuju Gotemba dan Fuji Lake.
      Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silakan menghubungi nomor WA/ Line +62818.221.505/ patrickprayoga. Kami punya layanan Tour Guide Online siap membantu bapak dalam menyusun itinerary dan membantu bapak selama di Jepang. Salam.

  50. Selamat pagi, Saya akan ke Jepang bulan Desember nanti dgn keluarga 4 org, rute saya adalah: Jakarta – Osaka – Kyoto – Kanazawa – Takayama – Tokyo selama 2 minggu, mohon kiranya bisa dibantu pola transportasi apa yang paling cocok untuk kami ? Terima kasih atas bantuannya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang pak andreas, berikut ini listnya:
      Osaka-Kyoto, naik kereta JR Kyoto Line
      Kyoto-Kanazawa, naik kereta Ekspress Thunderbird
      Kanazawa-Takayama, naik kereta ekspress Hida (via Toyama), atau naik bus Nohi/Hokutetsu.
      Takayama-Tokyo, bisa melalui ke Kanazawa/Toyama/Nagoya dulu baru naik Shinkansen ke Tokyo.
      Melihat rutenya, mungkin bisa dipertimbangkan membeli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass
      Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sebaiknya beli sebelum pergi ke Jepang (by online, karena ada potongan 1000 yen). Tinggal ditukar setibanya di bandara Kansai. Info selengkapnya mengenai Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass bisa dibaca di sini.
      Salam dan selamat datang di Jepang:)

  51. andari safitriningtyas  |  

    Selamat pagi,

    terima kasih atas bantuannya sebelumnya
    Saya ingin bertanya
    1. Jika dengan JR Pass apakah bisa naik dengan free dari bandara narita ke tokyo station dan lanjut ke kyoto?
    2. Jika dengan JR Pass, apakah bisa reserve bangku?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat Pagi juga Andari,
      1. Bisa naik kereta Narita Ekspress ke Shinagawa, kemudian lanjut shinkansen (Hikari, Kodama) ke Kyoto.
      2. Bisa untuk kereta shinkansen/ limited express atau kereta yang menyediakan reservasi bangku. Bisa datang ke Stasiun sebelum hari keberangkatan dan lakukan pemesanan bangku dengan menunjukkan JR Pass.
      Salam dan selamat datang di Jepang:)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak Daniel. JR Pass yang ordinary class hanya mengcover jalur kereta JR saja. Untuk subway seperti Tokyo Metro perlu membeli tiket sendiri.
      Silakan mengecek free pass di Tokyo, untuk menghemat biaya perjalanan kereta di Tokyo.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Efra, JR Pass itu mencakup semua rute kereta JR di Jepang, dari Hokkaido di paling utara hingga Kyushu di selatan. Kalau JR East hanya kereta yang dioperasikan oleh JR-East saja (tidak semua). Salam.

  52. Pak nugroho, kalo tujuan perjalanan tokyo-mt.fuji, gala yuzawa, shibuya, asakusa, odaiba, lanjut ke osaka-dotonburi sekitarnya, lanjut ke shirakawago di gifu, lanjut ke kyoto sekitarnya, yg termurah pakai JR pass ini kah?

  53. Malam mas Nugroho,
    Kalo perjalanan saya mulai dari Sapporo, Hakodate, Tokyo, n berakhir di Osaka, apakah harus membeli 2 JR, JR PASS n JR Hokkaido rail pass?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi, cukup JR Pass saja, karena itu sudah mencakup semua perjalanan kereta di seluruh Jepang. JR Hokkaido Rail Pass kalau kamu cuma mau keliling Tokyo-Hokkaido saja.
      Salam:)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ada juga. Harganya mulai dari 5.000 yen (tergantung rute dan jenis tempat duduk).
      Kamu bisa baca di sini. Tim Info Jepang juga bisa memesankannya untuk kamu, silahkan hubungi kami di Tour Guide Online di nomor +62818.221.505
      Salam:)

  54. Hai, sy mau ke jepang 8hr dg rute
    1-narita
    2-tokyo
    3-tokyo disneyland
    4-tokyo
    5-kyoto
    6-osaka
    7-osaka
    8-narita
    Dg rute bgtu apa lbi baik membeli jr pass? Krna sy bingung jr pass 7hr sdgkan perjalanan sy 8hr totalnya (pp narita)
    Terimakasih^^

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi xtea,
      Karena ada perjalanan Tokyo-Kyoto/Osaka-Tokyo kembali, sudah balik modal jika membeli JR Pass. Hari pertama atau hari terakhir ya tidak apa2 tidak memakai JR Pass (beli tiket biasa), cari saja mana yang paling sedikit menggunakan kereta.
      Salam

    • Thankyou for the reply^^
      Kt jg ada pertimbangan pp tokyo osaka pkai willer bus malam (supaya g byr hotel lg)
      Klo dbandingkan dg pp willer, msih lebi hemat jrpass ya?
      Thx ^^

  55. Selamat siang bapak Nugroho
    Saya rencana 11-19 september berkunjung ke Jepang, Jakarta pp Tokyo
    14 september rencana daytrip ke kawaguchiko, dan sorenya lanjut ke Kyoto. Bermalam di Kyoto. Saya sudah beli JR pass. Apakah saya bisa menggunakan JR pass dari Tokyo ke Kawaguchiko dan selanjutnya ke Kyoto. Mohon informasinya.
    Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang Dian,
      Kalau mau ke Kawaguchiko, bisa naik kereta sampai Stasiun Otsuki (tercover JR Pass), lalu dilanjutkan dengan kereta Fujikyu sampai Kawaguchiko (1 jam, 1.140 yen). Kereta Fujikyu ini tidak tercover oleh JR Pass. Nah, kalau mau lanjut ke Kyoto ada 2 pilihan:
      1. Kamu balik lagi ke Tokyo (lewat jalur yang sama, melalui Otsuki), dan berangkat ke Kyoto naik Shinkansen, atau
      2. Kamu naik bus dari Kawaguchiko ke Stasiun Mishima (melalui Gotenba) seharga sekitar 2260 yen selama (1,5 jam). Dari Stasiun Mishima ini ada kereta Shinkansen juga. Kalau ingin jalur ini, kamu bisa mengunjungi Gotenba+Hakone.

      Salam.

    • Terimakasih infonya Pak.
      Boleh nanya lagi ya. Dari dua pilihan tersebut mana yang waktu tempuhnya lebih cepat dan bagasi sebaiknya dititipkan dimana.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Dian, kalau lebih cepat, tentu pilihan nomor 2, karena kamu gak perlu balik ke Tokyo lagi. Sebagai catatan, perjalanan Tokyo-Kawaguchiko sekitar 2,5 jam. Soal nitip koper, bisa di Stasiun Kawaguchiko.

  56. Itinenary saya:
    Hari 2: Osaka
    Hari 3: osaka-kyoto
    Hari 4: kyoto
    Hari 5: kyoto-gifu
    Hari 6: gifu-kanagawa
    Hari 7: kanagawa
    Hari 8: tokyo

    Dengan garis besar seperti itu apakah saya perlu beli JR Pass.? Mohon pencerahannya lagi. Thanks

  57. Selamat Malam , saya mau menanyakan untuk keberangkatan saya bulan Ocotober ini untuk rutenya sbb :

    Day 1 : Tokyo
    Day 2 : Disneyland
    Day 3 : Disneysea
    Day 4 : Hakone – Gotemba – Tokyo
    Day 5 : Tokyo – Kyoto
    Day 6 : Kyoto – Osaka
    Day 7 : Osaka
    Day 8 : Osaka – Kobe – Osaka
    Day 9 : Universal Studio
    Day 10 : Osaka – Jakarta

    Apa dengan rute berikut , lebih baik saya beli JR Pass / tidak yah ? Dan saya kebanyakan juga akan keliling kota seperti shinjuku , shibuya , asakusa dll …

    Dan untuk dari Tokyo ke Hakone apa bisa menggunakan JR Pass juga ?

    Mohon bantuannya

    Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Renata. Karena tidak ada pulang pergi Tokyo-Osaka/Kyoto-Osaka maka sepertinya tidak perlu membeli JR Pass.
      Karena tidak perlu JR pass, maka perjalanan ke Hakone yang paling murah bisa dengan kereta ekspress Odakyu dari Shinjuku.
      Sedangkan untuk daerah Kansai, silakan membaca informasi free pass di daerah Kansai seperti Kansai Free Pass, Osaka Pass, Kyoto Pass.
      Salam

    • Terimakasih untuk jawabannya , tetapi untuk di Tokyo apakah ada pass seperti Kansai Free Pass ?
      Thanks

    • Terimkasih untuk jawabannya , ada beberapa pertanyaan lagi yang ingin saya tanyakan .

      1. Apakah lebih baik saya membeli SUICA / Pasmo Card untuk berkeliling tokyo ( shinjuku , shibuya , asakusa , harajuku , tokyo skytree , dll) , kyoto ( gion ) dan osaka ( shinsaibashi , namba , momofuku museum , dotonburi ) dan kobe ?

      2. Dan untuk di Osaka apa lebih baik saya membeli kansai pass ?
      3. Apakah SUICA /Pasmo Card juga mencakup rute ke Disneyland / Disneysea / Universal Studio ?

      4. Dan untuk Hakone / Gotemba apa lebih baik beli Hakone Day Pass ? ( tapi saya hanya pp di 1 hari di Hakone jadi dari Shinjuku – Htl Green Plaza – Gotemba – Shinjuku )

      5. Lalu untuk Shinkansen dari Shinjuku – Kyoto dan Kyoto Osaka , bisa dibeli disana ? Dan apa harganya sama aja ? Jadi tidak perlu beli JR PASS ?

      Terimakasih bantuannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Renata. Silakan ibu menggunakan Tokyo Metro 24-hours Pass yang 600 yen untuk menghemat ongkos kereta sesuai pengalaman Tour Guide Online Info Jepang.
      Itu karena mayoritas stasiun terdekat dari tempat wisata yang sering dikunjungi yang ter-cover free pass ini. Beberapa diantaranya adalah sbb. Silakan mengklik link yang tersedia untuk melihat kegiatan wisata apa saja yang bisa dilakukan di objek wisata tersebut. Shinjuku, Yoyogi, Meiji Jingumae, HarajukuShibuyaOmotesandoRoppongi, Kamiyacho (Tokyo Tower), GinzaTsukiji Market. Bisa jugaAkihabara dari Shin – Ochanomizu atau Kanda, TokyoAsakusaUeno. Kemudian KorakuenIkebukuro, Tokyo Skytree (dari stasiun Oshiage)..
      Suica bisa dipakai untuk stasiun-stasiun lain yang tidak tercover Tokyo Metro 24-hours seperti Maihama (Tokyo Disneyland & Disneysea).
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk perjalanan ke Hakone bisa dengan kereta Odakyu biasa menggunakan Suica/Pasmo
      Lalu shinkansen Shinjuku-Kyoto bisa dibeli sebelum berangkat pada hari H. Sementara Kyoto-Osaka itu sangat dekat, tidak perlu shinkansen, sebab hanya 40 menit naik kereta biasa.
      Salam

    • Jadi untuk perjalanan tersebut saya lebih baik membeli Tokyo Metro 24Hour Pass , Suica Card saja cukup ya dan untuk Shinkansen bisa dibeli di hari tersebut sy mau berangkat ya ?

      Dan apa suica card bisa dibeli dibandara haneda ? dan bisa lgsg digunakan untuk kereta / bus dari haneda ke shinjuku dan namba ke kansai airport juga ?

      Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya ibu, betul seperti yang Ibu katakan. Sedikit informasi, kalau pergi bersama keluarga dan ingin duduk berdekatan, bisa memesan tempat duduk Shinkansen hari sebelumnya atau saat di Bandara Haneda. Namun bisa juga membeli pada hari-H. Nanti tinggal sampaikan tanggal dan perkiraan jam keberangkatan kepada petugas saat memesan Shinkansen.
      Suica bisa dibeli di Haneda atau stasiun kereta juga, infonya bisa dilihat di sini, dan bisa digunakan di semua kereta, bus di wilayah Kansai dan Tokyo
      Salam

  58. Selamat malam…

    Saya berencana trip ke Jepang bulan April 2017, berhubung peak season saya ingin merencanakan sebaik-baiknya. Saya berencana berwisata ke Osaka, Kyoto, Gifu, Kanagawa, dan Tokyo selama 10 hari. Apakah JR Pass mencakup seluruh kota yang saya sebutkan di atas?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya JR Pass mencover semuanya ibu. Tapi karena hanya bisa dipakai dalam 7 hari, maka perlu perhitungan sewaktu mengaktifkannya.
      Salam

  59. Halo infojepang,
    Saya ada sedikit pertanyaan mohon pencerahan nya.
    1.Jrpass berlaku untuk limited express jg ga ga?
    2.untuk bullet train Hikari atau Sakura ke osaka kita tinggal naik aja kan ya? Asal tau jadwal kereta nya begitu kah? Maksudnya ga perlu reservasi. Tq

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak Dendra.
      1. Ya, JR pass berlaku untuk seluruh kereta JR termasuk JR limited express. Tapi limited express kereta swasta tidak tercover JR Pass.
      2. Ya bisa langsung naik ke shinkansen. Reservasi dilakukan kalau ingin duduk berdekatan dengan anggota keluarga yang lain. Kalau tidak reservasi, biasanya duduknya akan pisah-pisah.
      Salam

  60. Halo infojepang,
    Saya ada sedikit pertanyaan mohon pencerahan nya.
    1.Jrpass berlaku untuk limited express jg ga ga?
    2.untuk bullet train Hikari atau Sakura ke osaka kita tinggal naik aja kan ya? Asal tau jadwal kereta nya begitu kah? Maksudnya ga perlu

  61. halo.. sory masi ada 1 pertanyaan. mohon masukannya.

    saya akan tiba di jepang pada jam 10.30 pm. saya sudah booking hotel jauh2 dari di Mystays Shin-urayasu.
    nach rencana saya akan mengunakan limousine bus karena barang bawaan pasti banyak. pertanyaannya adalah.

    1. apakah limousine busnya bisa terkejar waktunya. karena tiba jam 10.30 pm belum lagi mau cap passport dll.?
    2. jika mau beli tiket limousinenya apakah benar letaknya di area sekitar pintu keluar?
    3. apakah ada recommend wifi yang murah di jepang?

    thanks.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Ibu tiba dari bandara mana? Mungkin bisa dicek beberapa informasi mengenai bus Limousine di halaman berikut.
      2. Ya loket/mesin penjual tiket bus Limousine berada sekitar pintu keluar di Bandara Haneda (Terminal 1, 2 dan Internasional) dan Bandara Narita (Terminal 1,2, dan 3). Loket pembelian tiketnya mudah ditemukan kok biasanya ada tulisan Airport Limousine Bus.
      3. Yang paling murah adalah wifi pupuru, hanya agak ribet pendaftarannya. Silakan dibaca di halaman berikut.
      Salam
      Salam

  62. halo..
    saya mau tanya apakah jr pass juga berlaku untuk bus di kyoto?
    karena saya check di hyperdia. untuk keretanya gak semua akses ada.
    contoh ; saya dari stasiun kyoto(kyoto) mau menuju ke kiyomuzudera. (kiyomizu-gojo) namun tidak ada rutenya. jadi saya mencari alternatif lain yaitu dengan bus. namun apakah jr pass berlaku jika kita pakai untuk bus dikyoto??

    thanks,
    diana.

  63. Siang , saya mau tnya apa bisa kita menggunakan JR Pass dari Shinjuku Station menuju ke Disneyland / Disneysea dan sebaliknya ?

    Thanks 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu.
      Selama menggunakan jalur kereta JR bisa dan gratis.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Stasiun Shinjuku bisa naik kereta JR Yamanote Line atau JR Chuo Line sampai Stasiun Tokyo. Lalu naik kereta JR Keiyo Line maupun JR Musashino Line dan turun di Stasiun Maihama (stasiun di pintu masuk Disneyland atau DisneySea) dengan waktu perjalanan kira-kira 15 menit. Semua tercover dalam JR Pass (gratis).

      Salam!

  64. hi… mau minta masukan, sy rencana dijepang 5 hari, sy pp dr osaka, yang sy ingin kunjungi : osaka, tokyo, kyoto, takayama dan shirakawago, boleh minta saran rute yg terbaik, apakah sy membutuhkan JR pass dan apakah untuk rute shirakawago bs menggunakan JR pass? thx

    • Sy tiba dr osaka dan kembali dr osaka jg, untuk ke shirakawago lbh baik dr mana? Untuk rute sebaiknya sy kmn dl?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ada 3 pertimbangan Tim Info Jepang
      1. JR Pass paling pendek untuk 7 hari, jadi rugi kalau dipakai untuk liburan 5 hari di Jepang.
      2. Tapi kalau ada pulang pergi ke Tokyo-Osaka dan rencana naik shinkansen, maka bisa balik modal JR Pass.
      3. Shirakawago bisa dikunjungi baik saat perjalanan dari Osaka-Tokyo atau Tokyo-Osaka, sama saja.
      Salam

    • maaf byk tanya, lalu untuk rute sebaiknya kmn dahulu jika sy tiba dari bandara osaka dan pulang dari bandara osaka lagi, sy ingin mengunjungi osaka, tokyo, takayama, shirakawago, kyoto

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Maaf kami tidak melayani detail via website. Karena jawabannya akan panjang dan membuat bingung pengunjung website yang lain. Jika Ibu berminat bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Kami bisa memberikan informasi lengkap naik kereta apa, dari platform dan stasiun mana, serta tips-tips hemat dan praktis lainnya mengenai itinerary perjalanan. Ibu bisa dengan mudah bertanya via whatsapp atau line, dan tidak perlu repot mengetik panjang-panjang.

  65. hi info jepang saya mau minta tips buat susun itenary
    pergi tanggal 14oct – 23oct

    14oct – pesawat malam ke haneda
    15oct – sampe jam 8.55AM rencana mau ke kawaguchiko nyobain onsen, nginep semalam
    16oct – menuju ke kyoto (fushimi inari, arashimaya) sorenya ke osaka tinggal disana
    17oct – USJ
    18oct – menuju tokyo mampir ke alpine route nginep di tokyo
    19oct – disneyland
    20oct – disneysea
    21oct – jalan2 di tokyo skytree, ueno park
    22oct – ke harajuku, shibuya, akibahara
    23oct – balik indo pesawat siang

    pertanyaan saya,
    1. dari haneda menuju kawaguchiko bisa menggunakan JR pass? misalkan saya mau menggunakan fujikyu bus apakah rute itu pp atau oneway saja ya? soalnya ky mau nginep di kawaguchiko tapi dilihat dr rutenya mereka terakhir ke fuji subaru/yoshida dan kita mau kesana juga
    2. dari osaka apakah kita bisa ke tateyama alpine route? sambil perjalanan balik menuju ke tokyo?
    3. JR pass cumang berlaku selama 7 hari… sisa hari kita di tokyo bisa menggunakan pasmo? atau lebih baik beli metro tiket 24hours?
    4. boleh minta rekomendasi onzen yang ckup bagus n ada privatenya? thanks

    thanks buat bantuannya biar jadi masukan buat kami untuk nyusun jadwal kami selama disana..

  66. Terimakasih Pak Christian atas jawaban yang diberikan dengan cepat. Sangat membantu sekali Q&A ini. Iya tazawako station yang di Akita Prefecture. Karna dari Tokyo akan menginap semalam dahulu di osen ryokan yang diakses dari tazawako station. Besoknya baru melanjutkan perjalanan dari tazawako station. Nah dari station ini untuk akses ke hakodate yang masih membingungkan bagaimana menggunakan jr pass di rute ini hingga sampai hakodate. Mohon petunjuknya Pak Christian

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Stasiun Tazawako, ibu Nani bisa naik kereta Shinkansen Komachi sampai ke Stasiun Morioka (tiba di peron no.14), kemudian berpindah naik Shinkansen Hayabusa (di peron nomor 14) sampai ke Stasiun Shin-Hakodate Hakuto. Ibu bisa langsung bilang mau ke Shin-Hakodate Hakuto dan gunakan JR Pass di Stasiun Tazawako dan di Morioka.
      Setibanya di Shin-Hakodae Hakuto, ibu bisa naik kereta Hakodate Liner selama 20 menit dengan harga tiket 360 yen (gratis dengan JR Pass) untuk sampai di Stasiun Hakodate di pusat kota.
      Tim Info Jepang memiliki daftar tempat wisata di Hakodate, mungkin bisa jadi masukan.

      Salam dan selamat datang di Jepang!

  67. Hi..Itinerary train sy sbb:
    1. Osaka 2nights (30,31Dec)
    2. Kyoto 2nights (1,2 Jan)
    Mengaktifkan Jr pass 7days
    3. Kyoto Station – Kanazawa Station 2nights (3,4 Jan)
    (Shirakawago by bus tgl 4 pagi)

    4. Kanazawa station -Nagano Station
    (One day pass Jigokudani hell valley 5Jan)

    5. Nagano Station – Tokyo Station 1night
    ( tgl 5 Jan )

    6. Tokyo Station – Tozawa Station 1night
    (tgl 6 Jan)

    7. Tozawa Station – Hakodate Station
    1 night ( tgl 7 Jan)

    8. Hakodate Station – Sapporo Station
    1 night (tgl 8 Jan )

    9. Sapporo Station – Furano
    2 night ( tgl 9 Jan )
    Pertanyaan :
    1. Apakah semua rute jalur kereta yang akan saya tuju semua tercover Jr pass? (Station awal – station yang dituju)

    2. Apakah anda bisa membantu memberikan nama kereta apa yang harus saya naiki (shinkansen, limited express, local train dan di station mana saja harus turun dan melakukan transfer kereta)

    3. Saya memahami beberapa rute harus melakukan reserved seat. Apakah reserved seat bisa dilakukan di awal awal dalam hal ini di kyoto station reserved seat untuk:
    1. Kanazawa-Nagano?
    2. Nagano-Tokyo?
    3. Tokyo – Tozawa?
    4. Tozawa – Hakodate?
    5. Hakodate – Sapporo?
    6. Sapporo – Furano ?

    4. Apakah saya bisa membeli dua pass? Jr pass 7days dan hokkaido jr pass 3days( untuk melanjutkan perjalanan di hokkaido) karna akan menginap di furano 2 malam. Pengaktifan hokkaido 3days pass akan dimulai tanggal 11-13 Jan

    Demikian pertanyaan saya. Sebelumnya sudah melihat reviews dan tanya jawab di forum seputar jr pass. Namun menurut saya lebih baik mendapatkan jawaban yang lebih pasti daripada mengira2 sendiri. Jawaban Anda akan sangat membantu sebelum kami menetapkan/ fix kan jadwal perjalanan kami dan membooking hotel. Terima kasih sebelumnya.
    Salam, Choa

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak.
      1. Kalau melihat itinerary yang bapak berikan, Tozawa Station itu yang berada di Akita Prefecture? Lalu mungkin untuk beberapa stasiun di Osaka, Kyoto, dan Tokyo ada yang tidak tercover oleh JR Pass. Bapak bisa memastikan hal ini saat membeli JR Pass di travel di Indonesia.
      2. Maaf kami tidak melayani detail nama-nama kereta via website. Karena jawabannya akan panjang dan membingungkan pengunjung website yang lain. Jika bapak berminat bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Kami bisa memberikan informasi lengkap naik kereta apa, dari platform dan stasiun mana, serta tips-tips lain mengenai itinerary perjalanan. Bapak bisa dengan muda bertanya via whatsapp atau line, dan tidak perlu repot mengetik panjang-panjang.
      3. Pemesanan reserved seat bisa dilakukan pada saat menukar JR Pass. Namun perlu diingat reserved seat hanya untuk kereta yang memang punya reserved seat.
      4. Ya, Bapak bisa membeli 2 Pass, JR Pass dan Hokkaido Pass.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Tokyo bisa pakai shinkansen sampai ke Nagoya, lalu naik kereta ekspress Takayama sampai Takayama Station. Ini semua tercover JR Pass. Dari Takayama station bisa naik bus sampai ke Shirakawago. Untuk perjalanan ke Osaka bisa kembali via jalan yang sama dan naik shinkansen ke Osaka. Salam

    • Christine  |  

      Kalo rute saya : Tokyo 4-5 hr, hakone 1 hr, takayama-shirakawago 2 hr, osaka 2-3 hr, lebih baik beli JR Pass ngga ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau itinerary Christine ada minimal PP Tokyo-Kyoto/Osaka, membeli JR Pass sudah memberikan keuntungan kok. Saya butuh detail perjalanan Christine, apakah ada PP Tokyo-Kyoto/Osaka? Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Perjalanan dari Tokyo-Nagoya-Takayama naik shinkansen biayanya 15.220 yen. Jadi kalau dihitung pulang pergi sudah cukup balik modal. Ada lagi satu alternatif kalau mau naik bus malam yang harganya lebih murah, namun waktu perjalanan lebih panjang.

  68. Sebenarnya Apa saja sih yg tercover JR pass? Apa yg dimaksud dengan kereta express dan kereta local? Apakah sama dengan subway dan metro? Bagaimana ketika nanti disana cara membedakan bisa pakai JRpass atau tidak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Seluruh kereta JR, beberapa kereta privat di daerah, bus, dan kapal laut. Silahkan baca di atas. Untuk subway dan metro (di tokyo) tidak termasuk cakupan JR Pass. Membedakannya lihat nama jalur keretanya, untuk kereta Japan Railway, biasanya diawali “JR” seperti JR Chuo Line, JR Tokaido Shinkansen, JR Yamanote Line.

      Salam dan selamat liburan! 🙂

  69. Hi, rencana perjalanan saya di jepang adalah 13 hari. Berikut itinerary;
    Day 1 – haneda to osaka
    Day 2 – USJ
    Day 3-5 – osaka
    Day 6 – tokyo
    Day 7 – tokyo-yamanashi
    Day 8 – disney
    Day 9-13 – tokyo

    Apakah saya harus membeli jr pass? Kalau ya, berapa hari jr pass? Terima kasih bantuannya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Chintia, salam kenal
      Saya masih bingung dengan itin kamu. Day 1, haneda to osaka naik apa ya? pesawat kah? Kalau benar, kamu gak perlu beli JR Pass. JR Pass baru untung minimal ada PP kereta Tokyo-Kyoto/Osaka.

      Salam dan selamat liburan di Jepang ya! 🙂

    • Chintia  |  

      Saya landed di haneda dan berencana langsung ke osaka naik kereta. Diantara hari di osaka ada main ke kyoto juga tapi pp. jadi saya akan banyak stay di osaka dan tokyo.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Oh, kalau ada PP dengan kereta Tokyo-Osaka lebih baik membeli JR Pass. Nah, untuk menghemat, kamu beli JR pass untuk 7 hari aja. Jadi, begitu mendarat, kamu langsung aktifkan (jadi perjalanan Tokyo-Osaka tercover JR Pass). JR Pass akan aktif sampai hari ke 7, sehingga kamu bisa ke Yamanashi dari Tokyo dengan gratis juga. Untuk Day 8-13, karena di Tokyo, lebih baik membeli tiket satuan, atau kamu bisa coba cek free-pass di Tokyo dan objek wisata di sekitar jalur kereta JR Yamanote Line. Di Tokyo tempat wisatanya cukup dekat soalnya, sayang beli JR Pass yang 14 day, karena harganya beda hampir 19000 yen (2,1 juta).

      Salam dan selamat liburan! 🙂

  70. Halo mas, saya rencana mau pergi ke Jepang tgl 29 Okt – tgl 4 Nov. Rincian perjalanan sbb:

    Day 1: Sampai Tokyo. Tidur di Haneda/ Narita Airport (tiket pesawat blum dapat)
    Day 2: Shibuya – Harajuku – Akihabara – Asakusa (TOKYO)
    Day 3: Asakusa – Odaiba – Tokyo One Piece Tower (TOKYO – KYOTO)
    Day 4: Kiyomizudera – Distrik Higashiyama – Gion (KYOTO)
    Day 5: Fushimi Inari – Arashiyama Bamboo (KYOTO – OSAKA)
    Day 6: Universal Studios Japan (OSAKA)
    Day 7: Jalan2 seputar Fukushima – Kansai Airport (OSAKA)

    Pertanyaan:
    1. Apakah itinerary saya sudah efisien dari segi waktu dan uang? Ada kah spot yg harus saya buang atau ditambah supaya lebih packed?
    2. Dengan itinerary saya yg seperti diatas, sebaiknya selama perjalanan di dalam kota saya pakai kartu dan transportasi apa yg lebih hemat? (jujur saya masih buta sama transportasi Jepang =_=)
    3. Perjalanan dari Tokyo ke Kyoto sebaiknya saya pakai transportasi apa yg lebih hemat?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Sudah baik. Fushimi Inari bisa dimasukkan ke dalam jadwal perjalanan hari ke 4 setelah mengunjungi Gion. Karena masih ada waktu di hari keempat, sehingga di hari kelima bisa mengunjungi banyak tempat-tempat wisata di Arashiyama. Beberapa itinerary perjalanan di Kyoto yang bisa dijadikan panduan bisa dilihat di halaman berikut: Contoh Itinerary perjalanan buatan Info Jepang
      2. Kalau seperti di atas, maka kartu suica/pasmo ditambah free pass Tokyo Metro 24-hours Ticket cukup mengcover transportasi di Tokyo.
      3. Perjalanan dari Tokyo ke Kyoto bisa naik shinkansen yang cepat sekitar dua setengah jam atau naik bus malam sekitar 8 jam namun dengan ongkos yang lebih murah.

    • Tetiba di Haneda kemungkinan kami bawa 4 koper ukuran sedang (60x40cm). Yang lebih efisien, kami ke Hostel dulu di daerah Asakusa utk titip koper, atau kami menitip koper di setiap stasiun ya (Shibuya-Harajuku-Akihabara)? Atau mungkin ada cara yg lain?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hostelnya apa sudah dibooking sesuai hari itu? Atau mau menghemat 1-hari? Soalnya untuk 4 koper ukuran sedang, kemungkinan Fara harus sewa 4 loker @500 yen, berarti 2.000 yen, dan harus kembali ke stasiun untuk mengambilnya lagi untuk menuju ke hotel. Silahkan bandingkan 1 hari menginap dengan biaya loker tersebut+ada kemungkinan stasiun lokernya penuh juga loh. Gampangnya sih ya ke hotel dulu, istirahat+mandi bentar baru travel/ keliling Jepang.

      Salam.

  71. Rinesa Diola Audrina  |  

    Salam kenal… saya mau tanya, kalau untuk perjalanan bus di kyoto saya bisa tidak hanya menggunakan JR Pass, kalau tidak bisa harus menggunakan apa… rencananya saya satu hari disana PP dari osaka, terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk naik bus di Kyoto, tidak bisa menggunakan JR Pass Rinesa. Kamu bisa membelinya atau membayar langsung di halte kok. Kalau tidak mau repot mengantri atau takut susah komunikasi, bisa membeli kartu ICOCA juga.
      Kalau kereta PP Osaka-Kyoto kamu bisa pakai JR-Pass, sehingga tidak perlu beli tiket lagi.

      Salam dan selamat liburan di Jepang! 🙂

  72. kira2 cukup JR Pass saja atau hrs tambah Pasmo atau Suica gak ya? utk perjalanan dalam kota?
    Utk Kyoto sy mau ke Kiyumizudera, Kinkakuji, Fushimi Inari n Arashiyama,
    Tokyo ke Tokyo Disneyland/sea (salah satu), Odaiba, Shibuya, Hakone, Gotemba, Tokyo Sky Tree n Imperial Castle
    Osaka ke USJ, Himeda Castle, Dotonburi n HEP Ferris Wheel
    Maap mohon pencerahannya lg 😉 Trimakasih 😉

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Winda bisa menggunakan juga Pasmo/ Suica untuk mempermudah perjalanan di dalam kota Tokyo atau menggunakan ICOCA saat di Kyoto dan Osaka. Kartu Suica, Pasmo, atau ICOCA bisa digunakan khususnya untuk jalur-jalur yang tidak masuk dalam cakupan JR Pass. Selama di kyoto atau Osaka, kamu bisa gunakan ICOCA untuk naik bus kota. Saat di Tokyo, kamu juga bisa gunakan untuk naik kereta Rinkai ke Odaiba.
      Salam dan selamat liburan! 🙂

  73. mas mau tanya dunk…kalo itinerary osaka-kyoto-takayama-tokyo-kawazu-tokyo-osaka better beli JR pass atau enggak yaa…mohon info…trimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Saya lihat di itinerary winda ada perjalanan PP osaka-tokyo-osaka. Itu udah mencapai batas untung JR-Pass kok, ditambah ada perjalanan ke Kyoto dan Takayama. Silahkan beli JR-Pass supaya bisa lebih hemat.

      Salam dan selamat liburan di Jepang! 🙂

  74. salam kenal pak
    Saya akan ke jepang tgl 28 Agt,4 org ,itennya sbb :
    28 – sampe haneda malam – (nginep di bandara)
    29 – Tukar jr pass,
    Reserve night train JR Sunrise izumo (nobinobi seat) utk tgl 1 malam dr Yonago-Tokyo
    Reserve seat Hikari Tokyo-Kyoto utk lanjut siangnya Tokyo-Kyoto ,
    30 – Kyoto dsk , lanjut sorenya ke Osaka
    31 – Osaka
    1 – Osaka – Yura (Tottori-Conan museum prefecture) – Yonago to Tokyo by night train JR Sunrise izumo(nobinobi seat)
    2 – Tokyo dsk
    3 – Tokyo ( 1 day to mt fuji area) balik sorenya ke Tokyo
    4 – Tokyo dsk
    5 – Tokyo – Haneda(fllight malam) – KLIA
    6 – Jakarta

    mohon pencerahan mengenai itennya ,pertanyaan :
    1.Sesampainya di jepang,bisakah reserve seat dgn JR PASS dr TOKYO-KYOTO ?apa ada tambahan biaya ?
    2.bisakah reserve seat night train di setelah exchange JR PASS di Haneda atau harus ke TOKYO station dulu ?
    3.Saya baca infonya untuk nobinobi seat bs di reserve(free) dgn JR Pass, apabila saya sdh memiliki visa dan Exchange Order JR PASS apakah ada tour agent di Jepang yg bisa saya hub utk reserve night train(nobinobi seat).(add charge for reservation is capable)
    Trims banyak sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak.
      1. Sampai di Haneda Airport bisa langsung tukar JR Pass, sekaligus pesan tiket untuk shinkansen Tokyo-Kyoto. Tidak ada tambahan biaya karena sudah tercover JR Pass.
      2. JR Pass bisa langsung ditukar di kantor JR East Travel Service Center dari jam 7:45 – 18:30.
      3. Pemesanan tiket nobinobi juga bisa dilakukan sekaligus tiket shinkansen saat menukar JR Pass dan beli shinkansen Tokyo-Kyoto.
      4. Kalau perlu bantuan pemesanan tiket kami menyediakan Tour Guide Online Info Jepang. Informasi selengkapnya bisa dibaca di halaman berikut.

      Salam.
      Selamat berlibur.

  75. Halo Pak Nugroho..
    Saya akan ke Jepang tgl 8-15 Okt
    Day 1 : Surabaya-Haneda
    Day 2 : Ueno park,asakusa temple,shinjuku,shibuya
    Day 3 : Disneyland
    Day 4 : pagi menuju hakone menginap semalam
    Day 5 : pagi menuju Kyoto (arashiyama,fushimi inari,gion)
    Dan 6 : kiyumizudera siang /sore menuju Osaka (shinsaibashi)
    Day 7 : himeji dll
    Day 8 : menuju kansai
    Berapa lama perjalanan dari Tokyo – hakone ,
    Hakone ke Kyoto , Kyoto ke Osaka Jika menggunakan JR pass kereta biasa bukan shinkanshen?
    Dengan beberapa tempat wisata yang saya kunjungi diatas lebih untung pake JR pass ngga Pak? Mengingat saya one way trip, ngga balik lagi ke tokyo…terima kasih banyak infonya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hi Fenni salam kenal,

      Lama perjalanan Tokyo-Odawara (pintu masuk Hakone) sekitar 80 menit, dengan JR Tokaido Line.
      Dari Odawara ke Kyoto sekitar 4-5 jam dengan kereta lokal, atau dengan Shinkansen Nozomi.
      Dari Kyoto ke Osaka sekitar 30 menit.
      Rasanya lebih bagus gak beli JR Pass, mengingat harganya yang mulai dari 29.000 yen. Cuma saran saya, Fenni bisa naik Shinkansen Nozomi dari Odawara sampai ke Kyoto, sekitar 13.500 yen untuk menghemat waktu.

      Salam dan selamat liburan!

  76. Haloo mas nugroho, ikutan tanya dgn itin dibawah perlu JR pass kah
    day1 haneda-kyoto
    day2 kyoto-osaka-kyoto (nginap di kyo)
    day3 kyoto-tokyo
    day4 gotemba outlet
    day5 tokyo area
    day6 tokyo-haneda

    makasihhh .sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Madison, karena ada Tokyo-Kyoto-Osaka-Tokyo, rasanya akan lebih hemat jika membeli JR Pass. Kamu bisa langsung aktifkan juga setelah mendarat di Haneda, jadi perjalanan Haneda-Kyoto udah tercover JR Pass.

      Salam dan selamat liburan!

    • madison  |  

      thanks for fast response ya, btw kalo dari kyoto ke kobe PP sdh dicover dgn JR pass juga kah mas?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, dengan JR Pass, kamu bisa naik semua kereta JR di seluruh jepang tanpa perlu mengantri atau membayar tiket lagi.

      Salam 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau boleh kasih saran JR Pass minimum untuk penggunaan 7 hari. Kalau masih bisa diedit jadwalnya mungkin lebih baik dibuat jadi 7 hari.
      Kalaupun tidak bisa tetap untuk menggunakan JR Pass.
      Salam

    • madison  |  

      mas nugroho, secara itungan time table cuma punya waktu 5 hari, 2 hari lagi kebuang di depart sama return nya. Mas, mau tanya lg ya JR pass ini pertama2 sy tuker di haneda airport dan lgs bisa digunakan ke kyoto/tokyo sta naik shinkasen hikari bukan?

      TIA …..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya betul, bisa langsung ditukar di Haneda dan langsung bisa dipakai untuk naik kereta Monorel dari Haneda ke Tokyo.
      Salam

  77. Hallo.. saya mau ikut tanya. Itin saya 7 hari. tiba di haneda. mau ke kawaguchiko (2 malam) dan stay di tokyo 3 malam. saya ingin ke Tateyama. Saya lihat ke Tateyama harus menggunakan kereta JR? apakah buat perjalanan bolak balik Tateyama tokyo dan keliling dalam kota tokyo lebih baik menggunakan JR pass atau tidak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Tokyo ke Nagano memerlukan biaya 8640 yen untuk naik shinkansen, sehingga kalau kembali ke Tokyo biayanya 17380 yen PP.
      Untuk perjalanan mengelilingi objek-objek wisata di Tateyama bisa menggunakan tiket JR Tateyama Kurobe Option Pass seharga 9000 yen (biarpun punya JR Pass juga harus beli ini). Jika perjalanan keliling kota Tokyo totalnya lebih dari 12.000 yen maka lebih baik membeli JR PASS.
      Mohon informasi lebih detail mengenai perjalanan di Tokyo dan Kawaguchi-ko, sehingga Tim Info Jepang bisa memberikan saran dan kalkulasi lebih detail.
      Salam.

  78. Selamat Siang,

    Saya mau nanya, Mas. Kalau itinerary seputaran osaka (hari pertama & kedua), seputaran kyoto dan arashiyama (hari ketiga & keempat), lalu naik shinkansen ke tokyo dan berkeliling seputaran tokyo (asakusa, shibuya, shinjuku, odaiba, akihabara di hari kelima & keenam), apakah butuh JR pass juga?

    Terima kasih sebelumnya 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Jadi kedatangan dari Osaka dan kembali dari Tokyo? Kalau seperti itu tidak perlu beli JR Pass. Apakah masih pergi ke tempat yang lainnya?

    • Ada destinasi tambahan sih.. ke Saitama atau Kawaguchiko. Tidak usah pakai JR Pass kah?

    • Oke terima kasih atas infonya ya, Mas.. nanti setelah semua itinerary saya sudah oke semua, sepertinya saya akan menghubungi infojepang.net mengenai paket data selama di Jepang nanti.

      Sore 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Baik Ibu. Tim Info Jepang siap membantu Ibu Hira dalam mempersiapkan perjalanan liburan ke Jepang.
      Kami punya layanan Tour Guide Online yang siap membantu persiapan bahkan selama liburan di Jepang (untuk kejadian darurat, bisa telponan ngomong bahasa Jepang via whatsapp). Kalau tertarik bisa baca info lengkapnya di halaman ini atau add di nomor whatsapp +62818.221.505.
      Salam!

  79. Salam kenal Pak Nugroho,

    Jika saya ada rencana untuk pergi ke Jepang selama 9 hari di tanggal 16 Sept – 25 Sept (25 Sept kembali ke Jkt) dan dengan rute saya:

    Day 1 : Osaka
    Day 2 : Osaka – Nara – Osaka
    Day 3 : Osaka – Universal Studio Japan
    Day 4 : Osaka – Kyoto
    Day 5 : Kyoto
    Day 6 : Tokyo
    Day 7 : Tokyo – Tokyo Disney Sea
    Day 8 : Tokyo
    Day 9 : Osaka Kembali ke Jkt (Via KIX),

    apakah ada alternatif selain memakai JR Pass? Atau memang termudah memakai JR Pass? Kemudian selain JR Pass tiket yang sebaiknya di beli untuk transport lain apa lagi ya, Pak? Apakah lebih baik memakai one day pass di setiap kota atau memakai prepaid card seperti Suica?

    Terima kasih atas bantuan dan penjelasannya, Pak.

    Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo salam kenal Festy,

      Kalau dilihat dari itinerary kamu, ada Osaka-Kyoto-Tokyo-Osaka. Harusnya itu sih udah balik modal beli JR Pass. Nah, dengan JR Pass, semua kereta di Jepang sudah tercover kok, jadi gak perlu beli tiket kereta lagi. Cuma karena total 9 hari, saran kami kamu aktifin JR Passnya hari ke 3 aja biar cukup beli JR Pass yang 7 hari aja.

      Nah itinerary kamu hari ke 2 ama ke 3 bagusan ditukar. Jadi ke Universal Studio hari kedua, lalu ke Nara nya setelah aktifin JR Pass (sehingga gratis naik kereta ke Nara). Tentu lebih untung kan? hehe

      Salam dan selamat liburan! 😀

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Mengenai lebih baik membeli ONe Day Pass atau pakai prepaid, kami tidak bisa memberikan jawaban, sebab kami tidak tahu bagaimana jadwal perjalanan dalam satu hari. Kalau memang perlu bantuan membandingkan atau panduan selama perjalanan mungkin bisa mencoba Tour Guide Online Info Jepang.
      Salam

  80. Hello, Info Jepang.

    Pada laman tentang Narita, dikatakan bahwa kita dapat membeli JR Pass di Narita. Apabila saya tidak sempat membeli tiket JR Pass di Jakarta, apakah kita dapat membelinya di Narita?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Maaf sepertinya kalimatnya jadi menimbulkan kebingungan ya Pak.
      Di Jepang ada banyak Japan Rail Pass Pak (Baca tipe Japan Rail Pass), ada untuk daerah Hokkaido, daerah Tohoku, dll (bebas naik kereta untuk satu wilayah). Yang satu ini bisa dibeli sesampainya di Jepang
      Ada juga JR PASS untuk SELURUH wilayah di Jepang, dan ini yang paling terkenal di Indonesia (gencar disampaikan oleh agen travel atau di kedubes). JR Pass model ini hanya bisa dibeli di luar negeri dan ditukarkan saat ketibaan di Jepang.

      Jadi tergantung bapak mau yang JR Pass mana, bisa dibeli di Jepang atau tidak.
      Salam.

    • Ah, clear. Terima kasih informasinya, mas Nugroho 🙂

      Memang maksud saya adalah JR PASS untuk seluruh wilayah Jepang karena rencana dalam seminggu akan melakukan perjalanan Tokyo-Kyoto-Osaka-Nara dan kembali ke Tokyo. Mohon informasi lebih jauh dari mas Nugroho, karena saya telat memesan voucher JR PASS ini dari Indonesia menjelang keberangkatan ke Jepang, kira-kira apakah saya dapat memesan voucher JR PASS tersebut untuk dikirimkan ke hotel tempat kami menginap di Tokyo?

      Arigatō gozaimasu, mas Nugroho 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Saya kurang tahu pak apakah JR PASS di Indonesia (dari travel) bisa dikirimkan ke Jepang
      Tapi kalau memang tidak sempat bapak bisa menggunakan Tokyo-Osaka Hokuriku Pass, bisa dipakai bepergian ke Tokyo, Osaka, Kyoto, Nara hanya lewat jalur utara di prefektur Toyama. Perbedaannya hanya satu, bapak tidak bisa naik Tokaido Shinkansen. Namun sebagai gantinya bisa naik kereta ekspress Thunderbird lalu Hokuriku Shinkansen dari Kyoto menuju ke Kyoto. Mengenai tiket Tokyo-Osaka Hokuriku Pass ini bisa dibeli setibanya di Jepang atau pesan via internet sendiri (ada selisih 1000 yen, 24 ribu dan 25 ribu yen).

      Dou itashimashite pak🙂

  81. Saya akan pergi ke jepang dn rencana membeli JR pass 7 hari , krn saya akan PP tokyo -osaka jd sesuai informasi yg sy dapat lebih baik membeli JR pass, tp hotel saya yg di tokyo itu deketnya dgn stasiun subway shinjuku, apakah JR saya bisa digunaka? Apabila bisa digunakan dn dikenakan biaya tambahan kira2 mahal gak ya? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Stasiun subway Shinjuku berarti dekat dengan stasiun Shinjuku (tercover JR PASS).
      Mungkin hanya perlu berjalan kaki agak jauh.
      Salam, selamat berlibur

  82. Hi, saya akan ke jepang dengan rute : Haneda-Kawaguchi-Osaka-Kyoto-Tokyo-Haneda (dengan menginap di kawaguchi, osaka dan tokyo selama 9 Hari). Apakah saya perlu membeli JR PASS? Dan apakah Kintetsu, Keihan Main Line, dan Osaka loop tercover JR PASS?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Finni, salam kenal.

      Kita butuh itinerary lengkap kamu dulu, buat bisa nentuin apa untung atau gak beli JR Pass. Terutama waktu penggunaannya, karena kamu kan 9 hari, padahal JR pass hanya 7 hari masa berlakunya. Namun, dari rute yang kamu kasih lihat, kayaknya sih gak perlu, karena Finni gak pake shinkansen (ke Kawaguchi dulu).

      Kintetsu dan Keihan Main Line gak ke cover JR Pass karena mereka private train. Tapi Osaka Loop Line ama JR Yamanote Line (di Osaka dan Tokyo) masuk dalam lingkup JR Pass. Mengingat harga JR Pass yang sampai 29.000 yen, harus pinter-pinter berhitung hari/ waktu, mau kemana aja, dan apa ada alternatif transportasinya

    • Oo begitu, kalo itinnya
      Hari 1 haneda – kawaguchi
      2 kawaguchi – hakone – osaka
      3 osaka-arashiyama-fushimi inari-osaka
      4 usj
      5 osaka-nara-kiyomizudera-gion-osaka
      6 osaka-gion-tokyo
      7 tokyo
      8 disney
      9 disney
      10 haneda

      Apakah rute di atas perlu menggunakan jr pass?

      Terima kasih…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Jika ingin mencoba naik shinkansen pulang pergi Tokyo Osaka, maka JR Pass cukup worthed dibeli.
      Namun jika ingin menghemat biaya perjalanan lagi, ada alternatif transportasi lain yang lebih murah dan tentu harganya tidak sampai 29 ribu yen.
      Jika ada pertanyaan lainnya, silakan ditanyakan. Kami siap membantu.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Devy,
      Dari Osaka ke Nagoya bisa naik kereta Shinkansen Nozomi (tidak masuk cakupan JR Pass) seharga 5.830 yen (paling cepat, hanya 1 jam), atau naik kereta Hikari (bisa gratis dengan JR Pass), harga tiketnya 5.830 yen juga. Lama perjalanan sekitar 70 menit.
      Atau kalau mau yang lebih murah bisa naik Willer Bus, harganya cuma 2.500 yen. Hanya naik bus lumayan lama, sekitar 4 jam, cuma ya harganya murah dan kita bisa sekaligus mengunjungi kota-kota lain. Info lengkapnya bisa baca di Naik Bus Malam di Jepang

      Salam dan selamat liburan!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      JR Kansai Wide Pass hanya berlaku bagi stasiun JR (perusahaan kereta milik pemerintah). Stasiun kereta swasta, dan kereta subway di Osaka dan Kyoto tidak tercover oleh JR Kansai Wide Pass. Informasi lengkap: kapan kamu perlu membeli kansai wide pass bisa ditemukan di halaman berikut: http://www.infojepang.net/informasi-kansai-pass/.
      Salam.

  83. Saya mau nanya mengenai JR Pass, kalo saya tiba di tokyo Haneda tgl 3 Juni dan saya langsung menukarkan voucher JR Pass saya, apakah bisa saya minta tgl berlakunya mulai tgl 4-10 Juni? Krn yg saya dengar dari teman2 tgl berlaku JR Pass pasti sama dengan tgl pada waktu penukaran ? Thanks infonya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tentu bisa, dalam form isian penukaran JR Pass bisa diisi mulai kapan JR Pass ingin digunakan. Salam

  84. Jk saya akan pergi ke Tokyo-Osaka_Kyoto-Tateyama, apa perlu sy jg membeli kartu suica/posmo selain JR pass ? Tks sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Info Jepang  |  

      JR Pass sangat kami rekomendasikan kalau melihat rencana perjalanan Tokyo-Osaka-Kyoto-Tateyama.
      Sekarang kartu suica dan Pasmo bisa dipergunakan di hampir seluruh wilayah dan jaringan bus dan kereta di seluruh Jepang.
      Untuk kota besar seperti Tokyo, Osaka, dan Kyoto, saya rasa tidak masalah.

      JR Pass hanya mencakup kereta ke stasiun JR saja, sedangkan untuk jalur kereta swasta, monorail, atau trem tidak bisa digunakan.
      Jadi strateginya, JR Pass digunakan saat pergi ke Tokyo, Osaka, Kyoto. Dan kartu suica digunakan ketika pergi naik trem atau bus dari stasiun ke objek-objek wisata di dalam kota (khususnya untuk mengunjungi kuil-kuil di Kyoto). Sekian. Kalau masih ada pertanyaan silakan hubungi kami di nomor 0818.221.505, kami siap membantu. Kalau boleh saran, mumpung di Kyoto-Osaka kunjungi juga Nara, objek wisata di sini juga keren seperti Nara Park, Kuil Todaiji, atau Kuil Kasuga Taisha dan hanya 45 menit baik dari Osaka atau Kyoto

      Selamat berlibur!

    • Info Jepang  |  

      Kalau 1 minggu full terus bepergian masih rugi pak. Rata-rata sekali perjalanan di sekitar tokyo 200-400 yen, sedangkan harga JR Pass untuk 1 minggu itu 29.000 yen, sehingga kalau pun bepergian ke 5 tempat (10 kali sehari bolak-balik) masih belum akan balik modal. Selamat liburan!

  85. Mohon informasinya…
    Saya mau ke Jepang tgl 11-17 Nov 2016 ini. Dengan itinerary :
    1. tgl 12 Nov tiba di Narita langsung ke Osaka nginap disana Jalan2 di Osaka.
    2. tgl 13 Nov ke Kyoto dari Osaka pp. Jalan2 di Kyoto
    3. tgl 14 Nov Cek Out dari Osaka ke Tokyo (jalan2 sekitar Tokyo)
    4. tgl 15 Nov jalan2 ke Gunung Fuji
    5. tgl 16 Nov Jalan2 ke Disney Sea
    6. Back to Jakarta.

    Dengan itinerary seperti ini, apakah saya perlu beli JR Pass ?? karena saya ada ke Osaka dan Kyoto juga.
    Demikian, atas informasinya saya ucapkan terima kasih.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan