Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass adalah salah satu pass (tiket kereta multi jalur) yang bisa digunakan untuk bepergian dengan naik kereta dari Tokyo-Osaka dengan kereta Shinkansen Hokuriku. Jalur ini berbeda dengan jalur Tokaido Shinkansen yang merupakan jalur tercepat melalui Shin-Yokohama-Nagoya (jalur selatan) yang hanya 2 jam. Jalur kereta Shinkansen Hokuriku ini akan melalui tempat-tempat wisata di Hokuriku, sebelah utara pulau Honshu, melewati prefektur NaganoToyama dan Kanazawa. Pass ini sangat kami rekomendasikan bagi teman-teman yang ingin mengunjungi kota-kota di Kansai seperti Osaka, Kyoto, Nara, dan Kobe, lalu tempat-tempat wisata di Tokyo, sambil mencoba menjelajahi daerah-daerah baru seperti Nagano, dan Kanazawa (jalur termudah ke Shirakawago) atau Toyama (Tateyama Kurobe Alpine). Tempat-tempat wisata apa saja yang tercover oleh Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass? Simak informasi lengkap plus hitung-hitungan ala Tim Info Jepang.

Berapa harga Hokuriku Arch Pass?

Tokyo-Hokuriku Shinkansen-Osaka
Harga di luar Jepang Harga di Jepang
Dewasa (>12 tahun) 24.000 yen 25.000 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 12.000 yen 12.500 yen
Masa berlaku 7 hari berurutan

Hokuriku Arch Pass  bagi teman-teman yang ingin melakukan perjalanan antara kota-kota dan beberapa tempat wisata terkenal berikut ini:

  1. Keliling kota Tokyo + Haneda + Narita Airport
  2. Kyoto (tempat wisata di Kyoto)
  3. Osaka (detail tempat wisata Osaka) + Kansai Airport
  4. Nara dan Kobe
  5. Toyama (Toyama Castle, Kansui Park, Warisan Budaya Kuil Zuiryuji, Tateyama Kurobe Alpine Route, Tebing Kurobe, Unazuki Onsen)
  6. Kanazawa (Taman Kenrokuen, Kanazawa Castle, Pasar Omicho Ichiba, Museum 21 Century Art, Distrik Higashi Chaya)
  7. Nagano
Peta Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

Peta Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

Objek wisata di Toyama (selengkapnya)

  • Gokayama

    Keindahan warisan budaya dunia Gokayama

    Pengalaman berkunjung dan melihat pemandangan, keindahan alam, dan masyarakat Gokayama tentu jadi pengalaman yang tidak terlupakan. Berikut liputan perjalanan ke Gokayama dan Shirakawago di Jepang....


  • Unazuki Onsen

    Pemandangan tebing di Unazuki Onsen

    Di Unazuki Onsen kita bisa mencoba pemandian air panas ala Jepang, merasakan keindahan alam tebing dan sungai Kurobe, juga banyak kegiatan-kegiatan seru yang hanya ada di sini....


  • Takaoka Otogi no Mori Par

    Halaman Takaoka Otogi no Mori Park

    Jika Doraemon berada di dalam ruangan museum Fujiko F. Fujio di Kawasaki, maka di Taman Takaoka Otogi no Mori Park, kita bisa melihat mereka semua bermain riang di halaman! Kamu bisa berfoto dengan bebas dengan latar belakang pepohonan dan langit yang biru, alam indah Toyama....




Objek wisata di Kanazawa (selengkapnya)

  • Taman Kenrokuen

    Keindahan Taman Kenrokuen di Kanazawa

    Taman Kenrokuen di Kanazawa, Ishikawa merupakan salah satu dari tiga taman bergaya Jepang terindah. Meliputi area seluas lebih dari 11 hektar di pusat kota Kanazawa, taman ini selalu jadi tempat favorit bagi para wisatawan....


  • Kanazawa Castle

    Bangunan menara Kanazawa Castle

    Kompleks Kastil Kanazawa ini terdiri dari taman dan bangunan kastil di area seluas 12 hektar di tengah kota Kanazawa. Kita bisa mengunjungi taman Kastil Kanazawa dan bangunan kastil yang megah...


  • Pasar Omicho Ichiba

    Restoran sushi di Pasar Omicho Ichiba Kanazawa

    Pasar Omicho atau Ōmichō Ichiba adalah pasar terbesar yang ada di Kanazawa. Kita bisa menyantap sarapan atau makan siang langsung di sini....



Taman Kenrokuen di musim dingin

Taman Kenrokuen: Ikon Wisata Prefektur Kanazawa

Di mana membeli Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass?

Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass ini hanya berlaku bagi wisatawan asing dengan visa jangka pendek (tidak lebih dari 90 hari). Pass ini bisa dibeli sebelum berangkat ke Jepang (kita bisa memperoleh potongan harga 1.000 yen!) melalui internet dan ditukar dengan tiket/pass asli setibanya di Jepang. Teman-teman bisa membeli dan menukar voucher tiket di stasiun atau tempat-tempat berikut ini.

  1. Bandara Narita (Terminal 1,2,3, dan Terminal Internasional)
  2. Bandara Haneda (Terminal Internasional)
  3. Stasiun kereta besar di Tokyo, antara lain di Stasiun Tokyo, Shinjuku, Shinagawa, Shibuya, Ikebukuro, dan Ueno
  4. Bandara Kansai
  5. Stasiun kereta besar di wilayah Kansai, antara lain Stasiun Osaka, Stasiun Shin-Osaka, dan Stasiun Kyoto
  6. Stasiun Yokohama
  7. Stasiun Nagano
  8. Stasiun Toyama
  9. Stasiun Kanazawa

Bagaimana cara menggunakannya Hokuriku Arch Pass?

  1. Seperti penggunaan JR Pass, teman-teman cukup menunjukkan pass dan passport kepada petugas di pintu masuk area peron kereta.
  2. Dengan pass ini, teman-teman bisa melakukan reservasi kursi pesanan tanpa tambahan biaya. Cukup datang ke loket tiket di stasiun-stasiun di atas sehari sebelum penggunaan atau keberangkatan dan melakukan reservasi kursi.
  3. Jika ingin menggunakan Green-Car atau Gran Class (kereta eksekutif) dibutuhkan tambahan biaya yang bisa dibayarkan di loket tiket. Namun, pengalaman Tim Info Jepang kursi biasa sudah cukup nyaman kok.
  4. Pass ini tidak bisa digunakan untuk naik kereta Tokaido Shinkansen atau Sanyo Shinkansen.

Jalur-jalur kereta yang masuk cakupan Hokuriku Arch Pass

Berikut ini adalah jalur kereta yang bisa kita lalui dengan Hokuriku Arch Pass tanpa batas (boleh berkali-kali) tanpa perlu membayar tiket lagi.

  1. Seluruh jalur kereta JR di wilayah Tokyo, Kansai (Osaka, Kyoto, Kobe, Nara), area Hokuriku (Kanazawa, Nagano, Toyama), termasuk akses dari Bandara Haneda, Narita, dan Kansai menuju kota Tokyo dan Osaka.
  2. Kereta Narita Exress dari Bandara Narita airport menuju Stasiun Tokyo, Shinagawa, Shibuya, Shinjuku, dan Ikebukuro.
  3. Kereta Tokyo Monorail dari Bandara Haneda sampai Stasiun Hamamatsucho.
  4. Kereta Shinkansen Hokuriku dari Tokyo dan Kanazawa (untuk tipe kereta Kagayaki, Hakutaka, Asama, dan Tsurugi)
  5. Kereta Limited Express Thunderbird dari Semenanjung Noto, Stasiun Kanazawa, Kyoto, hingga Stasiun Osaka.
  6. Kereta Limited Express Haruka dari Bandara Kansai menuju Stasiun Kyoto, Shin-Osaka, dan Tennoji.
  7. Kereta JR Etsumi-Hokusei Line dari Fukui dan Kuzuryuko
  8. Kereta JR Nanao Line dari Tsubata dan Nanao
  9. Kereta JR Himi Line dari Takaoka dan Himi
  10. Kereta JR Johana Line dari Takaoka, Toyami, dan Johana
  11. Kereta JR Takayama Line dari Toyama dan Inotani
  12. Kereta JR Oito Line dari Itoigawa dan Minami-Otari
  13. Seluruh kereta non-JR (operator swasta) yaitu: kereta jalur Ishikawa Railway (Kanazawa, Tsubata, Kurikara), Ainokaze Toyama Railway (Kurikara, Takaoka, Toyama,hingga Ichiburi di Niigata), dan kereta jalur Noto (Anamizu, Hosu, dan Suzu di Prefektur Ishikawa).

