Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass adalah salah satu pass (tiket kereta multi jalur) yang bisa digunakan untuk bepergian dengan naik kereta dari Tokyo-Osaka dengan kereta Shinkansen Hokuriku. Jalur ini berbeda dengan jalur Tokaido Shinkansen yang merupakan jalur tercepat melalui Shin-Yokohama-Nagoya (jalur selatan) yang hanya 2 jam. Jalur kereta Shinkansen Hokuriku ini akan melalui tempat-tempat wisata di Hokuriku, sebelah utara pulau Honshu, melewati prefektur NaganoToyama dan Kanazawa.

Pass ini sangat kami rekomendasikan bagi teman-teman yang ingin mengunjungi kota-kota di Kansai seperti Osaka, Kyoto, Nara, dan Kobe, lalu tempat-tempat wisata di Tokyo, sambil mencoba menjelajahi daerah-daerah baru seperti Nagano, dan Kanazawa (jalur termudah ke Shirakawago) spatau Toyama (Tateyama Kurobe Alpine). Tempat-tempat wisata apa saja yang tercover oleh Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass? Simak informasi lengkap plus hitung-hitungan ala Tim Info Jepang.

Berapa harga Hokuriku Arch Pass?

Tokyo-Hokuriku Shinkansen-Osaka
Harga di luar JepangHarga di Jepang
Dewasa (>12 tahun)24.000 yen25.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun)12.000 yen12.500 yen
Masa berlaku7 hari berurutan
Beli Online
JR Hokuriku Arch Pass

Hokuriku Arch Pass  bagi teman-teman yang ingin melakukan perjalanan antara kota-kota dan beberapa tempat wisata terkenal berikut ini:

  1. Keliling kota Tokyo + Bandara Haneda + Narita Airport
  2. Kyoto (tempat wisata di Kyoto)
  3. Osaka (detail tempat wisata Osaka) + Kansai Airport (kereta limited ekspress Haruka, hanya kursi non-reserved)
  4. Nara dan Kobe
  5. Toyama (Toyama Castle, Kansui Park, Warisan Budaya Kuil Zuiryuji, Tateyama Kurobe Alpine Route, Tebing Kurobe, Unazuki Onsen)
  6. Kanazawa (Taman Kenrokuen, Kanazawa Castle, Pasar Omicho Ichiba, Museum 21 Century Art, Distrik Higashi Chaya)
  7. Nagano
  8. Fukui, dengan naik kereta Dinastar dari Stasiun Kanazawa ke Stasiun Fukui.

Peta Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

Peta Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

Ada beberapa tempat wisata yang TIDAK tercover oleh Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass, seperti Gunung Fuji-Kawaguchiko, Yokohama, Hakone, Kawazu, Gala Yuzawa, Nikko dan yang lainnya. Jika teman-teman memang tidak berencana mengunjungi tempat-tempat tersebut, maka Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass adalah pilihan terbaik karena bisa menghemat sampai dengan 5.000 yen dibandingkan dengan JR Pass reguler.

Beli Online
JR Hokuriku Arch Pass

Objek wisata di Toyama (selengkapnya)

  • Tebing Kurobe Kyokoku

    Tebing Kurobe Kyokoku Toyama di musim gugur

    Di Tateyama-Kurobe Alpine Route, kita juga bisa melihat tebing Kurobe Kyokoku yang terkenal. Proses terbentuknya tebing ini mirip seperti Grand Canyon di Amerika. Sungai Kurobegawa mengalir antara Tateyama dan Ushiro-Tateyama, dan mengerus permukaan tanah beribu-ribu tahun sehingga membuat jurang Ku...


  • Unazuki Onsen

    Pemandangan tebing di Unazuki Onsen

    Di Unazuki Onsen kita bisa mencoba pemandian air panas ala Jepang, merasakan keindahan alam tebing dan sungai Kurobe, juga banyak kegiatan-kegiatan seru yang hanya ada di sini....


  • Gokayama

    Keindahan warisan budaya dunia Gokayama

    Pengalaman berkunjung dan melihat pemandangan, keindahan alam, dan masyarakat Gokayama tentu jadi pengalaman yang tidak terlupakan. Berikut liputan perjalanan ke Gokayama dan Shirakawago di Jepang....




Objek wisata di Kanazawa (selengkapnya)

  • Kanazawa Castle

    Kompleks Kastil Kanazawa ini terdiri dari taman dan bangunan kastil di area seluas 12 hektar di tengah kota Kanazawa. Kita bisa mengunjungi taman Kastil Kanazawa dan bangunan kastil yang megah...


  • Kuil Ninja Myoryuji

    Pintu masuk Kuil Ninja Myoryuji

    Beberapa objek wisata terkenal seperti gerbang Tsuzumi di Kanazawa Station, pasar Omicho Ichiba, Taman Kenrokuen, dan Kanazawa Castle jadi objek wisata utama. Tapi tahukah kamu, bahwa ada kuil ninja di daerah ini?...


  • Machinori Keliling Kanaza

    Machinori Keliling Kanazawa dengan sepeda

    Kita bisa berkeliling kota dengan Bus Loop Kanazawa, atau dengan Machinori. Simak perjalanan Tim Info Jepang machinori keliling Kanazawa naik sepeda sewaan....



Di mana membeli Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass?

Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass ini hanya berlaku bagi wisatawan asing dengan visa jangka pendek (tidak lebih dari 90 hari) yakni visa turis. Pass ini bisa dibeli sebelum berangkat ke Jepang (kita bisa memperoleh potongan harga 1.000 yen!) melalui internet dan ditukar dengan tiket/pass asli setibanya di Jepang. Teman-teman bisa membeli dan menukar voucher tiket di stasiun atau tempat-tempat berikut ini.

  1. Bandara Narita (Terminal 1,2,3, dan Terminal Internasional)
  2. Bandara Haneda (Terminal Internasional)
  3. Stasiun kereta besar di Tokyo, antara lain di Stasiun Tokyo, Shinjuku, Shinagawa, Shibuya, Ikebukuro, dan Ueno
  4. Bandara Kansai
  5. Stasiun kereta besar di wilayah Kansai, antara lain Stasiun Osaka, Stasiun Shin-Osaka, dan Stasiun Kyoto
  6. Stasiun Yokohama
  7. Stasiun Nagano
  8. Stasiun Toyama
  9. Stasiun Kanazawa

Bagaimana cara menggunakannya Hokuriku Arch Pass?

  1. Seperti penggunaan JR Pass, teman-teman cukup menunjukkan pass dan passport kepada petugas di pintu masuk area peron kereta.
  2. Dengan pass ini, teman-teman bisa melakukan reservasi kursi pesanan tanpa tambahan biaya. Cukup datang ke loket tiket di stasiun-stasiun di atas sehari sebelum penggunaan atau keberangkatan dan melakukan reservasi kursi.
  3. Jika ingin menggunakan Green-Car atau Gran Class (kereta eksekutif) dibutuhkan tambahan biaya yang bisa dibayarkan di loket tiket. Namun, pengalaman Tim Info Jepang kursi biasa sudah cukup nyaman kok.
  4. Pass ini tidak bisa digunakan untuk naik kereta Tokaido Shinkansen atau Sanyo Shinkansen.

Jalur-jalur kereta yang masuk cakupan Hokuriku Arch Pass

Berikut ini adalah jalur kereta yang bisa kita lalui dengan Hokuriku Arch Pass tanpa batas (boleh berkali-kali) tanpa perlu membayar tiket lagi.

  1. Beberapa jalur kereta JR utama di wilayah Tokyo, Kansai (Osaka, Kyoto, Kobe, Nara), area Hokuriku (Kanazawa, Nagano, Toyama), termasuk akses dari Bandara Haneda, Narita, dan Kansai menuju kota Tokyo dan Osaka
  2. Kereta Narita Express dari Bandara Narita airport menuju Stasiun Tokyo, Shinagawa, Shibuya, Shinjuku, dan Ikebukuro
  3. Kereta Tokyo Monorail dari Bandara Haneda sampai Stasiun Hamamatsucho
  4. Kereta Shinkansen Hokuriku dari Tokyo dan Kanazawa (untuk tipe kereta Kagayaki, Hakutaka, Asama, dan Tsurugi), melalui Nagano, Toyama, Shin-Takaoka, dan berakhir di Stasiun Kanazawa
  5. Kereta Shinkansen Tohoku dan Shinkansen Yamagata untuk rute Stasun Tokyo sampai Stasiun Omiya
  6. Kereta Joetsu Shinkansen dari Stasiun Tokyo sampai Stasiun Omiya
  7. Kereta Limited Express Thunderbird dari Semenanjung Noto, Stasiun Kanazawa, Kyoto, hingga Stasiun Osaka
  8. Kereta Limited Express Haruka dari Bandara Kansai menuju Stasiun Kyoto, Shin-Osaka, dan Tennoji (hanya kursi non-reserved)
  9. Kereta JR Etsumi-Hokusei Line dari Fukui dan Kuzuryuko
  10. Kereta JR Nanao Line dari Tsubata dan Nanao
  11. Kereta JR Himi Line dari Takaoka dan Himi
  12. Kereta JR Johana Line dari Takaoka, Toyami, dan Johana
  13. Kereta JR Takayama Line dan kereta limited ekspress View Hida dari Toyama dan Inotani (menuju ke Takayama)
  14. Kereta JR Oito Line dari Itoigawa dan Minami-Otari
  15. JR Sagano Line dari Stasiun Kyoto sampai Stasiun Kameoka (melalui Stasiun Saga-Arashiyama)
  16. Seluruh kereta non-JR (operator swasta) yaitu: kereta jalur Ishikawa Railway (Kanazawa, Tsubata, Kurikara), Ainokaze Toyama Railway (Kurikara, Takaoka, Toyama, hingga Ichiburi di Niigata), dan kereta jalur Noto (Anamizu, Hosu, dan Suzu di Prefektur Ishikawa).

Kapan kita harus menggunakan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass?

Logikanya sederhana, jika teman-teman hanya ingin mengunjungi Tokyo-Kyoto/Osaka ditambah Nara dan Kobe tanpa ingin mengejar waktu, bisa menggunakan pass ini. Harganya 24.000 yen atau lebih murah 5.000 yen daripada JR Pass yang biasa (29.110 yen). Perjalanan dengan Hokuriku Shinkansen akan membuat waktu perjalanan kita menjadi jauh lebih panjang (bertambah 3 jam) jika ingin bepergian Tokyo-Kyoto/Osaka, namun teman-teman bisa berkesempatan melihat sisi lain Jepang yakni wilayah pesisir utara yakni Kanazawa, Toyama, dan Nagano yang tidak kalah keren.

Jika dalam itinerary teman-teman tidak ada rencana untuk mengunjungi Tokyo, JANGAN membeli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass ini. Teman-teman bisa membeli Takayama Hokuriku Pass seharga 14.000 yen yang jauh lebih murah dan efektif untuk liburan Kansai, Nagoya, Kanazawa, dan Toyama.

Beli Online
JR Hokuriku Arch Pass

Hitung-hitungan Ala Tim Info Jepang

Berikut ini adalah daftar itinerary yang MENGUNTUNGKAN jika kita menggunakan Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass.

  1. Bandara Narita atau Haneda – Tokyo – Kanazawa/ Toyama – Tokyo – Bandara Narita atau Haneda. Dari Toyama, kita bisa lanjut naik kereta Tateyama Line sampai ke Tateyama Station pintu masuk Tateyama Kurobe Alpine. Namun perlu tiket tambahan untuk bisa ke Nagano dari Shinano Omachi.
  2. Bandara Narita atau Haneda – Tokyo – Kanazawa/ Toyama – wilayah Kansai (Osaka/ Kyoto/ Nara/ Kobe) – Bandara Kansai.
  3. Bandara Narita atau Haneda – Tokyo – Kanazawa/ Toyama – (Tateyama Kurobe Alpine Route) – Kembali via Nagano – Tokyo.
  4. Itinerary Perjalanan Tokyo-Tateyama Kurobe Alpine.
  5. Itinerary Perjalanan Tokyo-Shirakawago-Tateyama Kurobe Alpine
  6. Perjalanan pulang pergi dari Tokyo – Kanazawa/ Takaoka/ Toyama.
  7. Bandara Kansai – wilayah Kansai (Osaka/ Kyoto/ Nara/ Kobe) – Kanazawa/Toyama – Nagano – Osaka/Kyoto/Kobe/Nara – Bandara Kansai

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Kamifurano

Pesona dan keindahan alam Hokkaido sudah terkenal hampir di seluruh dunia. Bagaimana cara keliling tempat-tempat wisata Hokkaido dengan hemat? Berikut rahasianya.

Free Pass Kyoto

Tim Info Jepang sudah merangkum 5 free pass Kyoto yang sangat bermanfaat dalam liburan di Kyoto. Selain mendapatkan keuntungan berupa potongan harga, perjalanan juga akan jadi praktis tidak perlu membayar sana-sini.

Membeli JR Pass di Jepang

Kalau dulu JR PASS hanya bisa dibeli dari agen perjalanan di luar negeri, maka mulai dari Maret tahun 2017 ini, kamu bisa membeli JR Pass di Jepang. Bagaimana caranya?

Sebagai catatan, jika teman-teman ingin mengunjungi area Tokyo Disneyland, Tokyo DisneyseaGunung Fuji dan Kawaguchiko, Hakone, Nagoya, Gala Yuzawa, Nikko lebih baik menggunakan JR Pass atau JR Tokyo Wide Pass. Sebab tempat-tempat wisata ini tidak tercover oleh Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass.

Beli Online
JR Hokuriku Arch Pass

Jika ada pertanyaan mengenai cara penggunaan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass ini silakan menanyakannya via kotak komentar di bawah ini, Tim Info Jepang akan membagi pengalaman dan cara menggunakannya.


Kaetsuno Bus ke Takaoka-Gokayama-Shirakawago

Namun kalau teman-teman ingin mengunjungi Gokayama dan Shirakawago, maka bisa naik Kaetsuno Bus ke Takaoka-Gokayama-Shirakawago.


bus nohi ke shirakawago

Berikut ini adalah jadwal bus-bus di rute Toyama-Kanazawa-Shirakawago-Takayama. Teman-teman bisa mengatur jadwal keberangkatannya sesuai dengan jadwal berikut.

Tour ke Takayama, Shirakawago, dan Gokayama

  1. Half Day Tour, dengan rute Takayama-Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
  2. One Day Tour, dengan rute Takayama-Gokayama Ainokura Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
  3. Kanazawa-Shirakawago-Gokayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  4. Kanazawa-Shirakawago-Takayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)

Cheap Hotels near Kanazawa Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Guest House Ochakare
Guest House Ochakare
from ¥5400/night
Toyoko Inn Kanazawa Kenro
Toyoko Inn Kanazawa Kenrokuen Korimbo
from ¥8560/night
APA Hotel Kanazawa-Ekimae
from ¥5483/night
Kanazawa Guest House East
Kanazawa Guest House East Mountain
from ¥8500/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr hans-johnson

Last modified: August 3, 2019

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!