Itinerary Tokyo Osaka 8 Hari

You are here Home  > Center Town, Itinerary Perjalanan >  Itinerary Tokyo Osaka 8 Hari

Selamat siang para pembaca setia website infojepang. Karena ada begitu banyak komentar yang menanyakan mengenai contoh itinerary ke redaksi tim infojepang, maka tim infojepang akan secara berkala membuat artikel tentang itinerary perjalanan di Jepang. Beberapa itinerary perjalanan lokal seperti di Kyoto atau di Sapporo sudah pernah dipublikasikan, namun sepertinya pembaca memerlukan masukan itinerary perjalanan selama di Jepang dan antar kota. Kali ini Tim Infojepang sudah menyusun itinerary Tokyo Osaka 8 hari. Secara garis besar, itinerary ini mengunjungi jalur emas liburan di Jepang, ke tiga kota utama Osaka, Kyoto, dan Tokyo. Mendarat di Kansai Airport dan kembali dari Haneda Airport, sehingga tidak perlu membeli JR Pass 29.110 yen (karena hanya satu arah). Rute perjalanan ini disusun oleh Tim infojepang yang memandu wisatawan Indonesia via Tour Guide Online. Bagi teman-teman yang punya pertanyaan mengenai itinerary Tokyo Osaka 8 hari, atau pertanyaan bagaimana kalau rutenya diubah sedikit, silakan bertanya ke Tim infojepang. Kami akan segera menjawab pertanyaan kamu.

Daftar Lengkap Itinerary Tokyo Osaka 8 Hari

peta itinerary Tokyo Osaka 8 hari

Peta itinerary Tokyo Osaka 8 hari

Itinerary Tokyo Osaka Hari 0

Perjalanan dengan Garuda Indonesia dari Jakarta ke Kansai Airport. Kali ini karena tidak ada PP Tokyo-Osaka, tidak membeli JR Pass dan naik bus malam supaya bisa hemat ongkos transportasi.

Itinerary Tokyo Osaka Hari 1

1. Dari Kansai Airport Osaka, naik Nankai Rapid ke Shinsaibashi Station. Buat yang tidak punya JR Pass lebih baik naik kereta Nankai sebab ongkosnya sedikit lebih hemat. Kemudian titip koper di Osaka Hana Hostel (Hotel ini terletak 300m dari stasion Shinsaibashi dengan harga Rp. 599.670,-/night untuk 3 malam) dipesan via www.booking.com.

Menyelusuri Osaka – Osaka Castle – Umeda Sky Building – Osaka Station – Check In Hotel – Shinsaibashi Suji – Dotonbori – Kembali ke Hotel

Osaka Castle: Ini adalah ikon wisata kota Osaka dan kita bisa menyaksikan pemandangan kota Osaka bagus sekali. Dari Shinsaibashi Station naik kereta subway Nagahori Tsurumi-ryokuchi sampai ke Morinomiya Station, dan Osaka Castle sudah nampak di depan mata begitu keluar dari stasiun. Jika hanya berkeliling dan berfoto di halaman Osaka Castle gratis, namun jika ingin masuk ke dalam Istana dan melihat pemandangan tiketnya 600 yen. Saya membayar tiket dan melihat pemandangan kota Osaka dari ketinggian.

Perjalanan selanjutnya adalah ke Umeda Sky Building. Bisa kembali ke Osakajokoen Station dan naik JR Osaka Loop Line kembali ke arah Osaka Station. Keluar dari pintu Osaka Grand Front dan ikuti terowongan untuk jalan memotong sampai ke Umeda Sky Building. Kita bisa bayar 800 yen dan langsung naik elevator ke lantai 39 gedung Umeda Sky Building. Elevatornya transparan jadi agak takut sewaktu melihat pemandangan tembus pandang ke bawah. Namun setelah sampai di atas, sangat puas melihat pemandangan kota Osaka yang dibelah sungai Yodogawa. Saran saya kalau bisa pergi saat sore hari, kita bisa lihat pemandangan senja yang indah dari Umeda Sky Building.

Karena sudah menjelang pukul 15.00 waktu check in hotel, kami pun bergegas untuk kembali ke Shinsaibashi. Bisa kembali lewat terowongan bawah tanah ke Osaka Grand Front sambil melihat suasana pusat perbelanjaan di tenagh-tengah Osaka. Kita bisa membeli cemilan atau berbelanja singkat di sini. Bisa juga duduk santai di taman Osaka Grand Front sambil berinternetan ria via wifi gratis. Perjalanan dilanjutkan dengan naik kereta subway Midosuji Line dari Osaka Station ke Shinsaibashi Station.

Setelah berbenah, mandi, dan berganti baju, kami melanjutkan perjalanan ke Shinsaibashi Shopping Street dan Dotombori (daerah ini sangat dekat dengan Namba Osaka). Pas malam hari saat hari mulai gelap, jangan lupa berfoto di Dotombori dengan latar belakang Giant Crab atau Glico Man yang terkenal. Kita juga bisa menikmati kuliner khas Osaka di restoran-restoran di pusat perbelanjaan Shinsaibashi dan Dotombori. Kembali ke hotel setelah agak malam.

Suasana Shin Saibashi Osaka

Suasana Shin Saibashi Osaka

Hari 2: Mengunjungi tempat-tempat wisata di Kyoto

Perjalanan mengunjungi Kyoto, PP dari hotel di Shinsaibashi Osaka. Pertama naik subway Midosuji sampai Shin Osaka station dan naik shinkansen sampai Kyoto Station. Di Kyoto Station pertama membeli one day Kyoto Bus pass lalu pergi mengunjungi tempat-tempat wisata. Urutannya adalah Kyoto Station, Kuil Sanjusangendo, Kuil Kiyomizudera, Distrik Higashiyama, Gion, makan siang di Nishiki Market, dan terakhir ke Kuil Kinkakuji sebelum kembali ke hotel via Kyoto Station. Pemandangannya bagus-bagus semua, dan sayang tidak sempat ke Kyoto Tower, Arashiyama, atau Kuil Ginkakuji yang kayaknya bagus banget pemandangannya.

Ongkos shinkansen Nozomi Shin-Osaka sampai Kyoto 1.380 yen (paling murah kalau mau coba naik shinkansen di Jepang). Lalu, tiket masuk ke Kuil Sanjusangendo 600 yen, tiket masuk Kuil Kiyomizudera 300 yen, Kuil Kinkakuji 400 yen.

Hari 3: Mengunjungi Universal Studio – Osaka Aquarium

Hari ini mengunjungi Museum Takoyaki Osaka dan jalan-jalan di Citywalk saja, tidak masuk ke Universal Studios Japan. Dari Shinsaibashi naik subway Midosuji sampai ke Tennoji Station dan kemudian naik kereta JR sampai di Nishikujo, transfer ke kereta JR menuju ke Universal City Station (stasiun terdekat di Universal Studios Japan).

Kemudian bisa naik kereta JR lagi dari Universal City Station sampai ke Nishikujo (sama seperti waktu pergi di pagi hari). Dari Nishikujo naik kereta JR sampai Bentencho Station dan berganti ke subway Osaka Chuo Line sampai ke Osakako Station. Kami kemudian melihat Osaka Akuarium sampai agak sore hari dan kemudian ke Taman Tempozan. Di Taman Tempozan, kita bisa naik bianglala besar dan melihat pemandangan kota Osaka dari ketinggian. Pulangnya bisa ke Tempozan Marketplace untuk makan malam sebelum kembali ke hotel.

Tiket masuk Osaka Akuarium Kaiyuukan 2.300 yen untuk dewasa dan 1.200 yen untuk anak-anak. Lalu biaya naik bianglala di Tempozan adalah 800 yen. Agak menyesal juga tidak membeli Osaka Amazing Pass yang dapat potongan kalau pergi ke Tempozan atau Umeda dan lain-lain.

Tempozan Marketplace Osaka

Tempozan Marketplace Osaka

Itinerary Tokyo Osaka Day 4 : Osaka – Tokyo

Perjalanan ke Tokyo bisa naik bus dengan harga 3.400-5.800 yen per orang atau naik shinkansen dengan harga 14.450 yen per orang. Bisa disesuaikan dengan kondisi teman–teman. Bagi yang punya JR Pass, silakan memanfaatkan dengan naik shinkansen. Bagi yang ingin berhemat, bisa naik bus willer. Naik bus willer tiba di Shinjuku Station. Kemudian naik kereta JR Yamanote Line, pergi ke Harajuku, Yoyogi Park, Shibuya, Stasiun Tokyo, dan Akihabara. Mengenai kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan di tempat-tempat di atas bisa dibaca di masing-masing link. Kalau semuanya ditulis di sini, bakalan panjang banget. Sorenya ke Web Hotel Tokyo Asakusabashi.

Itinerary Tokyo Osaka Hari 5

Berkeliling tempat-tempat wisata populer di Tokyo: Asakusa, Gerbang Kaminarimon, Kuil Sensoji, Nakamise Street, lalu mencoba naik kapal Sumida River Cruise, Tokyo Sky Tree, dan kembali ke hotel malamnya.

Dari hotel di Asakusabashi naik subway Asakusa Line sampai ke Asakusa Station tiket 180 yen. Lalu keliling Asakusa, foto-foto di Kaminarimon dan Kuil Sensoji, belanja oleh-oleh di Nakamise Street. Setelah itu mencoba Tokyo Cruise Sumida River 720 yen. Pergi juga ke Tokyo Skytree dan melihat pusat perbelanjaan Tokyo Solamachi di bawahnya. Di Tokyo Skytree hanya foto-foto saja, tidak naik ke atas.

Kuil Sensoji di Asakusa

Kuil Sensoji di Asakusa

Itinerary Tokyo Osaka Hari 6

Hari ke 6 kita berkeliling tempat wisata di Tokyo, seperti Museum Doraemon, Tokyo Tower (tidak naik, hanya foto-foto di bawah saja), Istana Kaisar. Menjelang sore hari ke Odaiba Decks dan berfoto di Taman Odaiba dengan patung liberty dan keindahan malam Rainbow Bridge.

Rainbow Bridge dari Taman Odaiba

Rainbow Bridge dari Taman Odaiba

Itinerary Tokyo Osaka Hari 7

Bermain sepuasnya di Tokyo Disneysea

Beruntung banget sempat baca tips bermain di Tokyo Disneysea sehingga bisa mencoba lebih banyak permainan. Malamnya istirahat sebentar dan merapikan barang-barang karena esok hari akan kembali ke Jakarta.

Itinerary Tokyo Osaka Hari 8

Tokyo Haneda – Jakarta dengan pesawat Garuda

Ongkos dari Asakusabashi sampai ke Haneda Terminal 1.570 yen, tidak perlu ganti-ganti kereta.

Cheap Hotels in Asakusa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel MyStays Kameido
from ¥5850/night
Capsule and Sauna Century
from ¥3300/night
Richmond Hotel Oshiage
Richmond Hotel Premier Tokyo Oshiage
from ¥13200/night
Belmont Hotel
from ¥7000/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Loïc Lagarde, cwfoodtravel


Recommended for you

Last modified: February 22, 2017

Comments (262)

  1. Malam Pak Nugroho, dari itin Info Jepang Tokyo Osaka 8 hari, dikatakan ke Osaka Castle naik subway sampai morinomiya station, apakah subway itu lebih dekat dibandingkan Osakajokoen station dengan Osaka Loop Line?
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Untuk lokasinya sebetulnya tidak berbeda jauh dengan dari Osakajo Koen Station. Namun karena berangkatnya dari Namba dan Shinsaibashi, jauh lebih praktis dan murah ke Morinomiya Station dibanding ke Osakajo Koen Station dengan JR Osaka Loop Line. Salam

  2. Hallo pak, saya hendra.
    Perihal itinerari di hari pertama di osaka, jika saya mau ke osaka castle nya pagi dan ke umeda sky buildingnya pada sore menjelang malam (konon lbh bgs malam hari), sebaiknya di siang hari nya kemana ya pak?kebetulan saya mau mengikuti jadwal itinerary 8 hr bapak.
    Thanks

  3. selamat siang pak nugroho dan salam kenal,

    Rencana bulan juni ini kami akan traveling ke Jepang dan ada beberapa hal yang msh membuat saya bingung dalam menyusun itinerary. Tujuan wisata yang ingin kami tuju pasti tempat2 wisata di osaka, kyoto dan tokyo (naah utk tokyo kami ingin ke disneysea dll) namun beberapa hal yang ingin ditanyakan adalah :

    1. apabila sudah terlanjut pesan tiket pesawat pulang pergi di Osaka (Kansai Airport), menurut bapak efektifnya saya tour pertama langsung ke tokyo dulu atau fokus di Osaka?

    2. kalau sarannya ke tokyo dulu dari kansai airport naik apa ya dan akan ribet tidak dengan membawa koper?

    3. Strategis nginep di tokyo di mananya ya pak?

    4. efektif tidak saya membeli JR Pass utk periode perjalanan kami 21 (kami tiba di kansai sore jam 15.30) – 30 Juni.

    5. kalau kami harus fokus di osaka dulu apakah ada saran menginap dimana?

    6. dengan rencana tujuan spt itu berarti apakah kami harus memesan hotel di tokyo dan osaka?

    mohon pencerahannya pak nugroho, supaya saya bisa membuat itinerary nya.

    terima kasih banyak pak nugroho

    regards,

    ambar

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau ingin naik shinkansen PP Osaka-Tokyo-Osaka maka JR PASS sudah balik modal ibu. Mungkin bisa diselipkan pertama di Osaka selama 2 hari, kemudian ke Tokyo dengan JR PASS selama 7 hari, kemudian 2 hari lagi di Osaka sebelum kembali ke Indonesia. Kalau di Tokyo bisa menginap sekitar Tokyo Station atau Ueno Station, sedangkan di Osaka bisa di sekitaran Umeda/ Osaka Station atau Tennoji Station (supaya praktis ke Kansai Airport). Silakan dicek rekomendasi hotel-hotel di link di atas, supaya lebih mudah dan terarah dalam menentukan hotelnya. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Silakan dicek di link-link terkait mengenai ongkos perjalanannya dan dihitung sendiri. Sebab ongkosnya memang sengaja tidak ditampilkan seluruhnya, daripada membuat bingung pembaca. Salam

  4. Pagi pak nugroho, kami berencana ke jepang tgl 1 sept sampai 6sept.. ini pertm kalinya kami sekeluarga (sy, suami , anak2 3dan5th) mengunjungi jepang
    Itinerarynya sbb :
    Day 1 : mendrt di kansai int airport siang hr – check ini hotel area namba – jalan2 sekitaran dontonburi, shinsaibashi – back to hotel
    Day 2 : ke usj – kalau smpt pengen ke aquarium – back to hotel
    Day 3 : ke kyoto – fushimi inari, inari market, gion -osaka back to hotel
    Day 4 : ke tokyo – nginap area shinjuku atau shibuya – jalan2 sekitaran hotel – patung hachiko – ginza – back to hotel
    Day 5 : disneyland – back to hotel
    Day 6 : kembali ke jkt melalui bandara haneda

    Apakah itinerary sy uda bagus , mohon pencerahannya utk rute2 kereta dan busway utk ke tmpt2 yg ingin sy kunjungi kalau bs sy jg ingin mengetahui brp biaya kereta dan tiket masuk ke tmpt2 wisata tersebut

    Pertenyaan slnjtnya sy ingin mengetahui dimana ya tmpt utk menyewa kimono di kyoto , terima kasih seblmnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Itinerary nya sudah bagus dan relatif agak santai. Untuk biaya kereta ibu bisa mencari sendiri dengan Hyperdia, lalu tiket masuknya bisa dicari menggunakan kotak search bewarna biru di bagian atas. Maaf, Tim Info Jepang tidak menuliskannya karena nanti detailnya akan sangat panjang dan membuat bingung pembaca website yang lain. Kalau berminat, Ibu bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang untuk membantu kamu menyusun itinerary dan menjadi guide online kamu selama di Jepang.
      Untuk informasi penyewaan kimono di Kyoto bisa dibaca di artikel Rental Kimono di Kyoto.
      Salam

  5. malam pak tlg tanya lagi. hari 1 saya nginap di kitaueno 2 chome 1-16, taito-ku.
    hari ke 2 dan 3 saya nginap di asaoka building, 2 chome 8-3, kukabukicho, shinjuku.
    saya ingin mengunjungi : harajuku, meiju shrine, shibuya, akihabara, ueno park & yokocho ueno, asakusa, sensoji temple, nakamise, museum doraemon, imperial palace dan odaiba decks. minta tlg pak urutkan dalam 3 hr berdasarkan tmp tgl saya, kalo memungkinkan cara sampai kesana dan harus menyambung menggunakan apa saja untuk setiap rutenya. terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Maaf, kami tidak melayani pembuatan itinerary di website ini karena akan sangat panjang dan membingungkan pembaca lainnya. Ibu bisa bisa menguhubungi Tour Guide Online Info Jepang yang siap membantu membuat itinerary dan menjawab semua pertanyaan selama di Jepang nanti. Salam

  6. Slmt pagi pak..

    Sy & keluarga (suami & 2 anak laki – 13 th & 17 th) rencana ke Jepang bln Juni nanti. Tp liburan kami di Jepang nt ini bisa dibilang waktunya cukup pendek krn kami akan lanjut ke negara lain setelah dari Jepang.

    Jadi, kami mendarat di Kansai-Osaka & akan terbang ke negara lain dari Tokyo. Mendarat 17 Juni & terbang kembali di 22 Juni (hanya 5 malam, 6 hari).

    Kami ingin mengunjungi Osaka, Kyoto, Kobe & Tokyo. Tp bila memungkinkan, kami sebenarnya ingin jg ke Hakone & Kawaguchi (di Kawaguchi pengen photo2 dgn latar belakang gunung Fuji).

    Sementara plan/itin nya adalah:

    17 Jun (tiba pagi): Osaka
    18 Jun: Kyoto (ataukah Kyoto + Kobe ??)
    19 Jun: Tokyo (naik bis malam Willer Bus di malam sebelumnya)
    20 Jun: Tokyo
    21 Jun: Tokyo
    22 Jun: Go to airport

    Pertanyaan sy:

    1. Itin diatas apa sdh lumayan pak? Tdk apa byk jalan krn anak2 kami sdh besar, hehhee..

    2. Kami dengar dari Osaka ke Kyoto, Kobe, Sakai itu dekat ya, pak? Jd dlm sehari apa bisa 2 kota dikunjungi, misal: Kyoto + Kobe ?

    3. Kami sedang pikir2 apa kah ke Kobe atau Sakai, mana yg lbh worth visiting, pak?

    4. Apakah perlu ditambah stay di Osaka nya lalu dikurangi stay di Tokyo nya, kami msh agak bingung. Sementara ini kami plan-kan, di Osaka 2 hari 1 malam, & di Tokyo 4 hari 3 malam.

    5. Kalau kami ingin jg ke Hakone dan/atau Kawaguchi, kira2 dimasukkan di tanggal mana ya? Kami flesksibel krn anak2 sdh besar, tdk rewel bolak balik, hehee…

    Mhn bgt pencerahan dari bapak. Maaf nanyanya panjang sekali.

    Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, itinerarynya sudah cukup baik Ibu. Kalau Tim Info Jepang menyusun itinerary Tour Guide Online, biasanya masing-masing satu hari ke Osaka, Kyoto, Kobe. Kalau boleh milih antara Kobe dan Sakai, mungkin lebih bagus Kobe bu. Lalu perjalanan ke Hakone dan Kawaguchiko bisa diselipkan dalam perjalanan dari Osaka ke Tokyo. Silakan baca dulu contoh itinerary perjalanan di Hakone. Salam

    • Terima kasih pak Nugroho atas link Hakone nya.

      Sy sdh buka & baca2, jd klau mau ke Hakone dari Osaka/Kyoto bisa langsung dgn Shinkansen ke Odawara tanpa hrs ke Tokyo dulu ya, pak? Tapi apakah hanya dgn shinkansen atau bisa dgn bis ke Odawara nya, pak? Krn kami rencana tdk membeli JR Pass nantinya, dan klau beli eceran tiket shinkansen cukup mahal pastinya ya..

    • Terima kasih link nya, pak..

      Kami pengennya naik bis dari Osaka atau Kyoto ke Kawaguchi, pak.. Sy sdh baca link bis td, dan iya ada ya pak dari Kawaguchi ke Osaka/Kyoto by bus. Berarti utk rute sebaliknya ada juga ya, pak – rute dari Osaka/Kyoto ke Kawaguchi.

      Cara reservasi nya bagaimana ya pak? Td sy baca2 tp tdk ketemu utk cara book/beli tiket nya.

      Makasih, pak..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam, iya ibu itu bus PP.
      Pembelian tiket bus malam dari Osaka/ Kyoto ke Kawaguchiko bisa dibeli langsung di Mt. Fuji station, Kawaguchiko station, Fujikyu highland, Fujinomiya station, dan Fuji station di sekitaran Kawaguchiko, di Kintetsu Bus Ticket Counter di Osaka Uehonmachi Station lantai 2, Osaka City Air Terminal di lantai 2, atau reservasi online via internet (bahasa Jepang).

    • Slmt pagi, pak Nugroho..

      Ohhh begitu, jd dibeli langsung ditempat.

      Terima kasih banyak atas infonya ya, pak.. Sangat membantu. Sy juga baca info2 lainnya di web ini sangat membantu & informatif, apalagi utk yg baru pertama kali akan ke Jepang spt kami ini.

      Salam.

  7. Selamat Pagi, Pak Nugroho Christian

    Bagaiman rute yang saya lalui bila sy berangkat dari shinjuku ke USJ dan kembalinya. apakah bisa pakai JR Pass? Jam berapa sy harus berangkat dan kereta pulang paling malam jam brp.?
    Dimana saya dapat membeli JR Pass n Tiket USJ THX

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bapak RUdy bisa naik kereta JR Yamanote Line dari Shinjuku ke Stasiun Shinagawa, dilanjutkan dengan Shinkansen dari Shinagawa sampai Stasiun Shin-Osaka. Setelah itu, naik kereta lokal JR ke Stasiun Osaka, Stasiun Nishikujo, sampai Stasiun Universal City (pintu masuk Universal Studios). Lama perjalanannya sekitar 3,5-4 jam. Sebaiknya bapak berangkat dengan shinkansen paling pagi, yakni jam 06.34 dan pulang dari USJ sekitar jam 18.00, untuk mengejar kereta Shinkansen Hikari jam 20:10. Karena ini PP Tokyo-Osaka, sudah pasti untung jika menggunakan JR Pass. Bapak bisa membeli di travel agent Indonesia, seperti HIS atau JTB. Salam.

    • [email protected]  |  

      Selamat Pagi pak Nugroho,
      Terima kasih atas informasinya.
      Melanjuti info yg bapak berikan Apakah dengan waktuhanya 6 jaman cukup untuk bermain di semua wahana dengan fast pass. atau sebaiknya menginap di usj.Thx
      Kl harus menginap hotel yg mn antara 5 hotel di usj yg bapak rekomen untuk keluarga dengan 1anak umur 8 tahun.
      Apakah ada tempat bermain buat anak disekitar osaka selain usj

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Sebetulnya 6 jam agak kurang Pak, kalau masih bisa mengubah booking hotel, bisa memesan hotel di Osaka atau yang dekat di sekitar Universal Studios Japan. Bapak bisa segera pesan hotelnya, sebab hotel rekomendasi Tim Info Jepang adalah yang strategis dan terkenal, dan biasanya sudah sering penuh. Kemudian tempat bermain anak yang lainnya di Osaka adalah Legoland Osaka atau Kids Plaza Osaka. Salam

    • Selamat Pagi Pak Nugroho
      Tiket Express Pass USJ apakah bisa di beli di Jakarta? dan apakah bisa langsung di gunakan atau harus ditukar dulu.
      Kl sy sampai di Narita jam 21.30 . sy harus naik apa ke century southern tower shinjuku?
      Tempat bermain yang rekomen buat anak * tahun di sekitar Tokyo.
      Tx atas bantuannya

  8. Siang Pak Nugroho…
    itin saya kurleb spt ini mohon saran ya ;

    6 july landing Narita 07.00 pagi
    menginap di Tokyo
    (dari Narita by NEX ke Tokyo)
    sight seeing fish market, tokyo tower, imperial palace n garden
    check in hotel kitaran shibuya
    ,explore shibuya malam hari

    7 July full day ke kawaguchiko – Gotemba
    kembali ke Tokyo sore hari
    (Perlu info lokasi Sholat Jumat kalau ada )

    8 July explore Tokyo
    Sensuji Temple, Asakusa, Tokyo museum of Nature n Science, Ueno Parks, Akibahara

    menuju Osaka dengan bis malam
    (hanya ada Willer atau ada bis lain yg bagus pak?)

    july 9 tiba pagi di Osaka
    explore Osaka yg ngga capek (Osaka Castle, Koreatown, Karahori, Ramen Museum,)
    menginap di My Style Inn Osaka

    july 10
    Universal Studio Japan
    Menginap di Keihan Universal

    july 11
    belum ada ide mau ke mana sampai waktunya terbang ke Jkt jam 22.00

    Jadi perlu Tokyo Wide Pass dan Osaka Amazing Pass ya pak

    lalu saya tertarik mengunjungi kuil Gotokuji di Setagaya Tokyo dan/atau kuil Imado Nija di Asakusa
    Tokyo . itu sebaiknya di hari ke berapa? pertama atau ketiga?

    Terima Kasih banyak ..Maaf klo pertanyaannya bejibun 🙂

    • Atau saya balik aja ya pak itin ke Kawaguchiko hari ke 3 dan lsg naik willer bus ke Osaka? sepertinya lbh enak begitu ya? menurut bapak gimana?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Kalau ingin naik bus langsung dari Kawaguchiko harus dipesan dulu busnya Pak (dan ini agak susah) karena hanya bisa dilakukan via website bahasa Jepang atau langsung datang ke loketnya. Salam

    • Atau saya balik aja ya pak itin ke Kawaguchiko hari ke 3 dan lsg naik willer bus ke Osaka? sepertinya lbh enak begitu ya? menurut bapak gimana? o ya kami ber4 ( saya ,istri dan 2 anak remaja)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Untuk bus antar kota, silakan pakai willer bus karena menyediakan halaman reservasi dalam bahasa Inggris, sementara perusahaan bus yang lain tidak ada reservasi online dalam bahasa Inggris. Kalau melihat itinerary selama di Tokyo, sepertinya tidak perlu beli Tokyo Wide Pass pak, masih rugi dan tidak balik modal. Kemudian untuk tanggal 11 Juli bisa beli Osaka Amazing Pass sambil pergi-pergi ke tempat wisata gratis oleh Osaka Amazing Pass. Salam

  9. Malam Pak
    kami sekeluarga berencana trip tgl 27 Juni – 3 Juli 2017
    27 Juni by garuda 23.00
    28 Juni tiba di Haneda jam 08.40
    disneyland
    29 Juni Tokyo tour
    30 Juni Fuji Hakone
    lanjut ke osaka
    01 Juli Osaka – Kyoto pp
    tour Kyoto
    02 Juli Tour Osaka
    03 Juli jam 17.00 depart ke Jakarta
    Mohon advice apakah saya memerlukan JR Pass? transportasi apa yg kira2 efektif bagi kami? kemudian bagaimana dg ittenary yg saya susun? apakah memungkinkan? apakah ada rekomendasi hal2 yg saya lewatkan?Terima kasih bantuannya

  10. Arista Muhartanto  |  

    Selamat Siang Pak Nugroho

    Saya bersama istri baru pertama ke Jpg, rencana tgl 9 – 17 Mei 2017, berikut itenary kami :
    Day 1: Tiba di bandara Narita
    Lanjut ke Disneyland/Disneysea (hanya foto2 saja) Gerbang Kaminariomon,
    Kuil Sensoji
    Day2: Ueno Park, Asakusa Kanon Temple, Nakamize Street, Tokyo Sky Tree lanjut
    naik kapal Sumida River Cruise
    Day3: Kawaguchi (gn Fuji), Gatemba Premium outlet dan Hamamatsu Toyohashi
    Day4: Kyoto, Kiyamizu Temple, Fushimi Inari Shrine, Kimono Experience
    Day5: Kuil Sanjusangando, Kuil Kiyomi, Zudera Distrik, Higa Shiyama, Gion makan
    siang di Nishiki Market, Kuil Kinkakuji, Arashima
    Day6: Menuju Osaka, Musium Takoyaki, Osaka Aquarium, Taman Tempozan,
    Tempozan Market Place
    Day 7: Osaka Temple, Kobe Nunobiki Herb Garden Ropeway, Shinsaibashi dan
    Dotonbori
    Day8: Kembali Jakarta via Kansai – Osaka

    Pertanyaan kami, mohon :
    1. Bisa mereview itenary apakah sdh sesuai ?
    2. Info ttg penginapan selama kami di sana lokasi dimana (yg dkt dg stasiun MRT)
    3. Kami berencana membeli JR Pas 7 hari apakah sdh sesuai rencana tsb
    4. Mohon info pula mengenai stasiun yg bisa sampai ke tempat tujuan wisata
    5. Mgkn ada recommended lg dr Bpk

    trima kasih

    • arista muhartanto  |  

      Pak Nugroho mohon balesan pertanyaan sy, krn sy baru yg pertama kali pergi Ke Jpg dan ingin mencoba pergi berdua tanpa travel, mengingat waktu perjalanan sy yg sdh dekat, bragkt tgl 9 – 17 Mei 2017.

      trima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Mohon maaf pak, sepertinya pertanyaan bapak terlewat,
      1. Untuk itinerary sudah sesuai pak.
      2. Bapak bisa langsung mengecek tempat-tempat wisata terkait di website ini, lalu lihat hotel terdekat, kami sudah memberikan rujukan hotel yang dekat dengan tempat wisata sekaligus dengan harga terbaik.
      3. Karena hanya ada rute searah Tokyo-Kyoto-Osaka, tidak akan balik modal dengan JR Pass pak. Bapak bisa membeli tiket shinkansen ketengan saja untuk Hamamatsu-Kyoto, sisanya dengan Fuji Hakone Pass, Tiket Bus Harian Kyoto, dan Osaka Amazing Pass.
      4. Silahkan mencari tempat wisata nya di website ini, kami sudah memberikan petunjuk akses dengan bus atau kereta, semisal Tokyo Disneyland, Kuil Sensoji, Kiyomizudera, Nishiki Market, Museum Takoyaki Osaka, dan Kobe Nunobiki Herb Garden.

  11. Jika saya dari osaka mau ke tokyo bisa melewati fuji q highland dan bermain disana. Lalu bagaimana dengan koper yang kami bawa? Dan bagaimana rutenya kalau saya mau naik shinkansen dari osaka ke tokyo tapi saya mau mampir ke fuji q highland di hari itu.

    Pertanyaan kedua jika saya ingin naik shinkansen dari osaka ke tokyo saya harus beli tiket dimana? Apakah bisa di indonesia?

  12. met malam..
    pak, saya rencana ke jepang tgl 25/4 – 2/5

    itinerary :
    1. 25/4 : haneda-kyoto dg shinkansen, tiba di kyoto sore ke Arashiyama, malam masuk hotel di
    Ekimae
    2. 26/4 : Fusimi Inari – Kyomizudera – GIon – Nijo Castle – Kyoto Tower – kembali ke hotel
    3. 27/4 : Kyoto-Tokyo : stasiun tokyo – akihabara – ueno park – odaiba – menginap di
    ochanimizu
    4. 28/4 : Tokyo Institut – Shinjuku
    5. 29/4 : Shibazakura – Gotemba
    6. 30/4 : Asakusa – Tokyo skytree/tokyo tower
    7. 1/5 : Shibuya – Harajuku
    8. 2/5 : Kembali ke Jkt

    1. Mohon saran apa itinerary tsb sdh efektif ?
    2. Mohon info dari itinerary tsb kira2 mana saja yg tidak tercover JR Pass

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Sudah efektif bu.
      2. Yang tidak tercover/ sebagian saja adalah day-2 (Gion), day 5, dan day 6

    • Pagi, saya ada rencana ke jepang untuk tanggal 9-15. berikut adalah itinerary nya:

      9: Osaka ( Kansai airport- osaka castle-umeda sky build-osaka station- check in hotel di shinsaibashi/shinosaka – Shinsaibashi Suji – Dotonbori)

      10: Kyoto (Kyoto Station – Kuil Sanjusangendo – Kuil Kiyomizudera – Distrik Higashiyama – Gion – Nishiki Market-Kuil Kinkakuji – kembali ke hotel)

      11: OSAKA (Universal studio, osaka aquarium, taman tempozan)

      12: Osaka – Tokyo (masih bingung mau kemana)

      13: TOKYO ( Asakusa, Gerbang Kaminarimon, Kuil Sensoji, Nakamise Street, lalu mencoba naik kapal Sumida River Cruise, Tokyo Sky Tree, dan kembali ke hotel malamnya.)

      14: TOKYO (Museum Doraemon, Tokyo Tower (tidak naik, hanya foto-foto di bawah saja), Istana Kaisar – Odaiba Decks – Rainbow Bridge.)

      15: Checkout hotel di shinjuku / shibuya ke bandara haneda

      Pertanyaan:
      1. Apakah Itinerary yang saya buat sudah bagus? sebenarnya saya juga ingin mengunjungi kawaguchiko dan ingin ke fuji Q highland. cuma tidak tahu mau pergi di hari apa. mungkin ada saran kapan saya bisa kesana dan apakah dengan saya pergi ke kawaguchiko kyoto harus dihilangkan atau saya bisa tetap ke kyoto juga

      2. apakah kalau saya ke kawaguchiko harus menginap atau bisa pulang pergi dalam sehari?

      3. Tiket kereta apa saja yang saya perlukan untuk itinerary diatas? mengingat saya cuma di tokyo dan osaka jadi tidak perlu membeli JR PASS ya? cuma butuh tiket sekali dari osaka ke tokyo saja. dan dimana saya beli nya apakah dijepang atau bisa di indonesia

      4. Tempat untuk menginap di daerah osaka dan tokyo selain di Shinjuku dan Shinosaka di daerah mana lagi ya yang strategis?

      mohon saran dan bantuannya untuk melengkapi itinerary saya pak. terimakasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Apakah yang Ibu maksud Kawaguchiko sama dengan Fujikyu Highland? Kalau begitu bisa ke Fujikyu Highland dari perjalanan Osaka-Tokyo, dan membeli tiket khusus (bukan tiket full day). Kalau hanya ke Fujikyu Highland bisa kok malamnya menginap di Tokyo. Namun kalau ingin jalan-jalan ke tempat wisata lain di Fuji Kawaguchiko, sepertinya tidak bakal sempat. Kalau dipaksakan nantinya hanya akan terburu-buru saja.
      Ibu juga tidak perlu membeli JR PASS sebab tidak akan balik modal. Ibu cukup membeli tiket shinkansen saat akan berangkat.
      Tim Info Jepang menyarakankan untuk mengambil hotel di daerah sekitar Takadanobaba Station (beda 2 stasiun dengan Shinjuku) atau Otsuka Station (beda 6 stasiun dari Shinjuku). Berikut adalah beberapa hotel yang berada dekat dengan stasiun:
      1. Hotel Bellclassic Tokyo (stasiun terdekat Otsuka)
      2. R&B Hotel Otsukaeki-Kitaguchi (stasiun terdekat Otsuka)
      3. Otsuka City Hotel (stasiun terdekat Otsuka)
      4. Hotel Sunroute Takadanobaba (stasiun terdekat Takadanobaba)
      Selain dekat hotel, harga per malamnya juga lebih murah dan terhubung juga dengan jalur kereta JR. Untuk di daerah Osaka bisa membaca Rekomendasi Hotel Murah di Osaka. Salam

  13. Malam pak,kami sekeluarga ingin kejepang 14-24 jun pp haneda dgn itin sbb:
    15 haneda-Osaka ( dotonbori)
    16 USJ
    17 Istana Osaka,umeda,tempozan,amerikamura
    18 Osaka-Kyoto (Gion,nishiki,Kyoto tower,Kyoto imperial place)
    19 Kyoto-Toyama
    20 Tateyama kurobe alpine route + shirakawa go
    21 Kanazawa-Tokyo
    22 Tokyo
    23 Tokyo
    24 home
    Apakah itin Diatas sdh efektif?JR pass n pass apa lg yg hrs dibeli utk menghemat biaya transport?
    Terima kasih pak

  14. Siang Pak Nugroho. Saya dari Kansai rencana mau ke Osaka Castle, kemudian lanjut ke destinasi lainnya. koper bisa dititip kemana ya? Krna rencana penginapan saya pake Airbnb didekat dotonbori, sdgkn waktu cek in jam 15.00.
    Kemudian di itinerary diatas saat ke universal studio koper di titip kemana ya? Karena setelah itu kan langsung menuju ke Tokyo. Btw semua info yg ada di web infojepang sangat bermanfaat. Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silahkan dititip di Stasiun Shin-Osaka saja, karena bapak pasti akan ke Shin-Osaka sebelum naik shinkansen ke Tokyo. Stasiunnya besar dan banyak loket yang tersedia. Untuk yang di dotonbori, bapak bisa titip saja di hotelnya (beberapa hotel memperbolehkan menitip barang bagi para tamu sebelum waktu check-in, tapi mohon ditanyakan dahulu) atau bisa ditaruh di loker di Stasiun Namba. Salam.

  15. Pak nugroho, saya punya jr pass 1 minggu. Pertanyaan adaah apa jr pass dpt di gunakan untuk tempat di osaka seperti (osaka castle- dotonbori-shinsaibashi- universal studio) dan di kyoto ( fushimi inari- nishiki market- gion- arashimaya-pontocho). Kemudian saya rencana ke nara. Sebaiknya dari osaka ke nara atau kah kyoto ke nara? Setelah itu saya ke tokyo.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk pergi ke Osaka Castle dan Universal Studios Japan, ongkosnya tercover oleh JR PASS. Begitu juga ke Fushimi Inari dan Arashiyama.
      Selain itu ibu harus membayar sendiri ongkosnya, karena stasiun atau halte bus terdekatnya tidak ada kereta JR dan tidak tercover oleh JR PASS.
      Antara Osaka–Nara atau Kyoto–Nara sepertinya sama saja. Salam

    • Jadi untuk kiyomizudera, sanenzaka road, maruyama koen park, philosophy path smua tdk tercover jr pass ya? Kalo bgtu baiknya naik kyoto buss pass saja kah atau membeli tiket lepas? Tolong sarannya makasi 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Ya, betul sebab kiyomizudera, sanenzaka road, maruyama koen park, phylosopy path, semuanya tidak ada stasiun JR di dekatnya, hanya bisa dicapai dengan bus kota Kyoto. Jadi bapak lebih baikmembeli One Day Bus Pass Kyoto. Salam

    • Selamat siang Pak nugroho. Sy rencana mau ke jepang dan baru pertama kali. Tket saya pp jakarta narita jakarta. Sy berlibur selama 15 hari. Untuk transpotasi di sana sya harus beli JR Pas ? Bagaimana ya pak ? Kan ktnya hanya 7 hari untuk JR Pas. Gimana menyiasati nya mohon petunjuk nya trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Bagaimana ya itinerary nya? Mau kemana dan tanggal berapa..
      Mohon informasinya yang lengkap supaya Tim Info Jepang bisa memberikan saran yang akurat. Salam

  16. selamat malam, sy mau bertanya apakah dengan rute yg saya inginkan ini lebih menguntubgkan dan efisien dengan menggunakan JR pass atau tanpa JR alias ketengan..
    rute sy sbb:
    1. tokyo-toyama
    2. toyama-shirakawago
    3. shirakawa go-toyama
    4. toyama tokyo
    5. tokyo fuji
    6. fuji tokyo
    7. asakusabashi- narita airport

    dan di shirakawago, spot2 wisata apa saja yg bagus di datangi?? jika dr toyama,sebaiknya berhenti di station apa..

    terima kasih sebelumnya..

  17. Sore Pak Nugroho,
    Kami sekeluarga dgn 2 anak rencana berlibur ke Jepang
    PP melalui bandara Haneda pd tgl. 22/05 sd 03/06 dengan Itinerary sbb :
    22/05 ~ Tiba di Bandara Haneda jam 08.50 am menuju
    Osaka menggunakan JR Pass menginap di
    daerah Umeda mengunjungi Osaka Castle
    Dotonburi, Shinsaibashi, Umeda Sky Building

    23/05 ~ Osaka – Kyoto mengunjungi Kuil Kiyomizudera
    Distrik Higashiyama, Gion, lunch di Nishi Markt
    Kuil Kinkakuji, Kyoto Tower, Arashiyama, Kyoto
    Imperial palace, Fushimi Inari kembali ke htl

    24/05 ~ Osaka – Nara mengunjungi Nara Park, Todaiji
    Temple, Kasuga Taisha Shrine, Nara
    Nagomikan kembali ke Htl

    25/05 ~ Osaka mengunjungi Universal Studio, Taman
    Tempozan Dan diner di Tempozan Market

    26/05 ~ Osaka – Tokyo menggunakan JR Pass
    Mengunjungi Tokyo Tower, Meiji Shrine,
    Imperial Palace check in di Shinjinku

    27/05 ~ MT Fuji – Hakone, Lake Kawaguchiko Tour
    Kembali ke Htl Shinjinku

    28/05 ~ Tokyo mengunjungi Tsukiji Fish Market, Ueno
    Park, Asakusa, Sibuya, Harajuku kemudian
    Check in di daerah Disneysea

    29/05 ~ Disneysea
    30/05. ~ Disneyland
    31/05 ~ Tokyo free shopping daerah Ginza
    01/06 ~ Free
    02/06 ~ Free
    03/06 ~ Haneda Airport by bus

    Pak Nugroho, pertanyaan saya
    1. Apakah Itinerary saya effektif atau sebaiknya saya
    Mengunjungi Tokyo terlebih dahulu
    2. Selama di Tokyo kartu apa yg lbh efektif and efesien
    Utk di gunakan pd saat wisata
    3. Sy rencana membeli JR Pass utk 7 hr mengcover
    Perjln Tokyo – Osaka – Tokyo
    4. usia anak sy saat ini 11 thn Dan saat tgl 26/05 Telah
    Menginjak 12 thn. Apakah JR pass yg Akan dibeli
    Masuk dlm kategori anak ? Mengingat sy akan beli
    Sblm berangkat
    5 Apakah sy jg hr membeli Suica / Pasmo utk
    Mengcover perjln wisata lainnya ?

    Mohon masukannya pak. Terima kasih atas perhatiannya.

    Salam,
    Chintya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Sebaiknya sih ibu keliling Tokyo dahulu di hari pertama tiba, mengingat biasanya masih jetlag (biasanya anak-anak tidak akan excited untuk ke tempat-tempat wisata). Tapi bisa juga langsung ke Osaka selama ibu dan keluarga kuat. Namun, perhitungan penggunaan JR Pass mohon diatur agar mengcover PP Tokyo-Osaka.
      2. Untuk yang tanggal 28 Mei sebaiknya membeli Tokyo Metro Pass.
      3. Ya sudah tepat, mohon lihat nomor 1.
      4. Peraturannya berlaku untuk masa penggunaan bu. Mohon beli untuk yang dewasa, karena nanti saat penukaran voucher dengan JR Pass ibu akan diminta menunjukkan passport anak ibu (akan dicek).
      5. Ya, untuk keliling wilayah Tokyo bisa menggunakan SUICA atau Pasmo. Namun, kalau ibu mau ke Hitachi Seaside Park, Karuizawa, atau Nikko, bisa membeli Tokyo Wide Pass.

  18. Halo Pak Nugroho,

    Sebelumnya terima kasih banyak sudah menjawab pertanyaan2 kami yang lalu 🙂

    Mau tanya pak, kami ada rencana ke Jepang tanggal 25 Maret sampai 2 April 2017, begini rincian jadwalnya:

    Tgl 25 Maret
    – Flight malam.
    – Menginap di Shinjuku.

    Tgl 26
    – Sampai di Narita 07.30 pagi.
    – Rencana langsung ke Gunung Fuji (Shibazakura – Oshino Hakai – Pagoda Chureito – Kawaguchiko Lake).
    – Menginap di Shinjuku.

    Tgl 27
    – Keliling Tokyo Tower – Odaiba Bridge – Meguro River – Istana Kaisar – Asakusa Temple.
    – Menginap di Shinjuku.

    Tgl 28
    – PP ke Gala Yuzawa.
    – Menginap di Shinjuku.

    Tgl 29
    – Keliling Chidorigafuchi – Shinjuku Gyoen Park – Shibuya.
    – Menginap di Shinjuku.

    Tgl 30
    – Ke Tokyo Disneysea.
    – Menginap di Shinjuku.

    Tgl 31
    – Ke Kyoto.
    – Keliling Fushimi Inari – Arashiyama – Nijo Castle – Gion.
    – Menginap di Kyoto.

    Tgl 1 Apr
    – Keliling Kiyomizudera – Golden Pavilion.
    – Ke Osaka sore hari 15.00.
    – Keliling Osaka Castle dan Umeda Sky Building.
    – Menginap di Osaka.

    Tgl 2
    – Ke Osaka Universal Studio.
    – Berangkat ke Kansai Airport pukul 19.10 malam.

    Pertanyaan kami:
    1) Bagaimana komentar Pak Nugroho mengenai jadwal kami? Apakah ada yang kurang atau ada yang tidak mungkin keburu kami kunjungi?
    2) Apakah perlu membeli JRpass? Saya berencana di tgl 27-29 membeli JR Tokyo Wide Pass karena ada rencana ke Yuzawa. Kebetulan JR Tokyo Wide Pass bisa dipakai 3 hari dan ke Yuzawa juga ada discount tiket masuk.
    3) Apakah ada tempat lain yang sejalan dengan rute kami yang bagus untuk dikunjungi sekalian?
    4) Persiapan tiket dari Indonesia yang harus kami beli apa aja ya Pak? Tiket masuk DisneySea, Universal Studio, dan JRpass (kalau jadi)/JR Tokyo Wide Pass.

    Terima kasih Pak Nugroho. Salam!

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Secara garis besar, itinerary nya sudah bagus dan tidak perlu ada perubahan.
      Lalu rencana pembelian JR Tokyo Wide Pass juga sudah tepat. Kalau boleh sedikit memberi saran, bisa mampir ke Taman Ueno atau Ameyokocho setelah perjalanan pulang dari Gala Yuzawa. Soalnya sering diadakan yozakura (melihat sakura di malam hari di Taman Ueno). Bapak juga bisa mempersiapkan membeli tiket masuk Tokyo Disneysea dan Universal Studios Japan. Salam

    • Steven  |  

      Siap, terima kasih banyak atas masukannya Pak. Oh ya, untuk JR Tokyo Wide Pass apakah bisa beli dari Indonesia? Jadi tidak perlu beli JR pass ya Pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. JR Tokyo Wide Pass bisa juga beli di Jepang. Ya, tidak perlu membeli JR PASS. Salam

  19. Nuria Tri Utami  |  

    haiii 🙂
    saya akan PP jakarta – osaka – jakarta
    untuk rute yang akan diambil osaka – tokyo – kyoto – nara – kobe – osaka
    untuk rute diatas memungkinkan gak yah untuk naik bus malam PP osaka – tokyo – osaka?
    lebih murah menggunakan bus malam PP atau membeli JR yah dengan rute osaka – tokyo – kyoto – nara – kobe – osaka?
    mohon bantuannya
    Terima Kasih 🙂

  20. Selamat Pagi Pak Nugroho..

    Mohon bantuan bapak untuk rekomendasi pass apa yang cocok untuk itinerary saya sbb:
    2 Nov – mendarat di Kansai. Penginapan Air BnB di daerah Kita-ku, Osaka.
    Osaka Castle
    Shitennoji
    Umeda Sky Building
    Shinsaibashi
    Dotonbori
    3 Nov: Pergi Ke Kyoto, Fushimi Inari, Kiyomizudera,Kinkakuji, Arashiyama, Kyoto Imperial Palace
    4 Nov: Musium Takoyaki, USJ (ga masuk), Osaka Aquarium, Taman Tempozan
    Naik Bus malam ke Tokyo
    5 Nov : Akomodasi air Bnb di shinjuku
    Asakusa Temple, Tokyo Imperial Palace, Tokyo Skytree,Shinjuku, Harajuku
    6 Nov : Ginza, Shibuya, Odaiba
    7 Nov : Disneysea
    8 Nov : Hakone + Gotemba
    9 Nov : Akarenga, Yamashita Park, Yokohama, Musium Cup noddles
    10 Nov : Balik lewat Narita

    Terima kasih sebelumnya atas bantuan Pak Nugroho.

  21. Selamat pagi, pak saya ada berencana untuk libur lebaran dgn kluarga ber4 akhir juni nanti. Saya beli tiket pp nya jakarta-narita tp saya berencana untuk berkunjung ke osaka juga. Ini pertama kali saya ke jepang shg sy kurang paham mengenai transportasinya, smakin saya google smakin saya krg paham. Apa bs ada saran tiket / transportasi apa yg dpt sy gunakan untuk ke osaka dan kembali lg ke tokyo dgn low budget? Makasih yaaa..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Narita ke Osaka ya tentu paling mudah dengan kereta shinkansen, di mana kalau Chella memang berencana PP Tokyo-Osaka, akan jauh menguntungkan jika membeli JR Pass. Selain itu, kalau mau cari yang agak murah, bisa mencoba dengan naik bus malam.

  22. malam pak, saya berencana pergi ke jepang awal bulan juni dengan itin
    4 juni-day 1= mendarat di kansai lalu ke osaka castle, umeda sky , shinsaibashi , dotonburi
    5 juni-day 2= usj + kobe
    6 juni-day 3= kyoto
    7 juni-day 4= osaka-tokyo
    8 juni-day 5= mt fuji+kawaguchi
    9 juni-day 6= disneyland
    10 juni- day 7= disney sea
    11 juni-day 8= ????
    12 juni-day 9= pulang melalui haneda

    pertanyaan saya adalah
    1. apakah itin saya sudah tepat?
    2. apa yang bisa saya lakukan di d8?
    3. apa yang bisa say alakukan setelah dari disney pada d6&7?

    mungkin sekian dulu, terimakasih pak nugroho

  23. Sore pak,
    Berikut itin saya:
    Tgl 14 juni sampai d narita jam 9 pagi
    14-16 keliling tokyo menginap di asakusa
    Tgl 17 mt fuji hakone, lgs ke kyoto rencana naik bus malam
    Tgl 18 kyoto
    Tgl 19-20 osaka
    Tgl 21 kansai – ngurah rai airport
    Sdh sesuaikah itin saya?
    Mohon nasehat travel pass yg sesuai.

  24. Selamat siang.. maaf saya mau tanya lg pak..
    Kami rencana ke jepang 4 orang termasuk 2 anak remaja tanggal 16-29 juni 2017 dengan bayangan rencana sbb :
    17-18-19 juni tokyo city tour
    20 juni disneysea
    21 juni tokyo – kawaguchilake – gotemba
    22 juni tokyo – alpine road menginap di toyama
    23 juni toyama – shirakawago-hida-kyoto
    24-25 juni kyoto tur
    26 juni kyoto-hiroshima-osaka
    27-28 juni osaka tour
    29 juni kansai – jakarta

    Yg ingin ditanyakan adalah :
    – apakah itinery itu sudah efisien atau ada destinasi lain yang bisa ditambahkan?
    – apabila saya membeli jr pass 7 hari kapan waktu yang tepat untuk diaktifkannya?
    – atau sebaiknya saya membeli jr pass 14 hari atau jr pass 7 hari dikombinasikan dengan pass lainnya?

    Maaf pertanyaannya kepanjangan.. makasih sebelumnya..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Secara umum sudah enak sekali pak karena waktunya lama. Hanya saja, untuk ke Hiroshima mungkin bapak bisa stay di sana, sekalian ke Miyajima. Untuk JR Pass, sebaiknya yang 7 hari saja pak, untuk JR Pass 14 hari sangat sulit balik modal. Bapak bisa aktifkan JR Pass nya sebelum ke Kawaguchiko-Gotemba (tanggal 21 Juni), supaya perjalanan ke Hiroshima tercover.
      Untuk kombinasinya, bapak bisa membeli Tokyo Metro Pass atau Tokunai Pass di Tokyo, lalu Osaka Amazing Pass untuk di Osaka, dan Kyoto Bus Pass untuk di Kyoto.

  25. Selamat pagi pak Nugroho, maaf sy tanya lg. Saya sdh buat ittinarynya. Mohon dikoreksi kalau ada yg tdk perlu.
    Day 1 tgl 14 maret : sampai ke osaka jam 10 pagi, rencana taruh koper si hotel dan langsung jln ke kobe ( mau mkn kobe steak, kl ada waktu ke world heritage himeji castle ), back to osaka lg, jln ke rinku FO, mlm ke dotonbori.
    ( rencana menginap dekat area dotonbori/shinsaibashi )
    Day 2 tgl 15 : ke osaka castle dl, baru ke kyoto, fushimi inari, arashiyama, gion, tenryuji temple, ginkakuji, nishiki market and back to Osaka ke shinsaibashi-dotonbori ( menginap di osaka )
    Day 3 tgl 16 : lsg otw ke Gotemba, ke gotemba outlet dan ke kawaguchi ( rencana menginap di kawaguchi )
    Day 4 tgl 17 : ke tokyo, drop brg di hotel,ke asakusa, ueno park, tokyo tower, istana, akihabara dan ginza
    Rencana menginap di area shiodame?
    Day 5 tgl 18 : ke yokohama
    Day 6 tgl 19 : disney
    Day 7 tgk 20 : ke akihabara, harajuku, odaiba, shibuya, dll
    Day 8 tgl 21 : di tokyo ( bebas )
    Day 9 tgl 22: ke narita airport back to Jakarta jam 2.30.
    Yg menjadi pertanyaan :
    1. Dr itinerary diatas tiket kereta apa saja yg sy perlu? Harus beli JR pass dr Indo atau tdk perlu? Suami tdk mau baik bus dr osaka ke gotemba ( kl makan waktu lama ), kl mmg bs naik bus cepat jg tdk keberatan.
    2. Sdh tepatkah sy pergi ketempat2 yg ingin dituju ( urutannya ).
    3. Dan ada usulan sy menginap di daerah mana sj agar smua rute yg diinginkan dpt dikunjungi. Terima kasih pak nugroho.

  26. Christiana Vera  |  

    Saya ada baca info jepang, search di web, boleh saya tanya ke bapak soal trip ke jepangnya.
    Saya ada rencana tgl 13-22 maret ini ke jepang. Terbang dari jakarta ke osaka, pulang dr tokyo ( narita ) ke jakarta.
    Rencananya dr osaka mau ke kyoto ( kyoto tdk menginap ),terus ke kobe/mungkin ada usulan lain mesti kekota mana. Rencana osaka 2-3 hari ( atau mungkin ada informasi lebih enaknya berapa hari di osaka saja ), sisanya ke jepang.
    Menurut bapak apakah saya harus beli tiket Jr pass dr Jakarta dgn rute yg diatas, mengingat shinkasen tidak murah.
    Dan kalau sy tidak pakai shinkasen dr osaka ke tokyo, ada kereta lainnya kah yg bisa? ( Sy menghindari naik bus karena suami tdk mau berlama lama di jalan ).
    Mohon informasinya ya pak, rencana kami hy berdua pergi sendirian ke sana.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau hanya ke Osaka, Kyoto, dan Tokyo saja, tidak perlu membeli JR PASS.
      Silakan baca contoh itinerary Tokyo Osaka di atas. Salam

    • Malam pak nugroho, maaf saya tanya lg. Soalnya sy kruang mengerti soal shinkasesen. Semisalnya sy beli hy utk osaka-tokyo naik shinkasen, apakah belinya bisa di stasion osakanya atau sy harus beli diIndonesia? Kl beli diindonesia apakah bisa beli utk yg sekali jalan?karena sy tdk naik bus utk ke tokyonya. Menguntungkan mana, sy beli tiket sekali jalan atau beli yg 7hari. Terima kasih sebelumnya

    • Malam pak nugroho, saya baca komentar dibawah, pak nugroho ada bilang kalau tidak ada tiket yang mengcover ke narita. Kebetulan saya jadwal pulang dr tokyo ke indonesia melalui bandara narita. Sy mesti naik kereta apakah kalau dr tokyo ke narita? Kalau misalnya dr awal sy sdh pesan JR pass bisa kah ke narita juga? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Bukan tidak ada tiket yang ke Narita Airport, namun tidak ada pass kereta khusus ke Narita Airport.
      Untuk perjalanan kereta bisa naik kereta Keisei atau JR Narita Express seperti tertulis di Panduan Lengkap Narita Airport. Kalau JR PASS nya masih aktif, maka ongkos kereta JR Narita Express tercover.
      Salam

    • Agung  |  

      Sore pak Nugroho,

      Saya rencana ke jepang awal mei ini dengan itin sbb
      D1. CGK – OSAKA
      D2 Tiba pagi hari di Osaka lanjut ke Tokyo ( via JR Pass ) – Disneyland ( hanya diluar ) – Asasuka – Ueno Park – Akihabara
      D3. Shibazakura Festival – Mt Fuji – Lake Kawaguchiko
      D4. Shibuya – Shinjuku – Harajuku -Skytree – Odaiba – Rainbow Bridge
      D5. Tateyama Alpine Road – Umeda Sky – Shinsaibashi – Dotonbori
      D6. Osaka Castle – Universal City ( tdk masuk kedalam ) – Osaka Aquarium – Tempozan Ferris Wheel
      D7. Arashiyama – Fushimi Inari – Kyoto Tower
      D8. KIX – CGK ( Pagi Hari )

      Pertanyaan saya adalah…

      apakah itin ini sdh sesuai dan berurutan
      apakah cukup waktunya utk explore semua dalam seharian atau apakah ada salah satu yg di cancell
      Pass apa lagi yg dibutuhkan selain Jr Pass

      Mohon bantuan nya ya Pak ,

      Terima kasih

      Tokyo menginap di Haru Hotel ( Shinjuku )
      Osaka menginap di Backpackers Toyo Hotel
      Saya beli JR Pass Ordinary 7 Day

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang Agung, secara umum sudah bagus, namun untuk D5 terlalu optimis rasanya. Umeda Sky, Shinsaibashi dan Dotonbori rasanya tidak bisa dikunjungi semuanya. Perjalanan Tokyo Tateyama sudah 3 jam, lalu Tateyama ke Osaka sudah 5 jam. Pengalaman kami, dalam 1 hari kamu hanya bisa melakukan perjalanan Tokyo-Toyama-Tateyama-Toyama-Kanazawa-Osaka (semua tercover dengan JR Pass). Malam harinya, mungkin bisa ke Namba dan Dotonbori. Umeda Sky Bulding bisa dipindahkan ke D6, setelah pergi ke Osaka Castle dan sebelum ke Universal City dan Taman Tempozan.

    • Agung  |  

      Osaka Castle -Umeda Sky -Universal City – Osaka Aquarium – Tempozan Ferris Wheel -Shinsaibashi

      kira D6 nya spt ini ya pak..

      lalu kalau dari tateyama alpine road ke osaka itu dari mana naik nya ya pak , dan jam brp paling akhir shinkansen ke osaka nya
      penitipan koper di tateyama apakah ada pak ? dan brp tarif nya
      untuk bisa explore alpine road semua tempat butuh brp jam ya pak dan brp biaya nya

      terima kasih pak

    • Agung  |  

      Oh ya pak…utk osaka 2 hari dan kyoto satu hari apakah perlu beli osaka amazing pass dan kyoto buss pass..

      terima kasih ya pak atas bantuan nya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Osaka Amazing Pass bisa digunakan karena bisa menghemat ongkos kereta di Osaka dan tiket masuk tempat-tempat wisata yang tercover. Namun harganya yang 2300 yen akan sulit balik modal kalau Agung gak pas pilih tempat-tempat wisata yang mau dikunjungi. Untuk di Osaka, Kyoto Bus Pass kami sarankan karena mayoritas tempat wisata di Kyoto bisa dicapai dengan naik bus. Silahkan baca panduan jalur bus di Kyoto.

  27. Selamat Sore Pak Nugroho..

    Mohon saran & pencerahan dari bapak. Saya rencananya ke Jepang tanggal 2 Nov (tengah malam dari Bali) – 10 Nov 2017. Sampai narita jam 9.00 AM. Berikut proposal itinerary saya . Mohon bantuan & saran Pak Nugroho apakah itinerary saya ini sudah efektif. Apa saja Pass yang saya perlukan? Apakah saya perlu membeli JR Pass?Rencananya saya menginap didaerah Ikebukuro dan akan bepergian sendiri.

    Day 1 – 3 Nov Airport Bus ticket ke Ikebukuro ?(Tokyo metro pass ?)
    Asakusa Canon temple
    Tokyo imperial Palace
    Tokyo skytree
    Shinjuku
    Harajuku

    Day 2 – 4 Nov (Hakone Pass ? )
    Trip morning to hakone ( mt. Fuji ) full day tour without stay over
    Pagi ke Hakone shrine, lake Ashi, mt. Fuji

    Day 3 – 5 Nov (Minatomirai Pass ?)
    Yokohama
    Akarenga ( red brick warehouse), yamashita park & harbour Yokohama Chinatown,

    Day 4 – 6 Nov
    Day trip to Kyoto (kyoto Bus One day Pass)

    Ke kinkakuji
    arashiyama
    Kiyomizudera
    Fushimi inari shrine
    Kyoto imperial palace

    day 5 – 7 Nov
    Tokyo DisneySea – full day

    Day 6 – 8 Nov
    Osaka Day trip (Osaka Amazing Pass ?)
    Osaka Castle
    Shiteno Ji
    Dotonbori & Shinsaibashi
    Umeda sky building

    Day 7 – 9 Nov
    Spending di Tokyo (Tokyo Metro Pass?)
    Ginza
    Shibuya
    Odaiba

    Day 8 – 10 Nov : Narita – Denpasar (airport bus ?)

    Terima kasih Pak Nugroho atas bantuannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Karena ada perjalanan PP ke Osaka dari Tokyo, bisa menggunakan JR PASS kalau ingin naik shinkansen PP. Salam

    • Sorry pak tanya lg, kalau misalnya sy tidak mau naik bus dr osaka ke tokyo, tp naik kereta. Kalau beli di stasion disana apakah ada kereta biasa atau mungkin jg beli shinkasen disana? Kira2 boleh tahu informasi mengenai biaya kereta biasa atau shinkasen kl beli lsg di osaka. Karena tidak ada ulasan kl pakai kereta biasa berapa jam dan biayanya berapa kl dr oska ke tokyo. Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi vera, naik kereta biasa akan sama lamanya dengan naik bus, ditambah harus pindah-pindah kereta (sangat tidak praktis). Makanya pilihan orang itu selalu: naik shinkansen atau naik bus. Kereta lokal jarang jadi pilihan. Tokyo Osaka bisa ditempuh dengan 8-9 jam perjalanan (melalui Osaka-Kyoto-Maibara-Ogaki-Toyohashi-Shizuoka-Atami-Tokyo). Total ongkosnya 8750 yen.

  28. halo pak nugroho…
    berikut itin kejepang saya :

    D1. 10 juli jam 9.00 tiba di kansai osaka ( tur sekitaran osaka )

    D2. main di US

    D3. Tur kyoto dan Kobe

    D4. jam 10 pagi dgn Shinkansen menuju tokyo ( tur sekitaran Tokyo )

    D5. tur Fuji – kawaguchiko – hakone

    D6. Main di disney

    D7. tur tokyo satu hari full

    D8. bebas dan santai ditokyo dan balik ke indo via haneda jam 22.00

    yang ingin saya tanyakan pak nugroho :
    1. sudah pas kah itin saya ini ?
    2. kartu pass apa saja yang saya perlukan utk itin saya ini ?

    Terima Kasih Pak nugroho

    • donny wira  |  

      oya satu lagi pak nugroho…
      tiap2 stasiun kereta dijepang ada berapa pintu exit stasiun ya ?
      tidak seperti stasiun di hongkong & singapura kalo kita buka google maps ada jelas masing2 pintu exitnya, kalo stasiun jepang di google maps ga muncul ya ?
      soalnya kalo salah pintu keluar bisa brabe tuh 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Di google map muncul juga kok nama pintu keluar stasiunnya.
      Bisa dicek mana pintu keluar yang paling dekat, dari google map atau papan penunjuk jalan di stasiun.
      Seperti Shinjuku Station ada lebih dari 50 exit. Salam

  29. Slmt Siang Pak Nugroho,

    Mohon saran nya untuk perjalanan saya ( Osaka – Kyoto – Tokyo – Osaka ) dengan Itinerary sbb :

    D#1 : Landing Osaka 09.20, Osaka Castle, Umeda Sky, Shinsaibashi, Dotonbori
    D#2 : Universal Std, Osaka Aquarium,Minami Namba,Tempozan Ferris Wheel
    D#3 : Osaka – Tokyo,Disneyland ( hanya diluar ), Asasuka, Tokyo Skytree,Ueno Park
    D#4 : Tokyo,Gala Yuzawa,Shibuya,Shinjuku, Akihabara, Odaiba
    D#5 : Tokyo,Shibazakura Festival, Mt Fuji, Lake Kawaguchiko
    D#6 : Tokyo,Tateyama Alpine Road ( 1/2 day ), Arashiyama, Fushimi Inari, Kyoto Tower

    Apakah rute nya sudah tepat dan berurutan pak
    Apakah cukup dengan JR Pass dan Osaka Amazing Pass pak
    Kereta Shinkansen dari Kyoto ke Tokyo ditempuh brp lama pak
    Kereta Shinkansen dari Tokyo ke Shin Osaka Paling akhir jam brp ya pak

    Osaka menginap di Hotel Toyo
    Tokyo di javanize guesthouse

    Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Mohon informasinya yang lengkap.
      1. Apakah mendarat dari Kansai Airport dan kembali juga dari Kansai Airport?
      2. Apakah semua rutenya ingin dijalani dalam 6 hari? Sebab di komentar sebelumnya ibu menuliskan jadwal 12 hari liburan di Jepang.

      Untuk perjalanan hari keenam, sepertinya tidak mungkin dijalani semuanya. Untuk perjalanan ke Tateyama Kurobe Alpine Route, secepat-cepatnya pasti memakan waktu 5-6 jam, belum ditambah perjalanan ke Kyoto dengan kereta, mungkin hanya sempat ke Kyoto Tower yang masih buka sampai malam pukul 20.40. Lalu, kereta Shinkansen terakhir dari Tokyo ke Shin Osaka dan Kyoto berangkat pukul 20.03, tiba jam 23.01 di Kyoto dan 23.16 di Shin Osaka. Salam

    • iya betul bpk, mendarat dan kembali dari kansai airport
      sorry salah tulis hanya 6 hari saja liburan di jepang pak
      kalau diganti menjadi spt ini apakah bisa pak atau ada salah satu tempat yg dihilangkan ?

      Day#4 Tokyo, Gala Yuzawa, Tateyama Alpine Road, shinjuku,Akihabara, Odaiba
      Day#5 Tokyo, Shibazakura Festival, Mt Fuji Lake Kawaguchiko
      Day#6 Tokyo – Kyoto, Arashiyama,Fushimi Inari, kyoto Tower

      thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Day 4 itu tidak bisa Cheesa, Tokyo-Gala Yuzawa biasanya sudah balik sore/malam hari di Tokyo, tidak mungkin bisa ke Tateyama. Paling hanya bisa jalan-jalan di Shinjuku dan Akihabara. Odaiba juga jauh dan tidak mungkin terkejar.
      Day 5 masih mungkin karena berdekatan, bisa jadi daytrip dari Tokyo.
      Untuk Day 6, sebaiknya langsung saja dari Gunung Fuji ke Kyoto (tidak perlu kembali ke Tokyo). Ibu bisa naik bus ke Mishima, lalu naik shinkansen langsung ke Kyoto. Jauh lebih efektif dan menghemat banyak waktu.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Shinkansen Hikari pertama (yang tercover oleh JR PASS) berangkat pukul 06.06 dari Tokyo Station.
      Tiba di Shin Osaka Station pukul 08.33 dan kalau naik kereta ekspress Haruka pukul 08.46, tiba di Kansai Airport pukul 09.34.
      Salam

    • pusing juga buat itin nya pak….hehehe

      seandainya rute nya saya rubah lagi spt dibawah ini apakah worth it pak

      D1 : Landing Osaka 09.20 , Kyoto, Arashiyama, Fushimi Inari, Kyoto Tower
      D2 : Universal Std, Osaka Castle,Osaka Aquarium, Shinsaibashi , Dotonbori, Tempozan Feris Wheel
      D3 : Osaka – Tokyo, Disneyland / Disneysea, Asasuka, Skytree, Ueno, Akihabara
      D4 : Tokyo, Galayuzawa,Shibuya,Shinjuku, Harajuku
      D5 : Tokyo,Tateyama Alpine Road
      D6 : Tokyo, Shibazakura Festival, Mt Fuji, Lake Kawaguchiko, Osaka

      Apakah Rute nya sudah berurutan dan searah pak ? apa ada yg perlu dirubah atau dihilangkan salah satu nya
      Dari Lake kawaguchiko menuju Osaka naik kereta shinkansen ke osaka paling terakhir jam brp ya pak

      thanks

  30. Selamat malam pak nugroho..saya mau tanya,sy ada wkt 1 hari tgl 25 feb 2017,dari osaka ingin ke destinasi yg bagus sekalian menginap 1 malam dimana ya pak?krn 26 nya saya balik ke tokyo,utk diketahui saya dr tgl 22-24nya sdh keliling osaka dan one day trip kekyoto,nah wkt semlm ditgl 25 nya itu,sebaiknya saya gunakan kemana ya pak?krn hotel saya di tokyo baru bs check in tgl 26-1 maret,mohon sarannya ya pak,thx

  31. Malam Pak Nugroho, mohon info dong tentang pass untuk jalan” di Tokyo. lebih hemat menggunakan pass atau membeli tiket satuan ya? Kita berencana untuk membeli Pass Tokyo Metro buat 3 hari, harganya 1500¥ /org, lumayan murah sih, tp kita msh ragu, apakah pass tsb bisa digunakan untuk jalan” di Tokyo ( shibuya, harajuku, disney, dll).

    Mohon infonya 🙂 Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silakan dibaca ibu untuk tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan Tokyo Metro Subway Pass. Untuk Tokyo Metro Subway Pass sendiri tidak bisa mengcover ongkos kereta ke Maihama (Tokyo Disneyland)
      Salam

  32. Selamat sore Pak Nugroho,
    Mohon sarannya untuk perjalanan saya (Tokyo HND – Kyoto – Osaka – Tokyo HND) tanggal 21 – 27 April 2017 dengan ittenary :
    D1 ; Tiba di HND 08.45, Imperial Palace, Akibahara, Odaiba #menginap di Tokyo
    D2 ; Kawaguchi Lake, Ueno Park, Asakusa, Tokyo Tower, Tokyo Skytree #menginap di Tokyo
    D3 ; Tokyo – Kyoto, Arashiyama, Kuil Kinkakuji, Kuil Chionin, Kuil Hirano, Kuil Kiyomizudera #menginap di Kyoto
    D4 ; Fushimi Inari, Kyoto – Osaka, Osaka Castle, Namba, Shinsaibashi, Dotonburi, Ebisu bridge #menginap di Osaka
    D5 ; Osaka – Tokyo, Aomori, Kastil Hirosaki kembali ke Tokyo #menginap di Tokyo
    D6 ; HND – CGK 11.45

    1. Apakah sudah tepat pak rute nya, mohon masukan terutama untuk wisata alam dan budaya?
    2. Apakah cukup dengan JR pass saja semua lokasi tersebut dapat dikunjungi?
    3. Apakah saya kebagian jatah sakura? heheheh

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Malam Fauzi,
      1. Sepertinya sudah tepat, namun untuk D3 rasanya akan sulit tercapai karena terlalu banyak. Kiyomizudera bisa dihilangkan karena aula utamanya sedang di renovasi, jadi tidak bisa masuk sampai ke spot utamanya yang terkenal. Wisata alamnya sepertinya hanya di Danau Kawaguchi dan Kastil Hirosaki.
      2. Ya, bisa dikunjungi semua. Namun untuk Asakusa dan Kawaguchi Lake kamu harus tambah biaya kereta karena tidak ada rute JR sampai ke tempat tersebut.
      3. Di Kastil Hirosaki sedang hanami bunga sakura di minggu terakhir April. Semoga bisa melihat keindahannya di sana.

  33. Malam pak Nugroho, saya berencana ke jepang 10 hr, sampai di haneda pukul 9 pagi dan pulang juga di haneda. rencana ingin ke tokyo osaka dan kyoto. mau tanya di hari pertama lebih efektif tokyo dulu karna lbh dekat dr haneda atau ke osaka/kyoto dulu ya? Terimakasih

  34. Malam Pak Nugroho, saya akan pergi ke Jepang tanggal 4-11 Maret 2017 dengan itinerary sbg berikut:

    H1: Tiba di Osaka, Osaka City tour sekitar Namba
    H2: Osaka City Tour (Osaka Castle, Tempozan, dll)
    H3: Universal Studio Japan
    H4: Go to Kyoto: kiyomizu dera, Fusihiminari, nishiki market, arashiyama
    H5: Go to tokyo (city tour)
    H6: Tokyo Disneyland
    H7: Back to Osaka-Kansai Airport back to Jakarta

    yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah itinerary diatas sudah cukup efektif?
    2. saya ingin tanya mengenai biaya sewa koper di namba station apakah ada? jika iya berapa ya pak?
    3. untuk H4 di kyoto, bagaimana cara jika ingin pergi ke fushiminari? apa bisa naik JR? atau harus naik buss?
    terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, rutenya sudah tepat Ibu. Kalau PP Osaka-Tokyo-Osaka nya ingin naik shinkansen, bisa membeli JR Pass karena sudah balik modal. Lalu mengenai loker di Namba Station, ada total 150 loker ukuran besar dan jumbo di Namba Station. Ibu khususnya bisa menitipkan di sekitar stasiun kereta subway Namba yang lokernya paling banyak sekitar 80an, sehingga tidak perlu kuatir lokernya penuh dan tidak bisa menitipkan kopernya. Mengenai harganya berbeda-beda ibu, namun rata-rata harganya bisa dicek di halaman berikut.
      Untuk ke Fushimi Inari Taisha, ibu bisa naik bus kota Kyoto atau naik kereta JR. Salam

    • Lalu apa betul di namba JR pass tidak bs digunakan? Apa sebaiknya saya menggunakan ICOCA untuk naik kereta?
      Selanjutnya saya jg ingin tanya jika ingin ke GION dan kiyomizudera di kyoto dari osaka bagaimana caranya ya? Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Di Namba, ada 3 stasiun: Nankai Line, subway Line, dan JR Line.
      Kalau pakai yang JR line maka JR Pass bisa digunakan. Untuk ke Gion dan Kiyomizudera, ibu bisa naik kereta JR sampai Kyoto Station dan naik bus seperti yang tertulis di pergi ke Gion dan info wisata Kiyomizudera.
      Salam

  35. Selamat malam tim infojepang,

    Saya dan suami berencana pergi ke Jepang tgl 14-23 April 2017 via Kansai Airport dengan itinerary:
    Osaka-Kyoto
    14: Osaka to Kyoto, Ginkakuji, Golden Pavillion, Fushimi Inari
    15: Arashiyama, Nishiki, Kiyomizudera, Higashiyama, Gion
    Tokyo
    16: Tsukiji fish market, Ueno park, sensoji temple, Tokyo tower, shibuya, harajuku
    17: Disneyland
    18: Disneysea
    19: Fujiko F Fujio museum, Akihabara, Odaiba, Roppongi
    20: Hakone-Gotemba
    Osaka
    21: USJ, Umeda Sky Building
    22: Osaka Castle, Shinsaibashi-Dotonbori, HEP Five Ferris Wheel

    Pertanyaannya:
    1. Apakah rutenya sudah sesuai?
    2. Apakah jadwalnya memungkinkan? atau terlalu padat?
    3. Rencana kami menginap 1 hari di kyoto, 3/4 hari di tokyo, 2 hari di Osaka, perlukah JR Pass? atau menggunakan day pass untuk masing2 kota dengan pertimbangan naik bus malam ketika pindah antar kota dan naik shinkansen dari tokyo ke osaka? mana yg kira2 lebih efektif?
    Mohon arahannya…
    Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Rutenya sudah tepat satu arah dan sepertinya tidak terlalu padat untuk perjalanan orang dewasa. Karena ada perjalanan PP ke Kyoto-Tokyo-Kyoto, jika ibu bapak ingin naik shinkansen PP, maka JR Pass sudah balik modal. Untuk perjalanan di Kyoto sendiri bisa menggunakan one day bus pass Kyoto yang mengcover tiket bus sampai ke dekat tempat wisata. Perlu diketahui, bahwa tempat-tempat wisata di Kyoto banyak yang jauh dari stasiun kereta JR, dan lebih enak kalau naik bus. Salam

  36. Halo pak Nugroho, boleh minta masukannya utk perjalanan liburan keluarga saya (bawa 1 anak 1 batita).
    Rencananya kami tiba di Haneda airport 13 april pagi, pulang ke jkt lagi tgl 22 april dari bandara Narita.

    13 arrived haneda, siang titip koper ke hotel menunggu waktu check in akan explore area sekitar hotel (rencana menginap di area odaiba atau shinjuku)
    14 disneyland
    15 gala yuzawa – hanya main salju di kids area
    16 kawaguchiko – shibasakura – gotemba (apakah waktunya cukup dlm sehari utk ke tempat2 tersebut? Dan kalau pulangnya kami langsung ke osaka memakai transportasi apa ya pak? Bus mlm?
    17 osaka – kyoto – shirakawago
    18 universal studio
    19 osaka castle
    20-21 kembali ke tokyo
    22 pulang ke jkt

    Minta masukannya ya pak, apa ada yg sebaiknya dirubah dari itenerary tsb makasih

    • Trimakasih infonya pak. Iya sepertinya kami akan memakai JR pass karna destinasinya Tokyo – osaka – kembali ke tokyo utk pulang ke jakarta. Jadi utk itenerary saya sudah oke ya pak rutenya?

  37. Min saya mau bertanya. Saya akan berlibur di jepang setelah acara di tokyo. Berikut itinerarynya :
    D1: Tokyo skytree(naik k atas), akihabara, asakusa, nakamise street
    D2: gunung fuji, onsen hakone (by cable car)
    D3: disneyland
    D4: disneysea
    D5: osaka aquarium kaiyukan, umeda sky building, grand front osaka, shinsaibashi shopping street, dontombori
    D6: USJ
    D7: kiyomizudera, arashiyama, nishiki ichiba market.
    D8: airport

    Apakah ada yg perlu diubah atau ditambah?
    Saya berlibur ber2 tapi membutuhkan 2 kamar terpisah untuk menginap. Apakah ada rekomendasi hotel? Barang saya byk jd tdk bs menggunakan kapsul hotel.
    Transportasi apa saja yg saya butuhkan?
    Thx u

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Fransisca,
      Sepertinya sudah cukup padat untuk jadwalnya dan rutenya juga sudah pas.
      Kamu bisa mencari hotel atau hostel yang ada di website Infojepang, kami punya database hotel/ penginapan yang dekat dan murah. Cukup klik ke tempat-tempat wisatanya, dan lihat rekomendasi hotel yang ada di sekitarnya. Semisal Tokyo Skytree, atau Namba atau Shinsaibashi
      Untuk transportasinya, paling gampang shinkansen. Oh, 1 lagi, kamu tiba dan kembali ke Indonesia dari bandara mana ya? Salam.

    • Fransisca  |  

      Saya tiba dan kembali dari bandara haneda tokyo. Apakah ada tempat penitipan barang ya? Jadi saya tinggal membawa sewaktu plg, dan tidak kerepotan selama berpergian. Soalnya brgnya cukup banyak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Apakah barang-barangnya ingin dititip di satu tempat? Atau pindah-pindah ke Osaka dan Kyoto?
      Kalau memang ingin dititip, bisa diloker stasiun-stasiun besar. Salam

    • Fransisca  |  

      Slmt pagi pak, iya dalam 1 kota saja. Di tokyo jadi, plgnya tgl ambil karena plgnya dari tokyo jg. Apa susunan iti sy untk hari terakhir dari kyoto perlu diubah?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kenapa hari terakhir diubah?
      Sebenarnya hari terakhir (hari ke-8), jam keberangkatan pesawat dari Haneda Airport jam berapa?
      Lalu apakah berencana menginap satu malam di Tokyo untuk esok hari pulang dari Haneda atau tetap menginap di Kyoto?
      Salam

    • Fransisca  |  

      Pulang dari haneda jam 9 pagi. Kalo begitu hari ke 7 saya dari kyoto lgsg ke tokyo (menginap di tokyo) atau lgsg menunggu di airport? Ato menginap d kyoto?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau terbangnya jam 9 pagi, berarti paling telat harus check in sekitar jam 8 di Haneda Airport.
      Padahal kereta shinkansen pertama dari Kyoto baru berangkat pukul 06.00 dan tiba di Shinagawa Station Tokyo sekitar pukul 08.30, ditambah 20 menit perjalanan lagi ke Haneda Airport sepertinya tidak mungkin berangkat pagi-pagi dari Kyoto. Ibu bisa memilih naik bus malam dari Kyoto dan tiba pagi hari di Tokyo atau menginap di hotel di Tokyo. Salam

  38. Pagi Pak,
    Perjalanan aku mulai dari tanggal 3 Feb-12 Feb 2017. Saya stay di daerah Shibuya tetapi saya sedang planning untuk menginap 1 malam di Osaka enaknya berangkat hari apa ya ke Osaka? Boleh minta saran menginap di hotel mana dan bisa mampir ke kota apa saja yg sejalan dari Tokyo ke Osaka?

    Thank you

  39. Halo , saya mau bertanya dan meminta saran
    rencananya kelluarga kami 4 orang akan melakukan perjalanan ke Jepang. mohon bantuan itenary dan ide tujuan. kami ingin sekali mengunjungi Disneyland, Tokyo, Osaka, Kyoto dan kalau bisa Fuji. namun kami tidak mengetahui sebenarnya bagaimana itenary dan tempat yang tepat kami kunjungi untuk berwisata backpaker sendiri
    kami akan tiba di Narita tangal 27 Maret pagi jam 06.00 dan akan pulang ke jakarta Senin 3 April pukul 09.00 AM waktu Narita juga
    mohon suggest nya dan bantuannya untuk kami menyusun itenary, berhubung kedua orgtua saya juga sudah cukup umur, yang bisa enak dibawa berjalan
    terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang Pak David, mohon maaf kami tidak melayani pembuatan langsung itinerary di website karena akan panjang dan membingungkan bagi para pembaca. Bapak bisa menghubungi Tour Guide Online via whatsapp untuk penyusunan itinerary dan dampingan selama perjalanan di Jepang.
      Namun, karena ada rencana PP Tokyo-Kyoto/Osaka plus Fuji, jauh lebih menguntungkan dengan JR Pass.

    • David carlous silalahi  |  

      Oke mas
      Namun saya mau tanya
      Sebnarnya memungkinkan kah turis backpaker untuk ke Fuji, dan apakah transportasi kalau ke fuji itu mudah? Dan sampai batas mana biasanya jika kita mau ke fuji tanpa menanjak?
      Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Cukup mudah, ada banyak bus langsung yang menghubungkan Tokyo/ Shinjuku dengan Danau Kawaguchiko atau Fuji 5th Station (spot mulai pendakian Gunung Fuji yang paling terkenal). Kamu bisa baca lengkapnya di tulisan saya Mendaki Gunung Fuji.

  40. Selamat pagi nugroho,

    Saya dan istri akan melakukan perjalanan ke jepang awal february dengab rute
    H01 : tiba di kansai pagi hari 06:50 lalu ke Osaka taruh bagasi dan jalan2 ke kobe malam hari jalan2 di area shinsaibashi dan dottonbori
    H02 : USJ full day
    H03 : Osaka ke Kyoto, jalan2 kota kyoto Fushimi inari, arasiyama, kiyomizu, gion
    H04 : Kyoto – Kanazawa by train – shirakawa go by nohi bus – kanazawa – Kyoto
    H05 : Kyoto – odawara – hakone – fuji lake – gotemba – hakone
    H06 : Hakone – odawara – kamakura / yokohama / kuwazu (izu) – tokyo
    H07 : jalan jalan tokyo ( asakusa, akihabara, shibuya, odaiba, harajuku )
    H08 : Tokyo – disneysea – narita
    H09 : narita – airport
    ……………………………………………………………

    Mohon pencerahan dari Pak Nugroho :

    1.Menurut Pak Nugroho Pass apa saja yang disarankan apabila mempunyai rute seperti diatas, apaka JR pass perlu di beli pak ?

    2. Untuk H04 saya masih ragu dengan perjalanan saya di hari ke 4 apakah pak nugroho ada saran yang lebih baik ?

    3. Untuk H05, lebih baik penginapan daerah mana yang saya ambil yah pak yang memiliki onsen

    4. Untuk H06 Dari Odawara rute mana yang menurut Pak Nugroho yang terbaik ke Yokohama atau kamakura atau Kuwazu ?

    5. Saya memasukan perjalanan ke Kuwazu karena mendengar bahwa february area sana sudah ada sakura apakah benar pak ?

    6. Apakah sy perlu membeli fuji hakone pass ?

    Terima kasih,
    Richard

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak Richard, salam kenal
      1. Meskipun tidak ada rute PP Tokyo-Osaka/Kyoto, namun karena mau ke Shirakawago dan Hakone, JR Pass akan jauh lebih untung pak dan tentu sudah balik modal.
      2. Kyoto-Shirakawago bisa dilakukan dengan PP kok pak dengan kereta limited ekspress Thunderbird. Namun, sebaiknya berangkat pagi-pagi sekali untuk mengejar bus Nohi dari Kanazawa-Shirakawago.
      3. Bapak bisa menginap di hotel-hotel Hakone Onsen.
      4. Lebih bagus ke Kawazu Izu (karena ada festival bunga sakura pada awal Februari), ditambah dengan Yokohama Minatomirai sore-malam harinya yang begitu indah pemandangan tepi lautnya.
      5. Ya benar pak, ada festival bunga sakura yang terkenal di sana.
      6. Kalau membeli JR Pass sesuai dengan rekomendasi kami di hari-1, tidak perlu lagi, karena semua perjalanan sudah tercover dengan JR Pass.

  41. selamat siang, mohon infonya pak, rencana saya ke jepang tiba tgl 17 pagi, pulang tgl 23 siang (PP Haneda) memuningkan tidak kl mau ke Tokyo – Shirakawago dan Osaka tanpa beli JR. dan mohon saran, lokasi yg bagus yg bisa dikunjungi apa saja, terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tibanya di Jepang bulan apa ya? Mohon informasinya yang jelas. Kemudian kira-kira menginap di mana, pergi bersama anak-anak/ orangtua, ingin praktis semua naik shinkansen atau ingin menghemat naik bus malam? Jika Ibu memerlukan bantuan secara privat, bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Salam

  42. S’Pagi pak Nugroho, saya mau tanya tempat wisata yg bisa dilihat lebih banyak di Osaka atau Kyoto karena saya punya waktu 3 hari di dua kota itu sebelum ke Tokyo. Itin saya sbb :
    D1 / 29 Jun : tiba Osaka
    D2 / 30 Jun : Osaka
    D3 / 1 Jul : Kyoto atau Osaka ?
    D4 / 2 Jul : Kyoto
    D5 / 3 Jul : Tokyo
    D6 / 4 Jul : Tokyo – Jakarta

    Terima kasih ya pak.

  43. selamat pagi, mohon sharingnya nih pak nugroho saya rencana ke jepang 8d7n tapi kmaren salah beli tiket seharusnya beli yg dps-tokyo, osaka-dps, karena rencana mau ke tokyo, osaka dan kyoto, tp malah beli tiket pp dps-narita, jadi bingung menyusun itinerary nya untuk hari terakhir, rencana day 1-4 di tokyo setelah itu day-5-6 kyoto dan day 7 osaka, day 8 flight jam 11 pagi dr narita, awalnya mau langsung dari osaka – narita tetapi kalau lihat dr jarak osaka -tokyo sekitar 8-9 jam jadi berpikir lagi takut ketinggalan pesawat, mungkin ada saran lain bagaimana sebaiknya itinerary 8d7n tokyo-kyoto-osaka nya agar efektif? rencananya akan membeli JRPass 7days. mohon sarannya ya..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Osaka-Tokyo kok 8-9 jam? Naik apa Danti? Itu kalau naik bus. Kalau naik kereta shinkansen (Tercover dengan JR Pass) hanya 3 jam saja kok. Salam.

    • saya lihat dr google maps kemarin sekitar 8-9 jam memakai tokaido sanyo shinkansen, hmm saya masukkan tujuan osaka-narita, kalo boleh minta saran untuk transportasi di jepang baiknya lihat dimana ya karena biasanya saya memakai panduan google maps saat ke singapore kemarin

  44. Selamat Siang,
    Tanggal 18-27 maret 17 saya akan ke jepang, berikut perkiraan itinerarynya :
    19 maret : tiba di osaka (kansai airport) perkiraan 8.30 waktu jepang
    19 maret : langsung menuju kyoto – wisata ke arashiyama
    20 maret : kyoto
    21 maret : tokyo
    22 maret : disneysea
    23 maret : gala yuzama
    24 maret : tokyo
    25 maret : osaka
    26 maret : usj
    27 maret : kembali ke indonesia via kansai airport (osaka)

    Mohon informasi dan saran untuk pertanyaan saya
    1. apakah sudah efektif untuk itinerary saya? rencana saya akan membeli JR pass
    2. untuk di kyoto, tokyo, osaka di hari yang masih belum ada rencana, bisa di sarankan kemana?
    3. apakah memerlukan membeli suika / icoca card?

    Terima Kasih. Salam

  45. Selamat pagi pak, sy akan ke jepang 12-20 mei nanti dg itin sbb:

    12 mei: tiba di KIX 9am. Eksplore Osaka
    13 mei: ke tokyo (baru bisa ke tokyo hari ini krn teman tiba di KIX tgl 13 mei). Eksplore tokyo
    14 Mei: Kawaguchi
    15 mei: kagura resort
    16 mei: Disney
    17 mei: ke kyoto. Eksplore kyoto, malam ke osaka
    18 mei: USJ
    19 mei: Eksplore Osaka
    20 mei: kembali ke Indo

    pertanyaan sy:

    1. apakah itin tsb sdh efektif? atau sy balik mengunjungi kyoto dulu, lalu tokyo, terakhir balik ke osaka dari tokyo? sy berencana membeli JR Pass
    2. utk ke kawaguchi dan kagura, apakah lbh baik PP atau menginap di kawaguchi, besoknya ke kagura lalu ke tokyo/kyoto?
    note: kabarnya kagura resort akan buka sampai 28 mei ’17. sy ingin sekali pegang salju, tp sdh telanjur beli tiket promo mei. atau ada referensi tempat bersalju lainnya disekitaran?

    mohon bantuan arahannya ya pak n team info jepang. terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Karena ada perjalanan PP ke Tokyo Osaka, Joetsu Shinkansen dan ke Kawaguchiko maka JR Pass sudah balik modal.
      Untuk perjalanan ke Kawaguchiko dan Kagura Snow Resort lebih mudah untuk PP dari Tokyo.
      Tapi kalau memang ada pertimbangan lain bisa menginap di Kawaguchiko. Salam

  46. Pak Nugroho,
    Saya mengucapkan terimakasih pada Pak Nugroho dkk yang telah membantu memberi tips dan panduan umum ttg Tokyo dan Shirakawago.
    Desember lalu,kami menikmati dengan baik.
    Saran dan tips Pak Nugroho sangat membantu.Sekali lagi terima kasih.

  47. boleh di share ga kaka..ke jepang dibulan april 10 hari
    tibanya di airport osaka
    aq maku ke tokyo – osaka- kawaguchi- mt fuji – yokohama – toyama alpine route – kyoto
    kira – kira itinerary yg efektifnya gmn ya…
    makasih kaka

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Mohon maaf Ibu, Tim Info Jepang tidak melayani pembuatan itinerary via website karena detailnya sangat panjang dan hanya akan membuat pengunjung lain bingung. Silakan bisa dicari di website infojepang (gunakan kotak search bewarna biru, pasti ketemu hasilnya).
      Jika Ibu memerlukan bantuan secara privat, bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Salam

  48. Pagi Pak Nugroho,

    Saya, suami dan 2 anak umur 8 & 10 th akan ke Jepang tiba Osaka pulang dari Haneda tgl 18 – 25 maret 2017

    Sabtu, Tgl 18 Maret sampai di kansai 8.15 pagi ( Garuda ), rencana mau lgs ke USJ ..apa ada tiket setengah hari utk USJ? rencana nginap semalam aja di Osaka, besoknya lgs ke tokyo.recomendasi tinggal daerah mana ? ( saya pakai airbnb)

    Minggu, Tgl 19 Maret pagi mau langsung ke Tokyo
    ( tertarik ke harajuku hari minggu melihat org Jepang yang pakai kostum ) explore kota spt shibuya, akhiabara
    tinggal di daerah Shinjuku ( airbnb )

    Senin, Tgl 20 Maret = Gala yuzawa seharian

    Selasa, Tgl 21 Maret = Hitachi Seaside park seharian

    Rabu Tgl 22 Maret = Gotemba , kawaguchiko, Mt.Fuji

    Kamis Tgl 23 Maret = sarapan di Tzukiji fish market, lalu checkout pindah hotel ke Daiba, jalan sekitar Daiba ( nginap di Hotel Grand Niko Daiba )

    Jumat Tgl 24 Maret = ke Tokyo Disneyland ( shuttle free dr hotel )

    Sabtu Tgl 25 Maret = pulang ke Jkt pswt 11.45 dari bandara Haneda ( rencana naik free shuttle dr hotel )

    Mohon pencerahannya pak…apakah rute ini sudah benar ? bisa kasih masukan kalo ada yang perlu di koreksi atau di tambahkan, lalu pass apa saja yang harus saya beli utk transportnya.

    Banyak terima kasih sebelumnya

  49. Halo Pak Nugroho,
    berikut Itineraty saya selama di Jepang :
    Day 1 : Tiba di Osaka pagi- jalan2 seputar Osaka
    Day 2 : Osaka
    day 3 : Kyoto
    Day 4 : Kyoto
    Day 5 : Shirakawago
    Day 6 : Alpine Route
    Day 7 : Tokyo
    Day 8 : Fuji
    day 9 : Disney Sea
    Day 10 : USJ Osaka
    Day 11 : Kembali Ke Jakarta dari Kansai

    Apakah itinerary saya sudah cukup atau apakah perlu dirubah urutanna?
    selain JR Pass utk 7 hari apakah bisa dikombinasi kartu lain?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, JR Pass sudah balik modal kok kalau melihat rute perjalanan Ibu di atas.
      JR Pass bisa diaktifkan di hari keempat sebelum perjalanan ke Shirakawago.
      Untuk di Kyoto dan Osaka, maaf Tim Info Jepang tidak bisa memberikan rekomendasi detail pass yang tepat, sebab kami tidak tahu jadwal atau itinerary lengkapnya. Silakan dibaca-baca dulu mengenai pass di Kyoto, pass di Osaka, atau di Kansai dan bisa disesuaikan dengan keperluan. Salam

    • makasih pak, maksud saya apakah urutan ini sudah sesuai? kalo dari Kyoto lebih baik :
      Kyoto – shirakawago – alpine route – Tokyo ATAU
      Kyoto – alpine route – shirakawago – Tokyo

      trus kalau saya akan beli JR Pass 7 hari, kartu apa yang dipakai selama 2 hari di Osaka dan 2 hari di Kyoto?

      kalo ke Shirakawago, lebih baik dari Kanazawa atau dari Takayama ya pak?

      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya sudah bagus, makanya tidak kami beri komentar lagi. Kami hanya mengkoreksi dan memberikan informasi yang diperlukan.
      Rute lengkapnya: Kyoto-Toyama-Shirakawago-Toyama-Tateyama Kurobe Alpine Route-Nagano-Tokyo.
      Ibu bisa membaca informasi tentang bus dari Toyama-Shirakawago-Toyama di halaman ini dan itinerary perjalanan Tateyama Kurobe Alpine Route. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk pass di Osaka dan Kyoto, kami tidak bisa memberikan informasi ibu karena tidak tahu ibu mau kemana..
      Silakan ibu baca terlebih dahulu linknya, ada hitung-hitungan diskon dan tempat wisata yang bisa dikunjungi tergantung pilihan pass.
      Salam

  50. Selamat siang Pak Nugroho,
    Pada bulan Maret saya dan 2 anak yang sudah dewasa ke Jepang, dengan Itinerary :
    Hari 1 : Jam 08:45 tiba di Haneda Airport Tokyo, langsung explore Shinjuku, Akihabara, Ginza, Harajuku.
    Hari 2 : Disney Sea
    Hari 3 : Gala Yuzawa
    Hari 4 : Mount Fuji
    Hari 5 : Akasaka, Imperial Palace, beli oleh oleh. Malam hari berangkat ke Kyoto dengan Bus Malam.
    Hari 6 : Jalan jalan di Kyoto, Arashiyama, Fushimi Inari Taisha dan Kuil Kinkakuji, sore menuju Osaka dan menginap di Osaka
    Hari 7 : Universal Studio
    Hari 8 : Kembali ke Jakarta melalui Kansai Airport
    Kami mohon arahan dari Pak Nugroho :
    1. Hari 1 dan 2 di Tokyo : Pass/Card apa yang dibeli.
    2. Hari 3 – 5 : Membeli JR Tokyo Wide Pass
    3. Hari 6 – 8 di Kyoto, Osaka, Kansai Airport : Pass/Card apa yang dibeli.
    Untuk perjalanan dari Kyoto ke Osaka pada sore/malam hari, sebaiknya dengan kereta atau bus?
    bisa tolong diinfokan nomor bus atau keretanya ya Pak.
    Terima kasih

  51. Haloo.. Pak saya rencana ke Jepang 27juni-5juli, turun di Osaka (Itami airport) & balik dari Tokyo (Haneda).
    27juni sore sampai Osaka, explore dotonbori.
    28jun sputar osaka (osaka amazing pass ?)
    29juni kyoto pp (beli kyoto pass ?)
    30jun USS
    1-5juli tokyo
    saya ingin bertanya :
    1.Apakah naik shinkansen bisa membawa koper besar ?
    2.Dari bandara Itami ke Hotel (sekitar dotonbori) naik apa ya ? (Bawa tas koper besar)
    3.saya ingin ke mt.fuji/hakone. Sebaiknya setelah sampai tokyo baru kesitu atau bisa diatur sebelum ke tokyo ?
    4.Gala Yuzawa (atau tpt salju lain) apakah buka selama musim panas ?
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dear vivi,
      1. Bisa, namun jumlahnya tetap terbatas. Usahakan kamu reservasi kursi di ujung gerbong. Silahkan baca Membawa Koper di Kereta Jepang.
      2. Dari Itami bisa naik kereta JR Takarazuka Line sampai Stasiun Osaka. Jalan kaki bentar ke Stasiun Umeda, dilanjutkan dengan kereta subway sampai ke Namba.
      3. Kalau kamu dari Osaka/ Kyoto, bisa naik Shinkansen sampai Stasiun Mishima, dilanjutkan dengan naik bus ke area Fuji Kawaguchiko. Atau kalau mau ke Hakone, bisa naik shinkansen sampai Stasiun Odawara, dilanjutkan dengan kereta atau bus Hakone Tozan. Bisa baca lengkapnya di Info Wisata di Hakone.
      4. Gala Yuzawa tetap buka, di mana ada atraksi musim panas tapi bukan bermain ski ya.

  52. Jiwo Bayu Kusumo  |  

    Selamat siang mas. Mas mau tanya saya masih bingung mengenai perkeretaan di jepang hehe. Yang mau saya tanya
    1. Apakah utk naik JR yamanote bisa pake Suica?
    2. Selama di jepang, apakah sudah cukup saya membeli suica dan tokyo subway pass untuk keliling2 tokyo? Krna saya tdk membeli JR pass selama di jepang (tiba di tokyo dan pulang dr osaka)
    Mohon pencerahannya ya. Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Untuk perjalanan kereta JR Yamanote Line bisa menggunakan kartu Suica.
      Nah kalau mengunjungi 4-5 tempat wisata di Tokyo dalam sehari bisa menggunakan free pass harian kota Tokyo. Ada banyak jenisnya, silakan disesuaikan dengan tempat wisata yang ingin dituju. Kalau dibawah itu, tidak perlu membeli pass. Bisa pakai Suica.
      Salam

    • Jiwo Bayu Kusumo  |  

      Terima kasih infonya mas. Oh iya satu lagi, kalau untuk beli tiket shinkansen one way tokyo ke osaka apa harus beli di indonesia atau bisa beli di sana ya? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silahkan beli di Jepang saja. Daripada repot dan ada kemungkinan terselip atau terlupa. Membeli tiket shinkansen juga sangat mudah, bisa lewat mesin vending atau di loketnya. Salam.

  53. Fransiska evadyna  |  

    Pergi berlibur dari 22 January – 28 January 2017 pak.
    22 January ; Tiba di Haneda pukul 9 pagi.
    Hotel sudah ada, kami akan menginap di daerah shinjuku. dan sudah beli 2 days pas disneyland and disney sea untuk tgl 23-24 January.
    25 – 26 January ; akan pindah ke osaka ( namun belum tahu tempat wisata yang akan dikunjungi)
    27 January : kembali ke shinjuku
    28 January ; kembali ke jakarta dr haneda.
    Kira kira tempat wisata dan pusat perbelanjaan apa saja yang dpt saya kunjungi ya pak..
    Trims pak.

  54. Ass. Pak Nugroho,

    Kami rencana trip ke Osaka pertengahan Feb. 2017 selama 6 hari, tiba di Kansai pk. 8.30 pagi dgn Air Asia. Itenerary, hotel dll blm ada. Mohon advise sebaiknya kmn yang bagus untuk dikunjungi, budget htl maupun transportasi/pass yg efisien.

    Kami 3 pensiunan dan biasa travelling ke luar negeri tp sdh tdk sanggup lg kl ber-backpacker…:-))

    Terima kasih bila berkenan membantu mengatur perjalanan kami.

    Wass.,
    Yati B

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Mohon maaf Ibu, Tim Info Jepang tidak melayani pembuatan itinerary via website karena detailnya sangat panjang dan hanya akan membuat pengunjung lain bingung.
      Jika Ibu memerlukan bantuan secara privat, bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Salam

  55. Fransiska evadyna  |  

    Malam pak. Aku mau nanya rute yang pas..
    22 January : 9 pagi aku tiba di haneda airport lalu sudah book untuk menginap di nishi shinjuku 3 malam
    Dan sudah beli tiket disneyland disneysea.
    25 January : ke osaka
    27 January : kembali lg ke shinjuku

    Kira kira rute yang pas gimana ya pak. Trimakasih ya pak;)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Mohon informasinya yang lengkap, liburan dari kapan sampai kapan, lalu kembali ke Indonesia dari mana.
      Kalau hanya sepotong-potong, hanya akan membingungkan kami dan pengunjung website yang lain.
      Jika Ibu memerlukan bantuan pembuatan itinerary dan tour guide online, bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Salam

  56. Hi Salam 🙂

    21-27 feb , rencana akan backpackeran ke jepang nih, baru ready tiiket , yg lain masih searching2 itung2 mgkn ada biaya yg bs dihemat 😀
    Dan tiket issued pp dr osaka.
    Jadiiii kira kira itin kasar Spt ini.. mohon masukan dan koreksi ya 🙂
    21 sampi osaka jam 10 pagi. Mau lgs explore … mmm osaka castle? Umeda sky building? Malam dotonburi?
    22 usj
    23 tokyo — ? Kmn ya.. ? Shibuya? Haciko? Tokyo tower?
    24 disneysea
    25 fuji
    26 kyoto – osaka
    27 osaka – pulang

    Apakah rute tsb ngoyo banget utk perjalanan 6 hari? Harus beli jr pass? Jr pass apakah sdh mencakup perjalanan ke fuji?
    Trm kasih masukanya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hi Eca, salam juga.
      Karena ada rute Osaka-Tokyo-Osaka, kamu sudah pasti balik modal jika membeli JR Pass, ditambah mengcover rute ke Fuji. Untuk rutenya sendiri saya rasa sudah cukup bagus kok dan seperti itinerary turis umumnya. Khusus di Tokyo, kamu bisa ke Odaiba, Tokyo Tower/ Tokyo Skytree, Asakusa, atau Akihabara

    • Terimakasih kesediaany membalas pertanya saya ya 😊
      Hari pertama sampai di osaka, bila ingin lgs explore ke osaka castle, koper bisa di titipkan di station kah? Dr kansai menuju ke station mana ya klo arah ke osaka castle? Apakah ada penitipan koper?
      Oiya satu lagi.. ada rekomendasi restoran halal di osaka? Terimakasih ats responya 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Eca. Silakan bisa dibaca di Osaka Castle.
      Koper bisa dititip di stasiun terdekat yakni Osakajo-koen Station, namun koper ukuran besar hanya tersedia 2 buah.
      Mohon informasi lengkapnya mengenai penginapan atau rute perjalanan di Osaka supaya bisa menginformasikan alternatif penitipan loker.
      Salam

    • Rencana saya akan menginap di the park front hotel universal studio, tgl 21-23 feb
      Landing di kansai airport 10pagi, krn blm memungkinkan utk check in, mau explore city mungkin dimulai dr osaka castle, bgmn menuju osaka castle menggunakan jr pass dan dmn bs menitipkan luggage?
      Apakah akses ke hotel yg saya maksud mudah dengan jr pass? Dan saya lihat di peta , hotel dekat sekali dg yumesaki line, apkah itu salah satu jr station ?
      Krn ketika tgl 23 check out hotel, lgs akan menuju tokyo jd mohon masukan utk hotel yg akes nya mudah dg jr station juga mudah akses ke pusat kota
      Trm kasih 🙂 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Eca. Kalau mau mudah, silakan begitu tiba di Kansai Airport, tukarkan langsung JR Pass dan langsung menuju ke Hotel.
      Hotel biasanya menerima penitipan koper bagi yang akan check in hari itu. Ini jauh lebih mudah, mengingat loker-loker biasanya sudah terisi kalau sudah siang hari. Nah, setelah titip barang bisa deh jalan-jalan kota Osaka.
      Rutenya Kansai Airport-Universal City Station (stasiun terdekat dari Hotel)-Osakajokoen Station (Osaka Castle), dan semuanya tercover oleh JR Pass.
      Nanti saat akan naik shinkansen ke Tokyo juga mudah, tinggal satu kali berganti di Nishi Kujo Station untuk ke stasiun shinkansen Shin Osaka. Salam

    • Problem solve yeay… terimakasih pak Nugroho 🙂
      Pertanyaan terakhir utk osaka hehe,
      Klo mau keliling2 (osaka castle, umeda building, tempoyan wheel, aquarium) sebaiknya beli osaka amazing pass atau osaka kaiyu ticket?
      Trm kasih bangeeet info2 nya yaaa 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Perlu dicatat bahwa Osaka Amazing Pass tidak sama dengan Osaka Kaiyuu Ticket. Kalau dengan Osaka Kaiyuu Ticket seharga 2.550 yen, hanya free masuk ke Osaka Kaiyuukan Akuarium, ticket subway Osaka, dan potongan harga bukan gratis masuk ke tempat-tempat wisata: Osaka Castle, Umeda Sky Building, dll seperti dengan Osaka Amazing Pass. Salam

  57. Sampai di haneda dan pulang melalui kansai
    hari ke 3 : kawaguchi lake
    hari ke 4 : gala yuzawa
    hari ke 5 : berangkat ke kyoto
    Pass apa yang harus saya beli selain JR Pass apakah ada pass yang lebih murah dan dapat mengcover perjelanan tersebut?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Elvira. Mohon info itinerary lengkapnya di Jepang.
      Supaya Tim Info Jepang bisa memberikan saran lebih akurat. Salam

    • Hari 1 : sampai di haneda airport, menginap di daerah shinjuku
      Hari 2 : jalan jalan keliling tokyo seperti tokyo tower, meiji jingu, harajuku, dll
      Hari 3 : kawaguchi lake
      Hari 4 : Gala Yuzawa
      Hari 5 : ke osaka
      Hari 6 : sehari penuh di kyoto, pp osaka kyoto
      Hari 7 : universal studio
      Hari 8 : keliling osaka
      Hari 9 : pulang dari kansai airport
      Trimakasih

  58. Pak Nugroho, berikut itinerary saya selama di Jepang.
    Day 1: Tiba di Osaka (KIX) jam 9 pagi – namba – dottonburi
    Day 2: USJ
    Day 3: Osaka Castle – Kyoto – arashiyama
    Day 4: sekitar Kyoto – Gion
    Day 5: Fujikawaguchiko
    Day 6: Tokyo – akihabaha – Ginza
    Day 7: Disneysea
    Day 8: asakusa – ikebukuro – Tokyo sky tree
    Day 9: Odaiba – roppongi
    Day 10: shibuya – harajuku – Shinjuku
    Day 11: kembali jkt dari Haneda

    dengan itinerary tersebutPass apa yang cocok untuk saya?

    jika tidak pakai JR pass apakah saya bisa reserved seat untuk shinkansen dari Kyoto ke Tokyo?

    mohon informasinya.

    terima kasih

  59. Pak Nug, kalau saya landing di Haneda 21 Jan 2017 jam 2105 dengan CX sebaiknya menginap di Haneda atau masih adakah transp ke Tokyo (sy menginap di Oshiage)? Kira2 clear imigrasi dan ambil bagasi makan berapa lama ya pak? Trims.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Indah. Kereta terakhir dari Haneda Airport menuju ke Tokyo pukul 00.04, sepertinya cukup waktu kok kalau ingin ke hotel di daerah Oshiage. Salam

  60. Halo Pak Nugroho,
    Saya dan keluarga (1 anak) rencana ke Jepang tanggal 23 april – 2 mei 2017.. saya sedang bingung menyusun itinerarynya karena saya pp Jkt-Haneda dan ingin mengunjungi Kyoto dan Osaka. Berikut rencana itinerary saya:
    24 Apr: landing di Haneda dan jalan di Tokyo
    25 Apr: Tokyo Disneyland
    26 Apr: Mt. Fuji
    27 Apr: Tokyo DisneySea
    28 Apr: Himeji – Osaka
    29 Apr: Kyoto
    30 Apr: Nara – Tokyo
    1 Mei : Tokyo (beli oleh2)
    2 Mei : pulang

    • Pertanyaannya mungkin ke arah apakah itunerarynya sudah efektif? Atau ada yang perlu digeser? Thanks.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Mungkin yang sedikit membingungkan adalah mengapa perjalanan ke Gunung Fuji diletakkan di antara itinerary ke Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea.
      Padahal kalau Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea berurutan, bisa menggunakan multi day pass dan menghemat sekitar 1.600 yen. Sementara perjalanan yang lainnya sudah tepat pak, searah dan tidak bolak-balik. Salam

    • Oh, apakah multidays pass tidak berlaku untuk lusanya? Karena disneyland di HK yg 2 days pass nya bisa dipakai sampai 1 minggu dari kunjungan pertama.. kalau di Tokyo beda ya? Thanks..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, pak hanya untuk kunjungan dua hari berturut-turut.
      Bisa saja pakai Multiday Pass (namanya multiday pass spesial) seperti yang Bapak bilang, namun harganya sama saja dengan kalau membeli untuk tiket 1 hari dan 1 hari.
      Padahal kalau pakai multiday pass untu 2 hari berturut-turut bisa sedikit menghemat biaya. salam

  61. Yohanes Wiranata  |  

    Selamat pagi pak Nugroho , berikut Itenerary saya , mohon advise nya
    Saya bersama keluarga ( Istri dan 2 anak )
    Sudah mempersiapkan SUICA dan JR pass 7 hari

    1. Tgl 29 Des : Narita terminal 2 tiba 7.15 waktu Jepang , pakai KEISEI Skyliner ke Hotel Mitsui Garden Shiodome (titip koper). Dari Hotel Shiodome – Divercity – ueno – Akhibara – Sensoji – Tokyo sky tree – Ginza – Hotel Shiodome
    ( lebih baik memakai SUICA atau Tokyo Metro pass ? )

    2. Tanggal 30 Des : Hotel MGSiodome – Tokyo Tower – Yoyogi park – Shinjuku – Harajuku – Shibuya – Hotel MG Siodome

    Untuk 2 hari keliling Tokyo ini apakah rutenya sudah efisien ? lebih paik pake SUICA atau beli pass ? kalo beli pass..cocoknya pass apa ?

    3. Tanggal 31 Des : Mengaktifkan JR pass – Hotel MGShiodome – Galayuzawa – Hotel MGshiodome ( balik hari ) => apakah direkomend mengingat ada acara pergantian tahun di jepang dar segi masalah jam kerja pegawai station

    4. Tanggal 1 Jan : Hotel MG shiodome -Tokyo Disneyland ==> rencana sampai tutup ==> apakah memungkinkan untuk menggunakan kereta untuk sampai ke hotel MG Shiodome ? JR pass

    5. Tanggal 2 Jan : check out Hotel MG Shiodome – Check in Hotel MG Chiba (titip koper )
    Hotel MG Chiba – Yokohama _ Hotel MG CHiba (pulang hari ) – JR pass

    6. Tanggal 3 Jan : Hotel MG Chiba – Osaka – (Osaka Castle) – JR pass

    7. Tanggal 4 jan : Universal Studio

    8. Tanggal 5 Jan : Osaka – Kyoto (apakah memungkinkan pak ? kalau tidak
    Osaka – Tokyo – Hotel MG chiba ( kami sudah booking sampai tgl 9 Jan)

    9. Tanggal 6 Jan : Hotel MG chiba – Tokyo Disney Sea

    10. Tanggal 7 Jan : Hotel MG chiba – kawaguchi lake – Mount Fuji

    Mengingat JR pass saya habis tanggal 6 Jan , lebih menguntungkan ke tokyo disney sea atau ke kawaguchi ?

    11. Tanggal 8 Jan : Hotel MG Chiba – ada referensi untuk wisata pantainya pak ?

    12. Tanggal 9 Jan : Hotel MG Chiba – Narita terminal 2 – ada referensi naik dan rute train / bus ?

    Mohon masukannya dari pak Nugroho apakah menggunakan JR pass 7 hari atau 14 hari ?
    Apakah itenerari yang dibuat sudah tepat ? Terima kasih .. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk hari pertama rutenya bisa diubah: Shiodome – Divercity naik Monorel Yurikamome Line – Shiodome (jalan ke Shimbashi Station) – AKIHABARA (turun di Kanda Station Ginza Line) – UENO – Sensoji – Tokyo sky tree (naik Hanzomon+Ginza Line) – Ginza – Hotel Shiodome via Shimbashi Station. Semuanya naik Tokyo Metro Line dan bisa beli Tokyo Metro Pass 24 Hours.
      Hari kedua rutenya bisa diubah sedikit Hotel MGSiodome – Tokyo Tower – SHINJUKU – YOYOGI PARK – Harajuku – Shibuya – Hotel MG Siodome, supaya semuanya satu arah dan tidak bolak-balik. Silakan beli lagi Tokyo Metro Pass 24 Hours.
      Kemudian kalau memungkinkan boleh ditukar jadwal tanggal 1 Januari dan 2 Januarinya. Sebab perjalanan ke Yokohama sangat jauh bila dari Chiba. Silakan bapak cek sendiri di google map.
      Untuk tanggal 5 Januari maksud pertanyaan bapak “Apa memungkingkan?” itu apa? Osaka-Kyoto hanya 30 menit naik kereta.
      Lalu jadwal tanggal 6 juga silakan ditukar dengan tanggal 7 supaya perjalanan ke Kawaguchiko bisa tercover JR Pass.
      Bapak cukup membeli JR Pass yang untuk 7 hari, sebab kalau beli yang 14 hari tidak akan balik modal.
      Salam

  62. sy berempat brkt Osaka tgl 28 jan 17, kmd stay di osaka 2 hari.
    Tempat yg akan dikunjungi :
    Hari ke1: (Osaka Castle, Shinsaibashi)
    Hari ke2: Kyoto (Fushimi inari, Kiyomizu Dera, Arashiyama)
    Hari ke3: Tokyo (shibuya, shinjuku, akihabara, dll)
    Hari ke4: Gala Yuzawa
    Hari ke5: Disneysea
    Hari ke6: Haneda – Jakarta
    Mau tanya, transportasi yang paling efisien apa ya, baik di Osaka kmd Osaka -Tokyo dan di sekitar Tokyo.
    Terimakasih

  63. Dear Mr.
    mau tanya, apakah SIM International Indonesia bisa digunakan di Jepang ? Karena saya ada plan Mar`17 ke Jepang dan niat sewa kend sendiri.
    Mohon jawabannya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Amy, sayangnya Jepang hanya menerima ijin mengemudi berdasarkan Konvensi Jenewa di tahun 1949. SIM internasional yang dikeluarkan Indonesia tidak berlaku di Jepang. Info lengkapnya bisa kamu baca di Menyewa Mobil di Jepang.

  64. Selamat malam pak Nugroho, apakah ada bis dari Bandara Narita menuju Kyoto? dan apakah kalau saya sudah beli Tokyo Wide Pass saat tiba di Bandara Narita bisa langsung digunakan saat itu juga menuju Tokyo? terimakasih atas jawaban bapak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Untuk bus langsung dari Narita dan Tokyo bisa ditemukan di website willer express (tersedia dalam bahasa Inggris). Lalu mengenai Tokyo Wide Pass, bisa dibeli di Narita Airport dan langsung digunakan hari itu juga untuk naik Narita Express. Salam

  65. Dear Pak Nugroho,
    saya ingin bertanya kembali, untuk mencari hotel di osaka lebih baik di sekitar mana ya, atau stasiun mana, saya setelah kobe akan mengunjungi kyoto lalu ke osaka, terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silahkan bapak mencari di sekitaran Osaka (di utara kota), mudah untuk akses kereta atau Namba(di selatan kota) banyak pusat jajanan+atraksi malam hari.

  66. Halo Pak Nugroho,

    Mau tanya utk transportasi menggunakan JR Pass…
    Di hari terakhir di Jepang, saya akan menginap di daerah Tokyo Disney Resort, apakah saya bisa menggunakan JR Pass dari Tokyo Disney Resort menuju Bandara Narita?
    Jika bisa, bagaimana transportasi menuju Bandara Narita dan berapa lama perjalanan menuju ke bandara Narita?

    Terima kasih atas bantuannya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dari Tokyo Disneyland (Maihama Station) bisa naik kereta ke Tokyo Station, kemudian naik Narita Express langsung ke Narita Airport.
      waktu perjalanannya sekitar 1 jam 40 menit, dan ongkosnya semua tercover oleh JR Pass
      Salam

  67. Hai bisa bantu sy buatkan Rute jalan2, sy bingung krn bawa bayi 2th. Perjalanan saya 10 hari.. hari ke 10 sdh harus flight ke jakarta siang hari dari osaka. Kedatangan sy dari tokyo. Tanggal 24maret 2017 sy tiba di haneda, kembali 2april 2017 dr kansai

    Untuk di tokyo mungkin 1- 5 hari
    Hakone 1 day trip
    Sisanya osaka dan kyoto.
    Rugi gak kalau saya mampir ke disney, krn anak sy baru usia 22bulan nanti pada saat kesana.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Shinjuku bisa naik kereta Yamanote Line sampai ke Shinagawa/ Tokyo Station kurang lebih 20 sampai 30 menit.
      Kemudian naik shinkansen sampai Shin Osaka Station, dengan waktu perjalanan kurang lebih 2,5 jam. Ongkosnya sekitar 13.620 yen dengan tiket shinkansen. Salam

  68. Pak nugroho, kita sampai di osaka untuk itinerary tokyo – kyoto – osaka dengan waktu 5 hari cukup ngk waktunya rencana pas tiba malam harinya kita naik bus ke tokyo

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Bapak/Ibu Herny. Mohon maaf, kami tidak mengerti maksud pertanyaannya.
      Kalau 5 hari perjalanannya, ya bisa saja diatur dari 8 hari untuk 5 hari Pak. Salam

  69. Cindy Julia Paramitha  |  

    Halo admin, saya akan ke jepang di bulan april 2017. hostel murah di kyoto di daerah mana ya? yg deket arashiyama dan fushimini inari.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk tarif guide sehari harganya 25.000 yen Ibu. Tanggal 22 bulan apa ya sampainya?
      Salam

  70. Malam pak nugroho, saya mau ikut nanya dong, rencana saya, suami dan 2 anak 12/9th mau ke jepang pertengahan feb 20 17 dan 9hari termsk perjlan (efektip 7hari) via kansai plg kansai lg, apakah terlalu mepet jika saya pergi ke osaka-kyoto-tokyo, atau cukup disekitaran osaka-kyoto? Bs rekomen tempat sekitar sana yg masih ada sisa salju buat main anak2? Makasih pak nugroho

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Sepertinya 7 hari cukup bu untuk mengelilingi Osaka, Kyoto, dan Tokyo.
      Ibu silakan baca-baca dulu informasi wisata di Osaka, di Kyoto, atau di Tokyo.
      Bisa juga ke Shirakawago untuk melihat pemandangan salju, atau ke Resort Ski Biwako Valley (di prefektur Shiga, sebelah Kyoto) jika ingin bermain salju.
      Lalu mengenai

  71. kalau di tokyo, rekomendasinya tinggal di daerah mana ya?
    preferensinya adalah utk jalan2 seperti itinerary dan shopping di shibuya shinjuku dan sekitarnya

  72. Halo!
    Saya berencana ke Jepang via narita lalu menuju Hokkaido-Tottori-Osaka-Kyoto-Tokyo.
    Karena waktu yang cukup terbatas (10 hari), saya berniat membeli JR Pass. Apakah ada opsi train pass lain yang lebih murah?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. JR Pass (29.110 yen) adalah pilihan yang terbaik Pak, sebab pass yang lain tidak mengcover semua daerah yang Bapak ingin pergi.
      Salam

  73. Tapi pertimbangan ane kalo naik overnight bus ane bisa ngehemat biaya penginapan kan ya min? Frekuensi kereta nya sering kan ya min kalo kita beli pass? Jd ane bisa free dr tokyo – kanazawa – osaka – kyoto ya min kalo beli itu? Admin ada jasa beliin tiket pass atau bis willer nggak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya betul Rifki. Akan jauh lebih praktis jika Rifki membeli sendiri, informasi Rifki juga terjaga tanpa perlu dibagikan kepada kami. Salam

  74. menurut mimin lebih murah naik willer overnight bus apa pake tokyo osaka hokuriku arch pass? jadi dari tokyo – kanazawa, kanazawa – osaka, osaka – tokyo naik willer overnight bus terus gitu bisa kan min? terus kalau mau kawaguchiko lake sm mount fuji bisa naik bis aja kan min dr tokyo?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau naik bus tentu akan lebih murah, namun harus benar-benar tepat waktu saat akan berangkat.
      Tim infojepang menyarankankan membeli pass kereta, karena akan balik modal juga, jadi tidak rugi kalau naik kereta dengan pass.
      Untuk ke Kawaguchiko dan Gunung Fuji bisa naik bus dari Shinjuku Tokyo. Salam

  75. Min, ane mau tanya nih, kalau saya awal dari tokyo dan bakal balik dari tokyo juga, waktu ane 10 hari, saya mau ke osaka dan kyoto juga, tapi sebelum itu saya mau mampir ke kanazawa dl utk melihat shirakawago dll, itu rutenya gmn ya? dan naik apa yg paling murah? kalo willer bus itu bisa beli di tempat sebelum kita berangkat ga min? terima kasih

  76. Selamat Malam,

    4 dec : Taipei – Narita Tokyo
    9 dec : Kansai Osaka – Taipei

    Yang ingin dikunjungi :
    Tokyo –> Disneyland
    Hakone –> Mt. Fuji, Gotemba Premium Outlet, Snow Resort Yeti
    Kyoto –> Blm tahu tempat yang recommended
    Osaka –> Universal Studio

    Saya berencana naik pesawat dari Tokyo ke Osaka. Tinggal di Tokyo 3 malam, di Osaka 2 malam. Saya berencana tidak beli JR pass.

    Yang ingin ditanyakan :
    1. Bagaimana itinerary yang pas dengan jadwal tsb diatas dan bagaimana transportasinya ?
    2. Pass apa yang saya butuhkan (selama di Tokyo, Kyoto, Osaka, Hakone) ?
    3. Hotel apa di Tokyo dan Osaka yang dekat dengan metro (soalnya bawa koper dan anak) ?
    4. Tempat wisata lain yang recommended sesuai dengan jadwal tsb ?
    5. Untuk Tokyo ke Osaka dengan pesawat lebih baik daripada naik train ? soalnya saya brwosing lebih murah naik pesawat drpd train

    Terima Kasih.

  77. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Selamat malam Pak. Bapak bisa jalan-jalan ke Hakone/ Kawaguchiko/ Fuji, Gotemba Premium Outlets dan menginap satu malam di Gotemba, supaya esoknya bisa ke Snow Town Yeti. Malamnya bisa kembali ke Tokyo. Untuk passnya bisa membeli Hakone Pass. Untuk hotel silakan bisa dilihat di halaman artikel website, website infojepang sudah otomatis memberikan rekomendasi hotel yang murah.
    Kalau memang lebih murah naik pesawat ya silakan naik pesawat pak, dengan catatan ongkos dari Tokyo ke Narita dan Kansai Airport ke Osaka totalnya paling murah sekitar 3.000 yen. Silakan dibandingkan tiket pesawat +3.000 yen dengan naik shinkansen. Jangan lupa cek juga waktu keberangkatan pesawat dan ketibaan, jangan terlalu malam atau pagi supaya anak-anak tidak lelah. Salam

  78. Pagi pak nugroho.perjalanan kami dimulai tgl 30 dec-6 jan dari jakarta.kira kira sampai si tokyo narita tgl 30 dec jam 5sore. Tgl 31 dec ke kawaguchiko, tgl 1 jan kita rencana ke disney sea, tempat tinggal kami di tokyo dekat stasiun ochiai, tgl 2 menuju kyoto, tgl 4 menuju osaka,balik jkt tgl 6 pagi dari osaka.apakah ada saran itinerary yang efektif dan sesuai dengan rencana kami.mengingat waktu kita sangat terbatas.apa kita perlu membeli jr pass?di rute yang mana jika kita ingin mencoba naik shinkansen yang tarifnya lebih murah? Terima kasih

  79. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Selamat pagi Ibu. Karena tidak ada perjalanan PP Tokyo-Osaka, tidak perlu membeli JR Pass Ibu.
    Kalau memang diperlukan, nanti silakan memesan tiket shinkansen untuk perjalanan tanggal 2 menuju ke Kyoto. Itu lebih murah dibandingkan membeli JR Pass.
    Untuk perjalanan di Kyoto bisa membaca contoh itinerary di bagian komentar artikel perjalanan di Kyoto. Lalu di Osaka bisa menggunakan Osaka Amazing Pass yang gratis biaya masuk tempat-tempat wisata terkenal di Osaka. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!