Kapan kita harus menggunakan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass?

Logikanya sederhana, jika teman-teman hanya ingin mengunjungi Tokyo-Kyoto/Osaka ditambah Nara dan Kobe tanpa ingin mengejar waktu, bisa menggunakan pass ini. Harganya 24.000 yen atau lebih murah 5.000 yen daripada JR Pass yang biasa (29.110 yen). Perjalanan dengan Hokuriku Shinkansen akan membuat waktu perjalanan kita menjadi jauh lebih panjang (bertambah 3 jam) jika ingin bepergian Tokyo-Kyoto/Osaka, namun teman-teman bisa berkesempatan melihat sisi lain Jepang yakni wilayah pesisir utara yakni Kanazawa, Toyama, dan Nagano yang tidak kalah keren.

Jika dalam itinerary teman-teman tidak ada rencana untuk mengunjungi Tokyo, JANGAN membeli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass ini. Teman-teman bisa membeli Takayama Hokuriku Pass seharga 14.000 yen yang jauh lebih murah dan efektif untuk liburan Kansai, Nagoya, Kanazawa, dan Toyama.

Hitung-hitungan Ala Tim Info Jepang

Berikut ini adalah daftar itinerary yang MENGUNTUNGKAN jika kita menggunakan Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass.

  1. Bandara Narita atau Haneda – Tokyo – Kanazawa/ Toyama – Tokyo – Bandara Narita atau Haneda. Dari Toyama, kita bisa lanjut naik kereta Tateyama Line sampai ke Tateyama Station pintu masuk Tateyama Kurobe Alpine. Namun perlu tiket tambahan untuk bisa ke Nagano dari Shinano Omachi.
  2. Bandara Narita atau Haneda – Tokyo – Kanazawa/ Toyama – wilayah Kansai (Osaka/ Kyoto/ Nara/ Kobe) – Bandara Kansai.
  3. Bandara Narita atau Haneda – Tokyo – Kanazawa/ Toyama – (Tateyama Kurobe Alpine Route) – Kembali via Nagano – Tokyo.
  4. Perjalanan pulang pergi dari Tokyo – Kanazawa/ Takaoka/ Toyama.
  5. Bandara Kansai – wilayah Kansai (Osaka/ Kyoto/ Nara/ Kobe) – Kanazawa/Toyama – Nagano – Osaka/Kyoto/Kobe/Nara – Bandara Kansai

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

kereta enoden

Sejak mulai beroperasi di hari Natal 1900, kereta Enoden (singkatan dari Enoshima Dentetsu atau kereta listrik Enoshima) sudah menghubungkan kota Fujisawa, Enoshima, dan Kamakura sejauh kurang lebih 10 kilometer selama lebih dari 1 abad. Keberadaannya pun...

Free Pass - Tiket Kereta Murah di Jepang

Jepang mempunyai moda transportasi yang rapi dan integratif, hampir semua area dan objek wisata bisa dilalui oleh banyak jalur lintasan transportasi, terutama kereta dan juga bus, bahkan Subway dan monorail. Kemudahan ini sangat menguntungkan kita sebagai...

Peta kereta di Tokyo Jepang

Ketika berlibur ke Tokyo atau kota-kota di Jepang, kereta menjadi moda transportasi yang tak bisa dilupakan. Namun jangan bayangkan naik kereta di Tokyo seperti di Indonesia. Kita dapat dengan aman dan nyaman pergi ke objek-objek wisata terkenal dengan...


Sebagai catatan, jika teman-teman ingin mengunjungi area Gunung Fuji dan Kawaguchiko, Hakone, Nagoya, Gala Yuzawa, Nikko lebih baik menggunakan JR Pass atau JR Tokyo Wide Pass.

Jika ada pertanyaan mengenai cara penggunaan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass ini silakan menanyakannya via kotak komentar di bawah ini, Tim Info Jepang akan membagi pengalaman dan cara menggunakannya.

Tour ke Takayama, Shirakawago, dan Gokayama

  1. Tokyo-Hakone-Takayama-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa-Kyoto (4 days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  2. Tokyo-Hakone-Takayama-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa-Tokyo (4 days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  3. Takayama-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa (3 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  4. Tokyo-Takayama-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa-Tokyo (3 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  5. Kyoto-Takayama-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa-Kyoto (3 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  6. Kyoto-Takayama-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa-Tokyo (3 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  7. Tokyo-Takayama-Shirakawago-Gokayama-Kanazawa-Kyoto (3 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)

Cheap Hotels near Kanazawa Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Toyoko Inn Kanazawa Kenro
from ¥8560/night
Toyoko Inn Kanazawa Kenrokuen Korimbo
APA Hotel Kanazawa-Nomach
from ¥4096/night
APA Hotel Kanazawa-Nomachi
Guest House Ochakare
from ¥5400/night
Guest House Ochakare
APA Villa Hotel Kanazawa-
from ¥5472/night
APA Villa Hotel Kanazawa-Katamachi

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr CHAN CHUN WAH, かがみ~, Raul Clavijo

Recommended for you

Last modified: December 3, 2016

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!
Close Comments

Comments (151)

  1. gan, mohon info Pass yg cocok buat ane, kota/tempat yg ingin ane kunjungi sbb :

    – narita
    – tokyo
    – osaka
    – kyoto
    – karuizawa
    – Mount Fuji
    – Kawaguchi

    total 9 hari perjalanan gan

    • Halo, rencana perjalanan saya seperti ini:
      1. Tiba di Osaka – explore Nara dan Kobe. Stay overnight di Osaka
      2. Explore Universal Studio. Stay overnight di Osaka
      3. Explore Kyoto. Stay overnight di Osaka
      4. Explore Kyoto. Stay overnight di Osaka
      5. Ke Kanazawa – Shirakawago – stay overnight di Takayama
      6. Ke Tokyo via Nagoya
      7. Ke Fuji Q Explore Thomas Land stay di Fuji Q
      8. Balik dari FujiQ. Explore Tokyo
      9. Explore Tokyo
      10. Pulang melalui Narita

      Apakah JR Pass yg sesuai untuk perjalanan ini ? Takayama-Hokuriku Pass atau Osaka Hokuriku Arch Pass ? Mohon sarannya. Thank you

  2. pesawat saya pp dari Narita pak, untuk perjalanan saya diatas kira2 pass apa yang paling hemat untuk saya? mungkin saya ada tambahan ingin ke shirakawago melalui takayama

    dan untuk ke mount fuji, paling enak menikmati viewnya dari arah mana pak? saya liat FR teman ada yang dari Hakone

    mohon info nya pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Paling hemat dengan menggunakan JR Pass. View Gunung Fuji bisa dilihat dari Danau Kawaguchiko, Danau Yamanaka, Danau Saiko, Gotemba dan Hakone. Silakan Bapak melihat-lihat dulu halaman di atas, cek aksesnya, mungkin bisa jadi masukan dalam membuat jadwal perjalanan.

      Kalau mau ke Gunung Fuji cuma ada 2 jalur, lewat hakone (jalur kereta) atau lewat jalur tengah dengan naik bus. Namun, kalau punya JR Pass, lebih enak dari Hakone karena JR Passnya bisa digunakan untuk naik kereta (tidak perlu membeli tiket lagi).
      Salam dan selamat datang di Jepang.

    • Pak, kalau sudah punya JR Pass berarti pilihannya adalah lewat jalur hakone ya karena sudah tercover JR Pass, nah pertanyaannya setelah sampe Hakone apakah sudah bisa langsung melihat view gunung fuji? ataukah harus sambung naik transportasi lagi? selain gunung fuji, saya juga ingin melihat danau kawaguchi, mohon info saran yang terbaik

    • Rencana itin saya ke 1 day trip Hakone :
      Tokyo Station -> Odawara -> Hakone Yumoto (Hakone Tozan Train) -> Gora (by Hakone Tozan Cable Car) -> Sounzan (Hakone Ropeway) -> Owakudani -> Togendai (by Hakone Cruise) -> Moto Hakone -> balik lagi ke Hakone Yumoto (by Hakone Tozan bus) -> Odawara -> Tokyo Station

      Pak, saya kan rencana beli JR Pass, dan ada itinerary untuk ke Hakone go around sightseeing, dari tokyo station ke odawara station (pp) by shinkansen hikari kan sudah tercover JR Pass benar ya? nah dari odawara station ke hakone yumoto naik Hakone Tozan Railway apakah tercover JR Pass atau sy harus bayar lagi? terus lanjut dr Hakone yumoto ke Gora ke Sounzan dst itu kalau saya beli ketengan apakah lebih hemat? mengingat kalau beli Hakone Freepass yg seharga 5140yen itu sayang karena perjalanan saya dr tokyo ke hakone sudah tercover by JR Pass

      mohon input nya pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Hakone free pass memang dirancang bagi mereka yang ingin menginap semalam di Hakone. Lalu Hakone Free Pass ada 2 jenis Pak: yang dari Shinjuku (5140 yen) dan dari Odawara (4000 yen). Silakan bapak menghitung mana yang lebih untung, membeli free pass atau bayar tiket satuan.
      Salam

  3. halo admin infojepang, saya mau tanya dong…pass yg cocok (efisien) utk perjalanan 8hari berikut :
    H1-H2 : jakarta-osaka, explore osaka
    H3-H4 : explore kyoto
    H5 : otw tokyo, mampir Hakone utk melihat gunung Fuji
    H6-H8 : explore tokyo, tokyo-jakarta
    ctt : saya pengen nyoba naik shinkansen paling ga 1x dari rute di atas.

    thx b4

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sore Fifi,
      Rasanya kamu gak perlu membeli JR Pass seharga 29.020 yen, karena gak akan balik modal. Kalau mau nyoba bisa naik Shinkansen dari Kyoto-Odawara (Hakone). Kamu bisa kombinasikan dengan free pass di daerah Kansai seperti Kansai Free Pass, Osaka Pass, Kyoto Pass, Kyoto Bus Pass maupun Tokyo Free Pass untuk ekplore di Kyoto dan Tokyo. Juga Hakone Free Pass untuk keliling Hakone dan balik ke Tokyo. Silakan lihat dulu cara penggunaan dan tempat-tempat wisata yang ter-cover pass di atas, yang cocok dengan tempat wisata yang ingin dituju.
      Salam

    • terima kasih balasannya.
      tiket shinkansen kyoto-odawara br yen ya?
      trus apakah di infojepang menjual tiket2/pass yg dibutuhkan?
      thx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Fifi. Tiket shinkansen Kyoto Odawara 11560 yen.
      Tim Infojepang tidak melayani penjualan tiket, sebab harganya bakal jauh lebih murah kalau Ibu membelinya langsung di Jepang.
      Salam

  4. Halo admin, saya punya rencana trip:
    1H Osaka, 1H Kobe, 1H Kyoto, 1H Nara, 1H Shirakawa Go, lanjut ke Tokyo (saya sdh booking hotel) 5H) Pulang via Narita. Saya rencana mau coba Hokuriku Arch Pass, Bagaimana cara perjalanan dari Kyoto ke Shirakawa Go. Saya juga sudah booking hotel semalam di Takayama. Dari Takayama saya masih punya waktu sehari seblum ke Tokyo, sebaiknya saya kemana dulu ya untuk memaksimalkan penggunaan Hokuriku Arch Pass. Tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau memang ingin coba Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass, lebih baik tidak menginap di Takayama, karena Arch Pass tidak mengcover seluruh ongkos perjalanan menuju ke Takayama. Lagipula hampir tidak ada objek wisata lain di Takayama, sehingga harus berjalan kembali ke Kanazawa.
      Untuk memaksimalkan penggunaan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass, dari Kyoto bisa naik kereta ekspress Thunderbird sampai ke Kanazawa dan jalan-jalan di kota Kanazawa/ Toyama (baca objek wisata di Kanazawa/ Toyama). Lalu jika ingin ke Shirakawago, bisa naik bus Nohi PP ke Kanazawa dan menginap di Hotel di Kanazawa. Pulangnya bisa naik Hokuriku Shinkansen sampai ke Tokyo.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang juga, bisa Denise beli online atau beli di Bandara Kansai dan Stasiun Namba.
      Salam.

  5. Hello,
    Saya minta masukannya ya. Itinerary saya :
    day 1 tiba di KIX+Kaiyukan
    day 2-4 one day trip around Kyoto, Nara dan Osaka (penginapan di Osaka)
    day 5 Kanazawa-Shirakawago
    day 7 Kanazawa-Nozawa Onsen
    day 8-12 Tokyo
    Untuk day 2-8 saya rencananya pakai Osaka Hokuriku Pass ini. Apakah sudah betul?

  6. Hi.. Mohon sarannya dong..
    Saya mau ke Hokkaido dan Tokyo beserta Tokyo greater area.
    16 – 20 Hokkaido
    20 – 26. Tokyo dan seputaran Tokyo (Nikko, Ibaraki dll)

    Sebaiknya saya beli Pass apa ya ?
    Itu total 11 hari soalnya.
    Terima kasih

  7. Saya terbang langsung dr Jkt – Chitose.
    Lalu Chitose – Haneda.
    Hari terakhir Narita – Jkt.
    Jd tdk pakai Shinkansen Tyo – Chitose – Tyo. Saya pakai pesawat.

  8. Hi Admin, pass yg cocok buat itin saya apa ya? Tokyo-Sapporo-Osaka pakai flight, hari ke 4 baru ke Osaka

    Day 4-6: Osaka Kobe
    Day 7-8: Nara Kyoto
    Day 9: takayama shirakawago
    Day 10-16: Tokyo – Hakone (1 hari pp)

    Minta pencerahan juga, untuk Hakone sebaiknya langsung hari ke 10 dari Takayama atau ke Tokyo dulu baru besoknya ke Hakone, thanks atas bantuannya

  9. Haloo.. Mau tanya donk itinerary utk full 4 hari explore jepang yang paling oke utk first visit.. Rcn 29 maret-1 april..bisakah mengcover tokyo, kyoto, osaka, mt fuji? Perlu beli jr pass ato pass yang apa ya? Terima kasih banyak yah

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Winly. Datang dari bandara mana? Lalu kembali dari mana?
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya empat hari sepertinya tidak perlu sampai ke Kyoto dan Osaka.
      Mungkin bisa menggunakan Tokyo Wide Pass atau Hakone Pass untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar Tokyo.
      Silakan dibaca-baca lebih dahulu.
      Salam

