Informasi Kansai Pass

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang, Wisata Jepang >  Informasi Kansai Pass

Di artikel kali ini, Tim Info Jepang sudah merangkum strategi dan tips perjalanan ke Nara, Kyoto, atau Osaka, kota-kota besar di daerah Kansai. Artikel ini bertujuan menjawab banyak pertanyaan yang masuk ke Tim Info Jepang bagaimana merencanakan perjalanan di daerah Kansai. Kami juga akan menjelaskan jenis tiket apa yang sebaiknya dibeli untuk menghemat biaya perjalanan. Lalu, bagaimana kita memilih Kansai pass yang sesuai dengan keinginan dan objek wisata yang ingin dikunjungi. Simak penjelasan selengkapnya berikut.

1. JR Kansai Pass

Cocok untuk: perjalanan dari Kansai Airport, Nara, objek wisata Osaka seperti Tennoji dan Shinsekai, Namba, Universal Studio Japan, objek wisata di Kyoto seperti Kuil Fushimi Inari, Saga Arashiyama, kota Tsuruga dan Kusatsu di Prefektur Shiga, kota Kobe dan Himeji di Prefektur Hyogo.

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: kereta ekspress Haruka ke Kansai Airport (non-reserved) dan seluruh kereta lokal dan rapid.

Kereta yang perlu biaya tambahan: kereta ekspress Haruka ke Kansai Airport (reserved), kereta ekspress lainnya, kereta Shinkansen.

Harga:

  • Tiket terusan 1 hari: 2,300 yen (dewasa), anak >12 tahun 1,150 yen
  • Tiket terusan 2 hari: 4,500 yen (dewasa), anak >12 tahun 2,250 yen
  • Tiket terusan 3 hari: 5,500 yen (dewasa), anak >12 tahun 2,750 yen
  • Tiket terusan 4 hari: 6,500 yen (dewasa), anak >12 tahun 3,250 yen
  • Jika beli online sebelum datang ke Jepang akan ada potongan 100-200 yen.
    Hari yang dimaksud ada hari berurutan.

2. JR Wide Kansai Pass

Cocok untuk: area perjalanan sama seperti JR Kansai Pass, ditambah daerah Prefektur Okayama, Takamatsu di Shikoku (sebelah barat Kyoto), dan daerah Fukuchiyama, Amanohashidate di Maizuru, serta pemandian air panas Kinosaki Onsen di utara Kyoto.

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: sama dengan JR Kansai Pass, ditambah kereta Shinkansen dari Shin Osaka sampai Okayama (non-reserved) dan semua kereta ekspress.

Kereta yang perlu biaya tambahan: kereta Shinkansen ke Tokyo, ke Fukuoka yang keluar dari daerah jangkauan Kansai.

Harga:
Tiket terusan 5 hari: 8,500 yen (dewasa), anak >12 tahun 4,250 yen
Jika beli online sebelum datang ke Jepang akan ada potongan 500 yen.
5 Hari yang dimaksud adalah 5 hari berurutan.
Rugi jika hanya dipakai berkeliling pusat kota Osaka, pusat kota Kyoto, atau pusat kota Nara.

3. Kansai Through Pass (Penjualan Berakhir 30 Oktober 2-16)

Cocok untuk: Anda yang tidak membeli JR PASS dan berlibur ke daerah Kansai.

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: seluruh kereta non-JR yang menghubungkan Kansai Airport, Wakayama, Nara, stasiun Demachiyanagi, Gion, Kawaramachi, Kurama, Arashiyama di prefektur Kyoto, Umeda, Namba di prefektur Osaka, Kobe dan Himeji di prefektur Hyogo. Kansai Through Pass mencakup juga Kyoto One Day Bus Card seperti tertulis di nomor 2.

Tidak mencakup kereta menuju ke Universal Studio Japan, Kuil Horyuji dan Kompleks Gunung Yoshino di Prefektur Nara. Rugi jika hanya dipakai berkeliling pusat kota Osaka, pusat kota Kyoto, atau pusat kota Nara.

Meskipun  Kansai Through Pass ini tidak bisa kita gunakan untuk pergi ke Universal Studio Osaka secara langsung, teman-teman bisa naik kereta sampai Stasiun Nishikujo (yang tercover dengan Kansai Through Pass) lalu naik kereta JR Yumesaki ke Stasiun Universal City di depan pintu masuk Universal Studio Osaka.

Beberapa objek wisata terkenal kota Kyoto yang bisa dikunjungi dengan free pass ini antara lain: Kuil Kiyomizudera, Kuil Tofukuji, Kuil Ginkakuji, Kuil Fushimi Inari. Juga pusat kota Gion atau ke Kuil Kifune Jinja atau Kuil Shimogamo. Untuk jalur kereta Uji sangat praktis jika ingin pergi ke Kuil Byodoin, kuil megah di kota Uji. Bisa juga digunakan untuk tempat-tempat wisata di Arashiyama seperti Kuil Tenryuuji, Kuil Jujakukoji, Kuil Hokyoin, Okachi Sanso, Jembatan Togetsubashi, Kuil Kokedera.

Kereta yang perlu biaya tambahan: kereta Shinkansen ke Tokyo, ke Fukuoka yang keluar dari daerah jangkauan Kansai.

Harga:

  • Tiket terusan 2 hari: 4,000 yen (dewasa), anak >12 tahun 2,000 yen
  • Tiket terusan 3 hari: 5,200 yen (dewasa), anak >12 tahun 2,600 yen
  • Tiket ini terhitung perhari, jadi teman-teman bisa pakai tiket terusan 2 hari, berkeliling di hari pertama, bermain satu hari di USJ, berkeliling lagi di hari terakhir.


Informasi Kansai Pass

4. Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass

Tiket ini dikeluarkan oleh perusahaan kereta Keihan, yang menghubungkan kota Osaka dan Kyoto dari jalur timur. Ada dua jenis yang pertama tiket terusan Osaka-Kyoto (1 atau 2 hari) dan tiket terusan wilayah Kyoto saja (1 hari). Kereta Keihan di Osaka menghubungkan stasiun seperti Yodoyabashi, Tenmabashi dan Kyobashi. Di Kyoto sendiri stasiun kereta Keihan yang terkenal antara lain Fushimi Inari, Tofukuji, Kiyomizu gojo, Gion shijo, dan Demachiyanagi (seluruhnya berada di sebelah timur kota Kyoto).

Cocok untuk: yang tidak memiliki JR PASS atau Kansai Surutto Pass tapi ingin jalan-jalan Kyoto dan Osaka dengan murah. Tiket terusan ini sebetulnya satu bagian dengan Kansai Surutto Pass, maksudnya tiket terusan ini seluruhnya tercover jika membeli Kansai Surutto Pass. Beberapa objek wisata terkenal yang bisa dikunjungi antara lain: Kuil Kiyomizudera, Kuil Tofukuji, Kuil Ginkakuji, Kuil Fushimi Inari (tidak perlu pindah-pindah naik bus, bisa dengan kereta dan stasiunnya sangat dekat dengan kuil tersebut). Lalu ke pusat kota Gion atau ke Kuil Kifune Jinja atau Kuil Shimogamo (dekat dengan stasiun terakhir Keihan: Demachiyanagi). Untuk jalur kereta Uji sangat praktis jika ingin pergi ke Kuil Byodoin, kuil megah di kota Uji.

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: kereta Keihan main line dan kereta Keihan menuju Uji.

Harga:

  • Untuk tiket terusan Osaka-Kyoto 1 hari: 700 yen untuk dewasa.
  • Untuk tiket terusan Osaka-Kyoto 2 hari: 1000 yen untuk dewasa.
  • Untuk tiket terusan Kyoto 1 hari: 500 yen untuk dewasa.
  • Tersedia juga tiket untuk anak-anak dibawah 12 tahun dengan harga setengahnya.

Perlu diperhatikan bahwa tiket ini tidak dijual di stasiun kereta Keihan, hanya bisa dibeli di Pusat Informasi Turis di Kansai Airport, pusat informasi turis di Shinsaibashi, dan pusat informasi turis di Kyoto. Bisa juga membeli via online.

Tips dari Tim Info Jepang mengenai Kansai Pass

Berikut adalah tips Info Jepang bagi teman-teman yang ingin berlibur mengelilingi objek-objek wisata di daerah Kansai dan menemukan informasi mengenai Kansai Pass. Buat teman-teman yang tidak memiliki JR Pass, dan hanya ingin berkeliling Kyoto, Nara dan Osaka, TIDAK PERLU membeli JR Kansai Pass, JR Wide Kansai Pass, atau Kansai Through Pass. Dengan kartu Suica atau IC card lain jauh lebih ekonomis. Namun perlu perhitungan jika pulang atau datang dari Kansai Airport dengan kereta ekspress Haruka. Untuk informasi lebih lanjut dan perhitungan selengkapnya bisa menghubungi Tim Info Jepang.

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Membeli JR Tokyo Wide Pass di Ueno

Untuk teman-teman yang merencanakan liburan ke Jepang, bisa memanfaatkan tiket terusan JR Tokyo Wide Pass. Tiket ini khusus bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Jepang dengan visa liburan/ wisata. Seperti apa JR Tokyo Wide Pass itu, lalu objek-objek...

Pemandangan Gunung Fuji Hakone

Fuji Hakone Pass adalah pass paling tepat buat kamu yang ingin berkeliling tempat wisata di Gunung Fuji dan 5 danau sekitarnya. Berikut tips hemat berkeliling Gunung Fuji Hakone rancangan Tim Info Jepang.

Peta kereta di Tokyo Jepang

Ketika berlibur ke Tokyo atau kota-kota di Jepang, kereta menjadi moda transportasi yang tak bisa dilupakan. Namun jangan bayangkan naik kereta di Tokyo seperti di Indonesia. Kita dapat dengan aman dan nyaman pergi ke objek-objek wisata terkenal dengan...

Kamifurano

Pesona dan keindahan alam Hokkaido sudah terkenal hampir di seluruh dunia. Bagaimana cara keliling tempat-tempat wisata Hokkaido dengan hemat? Berikut rahasianya.

Hakone Ropeway dan Gunung Fuji

Transportasi di Hakone bukanlah semata-mata untuk pergi ke satu objek wisata ke objek wisata lain, namun juga merupakan bagian dari petualangan seru kita di Hakone!

Bus ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko

Mau ke Gunung Fuji tapi bingung gimana cara perginya? Berikut jawal lengkap keberangkatan bus ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko dari Shinjuku, Tokyo, Haneda dan Narita Airport


Sumber gambar: Flickr Wong Kenny, Chun-Chih FAN

Recommended for you

Last modified: November 23, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Comments (31)

  1. Hi Mas,
    saya rencana akan lakukan perjalanan ke Osaka dan Tokyo di April 2017.
    Di antara kunjungan saya di Osaka selama 2 hari, saya ingin one day trip ke Kyoto, Nara, dan Kobe, tapi menginap tetap di Osaka. Setelah itu baru pindah Tokyo dan pulang dari Haneda.
    Setelah research, rencana saya adalah beli Osaka Amazing Pass untuk 2 hari. Dan dilanjutkan dengan beli Suica setiba di Tokyo sampai pulang dari Haneda.
    Apakah rencana ini sudah efisien? atau ada ide lain?
    Lalu apakah Suica ada expired date nya? karena saya sudah punya dari kunjungan terakhir saya di Mei 2016 (sudah 11 bulan ke April 2017).
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Vio, salam kenal. Kalau boleh tahu kamu tiba dan pulang dari Jepang di bandara mana ya? Kalau di Haneda atau Narita, sebaiknya kamu pertimbangkan beli JR-Pass. Yang mencakup juga kereta kalau kamu mau ke Kyoto, Nara, atau Kobe. Osaka Amazing Pass ini digunakan hanya untuk keliling Osaka dan Kyoto, tidak mengcover rute ke Nara dan Kobe. Kamu bisa pertimbangkan juga Kansai Pass.
      SUICA tidak ada tanggal expirednya, selama masih ada kartunya, masih bisa digunakan.

    • Tripnya untuk stay di Osaka dan Tokyo. Tiba di Kansai dan pulang dari Haneda.
      Selama di Osaka saya ingin ada day trip ke kotakota tersebut (Kyoto/ Nara/ Kobe).
      Kansai Pass ya? Siap. Dicek dulu. Thank you ya..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak mencover pak, namun mencover perjalanan kereta rapid dari Osaka ke Himeji (hanya beda 10 menit dengan naik shinkansen).
      Kalau bapak mau naik shinkansen perlu biaya tambahan sekitar 1.700 yen, dan JR Kansai Pass tetap menguntungkan. Salam

  2. Salam mas Nugroho ,

    Mau ninta saran lagi plan perjalannanya sbb:
    hari 1
    Dari KIX – Osaka
    Osaka-kobe
    Kobe-Himeji
    Himeji – Osaka ( Pakai Shinkansen )
    Hari 2
    Osaka – kyoto
    Kyoto ( pakai one day bus )
    Hari 3
    Kyoto – Osaka
    Osaka – Rinku Outlet
    Outlet – KIX

    1.Kira kira kartu yang pas apa ya?karena ada plan pake shinkansen juga
    2. Baca di atas , kansai through pass sudah tidak di jual kah ?
    3. Untuk di Kyoto seharian rencananya pakai paket bus sehari itu
    4. Kalau wisata malam di kyoto yang bagus apa ya?

    Terima Kasih banyak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk hari pertama Bapak bisa pakai JR Kansai Pass untuk versi satu hari seharga 2.300 yen. Sedangkan untuk hari kedua dan ketiga bisa membeli tiket kereta satuan, karena lebih menguntungkan dan tidak ada pass yang sesuai dan menguntungkan. Salam

  3. Dear Mas Nugroho,
    Utk Keihan Kyoto Sighseeing Pass, saya belum paham cara pilih keretanya.
    Saya rencana tinggal di daerah Shinsaibashi, mau ke Kyoto dan akan beli 2 days pass. Nah dari Shinsaibashi station saya menuju kemana dulu ya utk bisa ke Kyoto station? dan sebaliknya juga.
    Mohon pencerahannya yah

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Baik Ibu. Intinya kereta Keihan tidak ke Kyoto Station, karena hanya lewat Kyoto di jalur timur.
      Kalau dari Shinsaibashi, pertama harus pergi ke salah satu stasiun Keihan di Osaka: Yodoyabashi, Tenmabashi dan Kyobashi, yang paling dekat adalah Yodoyabashi dengan subway Midosuji Line dari Shinsaibashi ke Yodoyabashi. Salam

  4. Pak Nugroho, terlampir itinerary saya :
    10/1-11/1 di osaka, bermalam di daerah nishi ward, renc membeli haruka & icoca card
    – dotonburi, shinzekai market,oska jo etc
    12/1 -14/1 dg kereta ke Kyoto
    – fushimi inari ,imperial palaca,nijo castle, kinakuji etc
    15/1-18/1. Dg bus ke Takayama
    -ikut tour shinhotaka ropeway&shirakawago
    18/1-20/1. Dg bus ke tokyo, nginap di area Shinjuku
    -odaiba,meiji shrine,tsukiji fish market, herajuku shijuku etc
    20/1. Dg willer bus ke Osaka
    21/1. Tiba di Osaka +/- jam 7 pagi , dg kereta ke Kobe
    21/1-24/1. Mohon petunjuk bpk Nugroho daerah wisata+ tranportasi
    24/1. Dg kereta ke Osaka,……
    25/1. Chub ward ke kanzai airport

    Mohon petunjuk, kartu transportasi yang harus kami miliki. & Rekomendasi
    Tempat wisata, pakaian yang perlu dibawa; terima kasih,
    Salam

  5. Hallo Tim Info Jepang.
    Saya akan ke Jepang selama 12 hari
    Berikut ini rencana perjalanan saya

    Hari 1 (Selasa) = Tiba di KIX, keliling OSaka
    Hari 2 (Rabu)= Kyoto, Arashiyama, Fushimi Inari, Gion
    Hari 3 (Kamis) = Nara, Uji
    Hari 4 (Jumat) = Himeji, Keliling Osaka lagi
    Hari 5 (SAbtu) = Menuju ke Kanazawa, Keliling Kanazawa

    Hari 6 (Minggu) = Shirakawa-Go dan Gokayama
    Hari 7 (Senin) = Takayama
    Hari 8 (Selasa) = Menuju Tokyo, menginap di sekitar Shinjuku
    Hari 9 (Rabu) = Gunung Fuji, Kawaguchi
    Hari 10 (Kamis) = Asakusa, dll di Tokyo
    Hari 11 (Jumat) = Keliling Tokyo, Malam menuju Haneda untuk pulang ke Jakarta

    Mohon saran dan pencerahannya.
    1. Rencana saya selama di Kansai Area yaitu di hari ke 1-5, dengan rencana perjalanan diatas, Apakah lebih ekonomis menggunakan Kansai Wide Pass atau Kansai Through Pass ?

    2. Mulai hari ke 5 – hari ke 11 (berarti 7 hari), yaitu perjalanan saya menuju Kanazawa, saya berencana akan menggunakan Tokyo-Osaka-Hokuriku Arch Pass
    Apakaha kartu tersebut dapat mengcover seluruh perjalanan yang saya rencanakan ?

    Apakah ada pilihan kartu yang lebih ekonomis untuk rencana perjalanan yang saya sebeutkan diatas ???

    Mohon saran dan pencerahannya.
    Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai siang Yongki. Tentu bisa. Masa aktif pass baru akan dimulai sejak pemakaian pertama. Salam.

  6. Mau tanya kalau menggunakan ICOCA itu apakah harganya lebih murah dibanding kita bayar per setiap kali naik? Apakah cukup 5 hari full untuk mengelilingi tempat wisata utama di Osaka (termasuk U. studio), Kyoto, Nara dan Kobe/Himeji? Kalau saya datang dari Tokyo dan pulang via kansai, dengan tujuan ke kota2x tsb dan mengunjungi tempat2x wisata utama, apakah lebih efisien dengan ICOCA atau dengan Kansai Pass?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dengan kartu ICOCA atau Suica/Pasmo, ongkos kereta akan terbayar tanpa pembulatan. Misalnya 204 yen dengan kartu, tapi jika membeli tiket satuan membayarnya 210 yen. Lima hari sepertinya cukup untuk mengelilingi tempat-tempat wisata di Kansai. Saran dari Tim Info Jepang jika datang sekitar musim gugur bisa mengunjungi Kyoto selama 2 hari. Silakan membaca artikel tentang tempat-tempat wisata di Kobe, Kyoto, Nara, Osaka
      Apakah lebih efisien dengan ICOCA atau Kansai Pass, silakan bapak hitung ongkos keretanya. Tim Info Jepang tidak bisa memastikan mana yang lebih efisien sebab tidak mengetahui tujuan bapak.

  7. Selamat malam pak…mohon bantuan info nih. November ini kami rencana ke Jepang dg rute jkt-Kix-Jkt. Jadi kami hanya keliling Osaka kyoto nara kobe dan kami menginapnya di Osaka selama 5 malam. Menurut bpk utk transportasi yg murah dan efektif lbh baik kami beli kansai wide pass atau osaka free pass + kyoto free bus ya ? Kemudian free pass tsb di jkt bisa kami beli dimana ya ?Terima kasih atas bantuannya Pak

  8. hai, saya punya itinerary untuk mengunjungi osaka 5 hari,
    dengan itinerary
    hari 1-kyoto
    hari ke 2 nara
    hari ke 3 universal
    hari ke 4 kobe,
    hari ke 5 seputaran osaka,
    kira kira pass mana yang cocok ya
    terimakasi

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Yuyu. Silakan membaca informasi kereta yang tercover atau tidak tercover di atas dan bisa dihitung sendiri pass mana yang lebih murah.
      Tim Info Jepang tidak melayani penjelasan detail ongkos kereta lewat website karena hanya akan membuat pengunjung yang lain bingung.
      Mohon pengertiannya, sebab ada lebih dari 55 ribu pengunjung lain yang melihat website ini. Jika membutuhkan bantuan pembuatan itinerary, bisa memanfaatkan layanan Tour Guide Online Info Jepang.
      Untuk shinkansen dari Tokyo (Chiba) menuju ke Osaka ongkosnya 13620 yen.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Malam Ayu,
      JR Kansai Pass bisa dibeli melalui agen travel atau melalui website JR-West berikut ini, di mana kamu bisa dapat potongan harga 100 yen.
      Kalau belinya di Jepang, bisa di Bandara Kansai, Stasiun Kyoto, Osaka, Shin-Osaka, Sannomiya, Nara, atau Wakayama.
      Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, bisa pilih antara keduanya. Kalau memang sampainya malam, ya cukup ICOCA saja. Tapi kalau masih pagi, dan sempat berkeliling tempat wisata di Kansai, bisa membeli Kansai Pass. Ini dikarenakan perjalanann dari Kansai Airport ke Kyoto/Osaka, cukup jauh dan menguntungkan bila mengkombinasikannya dengan Kansai Pass.
      Salam

  9. mau tanya, jika selama di osaka saya : dr bandara ke osaka, juga ke kyoto dan universal studio, termasuk berkeliling kota osaka kyoto, apakah saya cukup membeli JR kansai pass atau juga harus membeli ICOCA? ICOCA bisa di top up di tokyo kan?
    terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tim Info Jepang tidak bisa memberikan rekomendasi detail mengenai Kansai Pass. Namun, pengalaman selama ini kalau mengunjungi 4-5 tempat dalam satu hari, silakan membeli JR Kansai Pass. Namun jika hanya mengunjungi sedikit tempat, bisa menggunakan ICOCA saja sebab lebih hemat. ICOCA bisa dipergunakan di Tokyo juga, sama seperti Suica/Pasmo, hanya berbeda nama saja.
      Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan