FAQ Terlengkap Japan Rail Pass

You are here Home  > Transportasi Jepang >  FAQ Terlengkap Japan Rail Pass

Pertanyaan Pembaca:

Siang Nugroho, saya masih bingung nih untuk itinerary liburan saya ke Jepang, rutenya Tokyo-Kyoto-Osaka-Tokyo, apakah perlu membeli JR Pass ya?
– Darmawati, Jakarta, Indonesia

Sistem kereta di Jepang memang sangat kompleks, untuk pergi ke satu daerah kita musti mempersiapkan biaya cukup dan mengetahui jenis kereta/ arah tujuan kereta yang ingin dinaiki. Salah-salah kita bisa nyasar ke tempat lain dan malah membuat liburan di Jepang jadi tidak berarti. Untuk menghindari kerepotan dalam memilih tiket, banyak orang Indonesia yang memilih Japan Rail Pass (JR Pass) sebagai tiket tunggal liburan ke Jepang. Tiket ini memang praktis dan komplit, sangat cocok bagi teman-teman yang berlibur di Jepang selama seminggu lebih. Dengan sedikit perhitungan dan perencanaan, kita dapat mengunjungi beberapa kota terkenal di Jepang dan memaksimalkan fungsi JR Pass.

JR Pass atau tiket terusan kereta adalah cara paling murah untuk berkeliling Jepang dengan naik kereta, khususnya jika ingin ke kota-kota selain Tokyo. Dengan JR Pass, wisatawan asing bisa bepergian ke kota manapun secara gratis. Berikut ini Tim Info Jepang sudah merangkum semua pertanyaan dan jawaban (FAQ) yang seing ditanyakan oleh para pembaca mengenai JR Pass.

Beli JR PASS dari Klook

1. Apa itu Japan Rail Pass/ JR Pass?

Japan Rail Pass (JR Pass) atau tiket terusan kereta adalah cara paling murah untuk berkeliling Jepang dengan naik kereta, khususnya jika ingin ke kota-kota selain Tokyo. Japan Rail Pass hanya bisa dibeli dan dipergunakan oleh wisatawan/ turis asing, dengan status kunjungan atau visa berupa kunjungan sementara (temporary visit).

Dengan jalur kereta yang mencakup 4 pulau utama di Jepang, seperti Honshu, Hokkaido, Shikoku, dan Kyushu, kita bisa bepergian ke seluruh Jepang gratis dan tidak perlu ribet lagi membeli tiket kereta setiap kali bepergian. Gak terbayang kan setiap kali pergi, ngantri lagi, ngantri lagi. Selain menghabiskan waktu, juga tenaga.

JR Pass berlaku satu, dua, atau tiga minggu bergantung pada tipe tiket yang kita beli. JR Pass sendiri dibagi menjadi dua tipe, tipe biasa (ordinary) dan yang premium (green). Perbedaannya adalah tipe tiket premium menyediakan kursi lebih luas.

2. JR Pass dapat digunakan di mana saja?

Dengan JR Pass, teman-teman gratis naik:

  1. Seluruh kereta yang dioperasikan oleh Japan Railways (JR)
    Termasuk shinkansen, kereta limited ekspress, kereta express, kereta cepat, dan kereta lokal yang dioperasikan oleh Japan Railway (JR).
  2. Kereta Tokyo Monorel dari atau ke Bandara Haneda
  3. Kereta Narita Express dari atau ke Bandara Narita
  4. Kapal feri JR ke Miyajima
  5. Beberapa jalur kereta non-JR menuju ke jalur JR yang tidak terhubung dengan jalur JR (utamanya di pedesaan)
  6. Bus Lokal
    Meskipun bukan kereta, namun teman-teman bisa naik gratis dengan menggunakan JR Pass untuk jalur-jalur ini:
  • Stasiun Kyoto – kuil Ryoanji – Takao – Shuzan
  • Dari Stasiun Aomori ke Bandara Aomori
  • Bus ke Danau Towada dari Hachinohe atau Aomori
  • Bus keliling di Hiroshima
  • Bus lokal di Sapporo
  • Bus menuju Tateyama dari Awa Shirayama
  • Bus kota di Kanazawa (Bus JR Kanazawa)
  • JR Bus Hokkaido
  • JR Bus Tohoku
  • JR Bus Kanto
  • JR Bus Tokai
  • JR Bus West Japan
  • JR Bus Chugoku (beroperasi di Pulau Chugoku)
  • JR Bus Shikoku (beroperasi di Pulau Shikoku)
  • JR Bus Kyushu (beroperasi di Pulau Kyushu)

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Keliling Wilayah Kansai dengan JR Kansai Area Pass

JR Kansai Area Pass atau lebih sering disebut dengan Kansai Pass adalah tiket spesial yang digunakan khusus untuk naik kereta dan bus JR di wilayah Kansai.

Berjalan kaki melewati tembok Salju di Tateyama

Tim Info Jepang melaporkan perjalanan ke Tateyama Kurobe Alpine Route. Tepatnya menyusuri tembok salju di Murodo, kemudian Kurobe Dam, hingga tembus dan ke Nagano Station. Kami mencoba semua moda transportasi di rute pegunungan paling terkenal ini

Suasana Gala Yuzawa Resort di Niigata

JR East Pass Nagano Niigata adalah pass kereta terbaik buat teman-teman yang berencana untuk berkeliling di area Kanto, Nagano, Niigata, sampai ke wilayah Shonai di Prefektur Yamagata.


3. Yang tidak termasuk cakupan JR Pass:

  1. Kereta Nozomi jalur Tokaido/ Sanyo Shinkansen
    Nozomi yang adalah kereta Shinkansen ke untuk jalur Tokyo-Nagoya-KyotoOsaka-Fukuoka (Kyushu) tidak masuk ke dalam cakupan JR Pass. Namun, teman-teman bisa naik kereta Sakura atau Hikari yang melayani rute yang sama, namun waktu tempuhnya sedikit lebih lama.
  2. Kereta Mizuho jalur Sanyo / Kyushu Shinkansen
    Mizuho yang adalah kereta tercepat di Sanyo / Kyushu Shinkansen tidak masuk ke dalam cakupan JR Pass. Namun, sebagai penggantinya, teman-teman bisa naik kereta Sakura yang melayani rute yang sama, namun waktu tempuhnya sedikit lebih lama. Jadi pastikan naik kereta Shinkansen yang tepat sesuai dengan JR Pass yang dimiliki, supaya kita tidak membayar biaya tambahan.
  3. Kereta JR yang menggunakan jalur non-JR
    Ada beberapa kereta JR yang menggunakan jalur non-JR atau jalur milik swasta. Nah, teman-teman harus membayar ongkosnya sendiri, karena tidak masuk cakupan JR Pass. Tapi tenang, jalur-jalur ini letaknya bukan di kota-kota besar/ pusat wisata.
  4. Kereta spesial
    Kereta spesial di sini maksudnya adalah kereta-kereta yang beroperasi di malam hari. Sering disebut dengan sleeper train, seperti rute Tokyo-Okayama. Kalau naik kereta malam ada biaya tambahan dari tiket biasa. Tiketnya bisa dibayar dengan JR Pass, namun biaya tambahan tiketnya tidak termasuk dan harus membayar sendiri.
  5. Bus Cepat/ Highway Bus
    Meskipun ada bus lokal yang masuk cakupan JR Pass, namun semua bus cepat tidak masuk ke dalam cakupan JR Pass. Bus-bus dengan rute favorit seperti Shinjuku-Kawaguchiko tidak tercover oleh JR Pass.

4. Fitur Tambahan JR Pass

  1. Gratis Reservasi Kursi
    Teman-teman bisa melakukan melakukan reservasi kursi untuk kereta JR secara gratis. Biasanya dilakukan melalui website beberapa hari sebelumnya. Jika ingin menikmati alam Jepang, saran Tim Info Jepang ambil kereta bagian belakang, sementara untuk perjalanan jauh, lebih baik ambil di bagian tengah kereta. Reservasi sangat diperlukan bagi teman-teman yang ingin naik shinkansen/ kereta dari tengah-tengah rute. Misalnya kota Kyoto/ Nagoya yang berada di tengah rute shinkansen Tokyo dan Osaka. Lebih baik mengambil reservasi kursi supaya bisa duduk bersama dengan keluarga bersama sampai pada kota tujuan.
  2. Diskon di Hotel-Hotel milik JR
    Dengan JR Pass, teman-teman juga bisa memperoleh potongan harga dari tarif reguler kamar hotel. Hotel-hotel yang termasuk jaringan JR dapat dilihat di sini. Termasuk di dalamnya Hotel Metropolitan, Mets, Granvia. Mayoritas hotel terletak di dekat Stasiun, sehingga memudahkan teman-teman.

5. Pertanyaan-Pertanyaan Seputar JR Pass

Berapa harga JR Pass?

Berikut adalah tabel harga tiket JR Pass untuk masa berlaku seminggu, dua minggu, dan tiga minggu. Ada dua tipe yang tersedia, yaitu tipe biasa (ordinary) atau premium (green). Perbedaan keduanya dapat dilihat di bagian selanjutnya. JR Pass hanya bisa dibeli dengan pemesanan dari luar negeri, sebelum berangkat ke Jepang. Tim Info Jepang sudah bekerja sama dengan JRailPass supaya wisatawan di Indonesia bisa membeli JRailPass dengan mudah. Pemesanan bisa dilakukan via online (klik link di bawah) dan dokumen untuk penukaran JR Pass akan segera dikirimkan begitu pembayaran dikonfirmasi.

Harga tiket free pass

Tarif JR Pass untuk anak-anak (berusia 6-12 tahun) adalah setengah harga dari semua harga yang ada di atas. Sementara itu, anak-anak berusia di bawah 6 tahun tidak dikenakan biaya naik kereta, asalkan tidak duduk di kursi dan pergi bersama dengan seorang dewasa atau minimal anak-anak (usia 6-12 tahun) yang membayar.

Ada berapa tipe Japan Rail Pass?

Sampai hari ini, ada enam tipe Japan Rail Pass yang dibedakan dengan area penggunaannya. Ada JR East Pass, untuk wilayah timur Jepang (Tohuku dan Kanto), JR Tokyo Wide Pass (untuk wilayah Kanto), Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass yang melayani rute Tokyo-Hokuriku (Nagano, Kanazawa, Toyama, lalu ke Kyoto dan Osaka). Untuk detail area area cakupan dan harganya, bisa di lihat di artikel Tipe-Tipe Japan Rail Pass.

Apakah bisa saya upgrade ke kereta Nozomi atau Mizuho?

Tidak bisa. Kereta Shinkansen Nozomi dan Mizuho tidak termasuk ke cakupan JR Pass. Saat naik Nozomi dan Mizuho, pemegang JR Pass harus membayar tiket seluruhnya. Sebagai penggantinya, teman-teman bisa naik kereta Hikari dan Sakura (jalurnya sama namun sedikit lebih lama waktu perjalanannya) secara gratis dengan JR Pass.

Apa perbedaan tiket biasa (ordinary) dan tiket premium (green)?

Tiket premium (green) adalah kursi kelas bisnis dengan kursi dan ruang kaki yang lebih besar dan layanan di dalam perjalanan yang lebih baik. Namun, menurut pengamatan Tim Info Jepang, tiket biasa cukup nyaman untuk ukuran orang Indonesia. Apalagi perbedaan harganya juga lumayan besar. Namun, jika teman-teman membawa anak kecil atau bayi, lebih baik mengambil tiket premium.

Bagi teman-teman pemilik JR Pass ordinary yang memerlukan atau ingin mencoba kelas premium/ Green Class, kita bisa meminta upgrade untuk rute kereta yang diinginkan. Cukup tunjukkan kartu JR Pass yang dimiliki kepada petugas, maka petugas akan menghitungkan berapa tambahan yang akan dibayarkan. JR PASS tipe ordinary dianggap sebagai tiket ekonomi, dan nanti akan dihitung berapa harga ekonomi sekali jalan dengan kota tujuan kita, dan berapa harga Green or Grand class dengan jalur sama. Selisih ongkosnya itulah yang musti kita bayarkan, bukan semua biayanya. Praktis bukan?

Saya membeli JR Pass biasa, apakah bisa diupgrade ke JR Pass premium?

Bisa, teman-teman diperbolehkan meng-upgrade tiket, namun dengan tambahan biaya tertentu, sesuai dengan selisih harga tiketnya. Misal untuk JR Pass satu minggu, tiket biasa 29.110 yen, sementara tiket premium 38.880. Nah, teman-teman harus membayarkan selisih 9.770 yen ditambah uang administrasi sekitar 100-200 yen.

Apakah JR Pass bisa digunakan oleh orang lain?

Pengunaan JR Pass cukup ketat. JR Pass hanya dapat digunakan oleh orang yang namanya tercetak di tiket. Sebelum naik kereta, biasanya akan ada pemeriksaan identitas oleh petugas. Untuk berjaga-jaga, pastikan membawa paspor teman-teman saat bepergian dengan JR Pass.

Mengenai masa berlaku JR Pass: Apakah kalender hari atau periode 24 jam?

Perlu teman-teman ketahui, masa berlaku JR Pass berdasarkan hari kalender. Jadi, saat teman-teman mulai menggunakan JR Pass 1 minggu pada tanggal 10 jam 14.00 (jam 2 siang), masa berlakunya adalah sampai tanggal tanggal 16 jam 24.00 (tengah malam), dan bukan tanggal 17 jam 14.00.

Apa yang terjadi jika saya naik kereta malam pada hari terakhir JR Pass berlaku?

Pertanyaan ini sering ditanyakan kepada Tim Info Jepang. Jika teman-teman naik kereta malam di hari terakhir JR Pass, maka JR Pass tetap berlaku hingga stasiun tujuan, termasuk jika harus transfer ke kereta lainnya. Saat tiba di stasiun tujuan, tunjukkan JR Pass kepada petugas untuk dapat keluar dari gerbang manual.

Di manakah saya bisa membeli JR Pass?

Japan Rail Pass dapat digunakan hanya oleh wisatawan asing di Jepang. Saat ini, JR Pass dapat dibeli hanya DI LUAR DAN DI DALAM Jepang. Teman-teman akan menerima voucher yang kemudian akan ditukar dengan JR Pass di kantor tiket Bandara Haneda, Narita, Kansai atau di stasiun-stasiun besar, seperti Shinjuku, Kyoto, atau Tokyo. Maksimal waktu penukaran adalah 3 bulan dari waktu pembelian JR Pass on-line. Japan Railway mulai menyediakan penjualan di Bandara Narita, Bandara Haneda, dan Bandara Kansai. Jika teman-teman bepergian ke Jepang menggunakan maskapai Japan Airlines (JAL) atau Air Nippon Airways (ANA), mereka juga menyediakan paket tiket beserta JR Pass. Teman-teman juga bisa membeli JR Pass langsung melalui Info Jepang.

Siapa yang bisa menggunakan JR Pass?

JR Pass digunakan hanya oleh wisatawan asing di Jepang, ditunjukkan dengan lampiran passport saat membeli JR Pass maupun saat penggunaan JR Pass di setiap stasiun di Jepang. Penduduk Jepang tidak bisa menggunakan JR Pass untuk bepergian. Namun, bagi orang Jepang yang tinggal di luar negeri, atau yang memiliki suami/ istri orang asing, JR Pass bisa digunakan.

Beli JR PASS dari Klook

Selain cara on-line, di mana JR Pass bisa dibeli?

Japan Rail Pass dapat dibeli secara online via Klook atau melalui agen perjalanan di seluruh dunia. Untuk Klook, pengiriman JR PASS baru bisa bagi yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Nah, untuk teman-teman yang tinggal selain di daerah itu, teman-teman juga bisa membeli JR Pass langsung melalui Info Jepang.

Di mana dan bagaimana dapat voucher ditukar?

Voucher bisa ditukar di stasiun-stasiun JR utama yang di seluruh Jepang. Daftar stasiun yang menerima penukaran voucher JR Pass dapat dilihat di sini, termasuk stasiun di Bandara Haneda, Narita, dan Kansai. Selain itu bisa juga di Stasiun Tokyo, Ueno, Shibuya, Shinjuku, Shinagawa atau Ikebukuro. Teman-teman tinggal menunjukkan print-out voucher dan juga passport, kemudian petugas akan memberikan JR Pass. Saran Tim Info Jepang, usahakan yang mengambil adalah orang yang namanya tertera di tiket dan bawa passport asli/ bukan fotokopi untuk memudahkan. Sulit berdebat dengan orang Jepang apalagi yang tidak bisa berbahasa Inggris.

Apakah saya bisa memilih tanggal mulai JR Pass?

Ya, bisa. Teman-teman bisa memilih kapan masa berlaku JR Pass dimulai sewaktu menuliskan formulir penukaran JR Pass. Tidak harus sama dengan tanggal pengambilan/ penukaran voucher. Misalnya, teman-teman tiba di Jepang tanggal 1, dan ingin berkeliling di Tokyo selama 2 hari dulu, baru ke Hokkaido atau Osaka, teman-teman bisa meminta JR Pass dimulai tanggal 4. Bagi teman-teman yang ingin liburan hemat harus cermat menghitung harinya. Oiya, maksimal tanggal mulainya adalah 1 bulan dari tanggal pengambilan/ penukaran. Kami siap membantu teman-teman untuk liburan murah dan efektif di Jepang melalui layanan Tour Guide Online.

Bagaimana cara menggunakan JR Pass?

JR Pass adalah tiket kertas teman-teman. Namun bentuknya bukan elektronik, sehingga teman-teman tidak bisa melalui gerbang otomatis. Di stasiun, carilah gerbang manual (biasanya di pinggir kiri atau kanan gate) di mana ada petugas yang berjaga, cukup tunjukkan JR Pass teman-teman. Persiapkan juga passport, karena kadang-kadang petugas menanyakan dan mengecek identitas kita. Petugas-petugas ini banyak yang tidak bisa berbahasa Inggris, jadi supaya aman dan lebih cepat, persiapkan passport dan JR Pass di setiap stasiun.

Bagaimana cara reservasi kursi?

Pemegang tiket JR Pass dapat melakukan reservasi/ pemesanan tempat duduk. Caranya adalah dengan datang ke stasiun awal keberangkatan, menunjukkan JR Pass dan passport, kemudian memilih tempat duduk yang tersedia. Waktu idealnya adalah 1-3 hari sebelum keberangkatan. Beberapa kereta di area timur Jepang (Tohoku dan Kanto) menerima reservasi tempat duduk dari internet juga.

Apakah reservasi kursi wajib?

Mayoritas kereta tidak mewajibkan reservasi/ pemesanan tempat duduk, khususnya di jalur-jalur sibuk atau di kota-kota besar. Namun, ada beberapa jalur kereta yang mewajibkan kita untuk melakukan resevasi/ pemesanan kursi, antara lain:

  1. Kereta Narita Express, akses kereta termudah Narita ke Tokyo (TokyoNarita)
  2. Kereta Shinkansen Hayabusa dan Hayate di sepanjang jalur Tohoku/ Hakodate Shinkansen dari Tokyo ke Akita, Sendai, Aomori, hingga Hakodate.
  3. Kereta Komachi di sepanjang jalur Akita Shinkansen
  4. Kereta Shinkansen Kagayaki di sepanjang jalur Hokuriku Shinkansen (antara Tokyo, Nagano, Toyama, dan Kanazawa)
  5. Mayoritas kereta malam

Apakah menguntungkan menggunakan JR Pass?

Mayoritas wisatawan Indonesia yang mau ke Jepang membeli JR Rail Pass katanya supaya bisa naik kereta Shinkansen sepuasnya. Tapi sebetulnya belum tentu JR Pass ini menguntungkan. Hal ini bergantung pada rencana liburan teman-teman. Japan Rail Pass baru menguntungkan kalau teman-teman ingin ke kota yang relatif jauh, seperti Kyoto, Osaka, Toyama, atau Hokkaido. Nilai plusnya juga, dengan Japan Rail Pass teman-teman tidak perlu ribet membeli tiket untuk masing-masing kereta (tentu akan memudahkan, apalagi jika membawa barang yang lumayan berat).

Patokan/ batas keuntungannya adalah, Japan Rail Pass dengan durasi satu minggu harganya sama dengan tiket pulang-pergi Tokyo-Kyoto atau Tokyo-Osaka. Jika teman-teman tidak berencana pergi satu arah menuju Kyoto atau Osaka saja, atau hanya berkeliling di area kota, lebih baik menggunakan tiket kereta biasa daripada membeli JR Pass. Sebagai perbandingan, tiket JR-Pass yang termurah untuk masa berlaku 7 hari adalah 29.110 yen. Sementara itu, tiket satu arah Tokyo-Kyoto adalah 13.080 yen. Lihat? Supaya teman-teman tidak rugi, JR-Pass harus digunakan MINIMAL untuk perjalanan pulang pergi antar kota.

Jika hanya di Tokyo atau wilayah sekitarnya (Yokohama, Chiba, atau Yamanashi) teman-teman bisa membeli tiket JR Tokyo Wide Pass (untuk wilayah Kanto). Atau cuma mau jalan-jalan di area Hokuriku, yakni Kanazawa, Toyama, dan Nagano sebaiknya membeli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass. Untuk lebih lengkapnya, teman-teman bisa langsung melihat di sini Tipe-tipe Japan Rail Pass.

Buat teman-teman yang ingin mengunjungi Tokyo, kawasan Shirakawago dan Pegunungan Tateyama, hingga Osaka dan Kyoto, kami sarankan untuk menggunakan Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass yang lebih murah 5.000 yen ketimbang JR Pass pada umumnya.

Beli JR PASS dari Klook

Apakah JR Pass berguna untuk di dalam kota?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, JR Pass baru akan menguntungkan jika melakukan perjalanan antar kota yang cukup jauh. Minimal perjalanan pulang pergi antara TokyoKyoto atau TokyoOsaka. Selain dari itu, jika teman-teman ingin berkeliling kota Tokyo dan sekitarnya, JR Pass juga menguntungkan. Jalur-jalur di Tokyo dan Osaka kebanyakan dilayani oleh kereta JR (Tokyo Yamanote Line dan Osaka Loop Line), yang mencakup sebagian besar area kota Tokyo dan Osaka. Khusus Kyoto, teman-teman lebih baik membeli Kyoto Bus Pass karena mayoritas tempat wisata di Kyoto bisa dicapai dengan naik bus kota.

Saya lupa membeli JR Pass, apakah ada alternatif lainnya?

Buat kamu yang lupa membeli JR Pass sebelum datang ke Jepang, mulai bulan Maret 2017, JR PASS bisa dibeli di Jepang! Selain itu, kamu bisa pakai Kartu Suica atau Pasmo yang adalah kartu IC deposit prabayar yang dapat diisi ulang. Namun, kita tidak mendapatkan potongan harga khusus seperti halnya JR Pass, harga tiket yang dibayarkan tetap sama. Hanya kita tidak perlu ribet membeli tiket setiap kali ingin naik kereta. Informasi lengkap mengenai penggunaan kartu Suica atau Pasmo lebih lengkapnya bisa dibaca di artikel berikut.

tour online ads NEW1

Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar, Tim Info Jepang pasti menjawab pertanyaan-pertanyaan teman-teman.

Sumber gambar: Flickr Antonio Tajuelo


Recommended for you

Last modified: November 24, 2018

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!