  10. Pak itin saya tokyo-osaka-kyoto, nginep di tokyo dan osaka, jalan ke kyoto pp dr osaka, selain itu saya mau ke alpine route dan kawaguchi go, keliling tokyo rencana mau pake one day pass tokyo metro 800yen/24hrs, di kyoto mau pake bus one day pass 500yen, yg saya tanyakan untuk alpine route dan kawaguchi go lebih hemat pake apa ya pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu berapa lama di Tokyo dan berapa lama di Osaka?
      Kalau ingin ke Kawaguchiko dan Alpine Route yang jelas tidak cocok kalau menggunakan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass ini.
      Tim Info Jepang perlu info lebih detail mengenai perjalanan ibu selama di Jepang supaya bisa memberi rekomendasi train pass yang tepat.
      Salam

    • Tri wid  |  

      Hari pertama: Kedatangan dr haneda dini hari, pagi nya explore pusat kota tokyo

      Hari kedua: ke kawaguci go, sore/mlm menuju alpine route

      Hari ketiga: seharian di alpine route, sore menuju osaka

      Hari keempat: eksplore kyoto

      Hari kelima-enam: osaka-pulang

      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau seperti itu tidak perlu membeli JR Pass atau Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass.
      Cukup membeli tiket kereta/ bus yang diperlukan, plus train pass untuk Tokyo dan Kyoto seperti yang ibu tulis di atas.
      Salam

    • Tri wid  |  

      Terima kasih atas infony, kemudian sesudah dari alpine route, dari nagano ke osaka apakah ada bus/ train di sore hari atau malam hari? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau begitu ibu bisa naik kereta dari Shinano-Omachi Station sampai ke Matsumoto Station, kemudian naik bus malam dari Matsumoto ke Osaka.
      Salam

  11. Hi infojepang,

    Berikut itinery saya :

    25-26 dec Osaka
    27-28 dec Kyoto
    29-30 dec shirakawago
    31 dec- 3jan di tokyo

    Kira2 pas saya yang cocok apa ya? Bila rute saya kyoto-takayama-shirakawago (nginap)- takayama-tokyo. Untuk takayama horikoku area pass tidak mencakup rute takayama-tokyo. Apakah saya perlu beli pass atau tidak?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sore Ivana, salam kenal.
      Kamu bisa beli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass ini. Nanti ke Tokyo bisa melalui Kanazawa. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Gak ivana, kamu harus nambah 3.290 yen untuk naik bus Nohi PP (24.000+3.290=27.290 yen). Dibandingkan dengan Takayama Hokuriku (13.500 yen+ 14.000 yen untuk Shinkansen pulang ke Tokyo via Nagoya/Kanazawa = 27.500 yen). Jatuhnya lebih untung dengan Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass. Apalagi pass ini bisa dipakai buat keliling Tokyo juga nanti untuk sisa harinya. Salam.

    • kalo menggunakan nouhi bus sptnya lebih murah ya?
      Saya kalkulasi kyoto-takayama-shirakawago-takayama-tokyo sekitar 15.310 jyp.
      Apa ya kekurangannya kalo naik bus dibandingkan saya beli pass?

      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalkulasi Tim Info Jepang 13.500 yen+ 14.000 yen di atas, adalah bila menggunakan Shinkansen.
      Intinya, naik shinkansen sampai stasiun terdekat dari Shirakawago (Kanazawa Station), baru naik bus menuju ke Takayama.
      Mungkin kalkulasi Ivana adalah dengan kereta biasa, yang bisa makan waktu banyak. Kyoto-Takayama 4 jam, Takayama-Tokyo 10 jam lebih.
      Kalkulasi Ivana itu naik kereta biasa sampai Takayama sehingga makan waktu lebih banyak.
      Sebagai informasi tambahan, ongkos bus dari Takayama ke Shirakawago saja sudah 4.420 yen PP.
      Salam

    • Siang Pak Nugroho,,, kalau ditotal dengan mengguanakan hokuriko arch pass brapa jam ya jadinya lama perjalanan Tokyo-Osaka? Makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Irvan. Total jadi 6-7 jam, dengan shinkansen Tokyo-Kanazawa (2,5-3 jam) dan kereta ekspress Kanazawa-Osaka (2,5-3 jam), dan jeda menunggu sekitar 1 jam di Kanazawa. Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass ini hanya direkomendasikan buat teman-teman yang ingin ke Tokyo/Osaka melalui Kanazawa/Shirakawago/Toyama/Takaoka. Salam.

  12. Iya saya hitungnya menggunakan nohi bus.. tp di web-nya tulis takayama shinjuku 5h30.. hehe.. kalo dengan pass ini berarti saya rutenya jadi singgah ke kanazawa ya? Bisa direkomendasi rute nya jadi gimana?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Jika ingin berhemat bisa naik bus dari Kyoto-Takayama-Shirakawago, lalu Shirakawago-Takayama-Tokyo.
      Namun bisa coba menggunakan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass, jika ingin coba naik shinkansen, plus keliling tempat-tempat wisata di Hokuriku seperti Kanazawa dan Toyama).
      Untuk rekomendasi rutenya bisa dilihat di artikel di atas.
      Salam

    • OkayTerima kasih atas rekomendasinya yg sangat membantu.. Mengenai tour di shirakawago, kebanyakan tour-nya start dari takayama. Namun bila saya nginap di shirakawago, apakah ada bus tour yg bisa diambil di shirakawago?

      Terima kasih

  13. Siang info jepang..

    Saya ada rencana dibulan april th dpn ke jepang via osaka (PP), tapi ttp ada rencana ke tokyo..

    Plan A
    Day 1 : Tiba hari jumat pagi di kansai, urus imigrasi dan makan siang. Estimasi baru kelaur bandara sekitar siang dan langsungmenuju ke tokyo
    Day 2 : keliling taman shinjuku gyoen, ueno, yoyogi park, ueno zoo
    Day 3 : odaiba city and tokyo tower,
    Day 4 : full day at disneyland, overnight to osaka (willer express)
    Day 5 : sea quarium, eksplore osaka (lokasi wisatanya msh tentative)
    Day 6 : japan alpine route dan sekitarnya
    Day 7 : shirakawa go (PP)
    Day 8 : explore nara dan kobe
    Day 9 : explore kyoto or kanazawa (tentative)

    Kl pakai JR Pass yg full rasanya kok sayang ya. Apakah ckp dgn JR tokyo Osaka hokuriku arch pass saja?? Lalu dikpn saya aktifkan JR passnya ya?? Ada saran itenanry agar JR PASS nya optimal..

    Note : liburan ini saya bersama keluarga besar (orgtua dan infant) sehingga khawatir dgn itenary yg terlalu padat.. Mohon pencerahan…

    • Plan B
      Day 1 : Tiba hari jumat pagi di kansai, urus imigrasi dan makan siang. Estimasi baru kelaur bandara sekitar siang dan langsungmenuju ke tokyo
      Day 2 : keliling taman shinjuku gyoen, ueno, yoyogi park, ueno zoo
      Day 3 : odaiba city and tokyo tower,
      Day 4 : full day at disneyland
      Day 5 : balik osaka mlm nya dotonburi
      Day 6 : japan alpine route (tateyama)
      Day 7 : shirakawa go (PP)
      Day 8 : sea aqua dan day tour osaka
      Day 9 : kyoto/nara /kobe day tour dan free time
      Day 10 : plg via kansai

      Note : kl dgn PLAN B ini saya lagsg pakai tokyo osaka hokuriku arch pass nya, apakah optimal?? Jd di hari ke 8- 10 saya pakai daily pass saja..
      Mohon pencerahan plan mana yg lebih optimal..

      Makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Siang pak Juniar,
      Dari rute yang bapak berikan, memang lebih menguntungkan menggunakan Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass (dan tidak perlu naik bus malam) karena bisa menggunakan kereta secara gratis. Cuma untuk itinerarynya lebih baik seperti ini pak (jangan langsung ke Tokyo di hari pertama):
      Day 1: Setibanya di Kansai, eksplore Osaka, bapak bisa baca dahulu tempat-tempat wisata Osaka. Untuk Sea Aquarium bagus juga pak, ditambah Museum Takoyaki atau Taman Tempozan yang berdekatan.
      Day 2: Aktifkan Hokuriku Arch Pass, silahkan ke Kobe dan Kyoto (menginap di Kyoto), baca Info Wisata di Kobe dan Info Wisata di Kyoto
      Day 3: Lanjut eksplor Kyoto dan Nara. Baca Info Wisata di Nara
      Day 4: Ke Kanazawa dengan limited ekspress Thunderbird, eksplor dan stay di Kanazawa
      Day 5: Shirakawago, balik PP ke Kanazawa
      Day 6: Berangkat ke Tokyo dengan Shinkansen, titip tas di Stasiun Tokyo, eksplor Tokyo keOdaiba, malamnya ke Tokyo Skytree
      Day 7: Disneyland
      Day 8: Balik ke Osaka melalui Kanazawa
      Day 9: eksplor Kyoto dan cari oleh-oleh di Kyoto (kembali dari Kyoto)
      Salam.

    • Terima pak nugroho utk replynya..

      Saran itenary dr pak nugroho menarik sekali tp rasanya agak repot ya karena saya membawa keluarga besar (org tua dan anak bayi).. Tp jika memang saya mau menjalankan Plan B saya msh memungkinkan dgn tokyo osaka hokuriku arch pass saya beli?? Atau sebaiknya ttp jr pass saja??

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tim Info Jepang hanya memberikan rute favorit para pengguna Tour Guide Online pak yang bertanya kepada kami. Silahkan kurangi atau ganti sesuai yang bapak atau keluarga inginkan. Sepertinya bapak masih bingung. Tateyama, Kanazawa dan Shirakawago itu ada di tengah-tengah rute Tokyo-Kyoto/Osaka. Jadi jauh lebih melelahkan jika Osaka-Tokyo-Osaka-Tateyama-Osaka lagi. Rute yang kami tawarkan adalah rute yang paling efektif, karena kunjungan ke Tateyama dan Shirakawago dalam perjalanan Tokyo kembali ke Osaka. Untuk rutenya, paling menguntungkan dengan Tokyo Osaka Hokuriku (lebih hemat 5.000 yen ketimbang JR Pass). Salam.

  14. Selamat siang pak, mohon infonya, desember ini kami ada rencana ke Jepang dengan rute berikut :
    Dec 23 : smp di narita by ANA- Tokyo
    Dec 24 : Tokyo (Shinjuku) – Osaka
    Dec 25 : Osaka
    Dec 26 : Osaka
    Dec 27 : Osaka – Kanazawa
    Dec 28 : Kanazawa/ Shirakawago PP
    Dec 29 : Kanazawa (keliling seputar kanazawa ) – Tokyo
    Dec 30 : Mt. Fuji/ Hakone/ Kawaguchiko (rencana mau onsen ke Hakone)
    Dec 31- Jan 1 : Seputar Tokyo saja (Disneyland dll)
    Jan 2 : Narita- Jkt

    Nah mending kami membeli JRPass atau cukup Hokuriku arch pass?? Dan Pass/ Kartu apalagi ya yang lebih bermanfaat dan tidak terlalu beban.Sebaiknya kapan pengaktifannya? karena kami membawa 2 anak kecil juga menjadi perhatian kami. Oya pak, titip tas di stasiun berapa lama ya diijinkan??rencana kami mau tinggal 1 koper sebelum ke Osaka karena nanti akan kembali ke Tokyo lagi. Mohon infonya maupun saran yang mungkin perlu kami tambahkan baik di itin kami. Terimakasih sebelumnya. Rgds

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Sanji, salam kenal. Shinjuku-Hakone-Kawaguchiko bisa 1 hari, namun tidak maksimal. Maksudnya cape di jalan dan gak sebanding ama yang dilihat. Tapi bebas saja. Dengan Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass, perjalanan Tokyo-Osaka jadi 6-7 jam (karena rutenya berputar lewat sisi utara).
      Melihat rute kamu, saya sarankan untuk membeli JR Pass seharga 29.020 yen saja supaya bisa digunakan untuk ke kawasan Fuji Kawaguchiko. JR Pass diaktifkan pada hari penggunaan kereta ke Osaka.
      Salam.

    • Terima kasih pak sarannya. Kalau saya ke Hakone saja tanpa kawaguchiko, JRPass bisa digunakan sampai stasiun mana ya pak? Saya tidak perlu beli Hakone pass lagi kan?? Thanks

  15. Hi pak nugroho, thanks penjelasan diatas sangat jelas. sy ingin make sure lagi kalau saya ingin beli Hokuriku arch pass ini, dgn rute sy sbb apakah sudah betul dan pas?
    Day 1 and 2 tiba di kansai – Osaka
    Day 3 Osaka-Kanazawa-Shirakawago 1Night stay
    Day 4 check out shirakawa go kembali ke tokyo lewat kanazawa and stay di tokyo 1N
    Day 5 tokyo 1 day
    Day 6 balik dr tokyo ke osaka pagi2 buat meeting then finish
    So apakah pakai arch pass ini sudah cukup? Atau ada cara lain lbh murah?
    Thanks yah

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Perlu dicatat, perbedaan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass dan JR Pass terdapat pada bisa/tidaknya menggunakan jalur Tokaido shinkansen antara Tokyo dan Osaka. Kalau Ibu perlu cepat-cepat sampai di hari 6, lebih baik menggunakan Tokaido Shinkansen, yang artinya silakan beli JR Pass. Nah, kalau tidak buru-buru, bisa menggunakan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass. Beda harganya 5.000 yen.
      Salam

  16. Pak saya ada rncana ke jepang untuk pertama kalinya, durasi 9 hari efektif disana, tiba di kansai trus pulang di narita, rncana awal sih pgn eksplor jepang secukupnya waktu, (osaka kyoto tokyo) ada saran tidak untuk pembagian hari nya di setiap daerah supaya efektif menurut byknya objek di setiap daerah & tidak tergesa gesa. Sblmnya saya ucapkan terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Boleh tahu kapan rencananya ke Jepang? Supaya bisa direkomendasikan tempat wisata yang bagus sesuai musimnya.
      Salam.

    • Rencana awal beli jr pass yg 7 hari, selebihnya mgkin pake pass pass biasa, tapi ya masih blm pasti, yg pntg worthed aj sih

    • ohh gt pak, tapi apakah dgn hanya membeli pass pass per daerah tersebut kita tetap bisa pindah2 kotanya pak? ato kita harus beli tiket transport terpisah untuk pindah daerhanya? misal kita hanya beli kansai pass, kyoto pass & tokyo pass apakah itu bisa termasuk jalur kita pindah daerahnya (kansai ke kyoto nya &/ kyoto ke tokyonya) terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak Pak. Pass di atas hanya untuk jalan-jalan di dalam kota Tokyo, Osaka, dan Kyoto.
      Untuk perpindahan kotanya, Bapak bisa naik shinkansen atau bus malam. Shinkansen lebih praktis dan cepat, sedangkan bus malam harganya lebih murah.
      Tidak perlu pass untuk perpindahan kota, karena akan sulit balik modalnya.

      Saran dari Tim Info Jepang: 2 hari di Osaka (pakai Osaka Amazing Pass), 2/3 hari di Kyoto (pakai Kyoto One Day Bus Pass), 2/3 hari di Fuji Hakone (pakai Hakone Pass), dan 3 hari di Tokyo dengan Tokyo Metro 24 hours ticket. Perjalanan ke Tokyo Disneyland+Tokyo Disneysea bisa dimasukkan ke sini.
      Silakan bapak baca link di atas, mengenai penjelasan keuntungan dan tips menggunakan pass-pass tersebut.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya silakan dibaca terlebih dahulu Pak. Jika ada pertanyaan atau hal yang masih kurang jelas, Tim Info Jepang akan membantu.
      Salam

    • oya pak, saya ada bbrp pertanyaan:
      1) klo untuk rekomendasi hotel yg worthed dgn pertimbangan kemudahan akses transport & lokasinya untuk di osaka, kyoto, fujihakone & tokyo ada pak? tapi ya nggak mahal2 jg:)
      2) untuk yg dari kyoto ke hakone, itu nanti via tokyo atau lbh baik lngsung dari kyoto ya? rencana mau ambil fuji hakone pass
      terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Rekomendasi hotel murah sudah ditulis tiap halaman plus harga-harganya. Bisa juga klik like [More] untuk pilihan hotel lainnya. Silakan bisa cek mana yang paling pas.
      2. Apakah Bapak berencana menginap 2 malam di daerah Fuji dan Hakone?
      Salam

    • 1) mksdnya dftr referensi hotel yg dari booking.com itu ya pak? Atau yg lain?
      2) iya pak karena kayaknya saya baca2 di artikel yg ada sebaiknya disana 2/3 hari ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, referensi hotel Info Jepang sudah dipilih yang dekat dengan stasiun dan yang harga hotelnya murah.
      Kalau begitu silakan menggunakan Fuji Hakone Pass.
      Sebenarnya Fuji Hakone Pass ini mencakup perjalanan satu kali PP dari Shinjuku ke Hakone atau Kawaguchiko, jadi lebih cocok bagi wisatawan dari Tokyo.
      Tapi kalau memang bapak dari Kyoto, bisa juga menggunakan pass ini, masuk dari Odawara (pintu masuk Hakone) di selatan.
      Silakan baca juga informasi cara penggunaan Fuji Hakone Pass.
      Salam

  17. Halo mas, mau tanya, klo untu rute :
    day 1 : Osaka-Nara
    day 2 : Kyoto
    day 3 : Kanazawa-Takayama-shirakawago
    day 4 + 5 : Tokyo
    apakah pas jika saya bl hokuriku arch pass? apakah hokuriku arch pass bs digunakan untuk ke gunung fuji dan kawaguchiko?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Nayushe. Kereta ke Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko tidak tercover oleh Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass.
      Lihat penjelasan di artikel atas.
      Salam.

  18. Permisi min, saya mau tanya, itu kan jalur hokuriku arch pass kan mencakup jalur warna ungu ya min? Tp kok bisa sm narita airport, kyoto sm osaka? Pdhl di gambarnya ga smp gt, mohon penjelasannya min, terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Peta di atas tidak menunjukkan cakupan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass, hanya menunjukkan lokasi tempat-tempat wisata terkenal seperti Shirakawago, Tateyama Kurobe Alpine, kota Tokyo, Kyoto, dan Osaka.
      Kalau semua cakupannya dibuat, yang ada malah jadi bingung. Untuk cakupan dan hitung-hitungannya bisa dibaca di dalam artikel.
      Salam

    • Muhammad Rifki  |  

      Oh jadi jalur warna ungu itu tidak mencakup semua jalur hokuriku arch pass ya min? Sebenarnya cakupan nya lebih luas lagi ya min?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Warna ungu itu adalah jalur kereta shinkansen Hokuriku dari Tokyo-Kanazawa melalui Nagano dan Toyama, hanya sebagian kecil dari cakupan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass. Salam.

  19. Halo Pak Nugroho,

    Saya mau tanya, kalau mau ke Tateyama Kurobe Alpine dan Shirakawago dari Tokyo, sebaiknya saya menginap dimana ya supaya tidak bolak-balik, dan selanjutnya perjalanan ke Osaka. Dari Tokyo apa transportasi selain Shinkansen yg buat saya cukup mahal.

  20. Pak Nugroho, terima kasih infonya. Melanjutkan pertanyaan saya, saya masih bingung untuk bagasi/tas itu berarti kita bawa2 smp melewati rute alpen hingga ke Toyama ya ? Supaya praktis baiknya bagaimana pak ? Terima kasih perunjuknya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau mau praktis, bisa dikirim duluan ke hotel di Toyama Pak dengan paket kiriman Takyubin di Jepang. Namun, jatuhnya sangat mahal.
      Opsi lainnya adalah menginap di Toyama, dan PP satu hari Tateyama Kurobe Alpine: Toyama-Tateyama-Ogizawa-Tateyama-Toyama, ini pun akan makan biaya banyak.
      Opsi pilihan paling murah adalah seperti yang diberikan Tim Info Jepang di atas, dengan resiko membawa koper sendiri.
      Salam.

  21. Siang Pak…. saya mau mengkonsultasikan itinery saya, PP dari Haneda

    day 1 : tiba dihaneda jam 9 pagi, kemungkinan keluar sekitar jam 12 an, menuju penginapan di daerah Sugamo, istirahat sebentar dan langsung ke Odaiba dan Shibuya
    day 2 : explore Tokyo
    day 3 : menuju Osaka explore osaka dan menginap di Osaka
    day 4 : menuju Kyoto, explore Kyoto dan pulang ke Osaka ( menginap )
    day 5 : Osaka – ???? – Tokyo
    day 6 : explore Tokyo dan sekitarnya
    day 7 : persiapan pulang ke jkt pesawat jam 11.45

    sebetulnya saya kepengen ke Hakone, shirakawa go ataupun ke alpine route, apa bisa di antara Osaka _ Tokyo.. dengan rute diatas apa sudah efisien? saya menggunakan JR pass.. terima kasih sebelumnya pak

  22. oiya… kira2 tgl 5-12 Nov apa sudah mulai menguning ya daun2nya di sekitaran tokyo, osaka ataupun Kyoto?? karena yg saya baca di daerah itu mulai dari pertengahan nov sampai akhir nov… sayang sekali ya pak..padahal saya kepengen liat suasananya yg romatis 🙂

  23. Selamat mas mas saya berencana ke tokyo melalui hnd awal maret dan pulang melalui osaka ditokyo saya ingin mengunjungi
    Hari pertama sampai di hnd pagi
    H ke 2 ingin ke gala yuzawa
    Hke 3 dan ke 4 harajuku, shibuya, sky tree, odaiba akiabara, asakusa, dan premium outlet lupa namanya hehe
    Hke 5 osaka
    Hke 6kyoto pp osaka
    Hke 7dan 8 explore osaka
    Hke9 pulang melalui osaka
    Yg saya mau tanyanya bisa tolong dibantu itenarary di tokyo yg berdekatan dan pass apa yg sebaiknya saya gunakan
    Terima kasih banyak sebelumnyaa mas

  24. Oooh gitu yaaa trs tokyo wide pass bisa dipake ke tempat2 yg saya ingin kunjungi jd saya tidak usah beli suica lagi yaa dan klo dar tokyo ke osaka saya ingi naik shinkansen mas berarti beli tiket one way aja yaa terima kasih mas atas bantuannya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, Tokyo Wide Pass sangat menguntungkan jika Githa mau ke Gala Yuzawa ditambah keliling Tokyo dan sekitarnya, termasuk ke Yokohama atau Saitama. Salam.

  25. Pak mau tanya apa Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass bs digunakan kembali utk balik ke osaka? Jd osaka-tokyo-osaka lagi?

    Bedanya sm jr cm jalur jr lebih banyak ya pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selama siang Pak. Selama masih dalam masa berlaku Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass, bisa digunakan untuk PP Osaka-Tokyo-Osaka. Salam

  26. Dear Pak Nugroho,

    Mohon bantuannya. Saya akan mengunjungi Jepang di tanggal 14-23 Nov 2016. Jadwal saya adalah sbb:

    14 Nov – pagi : Tiba di Haneda Tokyo (rencananya langsung menuju Shirakawago)
    15 Nov : Osaka
    16-17 Nov : Kyoto (PP – Stay di Osaka)
    17-19 Nov : Osaka dan sekitarnya
    19-22 Nov : Tokyo (Kawaguchiko-tentative, Gotemba FO, Tokyo dan sekitarnya)

    Yang ingin saya tanyakan:

    1. Untuk ke Shirakawago lebih baik stay di Takayama atau Kanazawa? Ada pertimbangan ingin mengunjungi Matsumoto juga (tentative)

    2. Untuk itenerary saya tersebut Pass apa yang sebaiknya saya gunakan?

    3. Saya sempat baca di di comment2 diatas beda Hokuriku Arch Pass dan JR Pass adalah bila menggunakan JR Pass dapat menggunakan Tokaido Line. Mohon pencerahannya karena saya baca JR Pass tidak bisa menggunakan jenis kereta Nozomi (Tokaido Line) dan Mizuho (Sanyo Line).

    Thanks before.

    • Melani Agustina  |  

      Maaf ada yang terlewat, saya juga berencana mengunjungi museum ramen di Yokohama. Jadi dalam perjalanan 9 hari ini, saya akan menginap di Takayama/Kanazawa, Osaka, dan Tokyo, Mohon bantuannya apabila ada saran tentang itenerary saya,

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pagi Melani,
      1. Lebih baik sebenarnya stay di Kanazawa, kotanya lebih modern, hotel dan panorama lautnya juga bisa jadi nilai tambah. Selain itu, ada akses langsung dari Tokyo dengan Shinkansen Hokuriku (hanya 2,5 jam). Matsumoto bisa dicapai dari Ueda (dilalui Shinkansen Hokuriku).
      2. Silahkan Beli JR Pass, karena akan mengcover perjalanan ke Kawaguchiko, Gotemba, dan Yokohama. Kalau Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass ini tidak mengcover ongkos perjalanan ke tempat-tempat tersebut. Untuk 2 hari sisanya (di Tokyo), silahkan menggunakan SUICA/Pasmo atau Pass kereta di Tokyo.
      3. Jalur kereta Tokaido Shinkansen (menghubungkan Tokyo-Kyoto/Shin-Osaka) terdiri dari 3 kereta, Nozomi, Hikari, dan Kodama. Nozomi memang tidak tercover, namun Hikari dan Kodama tercover JR Pass. Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass tidak mengcover rute ini, di mana perjalanan Tokyo ke Kyoto/Osaka akan melalui Toyama Kanazawa.

  27. Selamat pagi

    Saya mau tanya, saya sudah beli Hokuriku Arch Pass, apakah pass ini bisa digunakan untuk berwisata ke gunung fuji dan kawaguchiko?

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu Resti. Hokuriku Arch Pass tidak mencover ongkos kereta menuju ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko.
      Bagaimana dengan jadwal selama di Jepang? Mungkin kami bisa membantu memberikan rekomendasi pass yang bisa dibeli. salam.

  28. Halo pak, kalo pemesanan willer bus itu apa harus lewat online? Dan bayarnya jg hrus pake krtu kredit atau bsa lgsg bayar pas ambil tiketnya?
    ap bsa djelaskan bagaimana proses pembelian smpe proses kbrngktan dan ambil tiketnya mnggunakan willer bus?

    Trimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak Jaya. Ya harus registrasi, pilih tanggal dan jam keberangkatan, lalu membayar dengan kartu kredit Pak.
      Nantinya akan dikirimkan e-ticket dan nanti tinggal ditunjukkan pada supir bus sesuai jadwal yang tertera saat akan berangkat.
      Supir bus akan menunjukkan nomor tempat duduk dalam bus, atau peta tempat duduk diprint dan ditempel dekat pintu bus.
      Di halte keberangkatan bus, rata-raa tidak ada kaunter atau orang yang menjaga saat bus hendak berangkat, jadi tidak ada metode pembayaran hari H.
      Salam

  29. Selamat sore Pak Nugroho,

    Saya rencana ke Jepang awal pertengahan desember dgn rute :

    1. Jakarta-Narita-Tokyo
    2. Tokyo-Mt. Fuji
    3. City tour Tokyo+Disneysea
    4. Tokyo-Takayama
    5. Takayama-Shirakawago-Takayama
    6. Takayama-Kyoto
    7.Kyoto-Osaka
    8.Osaka city tour
    9.Osaka-Kansai-Jakarta

    pertanyaan saya :

    1. Apakah lebih baik bagi saya utk membeli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass?
    2. Apakah pass ini bisa dipakai ke Takayama?
    3. Apakah pass ini berlaku di Tokyo city tour sampai ke Disneysea?

    Terima kasih atas bantuan Pak Nugroho.

    Salam,
    Wahju

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai Wahju,
      1. Karena ada rencana ke Gunung Fuji, sebaiknya kamu membeli JR Pass saja.
      2. Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass hanya mencakup perjalanan JR Takayama Line dari Toyama sampai Stasiun Inotani (setengah perjalanan ke Stasiun Takayama). Cara termudah ke Takayama adalah dengan naik bus Nohi atau Hokutetsu dari Kanazawa atau Toyama.
      3. Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass mencakup seluruh jalur kereta JR di Tokyo. Salam.

  30. Thanks Pak, tapi utk yang ke Fuji rencananya saya akan sewa mobil di Tokyo. Dengan demikian apakah :

    1. Saya lebih baik tetap membeli Arch Pass atau tidak?
    2. Lalu apabila beli Arch Pass apakah untuk ke Takayama berarti saya naik Shinkanzen sampai ke Kanazawa atau Toyama lalu naik bus ke Takayama?
    3. Apakah Tokyo Osaka Arch Pass ini berlaku untuk city tour di Tokyo, Kyoto dan Osaka?

    Thanks Pak Nugroho.

    Salam,
    Wahju

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak Wahyu. Kalau memang ingin sewa mobil di Tokyo untuk ke Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko, berarti bisa menggunakan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass ini. Ya seperti yang bapak bilang, bisa naik hokuriku shinkansen sampai ke Toyama dari Tokyo. Lebih baik sampai Toyama karena tiket busnya lebih murah bila berangkat dari Toyama. Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass ini bisa dipakai juga di jalur kereta JR di Tokyo, Kyoto, Osaka.
      Bapak rencana mau kemana saja di Tokyo dan Kyoto?
      Mungkin bisa dibaca-baca dulu pass lokal seperti Osaka Pass, Kyoto Pass. Sedangkan untuk daerah Tokyo bisa dibaca di halaman berikut macam-macam free pass Tokyo.

  31. Thanks a lot Pak Nugroho. Info bapak sangat membantu.
    Kalau di Tokyo rencana saya ke Asakuza Temple, lalu harajuku, shibuya dan akihabara. Namun keesokannya saya rencana ke Disneysea.
    Di Kyoto paling ke Fushimi Inari dan city tour saja.

    Salam,
    Wahju

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, kalau begitu cukup membeli untuk Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass ini saja. Seluruh kereta JR di Tokyo, Kyoto, Osaka tercover dengan pass ini. Salam.

  32. Dear pak nugroho,

    Rencananya saya mau ke jepang bulan februari ini,tgl 3-11 rute jkt-narita pp

    Day 1 = sampai di narita eksplore tokyo dan malamnya naik bus ke osaka
    Day 2 = eksplore osaka
    Day 3 = eksplore osaka
    Pakai osaka amazing pass
    Day 4 =eksplore kyoto
    Day 5 = explore kyoto
    Pakai kansai thru pass
    Malamnya balik ke tokyo
    Day 6 = explore tokyo
    Day 7 = explore kawaguchiko fan mount fuji
    Day 8 = explore tokyo lagi dan balik ke narita untuk ke jakarta,

    Apakah ada pass yg cocok selain yg saya sebutkan diatas,atau ada rute lain yg bisa saya kunjungi

    Terimakasih sarannya

    Kimura

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak, jadi bapak rencana naik bus malam ya Pak antara Osaka dan Tokyo?
      Untuk keliling kota Osaka menggunakan Osaka Amazing Pass, bisa dibaca tipsnya supaya balik modal.
      Lalu untuk penggunaan Kansai Through Pass, tergantung bapak mengunjungi tempat wisata apa di Kyoto. Kalau hanya berkunjung tempat wisata di dalam kota, tidak perlu Kansai Through Pass, bisa menggunakan one day bus pass yang harganya lebih murah.
      Salam

    • Betul pak rencana pakai bus malam,
      Kalau untuk one day mount fuji pakai pass apa ya

      Di kyoto rencana saya mau ke kobe dan nara juga,pakai kansai apakah bisa ya

      Lalu apakah memungkinkan apa bila nanti saya di tokyo pakai tambahan ke gala yuzawa,pakai pass apa yg cocok untuk fullday tour gala yuzawa

      Salam

  33. Betul pak rencana pakai bus malam,untuk one day mount fuji pakai pass apa ya

    Di kyoto rencana hanya ke temple temple terdekat,fushimi inari kyomizudera arashiyama paling itu saja

    Dan saya stay di osaka

    Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kansai Through Pass mahal pak, dan sepertinya tidak akan balik modal kalau hanya berkeliling pusat kota Kyoto.
      Bapak bisa mempertimbangkan untuk membeli Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass yang mencover ongkos kereta Osaka-Kyoto+beberapa objek wisata di Kyoto untuk 2 hari dan harganya hanya 1000 yen. Jadi hari pertama menyusuri tempat wisata di sebelah timur Kyoto menggunakan Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass. Lalu hari kedua, kombinasikan dengan one day bus pass Kyoto untuk berkeliling ke tempat wisata lain.
      Bapak bisa baca beberapa contoh itinerary perjalanan di Kyoto berikut. Semoga bermanfaat.

  34. Dear Pak Nugroho,

    Saya rencana pergi tgl 10 – 17 Jan dengan itinerary:
    day 1: Tiba di osaka langsung ke USJ
    day 2: Kyoto half day tour (fushimi indari dan kiyomizudera) dan explore osaka
    day 3: Tokyo (explore Tokyo)
    day 4: Kawaguchiko dan Gotemba
    day 5: Odaiba dan explore Tokyo
    day 6: Disney sea
    day 7: Pulang melalui Haneda.

    Kira2 pass apa saja yg perlu saya beli Pak? dengan catatan, dari osaka ke tokyo saya ingin menggunakan shinkansen karena bawa baby.

    Terima kasih banyak Pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo Dinda, selamat sore. Dinda cukup membeli Tokyo Wide Pass saja untuk day 3-5, untuk mengcover rute yang kamu ingin kunjungi. untuk shinkansen Kyoto-Tokyo, cukup beli tiket ketengan saja. Salam.

  35. Halo Admin,
    Dear Pak Nugroho,

    Maaf mengganggu waktunya.

    Mohon bantuan tipsnya ya untuk Pass yang harus saya beli. 2 orang dewasa dan 1 anak kecil.

    Itinerary seperti ini:
    day 1: Arrive at Narita (morning) (rencana stay di Shibuya) dan explore Tokyo
    day 2: Explore Tokyo + melihat Gunung Fuji dari Danau Kawaguchiko
    day 3: Osaka + Universal Studio (belum tau sih mau ke Universal Studio hari ini atau besok)
    day 4: Osaka + Universal Studio (kalau Universal studio sudah kemarin berarti maunya balik ke Tokyo)
    day 5: Tokyo + Disneyland
    day 6: Tokyo + Disney Sea
    day 7: Tokyo Narita at 11 am

    Terimakasih banyak Pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Karena ada PP Tokyo-Osaka, bisa mempertimbangkan untuk membeli JR Pass (29.110 yen).
      Jika minimal naik shinkansen PP Tokyo-Osaka, maka sudah balik modal. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Perjalanan ke Gunung Fuji via Kawaguchiko hanya tercover sampai ke Otsuki station, kamu harus membayar 1.140 yen tambahan untuk kereta Fuji Kyuko.
      Salam

  36. Satu lagi Pak,

    Kalau saya baca kan pakai JR Pass ke OSaka tidak bisa pakai Nozomi, tapi bisa pakai Shinkansen yang Sakura atau Hikaru ya Pak?

    Atau tetap bisa pakai tapi yang Green?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak bisa pakai yang green Pak, silakan naik kursi biasa sudah cukup nyaman.
      Dan benar bisa naik shinkansen Kodama dan Hikari. Salam

  37. Halo pak,

    Mau tanya saran transportasi, saya berada di jepang selama 10 hari, rute pesawat adalah jakarta-narita-jakarta. Adapun tempat yang ingin saya kunjungi :
    1. Osaka (2 hari)
    2. Kyoto (1 hari)
    Kemudian kembali lagi ke tokyo. Apakah membeli JRpass akan sebanding dengan tempat yang mau dituju pak?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Bapak Erico. Karena ada perjalanan PP shinkansen dari Osaka ke Tokyo, maka JR Pass sudah balik modal.
      Salam

    • Ok pak. Mau tanya juga untuk bisa mencapai tempat danau yg ada view mt.fuji terbaik dgn JRpass ini, berhenti dimana dan naik apalagi ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Perjalanan ke Gunung Fuji via Kawaguchiko bisa naik kereta JR sampai ke Otsuki station, lalu harus membayar 1.140 yen tambahan untuk kereta Fuji Kyuko sampai Kawaguchiko.
      Salam

  38. pak mohon info nya.
    itin saya
    cgk hnd cgk
    day1 sampai hnd lgsung osaka
    day2-4 osaka kyoto
    day5 hakone
    day6-10 tokyo

    mending pake jr pass atau hokuriku?
    beda brapa jam pakai 2 pass diatas utk tokyo-osaka?

    trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Karena ada perjalanan ke Hakone dan Gunung Fuji, maka harus pakai JR Pass (29.110 yen). Sebab Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass tidak mencover perjalanan kereta ke Hakone dan Gunung Fuji. Salam

  39. Selamat siang Pak
    13 April – 15 April keliling Tokyo
    16 April TAteyama alpine route (pasti sudah open ya?)
    Menginap di Kanazawa
    17 April ke shirakawago
    Kembali ke Tokyo
    18 April Tokyo
    19 April Tokyo narita airport
    Haruskah beli jr pass atau Tokyo Osaka hokuriku arch pass
    Tapi Kanazawa ke shirakawago naik bus bayar lagi?

    Thax

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Karena tidak ada perjalanan ke Hakone atau Gunung Fuji/ Kawaguchiko, maka bisa mempertimbangkan membeli Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass, sebab harganya lebih murah 5.000 yen dibanding JR Pass (29.110 yen). Kalau bapak ingin ke Shirakawago, bisa dengan naik Nohi Bus dari Toyama atau Kanazawa. Silakan dibaca lebih dahulu.

  40. Salam. Saya tiba di kansai trus main di osaka, hari kedua main di kyoto, hari ke 3 main di osaka. Hari ke 4 ke shinjuku dan main di shinjuku. Hari ke 5 disney. Hari ke 6 gunung fuji dan gotenba. Hari 7 askasuksa dan odaiba. Hari 8 gala yuzawa. Hari 9 tokyo dan balik lewat haneda. Saya pertimbanglan tuk beli tokyo wide pass. Apa betul pertimbangan saya? Atau pass ap a yg sebaiknya saya beli? Thanks

  41. Hari ke 8 bisa diganti krn tujuan ke gala yuzawa cuma untuk main salju. Klo di tokyo sudah ada salju, kami tidak perlu kesana. Hari ke 8 bisa diganti dengan main di tokyo atau ke shitakawago. Enaknya bagaimana pak? Thanks

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan