Itinerary Tokyo Osaka 8 Hari

You are here Home  > Center Town, Itinerary Perjalanan >  Itinerary Tokyo Osaka 8 Hari

Selamat siang para pembaca setia website infojepang. Karena ada begitu banyak komentar yang menanyakan mengenai contoh itinerary ke redaksi tim infojepang, maka tim infojepang akan secara berkala membuat artikel tentang itinerary perjalanan di Jepang. Beberapa itinerary perjalanan lokal seperti di Kyoto atau di Sapporo sudah pernah dipublikasikan, namun sepertinya pembaca memerlukan masukan itinerary perjalanan selama di Jepang dan antar kota. Kali ini Tim Infojepang sudah menyusun itinerary Tokyo Osaka 8 hari. Secara garis besar, itinerary ini mengunjungi jalur emas liburan di Jepang, ke tiga kota utama Osaka, Kyoto, dan Tokyo. Mendarat di Kansai Airport dan kembali dari Haneda Airport, sehingga tidak perlu membeli JR Pass 29.110 yen (karena hanya satu arah). Rute perjalanan ini disusun oleh Tim infojepang yang memandu wisatawan Indonesia via Tour Guide Online. Bagi teman-teman yang punya pertanyaan mengenai itinerary Tokyo Osaka 8 hari, atau pertanyaan bagaimana kalau rutenya diubah sedikit, silakan bertanya ke Tim infojepang. Kami akan segera menjawab pertanyaan kamu.

Daftar Lengkap Itinerary Tokyo Osaka 8 Hari

peta itinerary Tokyo Osaka 8 hari

Peta itinerary Tokyo Osaka 8 hari

Itinerary Tokyo Osaka Hari 0

Perjalanan dengan Garuda Indonesia dari Jakarta ke Kansai Airport. Kali ini karena tidak ada PP Tokyo-Osaka, tidak membeli JR Pass dan naik bus malam supaya bisa hemat ongkos transportasi.

Itinerary Tokyo Osaka Hari 1

1. Dari Kansai Airport Osaka, naik Nankai Rapid ke Shinsaibashi Station. Buat yang tidak punya JR Pass lebih baik naik kereta Nankai sebab ongkosnya sedikit lebih hemat. Kemudian titip koper di Osaka Hana Hostel (Hotel ini terletak 300m dari stasion Shinsaibashi dengan harga Rp. 599.670,-/night untuk 3 malam) dipesan via www.booking.com.

Menyelusuri Osaka – Osaka Castle – Umeda Sky Building – Osaka Station – Check In Hotel – Shinsaibashi Suji – Dotonbori – Kembali ke Hotel

Osaka Castle: Ini adalah ikon wisata kota Osaka dan kita bisa menyaksikan pemandangan kota Osaka bagus sekali. Dari Shinsaibashi Station naik kereta subway Nagahori Tsurumi-ryokuchi sampai ke Morinomiya Station, dan Osaka Castle sudah nampak di depan mata begitu keluar dari stasiun. Jika hanya berkeliling dan berfoto di halaman Osaka Castle gratis, namun jika ingin masuk ke dalam Istana dan melihat pemandangan tiketnya 600 yen. Saya membayar tiket dan melihat pemandangan kota Osaka dari ketinggian.

Perjalanan selanjutnya adalah ke Umeda Sky Building. Bisa kembali ke Osakajokoen Station dan naik JR Osaka Loop Line kembali ke arah Osaka Station. Keluar dari pintu Osaka Grand Front dan ikuti terowongan untuk jalan memotong sampai ke Umeda Sky Building. Kita bisa bayar 800 yen dan langsung naik elevator ke lantai 39 gedung Umeda Sky Building. Elevatornya transparan jadi agak takut sewaktu melihat pemandangan tembus pandang ke bawah. Namun setelah sampai di atas, sangat puas melihat pemandangan kota Osaka yang dibelah sungai Yodogawa. Saran saya kalau bisa pergi saat sore hari, kita bisa lihat pemandangan senja yang indah dari Umeda Sky Building.

Karena sudah menjelang pukul 15.00 waktu check in hotel, kami pun bergegas untuk kembali ke Shinsaibashi. Bisa kembali lewat terowongan bawah tanah ke Osaka Grand Front sambil melihat suasana pusat perbelanjaan di tenagh-tengah Osaka. Kita bisa membeli cemilan atau berbelanja singkat di sini. Bisa juga duduk santai di taman Osaka Grand Front sambil berinternetan ria via wifi gratis. Perjalanan dilanjutkan dengan naik kereta subway Midosuji Line dari Osaka Station ke Shinsaibashi Station.

Setelah berbenah, mandi, dan berganti baju, kami melanjutkan perjalanan ke Shinsaibashi Shopping Street dan Dotombori (daerah ini sangat dekat dengan Namba Osaka). Pas malam hari saat hari mulai gelap, jangan lupa berfoto di Dotombori dengan latar belakang Giant Crab atau Glico Man yang terkenal. Kita juga bisa menikmati kuliner khas Osaka di restoran-restoran di pusat perbelanjaan Shinsaibashi dan Dotombori. Kembali ke hotel setelah agak malam.

Suasana Shin Saibashi Osaka

Suasana Shin Saibashi Osaka

Hari 2: Mengunjungi tempat-tempat wisata di Kyoto

Perjalanan mengunjungi Kyoto, PP dari hotel di Shinsaibashi Osaka. Pertama naik subway Midosuji sampai Shin Osaka station dan naik shinkansen sampai Kyoto Station. Di Kyoto Station pertama membeli one day Kyoto Bus pass lalu pergi mengunjungi tempat-tempat wisata. Urutannya adalah Kyoto Station, Kuil Sanjusangendo, Kuil Kiyomizudera, Distrik Higashiyama, Gion, makan siang di Nishiki Market, dan terakhir ke Kuil Kinkakuji sebelum kembali ke hotel via Kyoto Station. Pemandangannya bagus-bagus semua, dan sayang tidak sempat ke Kyoto Tower, Arashiyama, atau Kuil Ginkakuji yang kayaknya bagus banget pemandangannya.

Ongkos shinkansen Nozomi Shin-Osaka sampai Kyoto 1.380 yen (paling murah kalau mau coba naik shinkansen di Jepang). Lalu, tiket masuk ke Kuil Sanjusangendo 600 yen, tiket masuk Kuil Kiyomizudera 300 yen, Kuil Kinkakuji 400 yen

Hari 3: Mengunjungi Universal Studio – Osaka Aquarium

Hari ini mengunjungi Museum Takoyaki Osaka dan jalan-jalan di Citywalk saja, tidak masuk ke Universal Studios Japan. Dari Shinsaibashi naik subway Midosuji sampai ke Tennoji Station dan kemudian naik kereta JR sampai di Nishikujo, transfer ke kereta JR menuju ke Universal City Station (stasiun terdekat di Universal Studios Japan).

Kemudian bisa naik kereta JR lagi dari Universal City Station sampai ke Nishikujo (sama seperti waktu pergi di pagi hari). Dari Nishikujo naik kereta JR sampai Bentencho Station dan berganti ke subway Osaka Chuo Line sampai ke Osakako Station. Kami kemudian melihat Osaka Akuarium sampai agak sore hari dan kemudian ke Taman Tempozan. Di Taman Tempozan, kita bisa naik bianglala besar dan melihat pemandangan kota Osaka dari ketinggian. Pulangnya bisa ke Tempozan Marketplace untuk makan malam sebelum kembali ke hotel.

Tiket masuk Osaka Akuarium Kaiyuukan 2.300 yen untuk dewasa dan 1.200 yen untuk anak-anak. Lalu biaya naik bianglala di Tempozan adalah 800 yen. Agak menyesal juga tidak membeli Osaka Amazing Pass yang dapat potongan kalau pergi ke Tempozan atau Umeda dan lain-lain.

Tempozan Marketplace Osaka

Tempozan Marketplace Osaka

Itinerary Tokyo Osaka Day 4 : Osaka – Tokyo

Perjalanan ke Tokyo bisa naik bus dengan harga 3.400-5.800 yen per orang atau naik shinkansen dengan harga 14.450 yen per orang. Bisa disesuaikan dengan kondisi teman–teman. Bagi yang punya JR Pass, silakan memanfaatkan dengan naik shinkansen. Bagi yang ingin berhemat, bisa naik bus willer. Naik bus willer tiba di Shinjuku Station. Kemudian naik kereta JR Yamanote Line, pergi ke Harajuku, Yoyogi Park, Shibuya, Stasiun Tokyo, dan Akihabara. Mengenai kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan di tempat-tempat di atas bisa dibaca di masing-masing link. Kalau semuanya ditulis di sini, bakalan panjang banget. Sorenya ke Web Hotel Tokyo Asakusabashi.

Itinerary Tokyo Osaka Hari 5

Berkeliling tempat-tempat wisata populer di Tokyo: Asakusa, Gerbang Kaminarimon, Kuil Sensoji, Nakamise Street, lalu mencoba naik kapal Sumida River Cruise, Tokyo Sky Tree, dan kembali ke hotel malamnya.

Dari hotel di Asakusabashi naik subway Asakusa Line sampai ke Asakusa Station tiket 180 yen. Lalu keliling Asakusa, foto-foto di Kaminarimon dan Kuil Sensoji, belanja oleh-oleh di Nakamise Street. Setelah itu mencoba Tokyo Cruise Sumida River 720 yen. Pergi juga ke Tokyo Skytree dan melihat pusat perbelanjaan Tokyo Solamachi di bawahnya. Di Tokyo Skytree hanya foto-foto saja, tidak naik ke atas.

Kuil Sensoji di Asakusa

Kuil Sensoji di Asakusa

Itinerary Tokyo Osaka Hari 6

Hari ke 6 kita berkeliling tempat wisata di Tokyo, seperti Museum Doraemon, Tokyo Tower (tidak naik, hanya foto-foto di bawah saja), Istana Kaisar. Menjelang sore hari ke Odaiba Decks dan berfoto di Taman Odaiba dengan patung liberty dan keindahan malam Rainbow Bridge.

Rainbow Bridge dari Taman Odaiba

Rainbow Bridge dari Taman Odaiba

Itinerary Tokyo Osaka Hari 7

Bermain sepuasnya di Tokyo Disneysea

Beruntung banget sempat baca tips bermain di Tokyo Disneysea sehingga bisa mencoba lebih banyak permainan. Malamnya istirahat sebentar dan merapikan barang-barang karena esok hari akan kembali ke Jakarta.

Itinerary Tokyo Osaka Hari 8

Tokyo Haneda – Jakarta dengan pesawat Garuda

Ongkos dari Asakusabashi sampai ke Haneda Terminal 1 570 yen, tidak perlu ganti-ganti kereta.

Sumber gambar: Flickr Loïc Lagarde, cwfoodtravel

Recommended for you

Last modified: November 13, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Show Comments

Comments (34)

  1. Halo Pak Nugroho,

    Mau tanya utk transportasi menggunakan JR Pass…
    Di hari terakhir di Jepang, saya akan menginap di daerah Tokyo Disney Resort, apakah saya bisa menggunakan JR Pass dari Tokyo Disney Resort menuju Bandara Narita?
    Jika bisa, bagaimana transportasi menuju Bandara Narita dan berapa lama perjalanan menuju ke bandara Narita?

    Terima kasih atas bantuannya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dari Tokyo Disneyland (Maihama Station) bisa naik kereta ke Tokyo Station, kemudian naik Narita Express langsung ke Narita Airport.
      waktu perjalanannya sekitar 1 jam 40 menit, dan ongkosnya semua tercover oleh JR Pass
      Salam

  2. Hai bisa bantu sy buatkan Rute jalan2, sy bingung krn bawa bayi 2th. Perjalanan saya 10 hari.. hari ke 10 sdh harus flight ke jakarta siang hari dari osaka. Kedatangan sy dari tokyo. Tanggal 24maret 2017 sy tiba di haneda, kembali 2april 2017 dr kansai

    Untuk di tokyo mungkin 1- 5 hari
    Hakone 1 day trip
    Sisanya osaka dan kyoto.
    Rugi gak kalau saya mampir ke disney, krn anak sy baru usia 22bulan nanti pada saat kesana.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Shinjuku bisa naik kereta Yamanote Line sampai ke Shinagawa/ Tokyo Station kurang lebih 20 sampai 30 menit.
      Kemudian naik shinkansen sampai Shin Osaka Station, dengan waktu perjalanan kurang lebih 2,5 jam. Ongkosnya sekitar 13.620 yen dengan tiket shinkansen. Salam

  3. Pak nugroho, kita sampai di osaka untuk itinerary tokyo – kyoto – osaka dengan waktu 5 hari cukup ngk waktunya rencana pas tiba malam harinya kita naik bus ke tokyo

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Bapak/Ibu Herny. Mohon maaf, kami tidak mengerti maksud pertanyaannya.
      Kalau 5 hari perjalanannya, ya bisa saja diatur dari 8 hari untuk 5 hari Pak. Salam

  4. Cindy Julia Paramitha  |  

    Halo admin, saya akan ke jepang di bulan april 2017. hostel murah di kyoto di daerah mana ya? yg deket arashiyama dan fushimini inari.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk tarif guide sehari harganya 25.000 yen Ibu. Tanggal 22 bulan apa ya sampainya?
      Salam

  5. Malam pak nugroho, saya mau ikut nanya dong, rencana saya, suami dan 2 anak 12/9th mau ke jepang pertengahan feb 20 17 dan 9hari termsk perjlan (efektip 7hari) via kansai plg kansai lg, apakah terlalu mepet jika saya pergi ke osaka-kyoto-tokyo, atau cukup disekitaran osaka-kyoto? Bs rekomen tempat sekitar sana yg masih ada sisa salju buat main anak2? Makasih pak nugroho

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Sepertinya 7 hari cukup bu untuk mengelilingi Osaka, Kyoto, dan Tokyo.
      Ibu silakan baca-baca dulu informasi wisata di Osaka, di Kyoto, atau di Tokyo.
      Bisa juga ke Shirakawago untuk melihat pemandangan salju, atau ke Resort Ski Biwako Valley (di prefektur Shiga, sebelah Kyoto) jika ingin bermain salju.
      Lalu mengenai

  6. kalau di tokyo, rekomendasinya tinggal di daerah mana ya?
    preferensinya adalah utk jalan2 seperti itinerary dan shopping di shibuya shinjuku dan sekitarnya

  7. Halo!
    Saya berencana ke Jepang via narita lalu menuju Hokkaido-Tottori-Osaka-Kyoto-Tokyo.
    Karena waktu yang cukup terbatas (10 hari), saya berniat membeli JR Pass. Apakah ada opsi train pass lain yang lebih murah?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. JR Pass (29.110 yen) adalah pilihan yang terbaik Pak, sebab pass yang lain tidak mengcover semua daerah yang Bapak ingin pergi.
      Salam

  8. Tapi pertimbangan ane kalo naik overnight bus ane bisa ngehemat biaya penginapan kan ya min? Frekuensi kereta nya sering kan ya min kalo kita beli pass? Jd ane bisa free dr tokyo – kanazawa – osaka – kyoto ya min kalo beli itu? Admin ada jasa beliin tiket pass atau bis willer nggak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya betul Rifki. Akan jauh lebih praktis jika Rifki membeli sendiri, informasi Rifki juga terjaga tanpa perlu dibagikan kepada kami. Salam

  9. menurut mimin lebih murah naik willer overnight bus apa pake tokyo osaka hokuriku arch pass? jadi dari tokyo – kanazawa, kanazawa – osaka, osaka – tokyo naik willer overnight bus terus gitu bisa kan min? terus kalau mau kawaguchiko lake sm mount fuji bisa naik bis aja kan min dr tokyo?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau naik bus tentu akan lebih murah, namun harus benar-benar tepat waktu saat akan berangkat.
      Tim infojepang menyarankankan membeli pass kereta, karena akan balik modal juga, jadi tidak rugi kalau naik kereta dengan pass.
      Untuk ke Kawaguchiko dan Gunung Fuji bisa naik bus dari Shinjuku Tokyo. Salam

  10. Min, ane mau tanya nih, kalau saya awal dari tokyo dan bakal balik dari tokyo juga, waktu ane 10 hari, saya mau ke osaka dan kyoto juga, tapi sebelum itu saya mau mampir ke kanazawa dl utk melihat shirakawago dll, itu rutenya gmn ya? dan naik apa yg paling murah? kalo willer bus itu bisa beli di tempat sebelum kita berangkat ga min? terima kasih

  11. Selamat Malam,

    4 dec : Taipei – Narita Tokyo
    9 dec : Kansai Osaka – Taipei

    Yang ingin dikunjungi :
    Tokyo –> Disneyland
    Hakone –> Mt. Fuji, Gotemba Premium Outlet, Snow Resort Yeti
    Kyoto –> Blm tahu tempat yang recommended
    Osaka –> Universal Studio

    Saya berencana naik pesawat dari Tokyo ke Osaka. Tinggal di Tokyo 3 malam, di Osaka 2 malam. Saya berencana tidak beli JR pass.

    Yang ingin ditanyakan :
    1. Bagaimana itinerary yang pas dengan jadwal tsb diatas dan bagaimana transportasinya ?
    2. Pass apa yang saya butuhkan (selama di Tokyo, Kyoto, Osaka, Hakone) ?
    3. Hotel apa di Tokyo dan Osaka yang dekat dengan metro (soalnya bawa koper dan anak) ?
    4. Tempat wisata lain yang recommended sesuai dengan jadwal tsb ?
    5. Untuk Tokyo ke Osaka dengan pesawat lebih baik daripada naik train ? soalnya saya brwosing lebih murah naik pesawat drpd train

    Terima Kasih.

  12. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Selamat malam Pak. Bapak bisa jalan-jalan ke Hakone/ Kawaguchiko/ Fuji, Gotemba Premium Outlets dan menginap satu malam di Gotemba, supaya esoknya bisa ke Snow Town Yeti. Malamnya bisa kembali ke Tokyo. Untuk passnya bisa membeli Hakone Pass. Untuk hotel silakan bisa dilihat di halaman artikel website, website infojepang sudah otomatis memberikan rekomendasi hotel yang murah.
    Kalau memang lebih murah naik pesawat ya silakan naik pesawat pak, dengan catatan ongkos dari Tokyo ke Narita dan Kansai Airport ke Osaka totalnya paling murah sekitar 3.000 yen. Silakan dibandingkan tiket pesawat +3.000 yen dengan naik shinkansen. Jangan lupa cek juga waktu keberangkatan pesawat dan ketibaan, jangan terlalu malam atau pagi supaya anak-anak tidak lelah. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan